Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Lakukan Promosi Efektif Bisnis Dengan 7 Tahap Perencanaan Ini

Tayang 24 Jun 2023
Diperbarui 13 Maret 2024

Apa saja tahapan yang harus dilalui dalam membuat rencana dan melakukan promosi bisnis? Simak beberapa tips berikut yang telah dirangkum oleh Blog Mekari Jurnal!

Menjalankan bisnis tanpa promosi ibarat makan sayur tanpa garam: hambar! Dalam bisnis, promosi adalah strategi penting yang bertujuan untuk menginformasikan dan memengaruhi target konsumen agar membeli produk yang dijual.

Promosi sangat perlu dilakukan agar calon konsumen mengetahui produk Anda, lalu tertarik untuk membelinya. Karena itu, perencanaan matang perlu dibuat untuk promosi yang efektif.

Kegiatan promosi harus direncanakan dengan baik, karena melakukan promosi juga pastinya akan memerlukan pembiayaan. Jika promosi yang tidak dilakukan dengan baik, tentunya akan berpotensi menyebabkan kerugian.

Apa Itu Promosi dalam Konteks Pemasaran?

Promosi, yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai promotion, merupakan salah satu aspek utama dalam dunia pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa seperti yang diulas Investopedia.

Promosi melibatkan berbagai strategi komunikasi dan interaksi dengan target pasar untuk membangkitkan minat, kesadaran, dan keinginan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Dalam lingkup bisnis, promosi sering kali diartikan sebagai upaya untuk menginformasikan, meyakinkan, dan mengingatkan konsumen tentang nilai dan keunggulan suatu produk atau jasa.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Mekari Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal Software Akuntansi Online Terpercaya

Tahapan dalam Melakukan Rencana Promosi

Untuk memaksimalkan strategi promosi setidaknya ada 7 tahap yang bisa dilakukan sebuah bisnis, berikut beberapa tahapan perencanaan promosi secara efektif yang harus Anda ketahui.

1. Menentukan Target Market

Tahapan pertama dalam melakukan promosi ini berkaitan dengan penentuan STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning).

Untuk menghadapi persaingan yang ketat, maka kita harus menentukan segmentasi yang lebih personal untuk menghadapi perilaku konsumen yang beragam.

Dengan begini, target market kita jadi lebih jelas dan budget promosi lebih efektif.

Dengan menentukan target market, Anda akan lebih mudah menentukan media promosi apa yang cocok dan sesuai untuk digunakan.

2. Menentukan Besarnya Insentif & Syarat Partisipasi

Menentukan besarnya insentif sangat penting dilakukan saat mengadakan program promosi penjualan, karena hal ini akan sangat memengaruhi respon penjualan.

Semakin tinggi insentif yang diberikan biasanya akan meningkatkan minat calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Kemudian setelah menentukan besarnya insentif, perusahaan juga harus menentukan syarat-syarat partisipasi.

Biasanya, hal ini dilakukan agar dapat menyasar pada segmen pasar yang lebih spesifik ataupun membatasi jumlah partisipan yang dapat menikmati insentif promosi penjualan.

Dengan cara ini biasanya insentif hanya ditawarkan kepada mereka yang memenuhi syarat-syarat tertentu.

Misalnya, beli 2 diskon 10%, beli 3 diskon 30%, dan lain-lain. dengan besaran insentif yang tepat, promosi akan menarik lebih banyak pembeli secara efektif.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

3. Merencanakan Pesan

Tahapan selanjutnya dalam membuat rencana dan melakukan promosi adalah merencanakan pesan.

Saat ini komunikasi sudah berlangsung secara dua arah sehingga perusahaan harus bisa membuat pesan yang membangun komunikasi dua arah dengan konsumen.

Sebelum membuat pesan untuk memperkuat promosi, perusahaan harus memperhatikan siapa targetnya.

Gunakan bahasa yang sesuai dengan target market untuk memperkuat pesan promosi.

Buatlah pesan yang mempunyai daya tarik emosional, rasional, dan moral. Pembeli yang tertarik lewat pesan menarik akan menambah efektifitas promosi.

Baca juga: 9 Strategi Promosi Penjualan yang Efektif di Era Digital

4. Memilih Media Promosi yang Efektif

Pilihlah channel media yang tepat sesuai dengan target konsumen kita.

Media digital memang memperkaya channel promosi tapi jangan menggunakan media digital karena ikut-ikutan saja.

Fokuslah pada target market yang dituju, pelajari perilaku mereka, lalu pilihlah media yang sesuai.

Ada dua pilihan media yang ada yaitu, media offline dan media online.

Kedua pilihan tersebut berkaitan dengan target pasar dan dana yang disiapkan.

Kalau Anda ingin menggunakan media promosi online, cari tahu apa saja jenis-jenis media pemasaran digital untuk bisnis.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

5. Menentukan Durasi Promosi

Menentukan durasi pelaksanaan promosi juga tidak kalah penting untuk melakukan promosi yang efektif, hal ini terkait dengan kesempatan para konsumen untuk dapat menikmati insentif dari program promosi yang dijalankan.

Jika durasi promosi penjualan terlalu singkat biasanya hanya sedikit konsumen yang bisa mengambil keuntungan, apabila promosi penjualan dilakukan terlalu lama maka akan kehilangan daya tarik untuk membujuk konsumen.

6. Mengukur Efektif Atau Tidaknya Promosi

promosi dalam bisnis

Banyak pelaku bisnis yang sering kali tidak melakukan pengukuran terhadap strategi promosi yang telah dijalankan.

Padahal tahapan ini penting dalam melakukan promosi untuk mengetahui seberapa efektif rencana strategi promosi yang Anda laksanakan.

Pengukuran efektivitas promosi bisa dilakukan dengan cara mengukur dampak terhadap penjualan, melakukan riset sederhana tentang brand awareness, atau melakukan pengukuran di media digital jika menggunakan digital marketing.

7. Menentukan Anggaran Promosi

Penetuan anggaran dilakukan untuk mengetahui secara pasti berbagai biaya yang harus dikeluarkan dalam program promosi penjualan.

Menentukan besaran biaya ini bisa ditentukan berdasar berbagai hal seperti besarnya insentif, durasi waktu, sarana promosi, jangkauan distribusi, dan faktor tak terduga lainnya.

Dengan perencanaan anggaran yang tepat diharapkan kegiatan promosi dapat berjalan efektif dan sebanding dengan semua biaya yang dikeluarkan.

Untuk mempermudah sebuah perusahaan memiliki perhitungan keuangan yang tepat terkait perencanaan promosi yang dilakukan, penggunaan program akuntansi sangat diperlukan.

Contohnya adalah Mekari Jurnal, program akuntansi online dengan beragam fitur mulai dari laporan keuangan, monitoring transaksi dan kas, hingga pengelolaan inventaris dan stok.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Informasi lebih lanjut mengenai aplikasi catatan keuangan jurnal.

Mekari Jurnal sebagai program akuntansi online akan membantu Anda sebagai pemilik bisnis untuk mengetahui analisis pembiayaan yang dibutuhkan terkait semua beban yang terakumulasi dalam program perencanaan promosi tersebut.

Tunggu apa lagi? dapatkan semua manfaat pengelolaan keuangan dan kemudahan dalam merencanakan bisnis dengan Mekari Jurnal.

Coba sekarang secara gratis dengan free trial hingga 14 hari!

Itulah tahapan yang bisa Anda lakukan dalam membuat rencana atau melakukan promosi bagi bisnis Anda. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Strategi Pemasaran pada Bisnis Anda

Manfaat Signifikan dari Promosi dalam Bisnis

Promosi, sebagai salah satu elemen utama dalam strategi pemasaran, membawa sejumlah manfaat yang signifikan bagi perkembangan bisnis.

Berikut adalah manfaat yang dapat diperoleh melalui pelaksanaan promosi yang optimal:

Penambahan Nilai bagi Konsumen

Dalam merencanakan promosi, faktor penawaran yang diberikan kepada konsumen sangatlah penting. Penawaran tersebut harus memberikan nilai tambahan yang nyata bagi konsumen. Hal ini bertujuan agar konsumen merasa bahwa mereka mendapatkan manfaat lebih dari kesempatan tersebut. Sebagai contoh, strategi bundle pricing, di mana produk-produk dikemas secara bersamaan dengan penawaran harga khusus, memberikan nilai ekstra kepada konsumen yang membeli lebih dari satu produk.

Peningkatan Pangsa Pasar

Keberhasilan dalam merancang kampanye promosi yang efektif dapat membantu meningkatkan pangsa pasar bisnis. Saat persaingan di pasar semakin ketat, strategi promosi yang tepat akan memberikan keunggulan kompetitif. Dengan menarik perhatian konsumen melalui promosi yang menarik, bisnis memiliki kesempatan untuk meraih lebih banyak konsumen dan memperluas pangsa pasarnya.

Pertumbuhan Penjualan yang Signifikan

Pertumbuhan penjualan adalah indikator penting dalam bisnis. Promosi yang tepat dapat mendorong peningkatan penjualan yang signifikan dalam jangka waktu tertentu. Dengan meningkatkan penjualan, bisnis dapat mencapai target dan pertumbuhan yang diharapkan. Promosi membantu menciptakan keberlanjutan dalam pertumbuhan penjualan dan menghindarkan kemungkinan penurunan penjualan yang merugikan.

Peningkatan Reputasi Bisnis

Promosi juga berperan dalam membangun reputasi positif suatu bisnis. Melalui iklan dan promosi, bisnis dapat menarik perhatian calon pelanggan dan menciptakan kesan positif mengenai merek. Ketika konsumen semakin akrab dengan iklan produk, citra positif tentang bisnis akan semakin terbangun. Mereka akan percaya bahwa bisnis tersebut mengalami perkembangan dan peningkatan yang dapat diandalkan.

Pendorong Inovasi dan Kreativitas

Kegiatan promosi memiliki dampak yang lebih dalam daripada sekadar memperoleh peningkatan penjualan. Promosi yang beragam memacu tim bisnis untuk lebih kreatif dan inovatif. Terutama dalam situasi di mana anggaran terbatas, tim dihadapkan pada tantangan untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang menarik perhatian. Inovasi-inovasi dalam promosi seperti berpartisipasi dalam pameran, menciptakan konten yang sesuai tren di media sosial, dan lainnya, akan membedakan bisnis dari pesaing.

Promosi: Menjadi Kunci Kesuksesan Pemasaran

Promosi bukan hanya sekadar langkah tambahan dalam strategi pemasaran, melainkan juga merupakan kunci kesuksesan. Manfaat yang dihasilkan, mulai dari peningkatan penjualan hingga peningkatan reputasi bisnis, tidak dapat diabaikan. Promosi menjadi alat untuk menyampaikan pesan kepada konsumen, membangun citra merek, dan mencapai hasil-hasil positif yang menjadi tujuan utama pemasaran yang efektif.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

 

Akses e-Book dengan gratis!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

 

Akses e-Book dengan gratis!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal