Jurnal Enterpreneur

Cara Membuat E-Faktur Paling Mudah, Ikuti Langkah Ini!

Tahukah anda mengenai apa itu e-faktur? Ataukah sudah pernah membuat e-faktur ini? Apabila belum maka bisa disimak penjelasan mengenai bagaimana cara membuat e-faktur di bawah ini.

Tidak dapat dipungkiri bila ternyata masih ada banyak orang belum mengenal e-Faktur dengan baik.

Karena mereka tidak terlalu memperhatikan fungsi dan pengertiannya tersebut.

Maka dari itu, kali ini akan kami kupas selengkapnya mulai dari pengertian hingga cara membuatnya paling mudah.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda membuat laporan pajak perusahaan secara lebih praktis? Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pengertian e-Faktur Adalah

Untuk pengertian secara global, e-faktur adalah faktur pajak yang berbentuk elektronik.

Jadi bila ditinjau lebih jauh, sebenarnya pengertian e-Faktur itu merupakan faktur pajak berbasis aplikasi dan sistem elektronik.

Jadi proses pembuatannya diatur oleh pihak direktorat jenderal pajak sekaligus.

Kemudian e-faktur itu berguna bagi siapa?

Secara umum e-faktur ini khusus digunakan untuk para pengusaha yang memiliki status PKP.

Faktur pajak yang merupakan bukti pungutan pajak (PPN) serta dibuat oleh Pengusaha Kena Pajak (PKOP) kemudian diserahkan kepada penerima BKP (barang kena pajak) dan JKP (Jasa Kena Pajak).

Manfaat E-Faktur Adalah

Faktur ini merupakan aplikasi yang disediakan oleh Ditjen Pajak agar bisa memudahkan wajib pajak untuk mengelola PPN.

Manfaat dari penggunaan e-faktur ini tidak hanya sekedar dirasakan wajib pajak.

Namun pemerintah juga merasa diuntungkan berkat pembuatan aplikasi e-Faktur tersebut untuk masyarakat.

Selain itu bagi pelestarian lingkungan, adanya e-faktur ini juga akan memberikan sumbangan yang positif.

Manfaat E-Faktur Bagi Pengusaha Kena Pajak

Berikut ini adalah manfaat e-Faktur bagi pengusaha kena pajak:

1. Bagi PKP penjual

Tanda tangan basah diganti dengan menggunakan tanda tangan elektronik

E-faktur ini tidak harus dicetak sehingga hal ini akan mengurangi biaya cetak serta biaya penyimpanan dokumen

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat SPT masa PPN.

Jadi pihak PKP tidak membuatnya lagi.

Untuk PKP yang memakai e-Faktur pajak dapat meminta nomor seri atau kode faktur pajak.

Nomornya bisa dilihat dari situs pajak.

Jadi tidak perlu mengunjungi KKP lagi.

2. Bagi PKP Pembeli

Bisa terlindung oleh hal-hal negatif seperti penyalahgunaan faktur tidak sah karena tidak ada QR codenya.

Jadi sangat rawan sekali bila tidak ada kode tersebut.

QR code tersebut menunjukkan data transaksi, penyerahan DPP, dll.

Informasi yang ada pada QR code ini mudah dilihat dengan menggunakan aplikasi QR code yang bisa diunduh melalui smartphone

Bila didapati informasi QR Code tidak seperti cetakannya, artinya fakturnya tersebut tidak valid atau palsu.

Baca juga: Bagaimana Cara Scan Faktur? Cari Tahu Langkahnya di Sini!

Manfaat e-faktur Bagi Pemerintah

Memudahkan melakukan pengawasan saat melakukan validasi terhadap pajak masukan dan keluaran dengan lengkap.

Dengan mudah, proses pemeriksaan dan pemberian nomor seri, sekaligus pelaporan faktur pajaknya semakin praktis dan mudah.

Sistem yang sudah berbasis elektronik bisa meminimalisir terjadinya penyalahgunaan terhadap faktur pajak.

Karena saat ini banyak pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan penyalahgunaan tersebut.

Dengan adanya penerapan green tax ini maka bisa menjadi salah satu manfaat e-faktur.

Sehingga dengan resminya penggunaan e-faktur ini maka akan mengurangi penggunaan kertas faktur pajak.

Selain itu dengan penggunaan sistem e-tax ini juga bisa membuat Indonesia bisa berkontribusi maksimal untuk program green tax di dunia

Kelola Pajak Secara Langsung Cukup dengan Sekali Klik, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Syarat Menggunakan Aplikasi e-Faktur, Ini Dia Cara Sebelum Membuat dan Mendapatkannya

Saat anda ingin membuat e-faktur maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi PKP diantaranya yaitu:

1. Harus memiliki akun PKP

Setiap pengguna wajib pajak harus punya akun PKP dulu.

Akun ini termasuk otorisasi khusus dari pihak DJP ke PKP tertentu.

Namun tentunya itu diberikan bila persyaratannya terpenuhi.

Otorisasi ini biasanya diberi berbentuk kode aktivasi.

Proses pengirimannya langsung dilakukan menuju alamat PKP terdaftar.

Sedangkan passwordnya dikirim melalui email.

Baca juga: Jenis & Perhitungan Pajak Penghasilan Badan untuk Bisnis Anda

2. Memiliki sertifikat elektronik yang diberikan DJP

Nantinya sertifikat elektronik ini digunakan untuk memperoleh layanan perpajakan secara elektronik seperti :

3. Meminta nomor seri faktur pajak melalui e-nota

Pemakaian software berbasis elektronik yang disediakan oleh DJP guna membuat faktur pajak berbentuk elektronik.

4. Memiliki komputer yang dapat menjalankan aplikasi e-faktur

Untuk informasi saja bahwa tidak semua komputer bisa menjalankan e-faktur yang dimiliki oleh Ditjen Pajak ini.

Agar anda bisa menggunakan aplikasi e-faktur ini ada persyaratan spesifikasi komputer yang harus dipenuhi diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Procesor dual core
  • RAM 3GB
  • Kapasitas hardisk 50GB
  • VGA 1024 x 768
  • Perangkat lunak berupa sistem operasi linux/MAC os,Ms windows, Java versi 1.7 dan Adobe Reader
  • Terhubung dengan jaringan internet baik direct connection maupun proxy

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jenis-Jenis e-Faktur, Ketahui Dulu Sebelum Cara Membuat

Jika dilihat secara umum maka faktur pajak digolongkan menjadi dua macam yaitu faktur pajak keluaran dan faktur pajak masukan.

Untuk perbedaan keduanya yaitu apabila faktur keluaran maka dibuat oleh PKP penjual BKP/JKP.

Faktur masukan digunakan untuk mengkreditkan pajak masukan oleh PKP pembeli sebagai bukti sudah dipotong PPN.

Adapun jenis-jenis e-faktur yaitu :

  1. Faktur pajak standar
  2. Faktur pajak gabungan
  3. Faktur pajak sederhana
  4. Faktur pajak cacat
  5. Faktur pajak pengganti
  6. Faktur pajak batal
  7. Faktur pajak digunggung

Baca juga: Pemindahbukuan Pajak: Pengertian, Cara, dan Syarat Pengajuan

Cara Membuat dan Mendapatkan E-Faktur Melalui Proses Penerbitan Oleh

Kemudian untuk proses penerbitan faktur pajak elektronik ini bisa dilakukan online dengan dua cara berikut ini:

1. Cara Membuat E-Faktur Melalui pajak.go.id

Apabila anda akan membuat faktur pajak elektronik melalui e-faktur pajak.go.id maka terlebih dahulu harus mendownload dan install aplikasi e-faktur 3.0 di komputer/laptop.

Lalu saat akan melaporkan SPT masa PPN maka harus pindah platform ke e-faktur web DJP.

Jadi agar anda tidak ribet maka disarankan untuk mendownload dan install aplikasi e-faktur terlebih dahulu.

Selain itu juga harus menyesuaikan dengan spesifikasi sistem operasi di komputer.

Dan untuk lebih simpel maka bisa menggunakan e-faktur mitra resmi DJP yaitu e-faktur klikpajak.

Sehingga Anda tinggal mengikuti panduannya saja yang tertera pada aplikasi mitra resmi tersebut.

Maka dalam hitungan menit, maka e-Faktur pajak Anda sudah siap digunakan.

Jadi caranya sangat sederhana dan mudah sekali.

Cocok untuk orang awam yang tidak mengetahui cara membuat e-Faktur dengan mudah, cepat, dan praktis.

2. Cara Membuat E-Faktur Melalui mitra DJP klikpajak.id

DJP sudah bekerja sama dengan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau application service provider (ASP).

Maka dari itu, untuk membuat e-Faktur tersebut, selanjutnya pastikan ASP yang ingin digunakan merupakan ASP yang ditunjuk resmi oleh DJP.

Sehingga proses pembuatannya lebih praktis dan hasilnya bisa sempurna seperti yang diharapkan.

Karena bagaimanapun juga bila tidak memahami cara pembuatannya, otomatis itu akan membuat Anda tidak pernah tahu cara membuatnya sendiri.

Jadi seperti itulah cara membuat e-Faktur paling mudah, lengkap dengan manfaat, dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuatnya.

Dengan mengetahui minimal persyaratan umum komputer untuk membuat e-Faktur, diharapkan bisa membantu Anda mempersiapkan beberapa peralatan pendukung sebelumnya.

Sehingga Anda bisa menemukan cara membuat e-Faktur dengan mudah dan praktis.

Baca juga: Mengenal Tentang Laporan Pajak Tahunan di Indonesia

Aplikasi Jurnal Memudahkan Anda dalam Membuat Laporan Pajak Perusahaan

cara membuat efaktur

Sekarang, Anda tidak perlu repot lagi harus menghitung pajak secara manual di setiap aktivitas penjualan atau transaksi.

Software akuntansi seperti Jurnal by Mekari dapat membantu Anda melakukan perhitungan pajak secara otomatis  sesuai dengan aturan pemerintah di Indonesia sehingga prosesnya pun lebih cepat, aman dan, menguntungkan.

Melalui fitur aplikasi pajak Jurnal yang terintegrasi dengan mitra resmi DJP yaitu Klikpajak. Segala proses pelaporan dari PPN, Pajak Karyawan (PPh 21) dan PPh Final agar berjalan lebih mudah.

Adapun beberapa fitur yang bisa Anda nikmati adalah:

  • Laporan pajak pemotongan. Lihat kembali ringkasan perhitungan pajak dengan tipe pemotongan dari semua aktivitas keuangan bisnis secara online.
  • Laporan Pajak Penjualan. Memantau perhitungan pajak dengan tipe penambahan berdasarkan aktivitas penjualan di bisnis Anda.
  • E-Faktur. Satu klik untuk lapor pajak PPN dan langsung dapatkan bukti lapor sah dari DJP. Proses otomatis dan lebih praktis.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Di adalah penjelasan lengkap tentang e-faktur, fungsi, komponen, cara membuat atau mengajukan, dan apa saja contoh-contoh yang perlu diketahui.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo