Dalam menjalankan bisnis, tidak terlepas dari kegiatan marketing atau pemasaran. Marketing merupakan serangkaian aktivitas atau kegiatan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Mulai dari membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya, dan mempromosikan produk tersebut kepada konsumen. Kegiatan marketing itu sendiri bermacam-macam, mulai dari direct sales, mempromosikan melalui social media, memasang iklan di radio, dan juga email marketing.

Jika bisnis Anda sudah besar, mungkin ada banyak cara marketing yang bisa Anda lakukan, namun ketika bisnis Anda masih dalam skala kecil, kegiatan marketing menjadi salah satu tantangan besar. Di mana, Anda harus memikirkan bagaimana cara melakukan pemasaran yang baik untuk mengembangkan bisnis dengan biaya yang seadanya atau tidak banyak. Selain itu, Anda juga harus memikirkan cara bagaimana kegiatan marketing ini bisa memberikan keuntungan yang stabil bagi perusahaan di setiap bulannya.

Bagi Anda yang saat ini serang merintis bisnis dan ingin melakukan kegiatan marketing, Anda bisa memanfaatkan email marketing sebagai salah satu cara promosi yang hemat dan mudah dilakukan. Di bawah ini adalah beberapa cara melakukan email marketing yang tepat bagi bisnis Anda.

Jenis Email Marketing

a. Invitation Email

Email marketing jenis ini bisa membantu Anda menjaga klien dan pelanggan Anda untuk selalu update dengan acara-acara perusahaan yang akan datang. Jenis email ini dapat dikirimkan seminggu atau paling lambat satu hari sebelum kegiatan yang dilakukan perusahaan akan berlangsung. Ini bisa membantu Anda mendorong pelanggan untuk hadir ke acara yang kita buat. Misalnya, ketika Anda ingin mengadakan seminar atau workshop yang melibatkan pelanggan, atau ketika ingin mengundang pelanggan untuk mengikuti pelatihan secara gratis, dan sebagainya.

b. Digest Email

Ini merupakan salah satu jenis email marketing yang secara otomatis dihasilkan oleh mailing list elektronik. Dengan email ini, Anda dapat menentukan periode email tersebut digunakan, misalnya hari, minggu, bulan dan, sebagainya. Anda juga bisa membatasi penerima email ini, misalnya 10 orang, 100 orang, 200 orang dalam satu kali pengiriman. 

c. Newsletter

Newsletter adalah jenis email marketing yang dapat menjaga loyalitas pelanggan Anda dengan mudah melalui penggunaan informasi di setiap berita bisnis ataupun promosi yang akan datang. Sebuah newsletter bisa dikirimkan secara berulang-ulang dan secara regular, misalnya setiap sebulan sekali atau bahkan seminggu sekali.

Strategi dalam Mengirim Email Marketing

Setelah Anda menentukan jenis email marketing yang ingin digunakan, hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah poin pada email itu sendiri. Karena banyak orang yang tidak selalu akan membaca email yang Anda kirimkan, terutama ketika email tersebut berbau promosi sebuah produk. Di bawah ini adalah strategi yang dapat Anda terapkan agar bisa membuat email marketing yang lebih efektif dan bisa Anda tiru.

a. Subjek Email

Poin penting pertama yang harus diperhatikan dalam membuat email marketing adalah subjek atau judul email itu sendiri. Maka dari itu, sebelum mengirim email tersebut, Anda harus benar-benar memerhatikan subjek email tersebut untuk menarik perhatian pelanggan, serta mengandung ajakan untuk melakukan sesuatu. Jangan pernah meremehkan sebuah subjek email jika Anda menginginkan email marketing Anda dibuka, dibaca dan mendapatkan tanggapan oleh klien atau pelanggan.

b. Tampilan Email

Tidak semua email yang dibuka pelanggan dikarenakan penulisan subjek email yang menarik dan mengundang perhatian orang untuk membacanya hingga habis. Sebuah penelitian yang dilakukan Direct Marketing Association menemukan bahwa 88% orang yang membuka email menyukai tampilan berupa konten HTML dan 12% sisanya menyukai tampilan atau konten email yang berupa teks. Karena itulah, setelah menentukan subjek yang menarik, buatlah email dengan tampilan yang menarik perhatian pelanggan dan bisa membuat pelanggan melakukan sesuatu di dalam email tersebut, misalnya menekan button atau tombol untuk mendapatkan promosi.

c. Permintaan Data Diri

Pada saat Anda ingin mengumpulkan database pelanggan, maka Anda tentu harus mencantumkan formulir data diri ke dalam email marketing. Usahakan untuk mengambil data yang penting saja, seperti alamat email untuk meningkatkan kuantitas subscribe pada website atau blog Anda. Karena, dengan meminta database terlalu banyak, selain membuat pelanggan malas mengisinya, ini juga bisa membuat pelanggan merasa ragu dalam memberikan informasi mengenai diri mereka, terutama dengan maraknya penyalahgunaan informasi melalui internet seperti saat ini.

d. Testimonial Pelanggan

Di dalam email marketing, Anda juga bisa menambahkan konten mengenai testimoni pelanggan untuk meningkatkan efektivitas subscribe email untuk situs atau website Anda. Bagi Anda yang menjalankan usaha dalam skala kecil, Anda dapat mencantumkan foto pelanggan yang puas atas produk atau jasa yang ditawarkan produk Anda, maupun dengan menampilkan testimoni dari orang terkenal pada situs Anda. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai email dengan harapan perusahaan akan menyediakan informasi berharga yang dicari oleh calon pelanggan Anda.

e. Promo Hadiah

Untuk menarik pelanggan untuk melakukan sesuatu dalam email, Anda juga bisa menawarkan promo menarik kepada orang-orang yang telah melakukan subscribe. Misalnya, dengan memberikan kode diskon atau spesial promo lainnya yang bisa Anda cantumkan di dalam email marketing yang Anda kirimkan. Pertimbangkanlah aspek win-win solution untuk pelanggan yang ingin mendaftar list building email serta bagi calon customer yang ingin mendapatkan sesuatu dari perusahaan.

Dengan memahami jenis email marketing dan strategi yang Anda lakukan ketika ingin mengirimkan email, Anda bisa melakukan marketing dengan lebih tepat. Selain bisa menjangkau banyak pelanggan hanya dengan sekali kirim email, Anda juga bisa melakukan aktivitas ini dengan biaya yang terjangkau. Media promosi ini bisa bahkan bisa menjadi lebih efektif daripada dengan beriklan melalui media TV, radio, ataupun media cetak yang tentu akan membutuhkan banyak biaya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, ketika bisnis Anda masih dalam skala kecil dan tidak memiliki biaya promosi yang cukup banyak, Anda harus bisa melakukan promosi melalui email marketing dengan baik dan tepat. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memasarkan dan memperkenalkan produk Anda ke pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas.

Selain email marketing, sebagai pemilik bisnis kecil maupun besar, Anda juga harus mulai memikirkan untuk mengelola keuangan dengan lebih baik dan rapi. Salah satu tools yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan adalah software akuntansi Jurnal. Dengan Jurnal, Anda bisa dengan mudah mengelola keuangan kapan dan di mana saja. Jurnal juga membantu Anda dalam membuat laporan keuangan dengan lebih mudah, cepat, dan nyaman. Coba gratis Jurnal sekarang dan dapatkan kemudahan dalam menjalankan bisnis.