Membuat video sebagai salah satu strategi Content Marketing bisnis Anda bisa jadi memakan budget atau anggaran yang tidak murah. Namun, tentu terdapat strategi untuk mengakali agar pembuatan Content Marketing berupa video menjadi murah dan cocok dengan keterbatasan anggaran bisnis Anda. Sekarang ini, alat bantu (baik software, hardware, atau secara online) pembuat konten video menjadi semakin mudah diakses oleh siapapun – termasuk para pebisnis kecil. Dan hampir semua orang dapat meluncurkan kampanye pemasaran video mereka sendiri.

Video dengan budget murah tidak selamanya terlihat seperti video dengan kualitas murahan. Banyak konten pemasaran video murah juga bisa terlihat profesional dan berkualitas sama seperti konten-konten video ber-budget mahal.

Siap untuk memulai membuat Content Marketing berupa video untuk strategi pemasaran bisnis Anda? Jangan sampai Anda menghabiskan waktu dan uang untuk pembuatan video pemasaran bisnis Anda yang tidak sesuai dengan budget. Berikut cara agar Anda dapat membuat video pemasaran yang sesuai dengan budget bisnis Anda.

Ketahui Masalah dengan Teknik Pembuatan Video

Strategi Membuat Content Marketing Video dengan Budget Rendah 1 Dibandingkan dengan menulis, membuat video bisa dibilang hampir serupa dengan membuat film pendek – rumit dan menghabiskan banyak waktu. Bahkan sekarang ini, dibutuhkan banyak pengetahuan khusus dan peralatan untuk membuat beberapa jenis video pemasaran. Terutama ketika bisnis Anda memiliki anggaran terbatas. Terdapat dua metode teknik pembuatan video yang harus Anda ketahui.

a. Teknik Tradisional

Jika bisnis Anda ingin mengambil teknik “tradisional” untuk membuat video pemasaran, Anda harus menemukan penulis naskah, menyewa aktor, dan kru kamera. Serta tidak lupa Anda harus membayar seseorang untuk meng-edit video pemasaran Anda. Tentu hal tersebut membutuhkan banyak biaya dan tenaga. Di masa lalu, teknik membuat video pemasaran seperti ini terbilang sangat mahal untuk bisnis dengan anggaran terbatas.

Untungnya sekarang ini kondisi tersebut sudah berubah. Perkembangan teknologi khususnya untuk membuat video pemasaran dengan anggaran kecil bisa lebih mudah direalisasikan bagi siapapun. Tentu, Anda masih bisa menyewa peralatan mahal dan menyewa sekelompok profesional untuk membuat video pemasaran Anda. Pada akhirnya, itu menjadi opsi bagi keputusan pemasaran bisnis Anda. Sejatinya, video pemasaran dengan anggaran rendah juga dapat terlihat sebagus video pemasaran yang lebih mahal.

b. Teknologi Modern

Ada banyak alasan mengapa biaya pembuatan video bisa menjadi murah. Salah satunya, teknologi terkait kualitas kamera telah meningkat pesat. Bahkan jika Anda memiliki smartphone, terdapat kamera berkualitas tinggi untuk merekam segala hal terkait pembuatan video. Hal tersebut membuat proses perekaman gambar lebih cepat dan mudah dari sebelumnya. Dan Anda tidak lagi terbatasi dengan masalah yang terdapat pada teknik pembuatan video tradisional.

Dengan bantuan alat gratis dan berbiaya rendah dari situs-situs online, Anda dapat membuat video animasi Anda sendiri dengan berbagai tingkat penyesuaian. Bahkan jika Anda tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang animasi atau pengeditan video, Anda masih bisa membuatnya.

Singkatnya, membuat video pemasaran dengan anggaran rendah benar-benar bisa Anda realisasikan. Dengan syarat Anda harus kreatif dan menginvestasikan waktu Anda ke dalam proses pembuatan video.

Langkah Mulai Membuat Video Pemasaran dengan Budget Rendah

Strategi Membuat Content Marketing Video dengan Budget Rendah 2

Berapapun anggaran untuk membuat video pemasaran Anda, penting untuk meminimalisasi atau memangkas biaya yang dirasa tidak perlu atau kurang efisien. Langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda menghemat anggaran pembuatan video pemasaran Anda. Sehingga Anda dapat membelanjakan sisa anggaran pada “detail” lainnya yang bisa meningkatkan efektivitas pembuatan video pemasaran bisnis Anda.

a. Rencanakan!

Anda mungkin ingin langsung terjun ke tahap perekaman gambar atau bermain dengan alat animasi. Tetapi, jangan biarkan antusiasme kreatif Anda menjadi “kelewat batas”. Video pemasaran Anda akan jadi secara matang jika Anda menghabiskan banyak waktu di tahap perencanaan. Pada saat Anda mulai mengeksekusi ide-ide, Anda harus memiliki gambaran yang jelas mengenai seperti apa output video yang ingin Anda ditampilkan. Ini akan membantu Anda menghindari pemborosan waktu dan uang.

b. Tentukan Tujuan

Langkah pertama yang baik dalam proses perencanaan adalah memutuskan tujuan video Anda dibuat. Setiap video pemasaran yang dibuat memerlukan “alasan”. Apakah Anda ingin membuat branding produk Anda dengan video yang Anda buat. Atau mungkin anda ingin mencoba mengedukasi konsumen mengenai produk atau jasa bisnis Anda. Dan atau ingin menjangkau lebih banyak konsumen di media sosial. Pikirkan tentang siapa target pasar yang Anda tuju dan apa yang Anda harapkan dari pasar setelah menonton video yang Anda buat. Serta bagaimana Anda bisa mengukur keberhasilan publikasi video Anda.

Selanjutnya, breakdown setiap detail video pemasaran Anda dengan menulis skrip dan membuat storyboard. Skrip Anda akan berisi ringkasan tertulis dari segala peristiwa atau kondisi yang termuat di video Anda. Anda bisa mempertimbangkan untuk memuat dialog, voice-over, adegan-adegan, dan transisi.

Storyboard Anda adalah alat bantu visual yang menjabarkan berbagai unsur dalam video Anda per frame. Alat ini membantu Anda dan tim Anda untuk memvisualisasikan video pemasaran dan membuat revisi yang diperlukan sebelum Anda mulai mengeksekusi video Anda.

c. Jadilah Kreatif dan DIY (Do It Yourself)

Hal ini dapat menghemat banyak uang ketika Anda membuat video pemasaran dengan anggaran terbatas. Misalnya, apakah seseorang dalam tim Anda seorang scriptwriter yang berbakat? Mungkin dia dapat bertanggung jawab untuk menulis skrip video Anda. Atau mungkin Anda ingin mencoba merekam suara Anda sendiri untuk mengisi voice-over video Anda daripada menyewa aktor voice-over lain. Bersikaplah terbuka terhadap gagasan untuk mengajarkan diri Anda beberapa keterampilan baru. Karena itu akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak inovasi bagi pembuatan video pemasaran Anda.

d. Strategis dalam Merekrut Orang

Jangan ragu untuk merekrut orang lain untuk membantu dalam pembuatan video pemasaran bisnis ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Pikirkan tentang cara terbaik untuk memakai anggaran bisnis Anda. Misalnya, jika Anda membutuhkan orang yang mahir dalam editing video, pertimbangkan untuk merekam adegan atau bahan video Anda sendiri dan lalu menyewa editor video profesional dengan biaya jasa yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan video Anda. Atau jika Anda perlu merekrut seorang aktor, carilah teman atau orang lain yang mau membantu Anda secara sukarela.  Tidak ada keterbatasan untuk memikirkan ide cerdik dan kreatif.

e. Buat Video Pemasaran dengan Durasi singkat

Lebih murah untuk membuat video pemasaran berdurasi dua menit daripada sepuluh menit atau lebih. Video pendek juga akan lebih efektif menarik perhatian publik daripada yang berdurasi panjang. Dan ini juga terkait pada platform social media apa yang akan Anda gunakan untuk memublikasikan video Anda. Tetapi secara umum, membuat video pemasaran berdurasi pendek bukanlah ide yang buruk.

 

Banyak cara untuk bisa membuat Content Marketing berupa video dengan budget atau anggaran yang minim. Dan hal itu tentu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Kreatif, inovatif, hemat, serta perencanaan yang matang merupakan kunci untuk menjalankan strategi Content Marketing video bisnis Anda.

Tidak hanya untuk membuat Content Marketing, Anda harus benar-benar bijak dalam menggunakan anggaran bisnis. Karena bisa dibilang, pemborosan merupakan kesalahan fatal dalam berbisnis. Anda tentunya perlu instrumen untuk mempermudah pembuatan Laporan Anggaran bisnis Anda. Salah satunya, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Jurnal.

Jurnal dilengkapi dengan fitur manajemen anggaran. Dengan fitur manajemen anggaran, Anda dapat membuat rencana keuangan secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan bisnis pada periode tertentu dan untuk periode yang akan datang. Guidebook mengenai fitur manajemen anggaran di Jurnal bisa Anda lihat di sini.