Tips Sukses Memulai Bisnis Online yang Tepat

Setiap pelaku usaha yang sebagian ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui Internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online.

Aktivitas bisnis ini meliputi kegiatan jual beli produk atau barang secara online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya yang bisa ditemukan di Internet dalam berbagai bidang industri.

Coba gratis program akutansi Jurnal disini.

Kegiatan bisnis online dapat diwujudkan dalam berbagai jenis seperti website, toko online, blog, hingga akun social media.

Namun, untuk cara memulai bisnis ini, Anda perlu memiliki langkah-langkah tepat untuk membuat bisnis tersebut dapat terus berkembang.

Berikut adalah beberapa tips dalam memulai bisnis online.

Ketahui Calon Konsumen Bisnis Online Anda

Sebelum memulai menjual produk di toko online, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan konsumen yang sesuai dengan produk Anda.

Lakukan riset terlebih dahulu. Anda bisa mulai dengan aktif di media sosial dan perhatikan apa saja yang menjadi kebutuhan dan barang apa saja yang paling banyak dicari.

Biasanya orang memilih belanja online karena cepat dan mudah. Barang-barang yang cepat laku adalah barang yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Seperti fashion, peralatan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, hingga produk teknologi.

Menentukan Produk atau Jasa

Langkah pertama yang perlu diambil dalam menjalankan bisnis online adalah menentukan apa yang akan dijual nantinya. Apakah berupa barang ataukah jasa.

Pikirkan apa yang menjadi passion Anda dan selalu dicari banyak orang. Jadilah pebisnis yang dapat menciptakan produk atau jasa yang dapat memberikan solusi dari masalah yang ada.

Tawarkan Produk yang Berkaitan dengan Hobi

Strategi yang Bisa Diterapkan pada Awal Perjalanan Bisnis Online Anda

Dalam bisnis online, terdapat dua jenis barang yang diperdagangkan. Pertama adalah commoditized product, yaitu produk populer dan paling banyak dibeli konsumen.

Mengingat pentingnya barang tersebut dalam kehidupan sehari-hari seperti yang sudah disebutkan dalam poin sebelumnya.

Kedua adalah niche product, produk yang tersegmen pada konsumen tertentu seperti pecinta hobi. Namun jangan salah, justru produk inilah yang mulai banyak dilirik pebisnis online.

Contohnya saja jual beli kamera atau perlengkapan fotografi untuk para fotografer. Jelas, ini merupakan kesempatan bagi bisnis online yang bisa Anda manfaatkan.

Sesuaikan dengan Passion

Passion juga berperan penting bagi perkembangan bisnis online Anda. Jadi, sebelum memulai bisnis, cobalah pilih bisnis yang sesuai dengan passion Anda.

Jika Anda tertarik di dunia anak, mungkin Anda bisa memulai bisnis baju anak.

Dengan menjalankan bisnis sesuai passion, Anda akan lebih memahami produk Anda dan juga konsumen. Sehingga, ketika mereka bertanya, Anda bisa menjawab dan memberikan solusi yang tentunya memuaskan bagi mereka.

Belajarlah Bisnis Online dari Ahlinya

Strategi lainnya ketika Anda baru pertama kali membuka toko online adalah jangan segan-segan belajar kepada para ahli yang sudah berpengalaman atau mereka yang sudah lebih dulu sukses.

Hal ini dikarenakan persaingan bisnis online tidak dapat diprediksi. Dari para ahli inilah Anda memperoleh gambaran apa yang harus Anda lakukan untuk kemajuan bisnis Anda.

Tentukan Nama Bisnis

Anda perlu meluangkan waktu untuk memilih nama yang unik ketika ingin memulai bisnis online. Nama yang unik bisa membuat produk Anda lebih mudah dikenali dalam memasarkan bisnis dan memungkinkan Anda mendapatkan nama domain yang sesuai dengan nama bisnis.

Jika, Anda telah memiliki sebuah nama dalam pikiran, cobalah cari nama tersebut melalui pencarian Internet. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk melihat apakah ada bisnis lain yang terdaftar dengan nama yang sama.

Membangun Mindset yang Tepat

Memiliki mindset bisnis yang tepat dan sikap mental yang positif sangatlah penting. Fokuslah terhadap satu jenis bisnis terlebih dahulu hingga Anda dapat menjangkau pasaran luas dan memperoleh pelanggan yang tetap.

Selain itu Anda juga harus tetap fokus terhadap bisnis, jangan mudah menyerah dan goyah apabila dalam perjalanan bisnis mengalami pasang surut.

Karena dalam bisnis kegagalan dan keberhasilan adalah hal yang sangat wajar. Jadi tetaplah fokus mempertahankan eksistensi bisnis walaupun sedang mengalami kegagalan.

Pemasaran Bisnis Online

Pada tahap awal, selain berfokus untuk membangun bisnis, jangan lupa untuk melakukan pemasaran. Rencanakan strategi pemasaran yang efektif.

Anda bisa melalui penjualan secara online ataupun secara langsung.

Dua-duanya sangatlah baik untuk dilakukan. Namun, di zaman teknologi seperti saat ini menggunakan strategi pemasaran digital sangat memengaruhi bisnis untuk lebih banyak dikenal orang lain.

Strategi pemasaran juga harus disesuaikan dengan sasaran pasarnya.

Memanfaatkan Social Media

Social media saat ini sangat berpengaruh dalam kehidupan banyak orang, baik yang muda maupun tua.

Salah satu cara memulai bisnis online dengan mudah adalah dengan memanfaatkan social media untuk menjangkau target konsumen yang sesuai.

Anda juga bisa membuat akun bisnis di social media dan melakukan jual beli di platform tersebut.

Perhatikan Rekening Bank

Cocokkan Transaksi Bisnis Lebih Mudah & Cepat dengan Fitur Rekonsiliasi Bank
Ketika Anda memulai bisnis online, Anda juga perlu membuka rekening Bank, karena semua pembayaran akan ditransaksikan secara tidak langsung.

Anda perlu membuka beberapa akun rekening Bank untuk memudahkan pelanggan memilih dari Bank mana mereka akan melakukan transaksi pembayaran.

Hal ini harus diperhatikan karena banyak transaksi online yang gagal terjadi dikarenakan sebuah online shop tidak memiliki rekening yang sama dengan pelanggannya.

Dalam hal ini pelanggan gagal meneruskan pembayaran karena tidak ingin dikenai biaya tambahan transfer antar Bank.

Selain itu, transaksi juga harus terus dimonitor agar tidak ada yang terlewat dan tidak tercatat. kesalahan pencatatan akan mengakibatkan kacaunya cashflow bisnis Anda.

Disitulah pentingnya aplikasi invoice bagi bisnis Anda, segala transaksi oleh pelanggan akan diproses otomatis dan tercatat secara sistematis sehingga dapat dilihat secara realtime berikut dengan invoice nya.

Baca Juga : 4 Kiat-Kiat untuk Menaikkan Daya Saing Bisnis Anda

Dapatkan Nama Domain

Segera setelah Anda memutuskan sebuah nama, daftarkan nama domain untuk memulai bisnis online. Nama domain adalah alamat situs yang biasanya diakhiri dengan “.com”.

Anda dapat memeriksa ketersediaan nama domain yang Anda usulkan dengan mengetiknya ke mesin pencarian di Internet dan melihat apakah ada situs web yang sama.

Banyak perusahaan menawarkan registrasi nama domain. Anda cukup membuat akun, mengidentifikasi nama yang ingin Anda daftarkan dan membayar biaya tahunan.

Mulai membangun Website

Agar situs web Anda aktif dan berjalan, Anda harus mulai membangun website dan membeli web hosting, yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan yang juga menyediakan pendaftaran domain.

Disaat memulai bisnis online, Anda bisa saja membuat situs web sendiri, jika Anda memahami IT.

Tapi jika Anda tergolong orang yang sangat awam dengan dunia digital, Anda bisa menghubungi jasa pembuatan website dan berdiskusi untuk membuat sebuah website yang menarik bagi bisnis Anda.

Setelah ke 5 hal di atas telah terpenuhi, maka Anda siap untuk memulai bisnis online. Ingatlah bahwa internet adalah tempat yang sangat padat dan luas, Anda tidak bisa duduk santai dan menunggu pelanggan datang.

Jadi, cobalah carilah cara untuk mempromosikan bisnis melalui iklan online, media sosial, dan berbagai media iklan lainnya.

Baca Juga : Pentingnya Website untuk Perkembangan Bisnis Anda

Mengatur Manajemen Keuangan Bisnis

Strategi yang Bisa Diterapkan pada Awal Perjalanan Bisnis Online Anda

Pada berbagai bisnis, baik yang dilakukan secara online maupun offline tentu memerlukan manajemen keuangan yang tepat.

Segala transaksi yang ada harus dilakukan pencatatan dengan tepat sehingga Anda bisa mengetahui keadaan bisnis secara detail, apakah mengalami rugi atau untung.

Salah satu hal penting dalam  manajemen keuangan adalah membuat laporan keuangan. Kini Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah menggunakan software akuntansi.

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat laporan keuangan secara cepat, tepat, dan disajikan secara realtime.

Selain itu, Jurnal juga memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda mengelola bisnis seperti aplikasi pengelolaan inventory barang dan aset perusahaan, pembuatan dan pengiriman invoice, aplikasi pembukuan usaha kecil, pembuatan laporan keuangan hingga pembuatan laporan pajak.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan Jurnal dan nikmati free trial 14 hari. Info lebih lanjut, klik di sini.

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo