Memperoleh keuntungan adalah tujuan dari sebuah perusahaan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut terdapat banyak hal yang harus dilakukan oleh perusahaan. Salah satunya, memastikan kegiatan operasional berjalan dengan lancar. Karena itu, pengeluaran biaya operasional tentu menjadi sebuah perhatian bagi pengusaha. Mengeluarkan biaya operasional yang sedikit merupakan keinginan setiap pelaku usaha maupun perusahaan. Sebenarnya biaya operasional boleh saja tinggi tetapi juga harus diimbangi dengan pemasukan yang besar. Jika tidak seimbang maka akan berdampak pada kerugian. Karenanya, banyak pemimpin yang dipaksa untuk memikirkan bagaimana cara mempertahankan keuntungan sekaligus menekan biaya operasional.



Sayangnya, pada kenyataannya banyak pelaku bisnis yang salah dalam memilih strategi untuk menjalankan efisiensi demi mengurangi biaya operasional perusahaan. Mereka sibuk memangkas biaya-biaya yang terjadi tetapi mengabaikan faktor lain dan dampak yang dapat ditimbulkan atas tindakannya. Oleh karena itu, berikut tips yang dapat digunakan untuk menghemat biaya operasional secara efektif:

 

Efisiensi Proses Kerja

Proses kerja merupakan hal yang penting untuk sebuah bisnis. Namun, apakah proses kerja pada perusahaan Anda sudah efisien? Kebanyakan  proses kerja cenderung tidak efisien dan berlebihan. Sehingga Anda perlu melakukan evaluasi proses kerja pada perusahaan Anda. Lakukan analisa proses kerja mana yang penting dan yang tidak penting, mana yang perlu dihilangkan atau dipangkas. Buatlah proses kerja pada perusahaan seefektif dan seefisien mungkin. Peralatan yang berlebihan, konsumsi listrik, air, telepon, wifi, kertas, dan lainnya yang dapat Anda hemat, sebaiknya diatur sedemikian rupa untuk digunakan seperlunya saja.

 

Efisiensi Sumber Daya Manusia

Selain proses kerja, Anda juga perlu mengatur sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Pilihlah orang-orang terbaik yang bekerja di tempat Anda, jika ada yang malas, Anda dapat mengeluarkannya. Selain itu, tempatkan karyawan dengan kualitas terbaik pada posisinya masing-masing. Bekali juga karyawan Anda dengan beberapa pelatihan agar mereka kompeten dalam pekerjaannya. Mungkin beberapa dari Anda berpikir, mengapa malah membuat pelatihan, kan malah menambah pengeluaran? Biaya pelatihan yang Anda keluarkan merupakan investasi agar sumber daya yang ada menjadi efektif dan efisien.

 

Manfaatkan Penggunaan Teknologi

Perkembangan teknologi juga dapat Anda manfaatkan dalam dunia bisnis. Dengan menggunakan bantuan teknologi, komunikasi akan menjadi sangat mudah dan murah. Selain komunikasi, dengan menggunakan teknologi Anda juga dapat mengurangi biaya operasional lain, seperti:

a. Melakukan efisiensi dalam koordinasi, dengan bantuan teknologi rapat dan koordinasi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan mudah dan cepat.

b. Mengurangi penggunaan kertas, dengan teknologi Anda juga dapat menghemat kertas dalam operasional. Bahkan dengan mencatat semua hal dengan teknologi maka data akan selalu tersimpan dan Anda tidak perlu takut kehilangan.

c. Menghemat  biaya perjalanan / transportasi, jika Anda mendapatkan tugas perjalanan dinas gunakan kelas ekonomi dan apabila memungkinkan Anda dapat menggunakan aplikasi video call. Sehingga waktu, biaya dan energi akan berkurang.

 

Efisiensi Cuti dan Lembur

Buatlah kebijakan mengenai cuti dan lembur yang efektif. Misalnya, membuat pengaturan giliran cuti, karyawan yang akan cuti harus menyelesaikan pekerjaannya terlebih dahulu. Hal ini dapat berguna untuk mencegah inefisiensi proses kerja. Selain itu, produktivitas juga tetap akan berjalan. Selain cuti, lembur juga harus diatur. Berbayar ataupun tidak lembur akan menambah biaya operasional. Anda dapat menganalisis apakah waktu lembur efektif digunakan untuk bekerja atau tidak. Karena ada beberapa orang yang kadang memanfaatkan lembur hanya untuk mendapatkan bonus saja.



Melakukan penghematan dan penurunan biaya operasional tidak dapat Anda lakukan sendirian. Mintalah bantuan dan kesadaran dari semua karyawan yang terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan.



Untuk memudahkan Anda menghitung dan mengelola semua biaya yang terjadi, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti Jurnal. Jurnal memiliki fitur pembiayaan. Melalui fitur ini, Anda dapat mengatur semua biaya yang ada pada bisnis Anda, mengelola biaya, melacak bukti pembayaran, menjadwalkan pembayaran berulang, dan melihat kategori biaya menjadi mudah. Selain fitur pembiayaan, Jurnal juga memiliki fitur-fitur lain yang dapat membantu Anda mengelola keuangan perusahaan. Informasi lebih lengkap, klik di sini.