Pentingnya Website untuk Perkembangan Bisnis Anda

Website adalah suatu halaman web yang dapat diakses melalui Internet. Dalam sebuah web biasanya akan tersedia sebuah informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi.

Menurut Global Web Index, 62% pelanggan mengunjungi website hanya untuk mencari informasi mengenai merek maupun produk.

Jadi, sebagai seorang pengusaha, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk membuat website sebagai media branding maupun promosi bisnis.

Pakai Jurnal untuk Toko Online Anda! Terhubung dengan Marketplace dan Lacak Transaksi Lebih Mudah!

Manfaat Penggunaan Website untuk Perkembangan Bisnis Anda

Website juga memiliki manfaat lain untuk mengembangkan bisnis Anda, seperti:

Branding

Branding adalah salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam membangun sebuah bisnis.

Dengan memiliki website, Anda dapat secara langsung menyajikan informasi yang membantu Anda dalam memperkenalkan merek atau produk yang dipasarkan atau dijual.

Bukan hanya itu, dengan website, pelanggan juga dapat lebih percaya dengan bisnis yang sedang Anda jalankan, dan tentunya Anda dapat melakukan komunikasi dua arah melalui website.

Baca Juga : 5 Langkah Memulai Bisnis Online

Media Promosi

Langkah Jitu Melakukan Proses Rebranding Melalui Social Media
Website bukanlah sebuah toko yang bisa tutup dan buka, semua orang dapat mengaksesnya di mana pun dan kapan pun.

Website adalah media promosi yang paling murah, efektif, dan efisien. Dengan website, Anda dapat memberikan informasi mengenai produk, potongan harga, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, pelanggan Anda dapat menerima informasi dengan cepat dan tepat.

Pengenalan Produk atau Merek

Dengan mengunjungi website, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui segala hal tentang produk dan merek yang Anda pasarkan.

Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, pelanggan dapat segera mengambil keputusan untuk melakukan pembelian jika tertarik, atau mencari produk lain yang mereka butuhkan melalui situs.

Bukan hanya informasi produk, Anda juga dapat menambahkan sedikit informasi tentang perusahaan.

Dengan begini, Anda tak perlu repot lagi menjawab pertanyaan pelanggan satu per satu, karena dengan website, semua informasi yang dibutuhkan pelanggan telah tersedia di dalamnya.

Baca Juga : 4 Kiat-Kiat untuk Menaikkan Daya Saing Bisnis Anda

Meningkatkan Penjualan

Seperti yang telah Anda ketahui, situs dapat membantu calon pelanggan atau pelanggan Anda mendapatkan informasi mengenai produk yang Anda jual.

Ketika pelanggan tertarik, mereka akan melakukan transaksi penjualan di dalam website.

Dengan begitu, penghasilan bisnis Anda akan ikut meningkat. Jadi, cobalah mulai membuat situs dengan fitur penjualan online di dalamnya.

Baca juga: 9 Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Coba di Rumah!

5 Trik Cerdas Mempromosikan Website Bisnis Hanya dalam 10 Menit

Website merupakan salah satu alat pemasaran secara online yang masih memegang peranan penting saat ini.

Sebuah situs layaknya sebuah toko yang dapat menampilkan semua produk dalam satu tempat dengan deskripsi yang lebih banyak ketimbang alat penjualan online lainnya.

Biasanya keberadaan ini akan lebih memuaskan rasa ingin tahu pengunjung terhadap sebuah produk.

Namun, pengunjung sebuah situs tidak akan tiba-tiba datang tanpa dipromosikan sebelumnya.

Artinya, mempromosikan website merupakan bagian yang tidak boleh di lewatkan ketika ingin melakukan pemasaran secara online.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan website secara mudah dan cepat. Di bawah ini ada beberapa trik cerdas yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan situs dalam 10 menit.

Email Broadcast

Apakah Anda memiliki database alamat email customer? Jika jawabannya adalah iya, maka hal ini bisa menjadi salah satu keuntungan yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan atau broadcast pesan ke semua email costumer tentang website bisnis.

Memberikan pengumuman melalui email, selain terkesan lebih pribadi biasanya juga dianggap lebih mampu mendatangkan traffic atau kunjungan ke website.

Hal ini, karena costumer tersebut sudah pernah membeli atau mengetahui barang atau produk yang Anda miliki.

Selain pemberitahuan tentang website bisnis, Anda juga bisa menyisipkan informasi penting mengenai promo spesial maupun diskon khusus yang bisa didapat costumer melalui website, sehingga mendorong costumer untuk membukanya.

Baca juga: Strategi Email Marketing Efektif yang Bantu Perkembangan Bisnis

Promosi Menggunakan Marketplace

Marketplace adalah salah satu tempat penjualan yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat umum untuk melakukan pembelian.

Mempromosikan website melalui marketplace adalah sebuah langkah tepat yang dapat mendatangkan konsumen yang sudah mengetahui produk usaha Anda.

Cantumkan alamat situs ketika melakukan promosi di sebuah marketplace, sehingga pengunjung yang datang, selain membeli produk, juga mengunjungi situs Anda.

website

Sisipkan Brosur Atau Flyer Saat Mengirim Barang

Jika Anda memiliki bisnis dengan produk fisik yang Anda jual di toko ritel atau mengirimkannya untuk customer, ada taktik marketing yang masih (bahkan) sangat kurang dimanfaatkan oleh pebisnis lain yang dapat Anda ambil keuntungannya.

Saat meluncurkan situs web baru, Anda dapat menyisipkan flyer maupun brosur pada barang yang Anda kirimkan. Di mana, Anda bisa menambahkan alamat website pada brosur atau flyer yang akan Anda kirim.

Anda juga bisa memberikan pengumuman kecil di bagian flyer atau brosur, bahwa bisnis Anda kini telah memiliki situs website yang dapat media bagi mereka untuk mencari informasi mengenai produk Anda secara cepat.

Promosikan Melalui Social Media

Siapa yang tidak menggunakan social media saat ini? Hampir semua orang terhubung melalui social media, tidak terkecuali perusahaan.

Saat ini, jika sebuah perusahaan ingin melakukan promosi sebuah website, maka menyebarkan pesan melalui social media dinilai sangat tepat dan efisien mengingat tingginya interaksi masyarakat didalamnya.

Gunakan social media sebagai media berpikir praktis, di mana gambaran produk yang menarik dan caption yang singkat, akan menarik rasa ingin tahu costumer untuk mendatangi website perusahaan Anda.

Gunakan Facebook Ads

Facebook ads memiliki fitur yang disebut custom audiences yang memungkinkan Anda untuk meng-upload daftar email Anda ke Facebook dan di sana email tersebut akan dicocokkan dengan akun Facebook Anda.

Anda bisa memanfaatkan custom audiences untuk mengumumkan peluncuran situs web baru Anda kepada orang-orang yang sudah mengetahui brand tersebut.

Selain memberitahukan kepada para custumer setia tentang peluncuran website, Facebook Ads juga bisa memberi pengaruh dan menarik perhatian costumer dari competitor usaha, karena iklan maupun pemberitahuan melalui Facebook ads dapat ditampilkan secara umum melalui kategori yang sama.

Untuk menerapkan beberapa trik cerdas di atas, tentunya Anda perlu menyisihkan waktu, tenaga maupun keuangan sebagai sebuah  kompensasi atas kemudahan yang Anda dapatkan dalam mempromosikan website usaha.

7 Tips Hebat untuk Meningkatkan Reputasi Website Usaha

website

Membuat website bisnis yang baik tidak bisa terlepas dari konsep yang digunakan untuk membangunnya.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menarik banyak pengunjung mendatangi website atau online shop Anda, sehingga dapat meningkatkan reputasi situs dan menempatkannya di daftar teratas pada mesin pencarian.

Di bawah ini akan kita bahas 7 tips yang membuat website Anda memiliki reputasi baik dan terus meningkat.

Perhatikan Tampilan Website

Sebuah website tidak hanya membutuhkan informasi yang menarik, namun juga tampilan yang menarik, sehingga memudahkan konsumen untuk mengaksesnya.

Situs  dengan tampilan yang sederhana dengan warna-warna yang menarik namun tak menyilaukan mata tentu lebih disukai karena mudah diakses dan memudahkan para pengunjung untuk memperoleh informasi dari website tersebut.

Berikan Informasi Secukupnya

Sejak kamera mulai melekat pada perangkat telepon dan berbagai social media mulai menggunakan gambar untuk menarik minat para pembacanya, fungsi kata-kata tidak lagi menjadi terlalu penting.

Hal ini juga terjadi pada sebuah situs . Saat ini, banyak pengunjung website yang tertarik untuk meluangkan waktu berkunjung pada website tertentu karena konten yang visual.

Oleh karena itu, jika Anda memutuskan membuat sebuah website, berilah informasi secukupnya secara ringkas dan padat tanpa harus terlalu banyak kata dan sediakan beberapa gambar  maupun video yang cukup menarik untuk mendukungnya.

Tambahkan Kontak yang Jelas

Menyediakan informasi kontak seperti alamat, nomor telepon, email, atau akun chat merupakan salah satu hal penting yang seringkali dicantumkan dalam sebuah website.

Informasi kontak yang mudah diakses akan membuat pengunjung tidak perlu mencari-cari info kontak di halaman website yang dapat membuang waktu.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Bagi Usaha Toko Online

Navigasi yang Mudah

Pada umumnya pengunjung situs membutuhkan informasi yang padat, ringkas, dan mudah diakses.

Pilihlah fitur yang banyak dibutuhkan oleh pengunjung.

Jangan menyediakan terlalu banyak fitur yang justru  membingungkan. Sediakan tombol navigasi seperti Tentang Kami, Menu, Produk, Kontak, dan FAQ yang akan mempermudah pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Terintegrasi dengan Social Media

Kepopuleran social media saat ini menjadikan fungsinya mengalami pergeseran. Saat ini, sudah banyak perusahaan atau bisnis online yang memanfaatkan social media sebagai sarana untuk menjaring pengunjung baru dan meningkatkan brand awareness.

Cara ini dianggap sebagai salah satu sarana yang efektif untuk mengoptimalkan kinerja website.

Buang Fitur yang Mengganggu

Beberapa jenis fitur autoplay seperti musik, flash, atau sponsor iklan yang letaknya mengganggu terkadang bisa membuat pengunjung website merasa kesal dan mengurungkan niatnya untuk membuka situs.

Agar website kita tak mengalami hal tersebut, cobalah untuk menyingkirkan fitur-fitur pengganggu tersebut dan tampilkan kesan profesional.

Baca juga: Cara Terbaik Meningkatkan Kredibilitas Bisnis dengan Online Branding

Mobile Friendly

Saat ini, pengguna smartphone jumlahnya meningkat secara signifikan, sehingga banyak sekali calon pengunjung website yang akan  mengakses situs melalui smartphone.

Untuk mengatasi hal tersebut, mulailah membuat konten website yang mobile friendly sehingga tidak menyebabkan kesulitan pembaca.

Gunakan gambar yang tidak menggunakan resolusi terlalu besar, buatlah tampilan teks yang tidak terlalu kecil, sehingga pembaca yang mengakses website melalui smartphone tetap merasa nyaman tanpa harus terlalu lama menunggu dan menggeser layar.

Untuk melengkapi strategi pemasaran secara online melalui website, sebuah perusahaan juga harus memiliki dukungan pengelolaan keuangan terbaik secara online.

Jurnal software akuntansi online, dengan fitur lengkap dan mudah diaplikasikan akan membuat bisnis Anda memiliki laporan keuangan lengkap dan akurat.

Jurnal juga dilengkapi versi mobile yang tentunya akan membuat pencatatan keuangan bisnis Anda menjadi lebih mudah kapan dan di mana saja. Untuk mendapatkan semua informasi lengkap tentang Jurnal  bisa Anda klik di sini.

Jurnal sebagai salah satu platform pengelola akuntansi keuangan perusahaan, akan membantu Anda untuk memiliki waktu yang efisien dan pengelolaan keuangan yang cerdas dalam mendukung pembiayaan untuk promosi website usaha.

Dengan Jurnal, miliki sistem pelaporan, analisa dan dukungan pengelolaan keuangan secara instant dan realtime. Untuk informasi lengkap tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan melalui klik software invoice.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki website. Jadi, cobalah mulai memikirkan untuk membuat website untuk bisnis Anda.

Jika Anda tidak terlalu memahami bagaimana cara membuatnya, Anda dapat meminta bantuan orang yang lebih memahaminya. Selain membuat website, Anda juga harus mulai membuat laporan keuangan perusahaan.

Kategori : BisnisMarketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo