Jurnal Enterpreneur

Kenali Apa Itu Kwitansi Serta Fungsi dan Cara Membuat

Berikut ini adalah penjelasan tentang apa itu buku kwitansi kosong, fungsi, jenis, cara membuat, dan contoh yang akan dijelaskan oleh Blog Jurnal by Mekari!

Anda pasti sering menerima kwitansi.

Pada saat bertransaksi jual beli selembar kertas ini sering diberikan sebagai bukti.

Jika Anda adalah pebisnis atau penjual sudah pasti memiliki buku kwitansi kosong. 

Kwitansi menjadi bukti terjadinya serah terima sejumlah uang dari pemberi kepada penerima.

Bukti transaksi tersebut akan dibubuhi tanda tangan penerima uang sebagai validasi.

Sehingga apabila dibutuhkan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Beberapa kepentingan jual beli bahkan menyertakan materai.

Dimaksudkan untuk memperkuat validitas dari bukti yang ada.

Umumnya digunakan untuk proses perjanjian dengan nilai finansial yang besar.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa Saja Fungsi Kwitansi?

Bukan sekedar selembar kertas sebagai bukti transaksi.

Kwitansi memiliki fungsi yang penting bagi kedua belah pihak.

Bahkan untuk beberapa keperluan, bukti ini wajib disimpan.

Berikut fungsi dari kwitansi yang perlu diketahui, antara lain adalah:

1. Tanda bukti pembeli memberikan uang

Berfungsi sebagai tanda bukti bahwa pihak pembeli telah menyerahkan sejumlah uang.

Baik dalam bentuk cicilan maupun secara tunai sesuai nominal yang disepakati antara keduanya.

Baca juga: Bon Faktur: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh

2. Memiliki kekuatan hukum untuk yang dibubuhi materai

Jika pada suatu kondisi tertentu dibutuhkan dalam persidangan dokumen berupa selembar kertas tersebut sah dan dapat digunakan sebagai bukti.

3. Digunakan untuk klaim garansi barang

Produk tertentu memiliki jaminan garansi.

Untuk proses klaim apabila terjadi kerusakan atau kualitas tidak sesuai deskripsi produk, salah satu syaratnya adalah membawa kwitansi.

4. Keperluan audit perusahaan

Kwitansi umumnya memiliki lembar copy yang akan disimpan penjual.

Nantinya digunakan untuk mencocokkan antara barang terjual dengan nominal uang yang didapat.

5. Memperkuat registrasi barang. Kwitansi sebagai bukti adanya barang terjual

Sehingga tidak menjadi pegangan bagi pembeli jika suatu saat terjadi klaim dari penjual mengenai barang yang sudah menjadi hak pembeli.

Komponen yang Wajib Ada dalam Kwitansi Adalah

Begitu penting fungsi dari kwitansi sehingga tidak sembarangan dibuat begitu saja.

Sudah terstandar yang memuat beberapa komponen utama.

Sehingga jelas ketika diperlukan untuk merunut kronologi transaksi.

Komponen kwitansi adalah sebagai berikut ini:

1. Nomor

Nomor ada di bagian paling atas, bisa sebelah kiri atau kanan sesuai format buku yang digunakan.

Menunjukkan urutan pengeluaran dari catatan atau registrasi sebuah perusahaan.

Sehingga dari sinilah akan terlihat jelas di urutan nomor berapa kwitansi itu dibuat supaya tidak ada pemalsuan kwitansi oleh pembeli barang.

Karena terkadang ada beberapa pihak yang membuat kwitansi palsu, sementara di dalamnya nomor urutannya salah atau tidak sesuai.

Jadi dapat dipastikan bahwa kwitansi tersebut palsu.

Baca juga: Contoh Nota Kosong, Download Di Sini Yuk!

2. Nama lengkap

Nama lengkap pembayar adalah komponen kedua.

Ditulis sesuai dengan ejaan yang benar terutama untuk transaksi besar seperti jual beli kendaraan bermotor, tanah atau aset berharga lainnya.

Ini penting sekali karena bila tidak lengkap penulisan namanya, maka bila suatu saat ada masalah terkait dengan hal tersebut, buktinya menjadi tidak lengkap.

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

3. Nominal

Pokok dari keperluan pembuatan bukti adalah menjelaskan besarnya nominal pembayaran.

Ditulis dalam bentuk lambang bilangan rupiah atau mata uang yang digunakan.

Kemudian ditulis terbilang dalam bentuk kalimat.

Sehingga dari awal transaksi, semuanya sudah jelas berapa nilai pembayaran yang dilakukan.

4. Tanggal

Tanggal terjadinya pembayaran wajib ditulis dalam buku kwitansi kosong dengan benar.

Mulai tanggal, bulan dan tahun sehingga jika kemudian hari dibutuhkan pemeriksaan jelas informasinya.

Kapan tepatnya transaksi dilakukan mudah diingat.

Sehingga hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman antar kedua belah pihak.

Baca juga: Cara Membuat E-Faktur Paling Mudah, Ikuti Langkah Ini!

5. Nama penerima

Nama penerimanya perorangan meski merupakan perwakilan dari sebuah instansi.

Contoh pembayaran sekolah, penerimanya adalah bendahara namun atas nama sekolah.

Begitu juga dengan perusahaan komersil yang diwakili kasir.

6. Tujuan pembayaran

Untuk apa uang dikeluarkan harus jelas.

Sehingga pada penerima bisa memasukkannya untuk keperluan yang dimaksud.

Contoh, pembelian barang elektronik pada toko, berapa nominal sesuai harga dan seri atau jenis barang.

Sehingga ketika ada komplain terkait barang yang dijual, maka pembeli bisa lebih mudah melakukan klaim garansi produk.

7. Stempel perusahaan

Cap dan stempel harus ada dalam bukti transaksi termasuk buku kwitansi kosong.

Cap bisa menunjukkan apakah pembayaran lunas atau merupakan cicilan.

Stempel menunjukkan transaksi dilakukan di bawah kewenangan perusahaan.

Sehingga bisa dipastikan bahwa setiap transaksinya valid.

8. Tanda tangan

Wajib ada dan harus sesuai dengan kartu identitas untuk transaksi bernilai besar dan yang melibatkan instansi atau perusahaan.

Tanda tangan penerima nantinya akan dicocokkan pada saat proses audit atau klaim.

Jurnal Jadikan Proses Bisnis Lebih Efisien melalui Tools Terintegrasi. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

9. Materai

Materai yang sering digunakan bernilai Rp 6.000.

Tidak selalu ada, hanya untuk transaksi bernilai besar dan memiliki korelasi dengan hukum.

Misalnya pembelian tanah atau kendaraan bermotor.

Cara Membuat Kwitansi yang Benar Adalah

Selain membeli dalam bentuk sudah jadi buku, Anda bisa membuat kwitansi sendiri.

Jika menggunakan format buku mungkin terlalu biasa, tidak spesifik dan field-nya kurang lengkap, Anda bisa ikuti cara di bawah ini:

1. Cara membuat kwitansi bisa anda contoh dari internet

Ada banyak template yang sudah lengkap, dapat didownload. Anda bisa membuatnya menjadi sebuah buku kwitansi kosong.

Selanjutnya digunakan atau diisi manual.

2. Buat manual dari Ms.Word

Gunakan kertas ukuran A6, buat kolom-kolom utama mulai dari kop, nomor, diterima dari, nominal, terbilang, tujuan pembayaran, penerima, tanggal kwitansi, kolom tanda tangan.

3. Kwitansi untuk toko bisa menggunakan Excel

Jadi ketika pembelian dilakukan untuk lebih dari satu macam barang.

Space yang digunakan memenuhi untuk menulis macam dan jumlah barang.

4. Kwitansi tanpa kop bisa anda buat manual menggunakan tulisan tangan di atas kertas

Karena tidak ada kop yang menunjukkan instansi, keterangannya harus didukung dengan cap atau stempel.

Contoh Penggunaan Kwitansi dalam Bisnis

Ada banyak keperluan menggunakan kwitansi.

Paling utama adalah keperluan jual beli barang.

Syarat paling mutlak adalah nomor, nama kedua belah pihak, nominal, tujuan pembayaran, tanggal transaksi dan tanda tangan.

Di bawah ini adalah contoh penggunaan kwitansi yang benar berdasarkan tujuan transaksinya, antara lain:

1. Kwitansi jual beli tanah dan properti secara perorangan

Tidak ada kop, langsung nomor, nama sampai tanda tangan.

Dilengkapi dengan materai Rp 6.000 yang nantinya digunakan sebagai syarat proses pembuatan sertifikat.

2. Kwitansi toko berskala besar seperti dealer motor atau mobil 

Menggunakan kop yang menunjukkan logo perusahaan.

Nomor sudah otomatis dari sistem, diisi mulai dari pembayar, nominal, penerima kemudian stempel perusahaan.

Baca juga: Manfaat dan Cara Membuat Faktur Penjualan untuk Bisnis Anda

3. Kwitansi untuk pembayaran biaya yang diangsur

Contoh SPP sekolah, sudah ada kolom untuk angsuran keberapa.

Menggunakan kop sekolah, pengesahan dengan tanda tangan pejabat yang berwenang dan stempel dari instansi tersebut.

Contoh Kwitansi

contoh kwitansi buku kosong adalah

 

contoh buku kwitansi kosong adalah

contoh kwitansi

 

Gunakan Software Jurnal by Mekari untuk Mengelola Faktur Perusahaan

template online invoice

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam mengelola keuangan perusahaan, Anda dapat menggunakan software akuntansi online Jurnal by Mekari.

Software ini dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang! Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat faktur penjualan, pesanan pembelian, dan surat jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan cepat & tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol stok persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online live chat tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.

Di atas adalah penjelasan tentang apa itu buku kwitansi kosong, fungsi, jenis, cara membuat, dan contoh yang akan dijelaskan oleh Blog Jurnal by Mekari!

Dengan memahami penjelasan di atas, diharapkan bisa membantu Anda untuk mengenal fungsi kwitansi lebih jauh.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo