Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Kenali Jurnal 360
Kenali Jurnal 360
×
Mekari Jurnal
Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Kenali Jurnal 360
Kenali Jurnal 360
Aplikasi & Web Faktur

Aplikasi faktur pilihan untuk perpajakan dan usaha

Kelola faktur bisnis dengan lebih mudah dan cepat, aplikasi faktur digital membantu Anda membuat, mengirim, dan melacak faktur secara hemat waktu, kurangi kesalahan, dan tingkatkan produktivitas bisnis yang juga memudahkan perhitungan pajak.

Daftar isi

Apa itu aplikasi faktur?

Aplikasi faktur adalah sebuah sistem yang dibuat untuk membuat, mengirim, menyimpan dan mengelola faktur secara digital secara lebih cepat dan efisien. Secara pengertian, faktur adalah sebuah dokumen resmi yang berisi informasi dari transaksi jual beli barang atau jasa.

Dalam hal ini, faktur sering juga di sebut invoice, sedangkan e-faktur adalah faktur yang terkait dengan perpajakan secara online (online pajak) .

Web e-Faktur pajak

Web e-Faktur adalah sebuah sistem untuk mengelola faktur pajak atau disebut juga aplikasi web e-Faktur DJP. Web ini dibuat supaya perpajakan bisa berjalan lebih aman, mudah dan sesuai regulasi perpajakan pemerintah terbaru.

Selain dari pemerintah resmi, beberapa aplikasi web e-faktur tersedia untuk membuat faktur pajak, hingga bayar & lapor SPT PPN.

Aplikasi Pajak Terbaik Solusi Perpajakan Usaha Secara Online

Coba Gratis Mekari Jurnal untuk mengelola faktur.


KEY HIGHLIGHT

  • Aplikasi faktur dapat berupa sistem untuk pencatatan transaksi atau dapat berupa sistem untuk mengelola faktur pajak.
  • Faktur disebut juga invoice dimana isinya hampir mirip yaitu sebagai bukti juga tagihan dari sebuah transaksi jual-beli.
  • Beberapa aplikasi bisa mengelola faktur pajak juga faktur invoice dalam satu platform
  • Sistem perpajakan selalu berubah, disarankan untuk selalu memeriksa web pemerintah sebelum membuat perhitungan pajak, atau gunakan saja aplikasi faktur pajak.

Peran aplikasi faktur pajak cukup penting, tapi belum semua orang mau mengurus pajak usaha. Dari sumber yang ada, beberapa masalahnya antara lain: Pengusaha yang kurang paham tentang pembukuan, menghitung, menyetor dan melaporkan pajak.

Tujuh aplikasi faktur untuk perusahaan

Berikut daftar contoh software, aplikasi dan website yang bisa di pertimbangkan, aplikasi ini dapat membantu Anda mengelola faktur pembelian, faktur penjualan dan tentu saja mengelola faktur pajak usaha.

Jika anda tidak tahu cara membuat e-faktur, aplikasi berikut mungkin bisa membantu Anda.

1. Mekari Jurnal

Sebagai salah satu software terbaik untuk manajemen keuangan bisnis, Mekari Jurnal memiliki dua fitur yang dapat membantu Anda dalam mengelola pencatatan transaksi usaha dan untuk mengelola pajak.

Untuk manajemen invoice bisa menggunakan fitur invoicing, sedangkan untuk mengelola faktur pajak, aplikasi ini memiliki sistem integrasi dengan Klikpajak.

Dua fitur yang bisa menjadi solusi untuk mengelola faktur invoice dan faktur pajak.

Kelebihan
  • Aplikasi dengan sistem manajemen faktur dan invoice lengkap.
  • Memiliki banyak fitur terkait faktur seperti pengelolaan pembukuan.
  • Terdapat beragam template faktur yang bisa dijadikan referensi.
Kekurangan
  • Bukan fitur utama untuk faktur pajak.
Fitur unggulan
  • Status faktur real-time mempermudah pengelolaan keuangan terpusat dan pelacakan faktur melalui tagging dan periode pada dasbor.

2. Mekari Klikpajak

Jika Anda mencari aplikasi untuk mengelola faktur, dan tidak mau langsung ke web e-faktur, Klikpajak adalah pilihan yang tepat. Software ini adalah aplikasi online & mampu membantu Anda untuk membuat serta lapor pajak. Layanan yang ditawarkan lengkap, dari e-Faktur hingga Ebilling.

Kelebihan
  • Aplikasi faktur pajak dengan fitur lengkap.
  • Sistem online terintegrasi.
  • Mitra Resmi Ditjen Pajak Indonesia.
Kekurangan
  • Hanya fokus di faktur perpajakan.
Fitur unggulan
  • Solusi praktis berbasis online yang memudahkan pengguna tanpa perlu melakukan instalasi, Dalam satu platform terintegrasi, menyediakan layanan lengkap seperti eFaktur, eBupot Unifikasi, eBilling, dan eFiling

3. Aplikasi Web e-Faktur Resmi

Untuk beberapa orang yang memerlukan akses langsung ke web-efaktur pemerintah, Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan resmi mereka. Anda bisa login di web-efaktur.pajak.go.id.

Untuk software yang tersedia, ada beberapa tipe tergantung sistem operasi komputer yang digunakan, download di halaman resmi berikut. https://installer-efaktur.pajak.go.id.

Kelebihan
  • Web e-Faktur Pajak official pemerintah.
  • Tersedia software untuk komputer.
Kekurangan
  • Hanya manajemen faktur pajak.
Fitur unggulan
  • Website ini bisa jadi pilihan tersendiri ketika Anda mencari aplikasi faktur untuk mengelola pajak perusahaan. Meskipun tidak banyak layanan faktur seperti pada pencatatan dan tagihan invoice, tetapi untuk yang hanya membutuhkan perpajakan, web resmi ini bisa jadi pilihan bijak.

4. Kledo

Kledo adalah salah satu software aplikasi yang dapat membantu manajemen e-faktur pajak, dan faktur transaksi bisnis. Faktur Odoo menyediakan elemen-elemen penting dalam pembuatan faktur, mulai dari detail pelanggan, nama barang dan harganya, hingga perhitungan harga termasuk pajak hanya dengan satu kali klik. Faktur Odoo juga sudah sesuai dengan sistem standar e-faktur yang telah patuh aturan.

Kelebihan
  • Kustomisasi template faktur profesional sesuai kebutuhan.
  • Lacak pembayaran cepat dengan sistem pembayaran terbaik.
  • Tersedia aplikasi mobile untuik akses kapan saja.
Kekurangan
  • Integrasi yang sangat banyak memerlukan konsultasi lebih lanjut.
Fitur unggulan
  • Odoo tidak hanya menawarkan fitur aplikasi faktur untuk invoice, tetapi juga e-faktur untuk perpajakan yang sesuai dengan aturan. Selain itu, sistem yang beragam dapat membuat satu platform untuk seluruh kebutuhan perusahaan.

5. Zoho

Untuk Zoho, kita dapat menemukan beberapa fitur manajemen faktur di bagian Commerce. Buat faktur dalam bentuk file PDF secara otomatis untuk pesanan. Anda dapat memantau status disini.

Selain itu, Zoho juga memperhatikan terkait aplikasi faktur yang taat pajak. Setiap penjualan dapat di hitung secara otomatis dengan menyertakan aturan pajak tertentu.

Kelebihan
  • Pembuatan faktur digital yang sangat mudah.
  • Menyediakan fitur manajemen pesanan.
  • Tersedia beberapa pilihan pembayaran dengan mata uang berbeda.
Kekurangan
  • Aturan pajak bawaan untuk AS, Inggris dan lainnya belum termasuk Indonesia, harus di konfigurasikan.
Fitur unggulan
  • Sebagai salah satu platform digital yang sudah dikenal luas oleh banyak orang, Zoho pun mendukung manajemen faktur dan perpajakan, jika Anda bahkan saat ini sudah siap menggunakan sistem manajemen faktur digital, Zoho bisa dipertimbangkan.

6. PajakExpress

Aplikasi yang dapat membantu Anda dalam manajemen dan administrasi faktur pajak. Beberapa fitur penting terkait perpajakan tersedia, pembuatan faktur secara otomatis, hingga proses pengiriman faktur untuk pihak yang dituju.

Kelebihan
  • Meminimalkan biaya untuk manajemen faktur.
  • Mempercepat proses pembuatan faktur.
  • Tersedia API untuk integrasi yang lebih efisien.
Kekurangan
  • Harga bukan yang termurah yang cocok untuk usaha kecil.
Fitur unggulan
  • Sistem faktur yang sangat lengkap dengan beragam kemudahan yang diberikan untuk para pengusaha dalam mengurus segala urusan perpajakan.

7. EQUIP

EQUIP hadir sebagai salah satu pilihan untuk manajemen faktur. Sebagaimana aplikasi faktur lainnya, EQUIP dilengkapi dengan fitur pembuatan faktur secara otomatis, peng-ingat pembayaran, ada integrasi dengan invoice juga sistem akuntansi yang mendukung kolaborasi pelaporan keuangan.

Kelebihan
  • Mendukung pembuatan faktur otomatis.
  • Mudah dalam kolaborasi dengan sistem keuangan.
  • Akses online dengan perangkat mobile.
Kekurangan
  • Sistem yang beragam memerlukan edukasi dan pelatihan tingkat lanjut.
Fitur unggulan
  • Sistem keuangan yang juga memberikan layanan pembuatan faktur, sistem terintegrasi ini akan memudahkan manajemen dalam mengelola faktur yang terhubung dengan keuangan perusahaan..

Fungsi faktur dalam bisnis

Faktur merupakan salah satu komponen terpenting dalam transaksi jual beli. Untuk mempermudah pembuatan-nya, beberapa pilihan aplikasi diatas telah tersedia untuk membantu Anda.

Untuk dipahami, faktur berbeda dengan kwitansi. Kwitansi adalah bukti bayar, sementara faktur hanya berisi jumlah tagihan yang perlu dibayar. Meskipun faktur bisa menjadi salah satu bukti terjadinya transaksi, faktur tidak memuat keterangan pelunasan pembelian barang.

Fungsi utama faktur adalah untuk mendata informasi tagihan dan termin pembayaran.

Selain itu, faktur juga berfungsi sebagai dokumen bukti dalam laporan keuangan dan bukti rujukan untuk transaksi lain terkait barang yang sama.

Faktur dapat dimanfaatkan untuk menganalisis pola pembelian konsumen dan menentukan strategi penjualan yang paling tepat di masa depan.

Selain dalam transaksi bisnis, faktur juga dikeluarkan oleh instansi pajak. Faktur jenis ini disebut faktur pajak atau faktur keluaran.

Tak jauh berbeda dengan faktur biasa, faktur pajak berisikan daftar pungutan pajak yang perlu dibayar. Namun, faktur pajak juga bisa dijadikan alat bukti bayar pajak karena dikeluarkan setelah pembayaran dilakukan.

Mengapa aplikasi faktur ini penting?

Sebenarnya, pembuatan faktur tidak begitu rumit. Namun, jika kuantitas pembelian besar, pembuatan faktur secara manual rawan menimbulkan kebingungan dan kesalahan.

Meskipun proses perhitungan dilakukan dalam spreadsheet, pelaku bisnis tetap perlu menyusun hasil perhitungan ke dalam dokumen faktur dan menambahkan logo serta informasi lain yang diperlukan.

Untuk menyederhanakan aktivitas ini, pelaku bisnis bisa memanfaatkan aplikasi.

Penggunaan aplikasi faktur tidak hanya memangkas waktu pembuatan dan menghindari human error, tetapi juga memudahkan pencetakan dan pengiriman faktur digital. Aplikasi ini juga memungkinkan pembuatan faktur kapan saja dan di mana saja.

Tips memilih aplikasi faktur

Aktivitas bisnis selalu memerlukan efisiensi yang maksimal, termasuk dalam hal pembukuan keuangan. Untuk mencapai efisiensi keuangan yang baik, software faktur menjadi salah satu alat yang bisa dimanfaatkan.

Tentunya, pemilihan sistem faktur yang tepat dan cocok untuk bisnis memerlukan pertimbangan yang matang.

Karena aplikasi faktur ini terkait dengan keuangan dan juga peraturan pajak pemerintah, maka setidaknya ada beberapa poin pertimbangan:

  1. Aplikasi yang bisa membuat faktur otomatis.
  2. Aplikasi resmi yang ada di DJP pemerintah.
  3. Support bahasa Indonesia untuk yang ingin fokus di sistem lokal.
  4. Sistem online untuk kemudahan akses.

Ingin mencapai efisiensi keuangan dengan sistem terbaik?

Coba Mekari Jurnal sekarang!

WhatsApp Hubungi Kami