Apakah saat ini Anda sedang berencana untuk membangun sebuah bisnis? Jika jawabannya ‘ya’, maka Anda harus memahami terlebih dahulu langkah apa yang harus Anda ambil. Selain itu, dalam proses membangun dan menjalankan sebuah bisnis, juga ada beberapa risiko yang harus Anda pahami dan cermati. Semua hal tersebut harus Anda kuasai untuk meminimalisir risiko dalam berbisnis.

Lalu yang menjadi pertanyaan besar di sini adalah “Apa yang harus Anda lakukan agar sebuah bisnis bisa sukses dan berjalan dengan lancar?” Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu beragam risiko dalam berbisnis yang sering terjadi berikut ini:

Berbagai Risiko yang Sering Terjadi dalam Membangun Sebuah Bisnis

Secara garis besar, risiko dalam berbisnis dibagi menjadi dua jenis, yaitu risiko your own business (risiko membangun bisnis sendirian), dan yang kedua adalah building business together (membangun bisnis bersama dengan orang lain). Berikut penjelasan mengenai kedua jenis risiko bisnis ini.

  • Risiko Your Own Business

Jika Anda berniat membangun bisnis seorang diri tanpa adanya keterlibatan orang lain, maka ketahuilah bahwa segala sesuatu yang Anda lakukan akan memiliki dampak langsung terhadap bisnis yang Anda bangun. Sehingga, Anda harus lebih rajin dan giat dalam mencari dan melakukan terobosan-terobosan baru agar bisnis yang Anda kelola sendiri tersebut bisa berjalan dengan baik.

Risiko yang kerap terjadi dalam mengelola bisnis sendiri adalah kurangnya ide-ide cemerlang, sehingga bisnis Anda seolah berjalan ditempat dan cukup sulit untuk berkembang. Selain itu, Anda tidak memiliki tempat untuk sharing terkait keberlangsungan bisnis yang sedang ditekuni, sehingga secara tidak langsung hal ini juga akan menjadikan bisnis Anda mengalami kemunduran.

Tak jarang, masalah keuangan juga kerap menjadi problem serius ketika Anda membangun sebuah bisnis sendiri. Anda harus mengerjakan dan menjalani semua ide-ide yang sudah direncanakan sendirian. Sehingga hal ini akan menguras waktu, tenaga, serta pikiran Anda. Tentunya, masalah yang paling utama adalah kekuatan modal, karena Anda tidak memiliki partner dalam berbisnis, maka Anda diwajibkan untuk memiliki jumlah modal yang cukup baik. 

  • Risiko Building Business Together

Berbeda dengan poin di atas, ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis bersama dengan rekan atau partner, maka ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Meski Anda tidak mengurus bisnis sendirian, namun bukan berarti hal ini terbebas dari kendala dan masalah. Biasanya, risiko yang paling sering muncul dalam membangun sebuah bisnis bersama adalah perbedaan pendapat.

Tak jarang, masalah ini bisa menjadikan kondisi bisnis Anda mengalami kemunduran mengingat banyaknya ide-ide yang bentrok satu sama lain. Masalah yang satu ini juga bisa menjadi semakin buruk jika Anda ataupun rekan bisnis Anda merupakan orang yang keras kepala dan egois. Puncak dari masalah ini adalah timbulnya perselisihan antar sesama rekan bisnis.

Itulah beberapa risiko yang kerap terjadi dalam membangun sebuah bisnis. Masih berkaitan erat dengan risiko dalam berbisnis, ada beberapa fakta seputar bisnis yang bisa Anda simak. Berikut diantaranya:

Fakta-Fakta Seputar Bisnis:

  • Satu hingga tiga tahun pertama merupakan masa-masa paling sulit dalam membangun, menjalankan, serta mengembangkan bisnis.
  • Sebagian besar bisnis kecil-kecilan hanya mampu bertahan selama 5 hingga 7 tahun.
  • Pajak dan saingan bisnis di bidang yang sama merupakan masalah terberat dalam membangun sebuah bisnis.
  • 74 persen dari pemilik bisnis kecil hingga menengah dari seluruh dunia berani mengambil langkah dengan risiko yang besar.

Melihat fakta seputar bisnis di atas, maka Anda perlu untuk mempersiapkan diri serta mental sebelum memulai untuk mendirikan sebuah bisnis. Mungkin bagi sebagian orang, membangun bisnis dianggap sebagai perkara yang mudah. Padahal, percayalah bahwa membangun sebuah bisnis tidak semudah seperti yang dibayangkan. Akan banyak sekali rintangan serta hambatan yang mengiringi bisnis Anda.

Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang bisa Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum Anda mulai membangun sebuah bisnis. Untuk mempermudah Anda dalam membangun bisnis, Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan.

Baca Juga: Peluang Bisnis Sesuai Kepribadian yang Cocok untuk Millenial

Tips Membangun Sebuah Bisnis untuk Meminimalisir Risiko

  • Tentukan Arah Bisnis Anda

Sebelum Anda membangun sebuah bisnis, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui arah dari bisnis yang akan Anda bangun tersebut. Hal ini mencakup target pasar, apa yang ingin dijual, dan bagaimana cara memperoleh profit yang besar dari bisnis tersebut. Dengan mengetahui arah dari bisnis yang akan digeluti, maka secara tidak langsung Anda sudah paham dengan langkah yang bisa disiapkan.

  • Unik dan Berbeda dari Bisnis Serupa yang Sudah Ada

Anda harus bisa membangun sebuah bisnis yang berbeda dari bisnis serupa yang sudah ada. Apa yang akan menjadikan bisnis Anda spesial sehingga orang-orang harus memilih produk yang ditawarkan oleh bisnis Anda? Jika aspek yang satu ini tidak terpenuhi, maka potensi risiko yang bisa Anda alami juga akan semakin besar, mengingat bisnis Anda sama saja dengan bisnis serupa yang sudah ada. Sehingga tidak ada alasan khusus bagi calon customer untuk memilih produk yang Anda tawarkan.

  • Melihat Potensi Pasar

Pastikan Anda sudah melakukan riset terhadap kondisi pasar terkait dengan bisnis yang akan Anda bangun. Hal ini berguna untuk mengukur sejauh mana daya beli masyarakat terhadap produk yang nantinya akan ditawarkan oleh bisnis yang dibangun. Contoh sederhananya adalah jangan mendirikan bisnis yang sudah menjamur dan mudah dijumpai di mana-mana. Sebab, jika melihat dari hukum bisnis, hal ini tidak mendatangkan profit yang baik karena faktor saingan atau kompetitor yang terlalu banyak. Terkecuali Anda bisa dan mampu menerapkan poin nomor dua di atas.

  • Menentukan Strategi Marketing yang Baik

Marketing adalah ujung tombak dari semua bisnis yang ada saat ini. Strategi marketing yang baik merupakan tonggak kesuksesan sebuah bisnis. Sekalipun produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang lebih baik serta memiliki rentan harga yang lebih murah dari produk serupa yang sudah ada, namun semua itu akan menjadi percuma jika strategi marketing yang Anda terapkan tidak maksimal dan melenceng dari target.

  • Ketahui Saingan Terberat Anda

Orang bijak mengatakan bahwa “musuh adalah pengkritik terbaik”. Oleh karena itu, posisikan diri Anda sebagai ‘musuh’ dan lihatlah bisnis serupa yang merupakan saingan terberat dari bisnis yang akan Anda dirikan. Lihatlah kekurangan dari bisnis saingan tersebut, sehingga Anda bisa menghindari kesalahan yang sama. Lalu, kembangkan keunggulan yang dimiliki oleh bisnis saingan tersebut agar bisnis yang Anda bangun bisa berjalan dengan baik dan lancar.

  • Selesaikan Masalah dengan Kepala Dingin

Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis, maka pahamilah bahwa perbedaan pendapat pasti terjadi. Sehingga janganlah mengedepankan emosi dalam bersaing ide dan pendapat dengan rekan bisnis Anda. Ingat, masalah tidak akan pernah terselesaikan dengan emosi, namun sebaliknya, masalah akan mudah untuk dilalui jika Anda mampu dan bisa mencari jalan tengahnya dengan kepala dingin.

  • Mengatur Keuangan dalam Berbisnis

Uang merupakan napas dari sebuah bisnis. Tanpa adanya pengelolaan uang yang baik, maka cepat atau lambat bisnis tersebut akan mati. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami sistem pengelolaan uang yang baik untuk menghindari kebangkrutan dan juga kegagalan dalam mendirikan sebuah bisnis. Tentu Anda paham betul bahwa sektor keuangan sangatlah penting, sehingga sangat disarankan agar poin yang satu ini diserahkan atau dikelola oleh diri Anda sendiri atau orang yang benar-benar bisa dipercaya. Tentu Anda tidak ingin uang Anda dibawa lari oleh orang lain, bukan?

Sayangnya, mengatur keuangan dalam berbisnis tentu menjadi kendala tersendiri karena keterbatasan pemahaman dan pengetahuan seputar sistem keuangan. Namun, masalah yang satu ini sudah bisa diatasi dengan bantuan Jurnal, yakni software akuntansi terkemuka untuk mengatur dan mengelola keuangan secara sempurna. Dengan menggunakan Jurnal, maka pengelolaan seputar keuangan dalam berbisnis menjadi jauh lebih mudah dan sederhana. 

Selain itu, Jurnal juga bisa membantu Anda dalam membuat laporan keuangan secara instan dan realtime. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Jurnal dan berbagai fitur di dalamnya dapat Anda lihat di sini.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda pahami terlebih dahulu sebelum mantap untuk membangun sebuah bisnis. Ketahuilah bahwa setiap bisnis pasti memiliki risiko. Sehingga Anda harus tekun dan konsisten dalam mengurus bisnis yang akan Anda bangun. Selain itu, jadikanlah kesalahan dan kegagalan sebagai pengalaman yang berharga agar Anda bisa menjadi seorang businessman yang lebih baik lagi di kemudian hari. Salam sukses!

Author