Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi Online

Kemajuan teknologi tidak hanya seputar barang-barang elektronik yang semakin canggih, namun juga berimbas pada sistem yang menjadi semakin memudahkan kinerja manusia. Kemajuan teknologi juga memengaruhi mekanisme pencatatan dalam akuntansi.

Pembuatan laporan laba rugi, bersama dengan neraca, adalah paket pelaporan keuangan perusahaan yang dibuat oleh departemen akuntansi. Di tengah teknologi yang sedang maju dengan pesatnya, memungkinkan pemanfaatan teknologi untuk membantu dan meningkatkan kinerja departemen akuntansi. Salah satunya adalah penerapan software akuntansi online.

Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi Online

Sebuah paket perangkat lunak (program) yang lengkap untuk akuntansi mencakup beberapa modul yang berbeda, tergantung pada jenis bisnis yang dijalankan. Modul ini menghasilkan informasi untuk laporan angka untuk triwulanan, laporan keuangan bulanan semi-tahunan ataupun tahunan. Modul mencakup termasuk adalah rekening hutang, piutang, penagihan, gaji, biaya pekerjaan, persediaan, pembelian, buku besar dan lebih, tergantung pada bagaimana perusahaan melakukan bisnisnya dan menghasilkan produk atau layanannya.

Entri

Selama sebulan, departemen akuntansi memasukkan informasi ke dalam sistem akuntansi. Sistem rekening hutang berfungsi memasukkan faktur untuk pembayaran seperti sewa, utilitas, biaya kantor dan banyak lagi. Sistem penggajian, penagihan, dan juga piutang. Akuntan dan juru tulis akuntansi menciptakan entri yang memberi data ke dalam sistem. Semua modul ini berinteraksi satu sama lain dalam cara-cara tertentu yang ditetapkan oleh software/sistem yang digunakan dan kebutuhan perusahaan.

Periode akuntansi

Departemen akuntansi melengkapi pelaporan keuangan di akhir periode akuntansi. Sebagian besar perusahaan melaporkan secara bulanan, yang berarti selama minggu pertama bulan depan, departemen akuntansi bekerja untuk menyelesaikan kegiatan tersisa untuk bulan sebelumnya.

Misalnya, sebuah perusahaan dapat menetapkan hari kerja ketiga bulan sebagai cut-off untuk memasukkan semua akun hutang untuk bulan sebelumnya. Tergantung prosedur departemen akuntansi perusahaan, pelaporan keuangan untuk bulan sebelumnya dapat terjadi pada hari kerja di 10 hari pada bulan baru, setelah semua entri dalam sistem dan pembukuan “ditutup.”

Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi Online

Laporan keuangan

Setelah semua entri untuk periode yang lengkap dan buku “ditutup,” pelaporan keuangan dapat dimulai. Karena masing-masing modul berkontribusi sampai ke buku besar, dan laporan keuangan bergerak dari saldo rekening ke dalam buku besar, setiap modul harus menutup periode untuk membuat pelaporan keuangan yang akurat dalam periode tersebut. Software keuangan atau akuntansi biasanya menggunakan laporan keuangan standar yang tertanam dalam perangkat lunak itu sendiri.

Kemudian pengaturan parameter laporan dan menjalankannya dengan klik tombol. Sebelum departemen akuntansi menyampaikan laporan keuangan pada manajemen, departemen akuntansi akan menguji keakuratannya. Akuntan memiliki metode untuk memeriksa untuk memastikan laporan keuangan yang seimbang.

Laporan keuangan, juga biasa disebut sebagai laporan keuangan, adalah catatan rinci dari aktivitas keuangan suatu bisnis. Laporan keuangan adalah komponen penting dalam memahami apakah bisnis menghasilkan atau kehilangan uang, dan berapa banyak uang tunai yang dimiliki di tangan.

Laporan keuangan memberikan pemilik usaha pemahaman yang berharga tentang kesehatan keuangan bisnis sehingga mereka dapat membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas. Neraca, laporan laba rugi (juga disebut laba rugi), dan laporan arus kas tiga laporan keuangan utama bisnis dan termasuk dalam fitur yang diberikan Jurnal.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan software akuntansi online, ada hal yang harus Anda pertimbangkan, yaitu keuangan perusahaan. Anda dapat menyesuaikan layanan yang dipilih dengan budget yang tersedia. Selain itu, sesuaikan juga fitur yang ada pada software akuntansi dengan kebutuhan perusahaan.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan pebisins lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu pebisnis!

Ingin mencoba langsung dan mengetahui bagaimana Jurnal dapat menjadi solusi dari pembuatan laporan keuangan berbasis software? Daftar sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo