Cake and bakery adalah salah satu kuliner yang sangat diminati, khususnya oleh konsumen Indonesia. Bisnis kuliner cake and bakery ini juga menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati oleh pengusaha maupun calon pengusaha. Hal ini karena bisnis cake and bakery merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, mudah dipasarkan dan dijual. Jika Anda tertarik dengan bisnis yang satu ini dan ingin memulai bisnis dengan tepat, ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk memulai bisnis kuliner cake and bakery.

 

Lihat Dapur yang Anda Miliki

Untuk permulaan, Anda tidak perlu menyewa lokasi untuk memproduksi cake and bakery. Cobalah manfaatkan dapur rumah sendiri, dengan begitu Anda dapat menghemat biaya transportasi dan juga biaya sewa tempat. Namun, kebersihan dapur yang Anda miliki juga perlu diperhatikan. Karena kebersihan dapur merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis kuliner.

 

Realisasikan Segera

Jika Anda telah menemukan ide bisnis cake and bakery, segera realisasikan ide tersebut. Banyak orang yang gagal merealisasikan bisnis hanya karena khawatir akan mengalami kegagalan bisnis. Hal ini wajar terjadi, terutama bagi pengusaha pemula. Namun, jangan jadikan kekhawatiran menjadi alasan untuk tidak memulai bisnis, karena tidak ada yang tahu apa yang terjadi di masa datang. Jika Anda mundur sebelum mulai, itu sama dengan menyerah dan menghalangi kesuksesan datang menghampiri. Jadi segera realisasikan ide bisnis Anda dan kembangkan dengan kreativitas dalam membuat inovasi bisnis.

 

Buat Daftar Perlengkapan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar bahan dan alat apa saja yang akan Anda gunakan dalam membuat suatu produk cake and bakery. Tepung terigu, telur, gula, margarine, baking powder, dan ragi adalah bahan-bahan yang sering digunakan dalam membuat cake dan bakery. Bahan tersebut adalah bahan yang umum digunakan dan tidak memerlukan ijin khusus. Namun, jika Anda ingin menggunakan Bahan Tambahan Pangan (BTP), gunakan bahan yang telah mendapatkan izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

 

Buat Konsep Bisnis

Konsep bisnis merupakan salah satu hal penting yang harus Anda pikirkan sebelum memulai bisnis. Dalam hal ini, Anda harus menentukan apakah Anda ingin menjual berbagai macam produk cake and bakery dengan display produk atau hanya fokus menjual berdasarkan pesanan pelanggan. Hal ini menentukan apakah Anda harus menyewa tempat atau cukup hanya dengan memproduksi cake and bakery di rumah sendiri.

 

Berikan Tester atau Sampel

Sebelum memasarkan ke target yang lebih luas, Anda bisa mencoba untuk memberikan tester cake and bakery kepada orang terdekat seperti keluarga, teman, ataupun tetangga sekitar rumah. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pemasaran secara gratis dari mulut ke mulut. Tapi perlu diingat, buatlah produk cake and bakery dengan kualitas yang baik dan cobalah buat tampilan semenarik mungkin. Dengan begitu, orang yang mendapatkan tester akan senang hati mempromosikan produk Anda ke orang yang mereka kenal. Berilah tester secukupnya dan jangan berikan dengan jumlah yang berlebih.

 

Terus Semangat Menjalankan Bisnis

Setiap bisnis pasti akan menghadapi berbagai rintangan ataupun permasalahan, semangat tinggi adalah salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis. Jika Anda mengalami masalah bisnis, cobalah untuk terus bersemangat dan putus asa. Jangan pernah coba untuk lari dari masalah, tapi berpikirlah dengan cepat untuk mendapatkan solusi dan jalan keluar terbaik.

 

Kesampingkan Keuntungan

Pada awal memulai bisnis, cobalah untuk tidak terlalu mengutamakan keuntungan besar. Yang seharusnya Anda pikirkan adalah bagaimana caranya bisnis dapat berdiri dan berjalan dengan baik. Namun perlu diingat, tidak mengutamakan keuntungan bukan berarti harus merugi, tapi utamakan untuk kepentingan produksi, salah satunya dalam menentukan harga jual. Di awal permulaan bisnis, Anda tidak perlu memberikan harga yang tinggi, yang terpenting adalah menutupi biaya produksi yang Anda keluarkan. Ketika produk telah dikenal banyak orang, Anda bisa mulai mengatur ulang harga jual sesuai rencana awal.

 

Berikan Inovasi Produk

Dalam menjalankan bisnis cake and bakery, produk dengan rasa lezat bukanlah satu-satunya hal terpenting. Inovasi adalah salah satu hal penting lainnya yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan suatu bisnis kuliner cake and bakery. Dengan adanya inovasi, produk Anda memiliki satu nilai jual tersendiri, apalagi jika Anda dapat membuat inovasi unik yang belum pernah diberikan oleh kompetitor bisnis. Di mana, produk yang memiliki daya tarik tersendiri dapat menarik pelanggan dengan mudah. Namun, dalam membuat inovasi baru, jangan pernah untuk mengesampingkan kualitas produk yang telah ada. Karena kualitas yang buruk dapat membuat pelanggan kecewa dan meninggalkan produk Anda.

 

Catat Semua Transaksi

Banyak orang yang menganggap hal ini tidak begitu penting. Mencatat transaksi sama halnya dengan mencatat semua resep yang Anda gunakan dalam membuat suatu produk. Dengan mencatat transaksi keuangan, Anda dapat mengetahui kemana uang Anda pergi dan dari mana uang datang. Hal ini dapat memudahkan Anda mengontrol keuangan perusahaan dengan mudah. Gunakan kas perusahaan dengan baik, fokuskan pengeluaran hanya pada bahan dan alat yang benar-benar dibutuhkan dalam proses produksi.

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat memberikan Anda kemudahan dalam mencatat semua transaksi keuangan bisnis dengan cepat dan aman. Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat melihat keuntungan atau kerugian bisnis hingga arus kas bisnis. Jurnal juga menyiapkan laporan keuangan secara instan yang dapat Anda akses di mana pun dan kapan pun secara realtime. Hal ini tentu memudahkan Anda ketika ingin membuat suatu inovasi baru. Karena membuat inovasi yang tepat adalah dengan melihat kondisi keuangan perusahaan. Info lebih lanjut mengenai fitur Jurnal lainnya dapat Anda lihat di sini.

Author