Pemasaran visual atau yang biasa dikenal dengan istilah visual marketing merupakan suatu cara mengomunikasikan brand atau produk menggunakan gambar, video atau media visual lainnya. Visual marketing dapat dipergunakan untuk membangun koneksi dan pendekatan emosional dengan para pelanggan secara lebih personal, lebih interaktif, dan pada akhirnya akan membantu mengarahkan penjualan. Kekuatan visual akan membuat pemasaran produk lebih kuat dan lebih berkesan. Serta dapat mengubah hal-hal tidak berwujud menjadi sesuatu yang konkret, membantu orang dalam membayangkan pesan Anda dan brand atau produk dalam pikiran mereka.

Baca juga: 8 Tips Membuat Pertumbuhan Bisnis Lebih Cepat

Tips Melakukan Visual Marketing

Visual marketing menggunakan elemen desain, grafis, serta gambar dalam melakukan pemasaran. Kekuatan visual akan membuat pemasaran produk menjadi lebih kuat dan lebih berkesan. Berikut ini ada beberapa tips agar visual marketing yang Anda lakukan menjadi sukses:

1. Menggabungkan gambar dan tulisan

Iklan gambar dan tulisan harus ditampilkan secara bersama-sama, khususnya iklan pada sosial media. Anda dapat menyertakan iklan gambar beserta tulisan untuk menarik perhatian para pelanggan. Untuk membantu para pelanggan mengerti iklan Anda, maka Anda bisa menambahkan teks di dalam gambar tersebut, lalu tambahkan juga caption agar lebih menarik.

2. Menggunakan optimasi gambar

Ketika mengiklankan gambar di website, Anda sebaiknya tetap menerapkan kaidah-kaidah SEO. Yang pertama adalah hosting, Anda harus memastikan bahwa gambar Anda tidak memiliki ukuran yang kecil dan terlalu berat. Anda bisa menggunakan jasa hosting gratis untuk menghemat bandwith. Dan jangan lupa untuk memberikan nama pada file gambar dengan memperhatikan SEO.

3. Membuat infografik

Anda dapat membuat infografik untuk mempromosikan produk Anda. Infografis akan mempermudah audiens memahami informasi yang mengandung statistik. Sehingga audiens tertarik untuk melihat iklan Anda, dan pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik.

Persiapan Sebelum Melakukan Visual Marketing

Sebelum menerapkan visual marketing, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Desain visual merupakan bagian dari suatu brand

Di dalam visual marketing, ada kombinasi warna, desain grafis, font, tekstur, serta kedalaman. Pastikan kombinasi-kombinasi tersebut sesuai dengan citra brand Anda. Selain itu pastikan juga hal-hal tadi terkombinasi dengan baik, sehingga orang dapat dengan mudah menangkap pesan di dalamnya.

2. Marketing campaign membutuhkan panduan

Panduan tersebut nantinya akan membantu Anda dalam mencapai tujuan dilakukannya pemasaran. Biasanya, panduan tersebut berisi tentang aturan-aturan yang harus dipegang sekaligus cara yang perlu ditempuh untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

3. Selektif dalam memilih informasi mana yang akan disampaikan

Agar visual marketing dapat berjalan efektif, maka Anda harus memiliki tujuan yang spesifik. Apa yang ingin Anda capai dengan visual marketing. Sehingga Anda dapat menentukan informasi dan pesan yang efektif untuk disampaikan.

4. Memonitor semua strategi pemasaran

Saat ini, memonitor kegiatan pemasaran semakin mudah dilakukan, terlebih jika menggunakan platform media sosial, seperti Facebook Ads. Kegiatan ini perlu dilakukan untuk mengukur bagaimana tingkat keberhasilan sebuah pemasaran.

5. Terbuka terhadap perubahan yang mungkin dibutuhkan

Tidak semua strategi pemasaran langsung memberi hasil positif sejak pertama kali dieksekusi. Karena realitanya, setiap strategi pemasaran butuh waktu dan beberapa perbaikan sebelum memberikan hasil sesuai yang diharapkan. Untuk itu, perubahan strategi terkadang juga diperlukan agar lebih optimal dan efektif.

Baca juga: Mengenal Istilah Field Marketing dalam Dunia Bisnis

Visual marketing dapat dibagi menjadi 3 tipe, yaitu infografis, video, dan branded image. Setiap tipe visual marketing memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Infografis dan branded image memiliki keunggulan berupa ukuran file yang kecil sehingga lebih mudah untuk diunggah.

Namun, untuk urusan menyampaikan informasi dengan jelas, video relatif lebih unggul jika dibandingkan dengan infografis dan branded image. Berdasarkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe, Anda dapat memilih tipe mana yang paling sesuai untuk mencapai tujuan pemasaran bisnis Anda.

Untuk membuat materi visual marketing, Anda akan membutuhkan bantuan seorang ahli. Untungnya, penyedia jasa desain atau pun video kini semakin mudah dijumpai. Sedangkan untuk urusan manajemen keuangan bisnis, Anda dapat menggunakan software akuntansi online Jurnal. Dengan Jurnal, Anda akan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan yang lengkap. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga!