Jurnal Enterpreneur

Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dengan Sistem Akuntansi Online

Untuk membuat laporan keuangan semakin mudah dengan bantuan perangkat lunak atau software akuntansi online. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan lengkapnya di Blog Mekari Jurnal.

Jika Anda saat ini terjun dalam dunia bisnis, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan laporan keuangan yang sering dibuat untuk memonitor cash flow dari bisnis yang Anda bangun.

Laporan keuangan biasanya berisi data dan informasi tentang keuangan secara terperinci, sehingga Anda bisa mengetahui untuk segala pengeluaran dan pemasukan yang dialami oleh bisnis.

Sayangnya, data yang terdapat pada laporan keuangan ini sering sekali tidak akurat, sehingga secara tidak langsung bisnis Anda sudah mengalami kerugian.

Maka dari itu, Anda bisa menggunakan perangkat lunak atau software akuntansi untuk membuat laporan keuangan secara online.

Khususnya bagi Anda yang merupakan pelaku bisnis kecil, laporan keuangan harus dibuat secara rutin dengan data yang akurat.

Hal ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis yang Anda bangun.

Tak jarang, akibat laporan keuangan yang tidak akurat dan sering meleset, jumlah kerugian yang dialami bisnis bisa cukup signifikan dan memengaruhi perkembangan bisnis.

Terlebih jika Anda jarang memonitor cash flow dari bisnis yang sedang dijalani.

Untuk seorang bijak yang mengerti akuntansi, menggunakan perangkat lunak dapat membantu menghemat waktu dan juga meningkatkan kualitas informasi.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal dapat memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal!

Komponen Penting dalam Membuat Laporan Keuangan Online

Sebagai pemilik bisnis kecil, tentu Anda memiliki keterbatasan modal, sehingga Anda diwajibkan untuk bisa memonitor cash flow bisnis Anda dengan cermat.

Oleh karena itu, Anda bisa memahami beberapa komponen penting yang wajib masuk pada laporan keuangan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Tujuan dari perangkat lunak atau software akuntansi online adalah untuk mengintegrasikan keuangan, membuat laporan, persediaan, penggajian, pemenuhan pesanan, pembelian dan banyak faktor lainnya.

Fungsi keuangan software akuntansi memberikan kontrol pada pengguna, serta kejelasan efisien menjalankan bisnis untuk terus tumbuh.

Berikut adalah komponen penting yang perlu Anda ketahui ketika membuat laporan keuangan menggunakan perangkat lunak atau software akuntansi online:

1. Aset

Pertama, setiap pelaku bisnis, baik bisnis kecil, menengah, hingga besar, diwajibkan dan harus mencatat serta mendata setiap aset yang dimiliki.

Hal ini mencakup semua barang serta peralatan dan perlengkapan lainnya yang digunakan untuk membangun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis tersebut.

Jika Anda merupakan pemilik bisnis kecil, seharusnya pencatatan dan pendataan aset yang Anda miliki tidak begitu sulit.

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki laporan informasi terkait seluruh aset yang terdapat pada bisnis yang sedang Anda jalani.

Aset dalam sebuah bisnis mencakup kendaraan operasional, furniture, bangunan, meja, kursi, dan barang-barang lainnya.

2. Utang

Utang sangat erat kaitannya dengan bisnis.

Menurut data dan informasi yang dilansir dari Forbes, sebanyak 97 persen pelaku bisnis dengan tipe franchise di seluruh dunia pasti memiliki utang, entah itu utang dengan jumlah kecil maupun besar, hingga nominal utang yang hampir mustahil untuk dilunasi.

Mengapa demikian? Sebab utang merupakan satu-satunya cara untuk mendapatkan modal berbisnis bagi mereka yang tidak memiliki dana yang cukup.

Utang juga merupakan salah satu komponen penting yang wajib masuk ke dalam laporan keuangan.

Tujuan dari hal ini agar bisa selalu memantau jumlah utang yang harus dibayarkan atau dicicil.

Dalam hal ini, pengeluaran wajib yang harus dilakukan seperti payrolltagihan listrik, dan air, serta wajib pajak juga termasuk dalam kategori utang yang wajib dibayarkan dalam sebuah bisnis.

Bicara tentang utang, mungkin Anda juga memiliki utang yang harus dilunasi ketika memutuskan untuk mendirikan sebuah bisnis.

Oleh karena itu, informasi seputar utang juga harus ada di dalam laporan keuangan dari bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi Online

3. Ekuitas

Biasanya, setiap laporan keuangan dalam menjalankan sebuah bisnis hanya berisi informasi tentang hal yang satu ini, yaitu ekuitas.

Secara umum, ekuitas bisa diartikan sebagai kekuatan modal yang menopang sebuah bisnis.

Dalam hal ini, ekuitas juga bisa disebut dengan modal.

Sayangnya, bagi para pelaku bisnis kecil, laporan keuangan terkait ekuitas hanya berisikan informasi tentang pengeluaran serta pemasukan saja.

Sejatinya, informasi yang terdapat pada ekuitas haruslah lengkap, mulai dari jumlah ketahanan modal dari sebuah bisnis (balance threshold), laba kotor dan laba bersih, pengeluaran, serta jumlah modal yang dikeluarkan.

Semua hal ini harus masuk ke dalam laporan keuangan.

Maka dari itu, jika Anda merupakan pelaku bisnis kecil, maka pastikan untuk membuat atau menerima laporan terkait ekuitas secara lengkap dan terperinci.

itulah 3 komponen wajib yang harus ada dalam sebuah laporan keuangan. Meski Anda sudah cukup memahami ketiga aspek di atas, namun untuk bisa membuat laporan keuangan yang baik dan akurat memang bukanlah perkara yang mudah.

Dibutuhkan ketelitian dan fokus yang tinggi untuk bisa mendatanya secara sempurna.

Lalu bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik dan tepat bagi pelaku bisnis kecil? Simak tips nya berikut ini:

Baca Juga: Bagaimana Langkah yang Tepat untuk Membangun Sebuah Bisnis?

Modul dalam Software Akuntansi Online

Sebuah paket perangkat lunak (program) yang lengkap untuk akuntansi mencakup beberapa modul yang berbeda, tergantung pada jenis bisnis yang dijalankan.

Modul ini menghasilkan informasi untuk laporan angka untuk triwulanan, laporan keuangan bulanan semi-tahunan ataupun tahunan.

Modul mencakup termasuk adalah rekening hutang, piutang, penagihan, gaji, biaya pekerjaan, persediaan, pembelian, buku besar dan lebih, tergantung pada bagaimana perusahaan melakukan bisnisnya dan menghasilkan produk atau layanannya.

Entri

Selama sebulan, departemen akuntansi memasukkan informasi ke dalam sistem akuntansi.

Sistem rekening hutang berfungsi memasukkan faktur untuk pembayaran seperti sewa, utilitas, biaya kantor dan banyak lagi.

Sistem penggajian, penagihan, dan juga piutang. Akuntan dan juru tulis akuntansi menciptakan entri yang memberi data ke dalam sistem.

Semua modul ini berinteraksi satu sama lain dalam cara-cara tertentu yang ditetapkan oleh software/sistem yang digunakan dan kebutuhan perusahaan.

Periode akuntansi

Departemen akuntansi melengkapi pelaporan keuangan di akhir periode akuntansi.

Sebagian besar perusahaan melaporkan secara bulanan, yang berarti selama minggu pertama bulan depan, departemen akuntansi bekerja untuk menyelesaikan kegiatan tersisa untuk bulan sebelumnya.

Misalnya, sebuah perusahaan dapat menetapkan hari kerja ketiga bulan sebagai cut-off untuk memasukkan semua akun hutang untuk bulan sebelumnya.

Tergantung prosedur departemen akuntansi perusahaan, pelaporan keuangan untuk bulan sebelumnya dapat terjadi pada hari kerja di 10 hari pada bulan baru, setelah semua entri dalam sistem dan pembukuan “ditutup.”

Laporan keuangan

Setelah semua entri untuk periode yang lengkap dan buku “ditutup,” pelaporan keuangan dapat dimulai.

Karena masing-masing modul berkontribusi sampai ke buku besar, dan laporan keuangan bergerak dari saldo rekening ke dalam buku besar, setiap modul harus menutup periode untuk membuat pelaporan keuangan yang akurat dalam periode tersebut.

Software keuangan atau akuntansi biasanya menggunakan laporan keuangan standar yang tertanam dalam perangkat lunak itu sendiri.

Kemudian pengaturan parameter laporan dan menjalankannya dengan klik tombol.

Sebelum departemen akuntansi menyampaikan laporan keuangan pada manajemen, departemen akuntansi akan menguji keakuratannya.

Akuntan memiliki metode untuk memeriksa untuk memastikan laporan keuangan yang seimbang melalui software dengan sistem akuntansi online.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Membuat Laporan Keuangan Online dengan Jurnal

Untuk membuat laporan keuangan yang tepat memang diperlukan ketelitian maksimal.

Sebab jika sampai salah dalam meng-input data, maka dampaknya bisa sangat buruk bagi keberlangsung bisnis Anda.

Melihat masalah ini, Jurnal hadir sebagai jalan keluar dari rumitnya pembuatan laporan keuangan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Jurnal merupakan perangkat lunak atau software akuntansi dari Mekari yang menjadi solusi bagi Anda dan para pelaku bisnis untuk membuat laporan keuangan online secara akurat dan terperinci.

Tidak hanya itu, Jurnal juga bisa membantu Anda dalam mengelola stok barang, membuat dan mengirim invoice, hingga melakukan rekonsiliasi lebih cepat, sehingga hal ini akan membuat pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien.

Baca juga: 8 Fitur Wajib Software Akuntansi sebagai Pertimbangan Anda!

Fitur yang tersedia di Jurnal sangatlah lengkap, sehingga semua keperluan seputar akuntansi akan teratasi dengan baik.

Untuk menyusun laporan keuangan, Anda cukup melakukan proses jurnal transaksi dan mengelompokannya ke dalam buku besar dari masing-masing akun kelompok aktiva, pasiva, dan laba-rugi yang terdiri dari penjualan dan seluruh biaya.

Lalu bagaimana cara menyusun laporan keuangan yang baik dan benar?

Mengingat bisnis yang Anda tekuni saat ini adalah bisnis kecil, maka laporan keuangan yang dibuat agak sedikit sederhana.

Berikut adalah cara membuat laporan keuangan secara online dengan software akuntansi Jurnal:

Mendata Setiap Transaksi dengan Jurnal

 

software atau perangkat lunak untuk membuat laporan keuangan online

Proses transaksi merupakan kegiatan umum yang sering terjadi dalam berbisnis, baik transaksi pembelian, penjualan, penukaran barang, sewa ataupun transaksi lainnya.

Bukti transaksi merupakan dasar pencatatan dalam membuat laporan keuangan.

Umumnya, bukti transaksi dapat berupa nota, kuitansi, faktur, ataupun jenis bukti lainnya.

Langkah pertama dalam membuat laporan keuangan adalah mencatat setiap transaksi pada Jurnal.

Semua transaksi yang berkaitan dengan aktivitas operasional bisnis Anda harus dicatat dalam Jurnal secara akurat dan terperinci.

Mendata Laba dan Rugi

software atau perangkat lunak untuk membuat laporan keuangan online

Sebagai pemilik bisnis kecil, Anda tetap harus memperhitungkan pendapatan laba maupun rugi dari bisnis yang Anda jalankan.

Hal ini bertujuan untuk memantau profit dari bisnis Anda.

Selain itu, pencatatan laba dan rugi juga bisa dijadikan patokan untuk melihat sejauh mana bisnis Anda berkembang.

Dengan Jurnal, maka informasi terkait pencatatan laba dan rugi juga akan lebih akurat dan terperinci.

Membuat Laporan Pajak

software atau perangkat lunak untuk membuat laporan keuangan online

Taat bayar pajak mencerminkan bahwa Anda adalah warga negara yang baik.

Oleh karena itu, dalam mendirikan sebuah bisnis, baik itu bisnis kecil sekalipun,

Anda tetap diwajibkan untuk membayar pajak penghasilan.

Sayangnya, terkadang pembuatan laporan pajak juga cukup merepotkan.

Sehingga nominal pajak yang harus Anda bayarkan bisa saja meleset dari yang seharusnya.

Jurnal juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk membuat laporan pajak yang akurat dan sederhana dalam bisnis Anda.

Semua langkah di atas bisa Anda mulai terapkan dalam membuat laporan keuangan.

Dengan Jurnal, maka semua masalah akuntansi dalam bisnis Anda akan teratasi dengan maksimal.

Pahamilah bahwa bisnis yang besar, kebanyakan berawal dari bisnis yang kecil.

Jadi tetaplah semangat dan konsisten dalam mengembangkan bisnis yang sedang Anda tekuni saat ini. Salam sukses!

Kelola Pajak Secara Langsung Cukup dengan Sekali Klik, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Penutup

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan software akuntansi online, ada hal yang harus Anda pertimbangkan, yaitu keuangan perusahaan.

Anda dapat menyesuaikan layanan yang dipilih dengan budget yang tersedia. Selain itu, sesuaikan juga fitur yang ada pada software akuntansi dengan kebutuhan perusahaan.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan pebisins lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja.

Kembangkan bisnis dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat faktur penjualan, pesanan pembelian, dan surat jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan cepat & tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol stok persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online live chat tiap saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu pebisnis!

Ingin mencoba langsung dan mengetahui bagaimana Jurnal dapat menjadi solusi dari pembuatan laporan keuangan berbasis software?

Daftar sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa untuk membuat pembukuan online dan laporan keuangan akan lebih terbantu dengan adanya aplikasi, perangkat lunak, atau software akuntansi online seperti Jurnal.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo