Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

4 Kiat-Kiat untuk Menaikkan Daya Saing Bisnis Anda

Tayang 10 Apr 2021
Diperbarui 27 November 2023

Bagi pemilik bisnis kecil, bersaing dengan pebisnis lain yang lebih besar dan sudah menguasai pasar merupakan hal yang menakutkan. Hal ini terlihat mustahil untuk ikut terjun di pasar. Perlu Anda ingat bahwa ada banyak bisnis kecil yang memiliki daya saing bisnis yang kuat, bahkan mampu menghadapi persaingan bisnis dengan yang lebih besar.

Untuk menyiasati jika perusahaan Anda tidak memiliki banyak budget untuk marketing, pakailah cara berikut ini yaitu langkah dan kiat-kiat yang dapat diimplementasikan untuk menaikkan daya saing bisnis Anda ke depannya.

Bergerak dengan Cepat

Perusahaan kecil lebih dinamis dan cepat menarik peluang serta mudah beradaptasi  dan memperbaiki model bisnis untuk menangkap pasar yang berubah secara cepat.

Sebagai contohnya, butik pakaian lokal dapat dengan cepat memproduksi pakaian sesuai dengan tren yang ada atau menarik produk berdasarkan permintaan yang menurun.

Perusahaan besar memiliki kelebihan di ukuran dan skala usaha, namun tidak dapat merespon perubahan pasar secepat perusahaan kecil. Menurut Henry Eikus, COO dari Unlimited Ltd Clothing, bisnis kecil yang cepat berkembang, lebih berhasil dalam pelayanan pelanggan, identifikasi tren, hasil produk, dan pengontrolan kualitas dibandingkan perusahaan besar.

Setelah Anda menemukan pasar Anda, maksimalkan kesempatan penjualan terutama di bagian-bagian, di mana bisnis Anda dapat dengan cepat menyesuaikan.

Menemukan Inovasi

Memiliki nilai jual dan daya saing bisnis dengan melakukan sesuatu lebih baik, lebih murah, dan berbeda. Menurut profesor dari University of Chichago, James Schranger,  kunci dari menghadapi perusahaan besar adalah dengan menciptakan produk atau jasa yang berbeda dan unik.

Perusahaan kecil memiliki kecepatan yang mampu melakukan inovasi secara lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan besar. Beri tim Anda semangat dan motivasi untuk terus melakukan eksperimen serta kolaborasi pada ide baru. Selain itu, beri teladan bagi mereka untuk menciptakan budaya inovasi di bisnis kecil Anda.

Buat Daya Saing Bisnis Website Anda dengan Strategi SEO

Website akan membantu mengembangkan bisnis Anda dengan meningkatkan daya saing bisnis serta memberikan kesempatan bagi calon pelanggan informasi mengenai perusahaan dan produk Anda. Dengan strategi Search Engine Optimization (SEO), calon pelanggan maupun pelanggan lama dapat dengan mudah menemukan produk-produk Anda.

Dulu Anda cukup memasukkan banyak kata kunci di halaman website untuk menaikkan traffic yang dapat membuat website Anda muncul di mesin pencari web dan klik yang diterima. Saat ini strategi SEO cepat sekali berkembang dan berinovasi.

Menciptakan konten berkualitas, menarik dan inovatif,  sehingga pembaca tertarik membagikan alamat website Anda. Untuk hasil terbaik, targetkan pasar secara spesifik dan lokal dengan kata kunci yang panjang dan spesifik.

Hargai dan Dengarkan Kritik serta Saran Pelanggan

Cara yang paling efektif dalam menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan adalah dengan menjalin hubungan baik. Hal ini sesuai dengan perkembangan teknologi yang makin berkembang sebagai fasilitas interaksi antara bisnis dengan pelanggan.

Menggunakan crowdsource adalah salah satu strategi untuk menghadapi persaingan bisnis. Dengan mengumpulkan masukan dari banyak orang berarti Anda mengajak pelanggan untuk ikut terlibat dalam proses pengembangan produk. Salah seorang Profesor dari Sekolah Bisnis Harvard, Carliss Baldwin, berkata bahwa para pemilik bisnis harus menerima pelanggan mereka secara keseluruhan.

Oleh karena itu, kenalilah pelanggan Anda, selain itu cari tahu apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka tidak sukai, serta apa ekspektasi mereka terhadap perusahaan Anda. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan melalui survey dan kuestionaire juga bisa menjadi nilai plus.

Kumpulkan masukan pelanggan Anda dan modifikasi produk Anda untuk memenuhi selera pelanggan Anda. Dengan melakukan hal-hal di atas, Anda akan memiliki pelanggan yang setia.

Setelah bisnis Anda sudah berjalan, hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah pengelolaan transaksi dalam bisnis. Segala transaksi oleh pelanggan harus diperhatikan dengan baik agar penjualan produk berjalan lancar. Pelajari bagaimana fitur aplikasi pembukuan bisa menolong bisnis Anda.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi invoice untuk bisnis untuk kemudahan menjalankan kegiatan jual beli bisnis. Invoice dan penagihan kepada pelanggan akan dibuat secara otomatis, serta pencatatan transaksi dalam bisnis anda jadi lebih sistematis sehingga mudah dipantau.

Sedangkan untuk urusan pengelolaan akuntansi khususnya laporan keuangan, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi bisnis seperti Jurnal. Selain itu fitur aplikasi laporan keuangan dari Jurnal bisa menjadi solusi Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan hitungan yang akurat.

Cari tahu lebih banyak tentang fitur-fitur yang dimiliki Jurnal, seperti fitur aplikasi akuntansi  secara online dan fitur menarik lainnya. Klik untuk coba demo gratis disini !

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal