Staff Konsultan: Solusi Masalah di Berbagai Pekerjaan

“Memecahkan masalah dengan solusi terbaik bersama staff konsultan yang sesuai bidangnya”

Apa itu staff konsultan?

Staff konsultan adalah sebuah pekerjaan yang melayani jasa konsultasi pada bidang keahlian tertentu seperti pajak, hukum, IT, bisnis dan lain sebagainya. Bisa dikatakan konsultan adalah seseorang yang dapat memberikan keterangan dalam suatu bidang yang ingin dimengerti oleh orang lain.

Namun bila dicari pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsultan itu merupakan ahli yang tugasnya memberi petunjuk, pertimbangan atau nasihat dalam suatu bidang dalam suatu kegiatan usaha, penelitian, dagang dan sebagainya.

staff konsultan

Staff Konsultan di Berbagai Bidang Pekerjaan

Selain sebagai pemberi petunjuk seorang staff konsultan juga dapat dikatakan sebagai penolong dan penasihat dalam bidang tertentu. Namun pada kenyataannya kegunaan dari konsultan itu sendiri dapat dibedakan menjadi berbagai jenis, sesuai dengan bidang yang diambil.

Agar lebih mendalami mengenai apa itu konsultan mari kita mengulas lebih dalam lagi tentang   apa itu konsultan lengkap dengan fungsi-fungsinya untuk berbagai jenis pekerjaan. Kalau makin penasaran kita simak yuk?

  1. Konsultan Pemasaran

Kegunaan dari staff konsultan sebagaimana mestinya adalah mencakup bidang yang digeluti. Contohnya adalah ketika seseorang memutuskan untuk memiliki profesi sebagai konsultan pemasaran maka ia harud memiliki kemampuan dalam bidang pemasaran.

Salah satunya adalah kemampuan dalam memberikan motivasi maupun cara yang unggul dalam menarik minat dari para pelanggan. Menjelaskan kelebihan-kelebihan yang akan didapatkan pelanggan untuk membeli produk yang dijualnya. Sehingga pelanggan tertarik untuk membelinya.

Staff konsultan pemasaran sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena banyaknya orang yang akan menjadi pelanggan karena kepiawaian sang konsultan dalam menjelaskan produknya.Sehingga tepat sasaran dan mengena di hati orang-orang yang mendengarkan penjelasannya.

Salah satu hal yang harus dikuasai oleh staff pemasaran adalah teknik pemasaran yang tepat untuk sebuah produk. Sehingga produk tersebut akan meluncur ke pasaran dengan sambutan yang baik, langsung diterima oleh masyarakat sehingga imbasnya tentu keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Karena jasa dari staff konsultan pemasaran biasanya cukup besar, maka gajinya tentu juga sebanding dengan apa yang dihasilkan terhadap perusahaan. Namun tentu saja sesuai juga dengan jam terbang dan kinerjanya dalam pekerjaan.

Kemampuan staff pemasaran ini bisa didapatkan dari gelar sarjananya, pengalaman kerja dan klien yang sudah berhasil didapatkan. Saat hendak melamar kerja untuk profesi ini, maka sebaiknya merapikan portfolio sebaik mungkin.

Juga tidak ada salahnya kalau menambah potensi dengan mengambil sertifikat khusus dari Asosiasi Pemasaran. Tujuannya agar semakin meyakinkan saat sudah menjalani profesi sebagai staff konsultan marketing nantinya.

Beberapa tugas dari konsultan marketing adalah sebagai berikut:

  • Memberikan saran dan strategi terbaik untuk menjangkau audiens sebuah brand yang menjadi klien.
  • Memberikan sebuah evaluasi pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.
  • Memberi rekomendasi yang tepat mengenai perbaikan dan rencana pemasaran
  • Memberikan pelatihan yang intensif dan efektif untuk pemasar-pemasar internal perusahaan.

Itulah beberapa tugas yang biasa dikerjakan oleh seorang staff konsultan marketing. Sebagai gambaran saja ketika kamu ingin menjadi seorang konsultan marketing.

  1. . Konsultan Proyek

Bukan hanya pemasaran saja yang memerlukan seorang konsultan, banya pekerjaan lain yang juga memerlukannya. Contoh bidang pekerjaan yang juga memerlukan seorang konsultan adalah sebuah proyek. Agar pelaksanaannya menjadi lancar maka alangkah baiknya untuk menggunakan jasa seorang konsultan.

Staff konsultan proyek biasanya merupakan badan atau perorangan yang memiliki tugas sebagai pengawas pelaksana sebuah proyek yang sedang berlangsung. Sehingga proyek tersebut dapat berjalan dengan baik dan selesai tepat pada waktunya.

Pekerjaan konsultan proyek ini sangat penting dalam keberhasilan sebuah proyek, karena dapat memberikan arahan dan nasihat yang baik demi suksesnya proses pengerjaan tersebut, sehingga sangat dibutuhkan untuk terlibat dalam sebuah proyek.

Sehingga pemilik proyek sendirilah yang akan mencari staff konsultan proyek sebagai tenaga bantuan yang dapat memastikan bahwa proyek konstruksi yang sedang dikerjakannya dapat selesai dengan memuaskan. Bukan hanya dari sisi kualitas saja, namun juga sesuai standard yang sudah ditentukan.

Biasanya seorang konsultan proyek juga mempunyai  keahlian yang mumpuni dalam bidang arsitek, elektrical, teknik sipil dan lain sebagainya. Keahlian yang memiliki kaitan dengan jasa konstruksi sehingga arahan yang dimilikinya memiliki dasar yang jelas dan akurat.

Sebelum pekerjaan dimulai biasanya kedua belah pihak akan membuat perjanjian hitam diatas putih. Biasanya surat kontrak tersebut berisi tugas dan tanggung jawab yang jelas antara pemilik proyek dengan staff konsultan. Sehingga kelak tidak akan ada kesalahpahaman dalam pekerjaan yang berlangsung.

Tugas dari seorang konsultan proyek tidak hanya memberikan saran dan masukan saja untuk sebuah proyek tersebut. Namun juga membuat laporan akhir yang berisi mengenai semua evaluasi yang telah dilakukan selama proyek konstruksi tersebut dikerjakan.

Laporan ini sangat besar manfaatnya, selain bisa dijadikan portfolio bagi staff konsultan yang digunakan untuk meyakinkan klien kelak. Juga menjadi bukti bagi pemilik proyek ketika ingin mengoreksi proyek selanjutnya yang akan dikerjakan.

staff konsultan

  1. Konsultan Hukum

Mungkin anda pernah mendengar mengenai konsultan hukum, sesuai namanya konsultan ini merupakan seorang ahli hukum yang tugasnya berkaitan dengan hukum. Yakni memberikan nasihat dan melaksanakan tugas non-litigasi.

Sehingga staff konsultan hukum tidak bisa mendampingi kliennya dalam pengadilan. Namun lebih kepada memberikan analisis yang tajam pada satu kasus hukum lebih dalam. Sehingga klien mengetahui langkah apa yang harus dilakukan agar bisa memenangkan perkara yang sedang dihadapinya.

Selain  dapat mempertajam analisis hukum sebagai konsultan, fungsi lain adalah dengan mendampingi suatu badan. Ketika badan tersebut sedang membuat sebuah usaha dan mengikuti kaidah hukum yang ada.

Biasanya sebuah perusahaan akan mempunyai satu staff konsultan hukum yang tetap, tidak akan berganti-ganti. Hal ini  dikarenakan staff tersebut  dipercaya mempunyai pengalaman dalam mengatasi sejarah hukum dalam perusahaan tersebut. Sehingga langkah konsultan tersebut tidak akan salah.

  1. Konsultan Kesehatan

Biasanya tugas dasar seorang konsultan tentu saja adalah seseorang yang memberikan konsultasi pada suatu permasalahan. Memberikan solusi-solusi jitu yang tepat dan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan baik dan sesuai dengan kriteria ideal yang sudah diatur.

Demikian juga dengan seorang staff konsultan kesehatan, tentunya harus memiliki latar belakang pengetahuan kesehatan yang cukup. Sehingga saat memberikan saran kepada klien tidak asal yang dimengerti saja namun juga memiliki dasar yang dapat dipertanggung jawabkan.

Yang paling penting untuk dimengerti oleh seorang konsultan kesehatan tentunya adalah  memahami kondisi kesehatan yang terjadi pada klien. Sehingga klien yang menjadi pada pihak penerima konsultasi mendapatkan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukannya.

Pengetahuan mengenai nutrisi, fisiologi, anatomi dan kebugaran dan berbagai hal mengenai kesehatan haruslah benar-benar dimengerti oleh seorang staff konsultan kesehatan. Karena nantinya akan sangat bermanfaat saat memberikan saran mengenai penyelesaian masalah kesehatan yang dialami oleh klien.

Biasanya tugas dari seorang konsultan kesehatan adalah melayani konsultasi dalam bidang kesehatan. Fokusnya adalah untuk meningkatkan salah satu aspek dalam tubuh yang menurut klien kurang atau tidak dimilikinya.

Misalnya adalah mengenai kebugaran atau olahraga, memperdalam gizi dan gaya hidup. Selain beberapa hal tersebut hal yang cukup penting dimiliki oleh seorang staff konsultan kesehatan adalah komunikasi yang baik dan dapat menyesuaikan diri dengan bermacam-macam kepribadian klien.

Biasanya latar belakang kehidupan klien mempengaruhi kepribadian dan caranya dalam berkomunikasi. Sehingga seorang konsultan harus flexibel dalam bersikap dan dapat menggunakan cara terbaik untuk setiap klien.

  1. Konsultan IT

Di jaman teknologi digital yang semakin mengalami kemajuan ini, tentu saja seorang profesi staff konsultan IT sangat diperlukan. Biasanya dalam dunia profesi disebut sebagai sebagai  technology consultant atau konsultan teknologi.

Banyak sekali badan usaha maupun perusahaan yang memerlukan saran dari seorang konsultan IT untuk keperluan IT pada usahanya. Sehingga usahanya dapat berkembang sesuai dengan kemajuan jaman. Apalagi sekarang semua orang lebih bergantung kepada internet untuk memenuhi kebutuhannya

Untuk lebih jelasnya tugas seorang staff konsultan IT adalah sebagai berikut:

  • Mengerjakan sebuah analisis kebutuhan klien mengenai kebutuhan software, hardware, atau network
  • Memberikan sebuah rekomendasi yang tepat mengenai pemanfaatan IT untuk meraih tujuan bisnis yang diinginkan.
  • Melakukan pekerjaan mendesain, mengetes, meng-install, dan memantau sistem IT yang dimiliki klien.
  • Secara berkala memberi latihan seputar IT kepada klien agar dapat menggunakan teknologi dengan lebih jago

Demikianlah beberapa pekerjaan yang harus dilakukan oleh dengan baik oleh seorang konsultan IT. Namun masih banyak lagi pekerjaan yang lain yang harus dilakukan yang berkaitan dengan teknologi informasi.

staff konsultan

  1. Konsultan Bisnis

Profesi menjadi seorang staff konsultan bisnis juga cukup menarik, dapat dijadikan pilihan profesi yang menyenangkan ketika memiliki banyak pengetahuan mengenai dunia bisnis. Karena menjadi seorang konsultan bisnis tugas utamanya adalah menganalisis model bisnis klien.

Menganalisa bagian bisnis klien mana yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kinerja perusahaan agar hasilnya maksimal. Dengan tujuan yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan perusahaan klien. Beberapa tujuan dari menggunakan staff konsultan bisnis adalah:

  • Untuk dapat lebih meningkatkan sales dan revenue
  • Agar dapat lebih memaksimalkan performa pegawai
  • Agar dapat lebih meningkatkan efisiensi perusahaan
  • Agar dapat melakukan atau menyiapkan audit

Demikianlah tujuan yang diharapkan perusahaan tercapai setelah menggunakan jasa seorang staff konsultan bisnis. Sehingga perusahaan dapat berkembang dan menjadi lebih besar dengan keuntungan yang terus bertambah setiap tahunnya.

  1. Konsultan Keuangan

Kemudian ada jasa konsultan yang paling banyak dicari karena hampir semua bidang kerja dan usaha menggunakan jasanya. Yaitu jasa konsultasi keuangan, yang lebih banyak digunakan oleh perorangan. Yang mungkin merasa binung dengan cara mengatur keuangannya sendiri.

Biasanya dengan rujukan dari seorang staff konsultan keuangan, seseorang bisa mengatur keuangan yang dimilikinya dengan baik. Mengembangkan dengan berbagai investasi yang aman setelah diperhitungkan oleh seorang konsultan.

Sementara itu tugas dari konsultan keuangan adalah sebagai berikut:

  • Mampu menilai keadaan keuangan klien saat ini dengan akurat.
  • Mampu membuat rencana strategis untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan klien dengan tepat.

Demikianlah beberapa jenis bidang pekerjaan konsultan yang dapat dipilih sesuai dengan passion yang dimiliki. Namun masih banyak lagi jenis pekerjaan konsultan yang tersedia sesuai dengan perkembangan industri dan pekerjaan yang ada.

Kemampuan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Seorang Staff Konsultan

Ketika anda tertarik untuk menjadi seorang konsultan maka harus memiliki berbagai kemampuan dasar yang diperlukan . Kemampuan ini sangat penting agar dapat digunakan untuk memberikan jalan keluar permasalahan yang dihadapi klien.

Nah agar tidak jadi penasaran dengan hal apapun yang harus dikuasai seorang staff konsultan. Maka sebagai gambarannya maka kali beberapa kemampuan dibawah ini dapat dipelajari.

  1. Mampu Menjalankan Tugas yang Diberikan oleh Klien

Karena tugasnya adalah melakukan pelayanan yang baik kepada klien agar mampu memecahkan masalah klien. Termasuk juga dengan kebutuhan dan tantangan yang tengah dihadapi oleh klien tersebut. Yang harus dihadapi dengan baik sehingga dapat memenangkannya.

Bisa dikatakan pekerjaan staff konsultan sukses ketika mampu menerjemahkan dan menemukan lebih tepat letak masalah yang dihadapi klien. Menemukan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi serta melakukan pengumpulan data. Sampai  melakukan analisis untuk menentukan advis dan rekomendasi yang tepat kepada klien.

  1. Bekerja dengan Tenggat Waktu yang Telah Ditentukan

Kebiasaan menunda pekerjaan akan berdampak sangat buruk kalau ingin mencoba menjadi seorang konsultan, ketika sudah mengerti dengan tugas yang diberikan sebaiknya langsung dikerjakan dengan baik. Mulai dengan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan lanjutan yang berguna untuk solusi .

Karena ketika seorang staff konsultan menunda pekerjaannya, maka waktu pemecahan masalah akan menjadi terbatas dan pemecahan masalah yang didapatkan tidak akan optimal. Karena kurangnya waktu untuk mencoba metode yang lain yang mungkin bisa memecahkan masalah dengan lebih baik.

  1. Memiliki Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis yang sangat penting untuk menyelesaikan masalah harus dimiliki seorang konsultan yang baik. Dengan tugas-tugas yang diembannya seperti pengumpulan data, analisis, dan memberikan rekomendasi.

Seorang staff konsultan harus memiliki penguasaan yang tinggi terhadap kemampuan analisis yang diperlukan untuk mengolah data menjadi informasi dan analisis yang akan membantu menemukan solusi pemecahan masalah dan rekomendasi yang diberikan.

  1. Memiliki Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi juga sangat penting untuk dikuasai sebagai profesional konsultan. Karena komunikasi sangat berguna dalam menemukan kesepahaman yang sama antara klien dengan konsultan.

Itulah sebabnya keterampilan komunikasi bisa disebut sebagai skill wajib bagi seorang staff konsultan. Terlebih dalam hal keterampilan mengkomunikasikan pelaksanaan tugas. Hal ini sangat diperlukan untuk membuat klien yakin, bernegosiasi, dan menyajikan hasil-hasil pelaksanaan tugas.

  1. Mampu Menjaga Hubungan Baik dengan Klien

Menjaga hubungan yang baik juga diperlukan bagi seorang konsultan. Membangun sikap saling percaya dan yakin dalam bekerja sama sangat penting untuk menemukan pemecahan masalah yang tepat. Karena tidak ada keragu-raguan yang membayangi setiap langkah yang hendak dikerjakan.

Karena ketika dari kedua belah pihak tidak menaruh rasa curiga, maka langkah-langkah selanjutnya dalam melaksanakan tugas pasti akan mudah dilakukan, Kepentingan klien adalah hal utama yang harus diutamakan oleh seorang staff konsultan.

Meskipun begitu bukan berarti seorang konsultan harus terlalu patuh kepada klien. Dalam bekerja alangkah baiknya kalau tidak didikte oleh klien, sehingga bisa selalu bersikap profesional dan independen dalam memberikan solusi.

  1. Mampu Menyimpan dan Menjaga Informasi

Selain itu juga seorang staff konsultan harus mampu menjaga dan menyimpan semua informasi. Karena semua data dan informasi yang diperoleh sepenuhnya merupakan hak penuh klien.  Data dan informasi mengenai klien  ini sifatnya adalah rahasia, tidak untuk konsumsi publik.

Data ini hanya untuk konsumsi konsultan semata agar dapat melakukan analisis pemecahan solusi dan rekomendasi. Hal ini merupakan salah satu sikap profesional seorang konsultan untuk menjaga semua informasi mengenai kliennya.

  1. Mampu Menjaga Reputasi dan Kredibilitas Tim Konsultan di Mata Klien

Perilaku penting yang harus dihindari oleh seorang staff konsultan adalah beda pendapat dan berdebat. Lebih buruk lagi adalah tidak boleh bertengkar, di depan klien. Walaupun ada anggota tim yang berbuat salah, semua perbedaan harus diselesaikan dalam rapat internal tim konsultan dengan baik.

  1. Mampu Mengandalkan Pengetahuan (Knowledge Worker)

Nah yang lebih penting lagi untuk menjadi seorang konsultan adalah harus senantiasa rajin untuk meng up to date pengetahuan dan keterampilannya. Terutama yang berkaitan dengan bidang yang membutuhkan jasanya, sehingga harus mampu untuk terus menerus belajar secara mandiri.

Beberapa hal tersebut sangat penting untuk dimiliki seorang staff konsultan yang profesional. Profesi ini masih sangat banyak peluang, dengan berbagai bidang yang terus berkembang dan bertambah setiap tahun sehingga sangat cocok untuk dijadikan karir yang mapan bagi masa depan.

Itulah tadi jenis konsultan dan beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang staff konsultan.

Selain seorang konsultan, sebuah bisnis juga memerlukan sebuah sistem bisnis yang handal seperti aplikasi akuntansi untuk memaksimalkan kemampuan akunting perusahaan dengan banyak fungsi seperti untuk pembukuan usaha, pencatatan transaksi dan lainnya yang telah dihadirkan oleh Mekari Jurnal. Coba gratis!

Kategori : Industri

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo