Jurnal Enterpreneur

Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi Online

Untuk membuat laporan keuangan semakin mudah dengan bantuan perangkat lunak atau software akuntansi online. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan lengkapnya di blog Jurnal by Mekari.

Kemajuan teknologi tidak hanya seputar barang-barang elektronik yang semakin canggih, namun juga berimbas pada sistem yang menjadi semakin memudahkan kinerja manusia.

Kemajuan teknologi juga memengaruhi mekanisme pencatatan dalam akuntansi.

Pembuatan laporan keuangan laba rugi, bersama dengan neraca, adalah paket pelaporan keuangan perusahaan yang dibuat oleh departemen akuntansi.

Di tengah teknologi yang sedang maju dengan pesatnya, memungkinkan pemanfaatan teknologi untuk membantu dan meningkatkan kinerja departemen akuntansi. Salah satunya adalah penerapan software akuntansi online.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Membuat Laporan Keuangan Secara Online dengan Software Akuntansi

Jika Anda saat ini terjun dalam dunia bisnis, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan laporan keuangan yang sering dibuat untuk memonitor cash flow dari bisnis yang Anda bangun.

Laporan keuangan biasanya berisi data dan informasi tentang keuangan secara terperinci, sehingga Anda bisa mengetahui untuk segala pengeluaran dan pemasukan yang dialami oleh bisnis.

Sayangnya, data yang terdapat pada laporan keuangan ini sering sekali tidak akurat, sehingga secara tidak langsung bisnis Anda sudah mengalami kerugian.

Maka dari itu, Anda bisa menggunakan perangkat lunak atau software akuntansi untuk membuat laporan keuangan secara online.

Khususnya bagi Anda yang merupakan pelaku bisnis kecil, laporan keuangan harus dibuat secara rutin dengan data yang akurat. Hal ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis yang Anda bangun.

Tak jarang, akibat laporan keuangan yang tidak akurat dan sering meleset, jumlah kerugian yang dialami bisnis bisa cukup signifikan dan memengaruhi perkembangan bisnis.

Terlebih jika Anda jarang memonitor cash flow dari bisnis yang sedang dijalani.

Sebagai pemilik bisnis kecil, tentu Anda memiliki keterbatasan modal, sehingga Anda diwajibkan untuk bisa memonitor cash flow bisnis Anda dengan cermat.

Oleh karena itu, Anda bisa memahami beberapa komponen penting yang wajib masuk pada laporan keuangan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Tujuan dari perangkat lunak atau software akuntansi online adalah untuk mengintegrasikan keuangan, membuat laporan, persediaan, penggajian, pemenuhan pesanan, pembelian dan banyak faktor lainnya.

Fungsi keuangan software akuntansi memberikan kontrol pada pengguna, serta kejelasan efisien menjalankan bisnis untuk terus tumbuh.

Untuk seorang bijak yang mengerti akuntansi, menggunakan perangkat lunak dapat membantu menghemat waktu dan juga meningkatkan kualitas informasi.

Baca juga: Cara Mudah Memahami Akuntansi Keuangan

Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi Online

Komponen Penting dalam Membuat Laporan Keuangan Online

Berikut adalah komponen penting yang perlu Anda ketahui ketika membuat laporan keuangan menggunakan perangkat lunak atau software akuntansi online:

1. Aset

Pertama, setiap pelaku bisnis, baik bisnis kecil, menengah, hingga besar, diwajibkan dan harus mencatat serta mendata setiap aset yang dimiliki.

Hal ini mencakup semua barang serta peralatan dan perlengkapan lainnya yang digunakan untuk membangun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis tersebut.

Jika Anda merupakan pemilik bisnis kecil, seharusnya pencatatan dan pendataan aset yang Anda miliki tidak begitu sulit.

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki laporan informasi terkait seluruh aset yang terdapat pada bisnis yang sedang Anda jalani.

Aset dalam sebuah bisnis mencakup kendaraan operasional, furniture, bangunan, meja, kursi, dan barang-barang lainnya.

2. Utang

Utang sangat erat kaitannya dengan bisnis. Menurut data dan informasi yang dilansir dari Forbes, sebanyak 97 persen pelaku bisnis dengan tipe franchise di seluruh dunia pasti memiliki utang, entah itu utang dengan jumlah kecil maupun besar, hingga nominal utang yang hampir mustahil untuk dilunasi.

Mengapa demikian? Sebab utang merupakan satu-satunya cara untuk mendapatkan modal berbisnis bagi mereka yang tidak memiliki dana yang cukup.

Utang juga merupakan salah satu komponen penting yang wajib masuk ke dalam laporan keuangan. Tujuan dari hal ini agar bisa selalu memantau jumlah utang yang harus dibayarkan atau dicicil.

Dalam hal ini, pengeluaran wajib yang harus dilakukan seperti payrolltagihan listrik, dan air, serta wajib pajak juga termasuk dalam kategori utang yang wajib dibayarkan dalam sebuah bisnis.

Bicara tentang utang, mungkin Anda juga memiliki utang yang harus dilunasi ketika memutuskan untuk mendirikan sebuah bisnis.

Oleh karena itu, informasi seputar utang juga harus ada di dalam laporan keuangan dari bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

3. Ekuitas

Biasanya, setiap laporan keuangan dalam menjalankan sebuah bisnis hanya berisi informasi tentang hal yang satu ini, yaitu ekuitas.

Secara umum, ekuitas bisa diartikan sebagai kekuatan modal yang menopang sebuah bisnis. Dalam hal ini, ekuitas juga bisa disebut dengan modal.

Sayangnya, bagi para pelaku bisnis kecil, laporan keuangan terkait ekuitas hanya berisikan informasi tentang pengeluaran serta pemasukan saja.

Sejatinya, informasi yang terdapat pada ekuitas haruslah lengkap, mulai dari jumlah ketahanan modal dari sebuah bisnis (balance threshold), laba kotor dan laba bersih, pengeluaran, serta jumlah modal yang dikeluarkan. Semua hal ini harus masuk ke dalam laporan keuangan.

Maka dari itu, jika Anda merupakan pelaku bisnis kecil, maka pastikan untuk membuat atau menerima laporan terkait ekuitas secara lengkap dan terperinci.

itulah 3 komponen wajib yang harus ada dalam sebuah laporan keuangan. Meski Anda sudah cukup memahami ketiga aspek di atas, namun untuk bisa membuat laporan keuangan yang baik dan akurat memang bukanlah perkara yang mudah.

Dibutuhkan ketelitian dan fokus yang tinggi untuk bisa mendatanya secara sempurna. Lalu bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik dan tepat bagi pelaku bisnis kecil? Simak tips nya berikut ini:

Baca Juga: Bagaimana Langkah yang Tepat untuk Membangun Sebuah Bisnis?

Bagaimana Software Akuntansi dapat Membantu Meningkatkan Kinerja Perusahaan?

Akuntansi merupakan bagian dari solusi manajemen bisnis yang lengkap. Software akuntansi memungkinkan Anda untuk melihat informasi dari proses lainnya, dalam konteks yang relevan, tanpa menggunakan beberapa program.

Anda dapat melihat rincian pelanggan, produk yang dibeli, rincian penjualan, dll Semua informasi yang berkaitan dengan salah satu transaksi penjualan tunggal dapat melihat tanda terima penjualan tunggal.

Ini membantu Anda untuk melihat gambaran lebih besar karena solusi yang terintegrasi. Hal ini juga membantu melacak piutang dan hutang untuk memungkinkan Anda dalam menangani uang tunai yang lebih baik.

Hal ini dapat dikonfigurasi untuk memperbaiki batas kredit, iuran pelanggan, menyortir daftar hutang, dan juga mencetak cek.

Ditambah, software akuntansi memungkinkan kewenangan pengguna untuk mengakses buku besar, sehingga melindungi akun dari pengrusakan atau penggubahan.

Ini membantu Anda untuk menganalisa bagaimana masing-masing divisi tertentu, atau lini produk, dan kinerja perusahaan. Ini menolong dalam pembuatan beberapa laporan keuangan untuk memudahkan Anda memahami kinerja individual.

Beberapa manfaat lainnya:

  • Membantu menghemat uang dengan memungkinkan individu untuk melakukan akuntansi pribadi tanpa menyewa akuntan atau kasir.
  • Informasi dapat diproduksi dalam periode waktu yang lebih singkat
    Lebih cepat dan efisien dalam pengolahan informasi
  • Generasi otomatis dokumen akuntansi seperti laporan rekening, faktur, kwitansi, dll
  • Pengolahan otomatis data dari buku besar dan rekening yang berbeda
  • Laporan dengan kombinasi yang berbeda dari data yang dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Jurnal Jadikan Proses Bisnis Lebih Efisien melalui Tools Terintegrasi. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Modul dalam Software Akuntansi Online

Sebuah paket perangkat lunak (program) yang lengkap untuk akuntansi mencakup beberapa modul yang berbeda, tergantung pada jenis bisnis yang dijalankan.

Modul ini menghasilkan informasi untuk laporan angka untuk triwulanan, laporan keuangan bulanan semi-tahunan ataupun tahunan.

Modul mencakup termasuk adalah rekening hutang, piutang, penagihan, gaji, biaya pekerjaan, persediaan, pembelian, buku besar dan lebih, tergantung pada bagaimana perusahaan melakukan bisnisnya dan menghasilkan produk atau layanannya.

Entri

Selama sebulan, departemen akuntansi memasukkan informasi ke dalam sistem akuntansi. Sistem rekening hutang berfungsi memasukkan faktur untuk pembayaran seperti sewa, utilitas, biaya kantor dan banyak lagi.

Sistem penggajian, penagihan, dan juga piutang. Akuntan dan juru tulis akuntansi menciptakan entri yang memberi data ke dalam sistem.

Semua modul ini berinteraksi satu sama lain dalam cara-cara tertentu yang ditetapkan oleh software/sistem yang digunakan dan kebutuhan perusahaan.

Baca juga: 6 Langkah Mudah Membuat Laporan Keuangan Bagi Pemula

Periode akuntansi

Departemen akuntansi melengkapi pelaporan keuangan di akhir periode akuntansi. Sebagian besar perusahaan melaporkan secara bulanan, yang berarti selama minggu pertama bulan depan, departemen akuntansi bekerja untuk menyelesaikan kegiatan tersisa untuk bulan sebelumnya.

Misalnya, sebuah perusahaan dapat menetapkan hari kerja ketiga bulan sebagai cut-off untuk memasukkan semua akun hutang untuk bulan sebelumnya.

Tergantung prosedur departemen akuntansi perusahaan, pelaporan keuangan untuk bulan sebelumnya dapat terjadi pada hari kerja di 10 hari pada bulan baru, setelah semua entri dalam sistem dan pembukuan “ditutup.”

Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi Online

Laporan keuangan

Setelah semua entri untuk periode yang lengkap dan buku “ditutup,” pelaporan keuangan dapat dimulai. Karena masing-masing modul berkontribusi sampai ke buku besar, dan laporan keuangan bergerak dari saldo rekening ke dalam buku besar, setiap modul harus menutup periode untuk membuat pelaporan keuangan yang akurat dalam periode tersebut.

Software keuangan atau akuntansi biasanya menggunakan laporan keuangan standar yang tertanam dalam perangkat lunak itu sendiri.

Kemudian pengaturan parameter laporan dan menjalankannya dengan klik tombol. Sebelum departemen akuntansi menyampaikan laporan keuangan pada manajemen, departemen akuntansi akan menguji keakuratannya.

Akuntan memiliki metode untuk memeriksa untuk memastikan laporan keuangan yang seimbang melalui software akuntansi online.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Membuat Laporan Keuangan Online dengan Jurnal

Untuk membuat laporan keuangan yang tepat memang diperlukan ketelitian maksimal. Sebab jika sampai salah dalam meng-input data, maka dampaknya bisa sangat buruk bagi keberlangsung bisnis Anda.

Melihat masalah ini, Jurnal hadir sebagai jalan keluar dari rumitnya pembuatan laporan keuangan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Jurnal merupakan perangkat lunak atau software akuntansi dari Mekari yang menjadi solusi bagi Anda dan para pelaku bisnis untuk membuat laporan keuangan online secara akurat dan terperinci.

Tidak hanya itu, Jurnal juga bisa membantu Anda dalam mengelola stok barang, membuat dan mengirim invoice, hingga melakukan rekonsiliasi lebih cepat, sehingga hal ini akan membuat pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien.

Baca juga: 8 Fitur Wajib Software Akuntansi sebagai Pertimbangan Anda!

Fitur yang tersedia di Jurnal sangatlah lengkap, sehingga semua keperluan seputar akuntansi akan teratasi dengan baik.

Untuk menyusun laporan keuangan, Anda cukup melakukan proses jurnal transaksi dan mengelompokannya ke dalam buku besar dari masing-masing akun kelompok aktiva, pasiva, dan laba-rugi yang terdiri dari penjualan dan seluruh biaya.

Lalu bagaimana cara menyusun laporan keuangan yang baik dan benar? Mengingat bisnis yang Anda tekuni saat ini adalah bisnis kecil, maka laporan keuangan yang dibuat agak sedikit sederhana.

Berikut adalah cara membuat laporan keuangan secara online dengan software akuntansi Jurnal:

Mendata Setiap Transaksi dengan Jurnal

software atau perangkat lunak untuk membuat laporan keuangan online

Proses transaksi merupakan kegiatan umum yang sering terjadi dalam berbisnis, baik transaksi pembelian, penjualan, penukaran barang, sewa ataupun transaksi lainnya. Bukti transaksi merupakan dasar pencatatan dalam membuat laporan keuangan.

Umumnya, bukti transaksi dapat berupa nota, kuitansi, faktur, ataupun jenis bukti lainnya. Langkah pertama dalam membuat laporan keuangan adalah mencatat setiap transaksi pada Jurnal.

Semua transaksi yang berkaitan dengan aktivitas operasional bisnis Anda harus dicatat dalam Jurnal secara akurat dan terperinci.

Mendata Laba dan Rugi

software atau perangkat lunak untuk membuat laporan keuangan online

Sebagai pemilik bisnis kecil, Anda tetap harus memperhitungkan pendapatan laba maupun rugi dari bisnis yang Anda jalankan. Hal ini bertujuan untuk memantau profit dari bisnis Anda.

Selain itu, pencatatan laba dan rugi juga bisa dijadikan patokan untuk melihat sejauh mana bisnis Anda berkembang. Dengan Jurnal, maka informasi terkait pencatatan laba dan rugi juga akan lebih akurat dan terperinci.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi

Membuat Laporan Pajak

software atau perangkat lunak untuk membuat laporan keuangan online

Taat bayar pajak mencerminkan bahwa Anda adalah warga negara yang baik. Oleh karena itu, dalam mendirikan sebuah bisnis, baik itu bisnis kecil sekalipun,

Anda tetap diwajibkan untuk membayar pajak penghasilan. Sayangnya, terkadang pembuatan laporan pajak juga cukup merepotkan.

Sehingga nominal pajak yang harus Anda bayarkan bisa saja meleset dari yang seharusnya. Jurnal juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk membuat laporan pajak yang akurat dan sederhana dalam bisnis Anda.

Semua langkah di atas bisa Anda mulai terapkan dalam membuat laporan keuangan. Dengan Jurnal, maka semua masalah akuntansi dalam bisnis Anda akan teratasi dengan maksimal.

Pahamilah bahwa bisnis yang besar, kebanyakan berawal dari bisnis yang kecil. Jadi tetaplah semangat dan konsisten dalam mengembangkan bisnis yang sedang Anda tekuni saat ini. Salam sukses!

Kelola Pajak Secara Langsung Cukup dengan Sekali Klik, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Penutup

Laporan keuangan, juga biasa disebut sebagai laporan keuangan, adalah catatan rinci dari aktivitas keuangan suatu bisnis.

Laporan keuangan adalah komponen penting dalam memahami apakah bisnis menghasilkan atau kehilangan uang, dan berapa banyak uang tunai yang dimiliki di tangan.

Laporan keuangan memberikan pemilik usaha pemahaman yang berharga tentang kesehatan keuangan bisnis sehingga mereka dapat membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas.

Neraca, laporan laba rugi (juga disebut laba rugi), dan laporan arus kas tiga laporan keuangan utama bisnis dan termasuk dalam fitur yang diberikan Jurnal.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan software akuntansi online, ada hal yang harus Anda pertimbangkan, yaitu keuangan perusahaan.

Anda dapat menyesuaikan layanan yang dipilih dengan budget yang tersedia. Selain itu, sesuaikan juga fitur yang ada pada software akuntansi dengan kebutuhan perusahaan.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan pebisins lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja.

Kembangkan bisnis dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat faktur penjualan, pesanan pembelian, dan surat jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan cepat & tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol stok persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online live chat tiap saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu pebisnis!

Ingin mencoba langsung dan mengetahui bagaimana Jurnal dapat menjadi solusi dari pembuatan laporan keuangan berbasis software? Daftar sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa untuk membuat pembukuan online dan laporan keuangan akan lebih terbantu dengan adanya aplikasi, perangkat lunak, atau software akuntansi online seperti Jurnal.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo