Jurnal Enterpreneur

Mengenal Istilah Field Marketing dalam Dunia Bisnis

Field marketing (FM) merupakan eksekusi ilmu pemasaran di tingkat outlet. Dimana orang yang merepresentasikan merek akan berhadapan secara langsung dengan konsumen atau pelanggan. Di beberapa perusahaan, field marketing mencakup distribusi dan koordinasi tim penjualan. Sementara di perusahaan lainnya FM identik dengan street promotions.

Dulu merchandiser dan SPG semata-mata hanya berfungsi untuk mendukung distribusi dan penjualan produk di outlet. Sehingga penempatannya seringkali tidak mempertimbangan banyak faktor dan lebih terkesan sembarangan. Namun, saat ini orientasi FM lebih ke data mining. Jadi, para SPG tidak hanya bertugas untuk menawarkan produk, tetapi mereka juga bertugas untuk mengumpulkan consumer insight melalui wawancara para konsumen. Sedangkan para merchandiser tidak hanya bertugas untuk merapikan produk yang dipajang. Tetapi juga ikut berperan dalam mengawasi dan mengidentifikasi ketersediaan produk serta display produk milik kompetitor.

Baca juga: Mengatasi Bisnis Tidak Berkembang Dengan Bijak

Fungsi dan Tanggung Jawab Field Marketing

Berikut ini adalah fungsi dan tanggung jawab seorang FM yang perlu Anda ketahui:

  1. Membentuk kepercayaan para pelanggan terhadap performa perusahaan atau toko dan kualitas barang yang dijual.
  2. Menebak kebutuhan para pelanggan dan membantu pelanggan untuk memilih barang yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
  3. Menjawab pertanyaan para pelanggan dan melayani komplain dari pelanggan dengan baik.
  4. Menginformasikan kualitas barang hingga cara perawatannya kepada pelanggan.
  5. Melaksanakan standar layanan pramuniaga dengan sebaik mungkin.
  6. Bertanggung jawab untuk mencapai produktivitas kerja yang maksimal.
  7. Bertanggung jawab mencapai target sales.
  8. Dapat menjaga tingkat shrinkage (angka kehilangan barang).
  9. Mampu melakukan upaya preventif untuk menanggulangi bahaya kebakaran.
  10. Dapat memberi informasi yang benar kepada pelanggan secara bijak.
  11. Mampu menjaga kebersihan area penjualan dan merchandise.

Peran Penting Field Marketing bagi Bisnis

Seorang field marketing yang efektif tidak hanya untuk menarik minat pengunjung untuk datang. Tetapi juga bisa mengedukasi dan menarik pengunjung untuk membeli produk yang sedang ditawarkan. Seorang FM merepresentasikan citra merek, sehingga sebaiknya perusahaan harus lebih selektif dalam memilih seorang FM.  Pilihlah karakter FM yang dapat mewakili citra sebuah produk atau perusahaan.

Untuk memperoleh field marketing, perusahaan dapat mencari sendiri atau menggunakan penyedia jasa field marketing atau SPG. Jika menggunakan sebuah perusahaan penyedia jasa SPG, banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan. Salah satunya menghemat waktu dibandingkan jika mencari sendiri. Contohnya, jika perusahaan Anda berlokasi di Bandung, namun Anda ingin mengikuti acara atau pameran di jakarta, Anda dapat menggunakan jasa SPG di Jakarta ataupun sebaliknya.

Pada umumnya, seorang FM dianggap sebagai “pembuka pintu” untuk menarik konsumen secara langsung.  FM berkesempatan untuk menjelaskan produk, sehingga konsumen dapat mengetahui info terkait produk. Bahkan bila konsumen tertarik, ia akan langsung membelinya.

Tips Mendapatkan Field Marketing Terbaik

Terdapat beberapa persyaratan berupa kemampuan-kemampuan yang harus dipenuhi oleh FM. Jika Anda ingin mendapatkan field marketing terbaik, setidaknya Anda harus mencari kandidat yang memiliki kemampuan seperti dibawah ini:

  1. Memiliki performa yang baik. Performa merupakan tampilan fisik yang dapat diindra dengan menggunakan penglihatan. Dalam perspektif ini, performa juga dapat mengilustrasikan tentang pembawaan seseorang. Pembawaan ini dapat diukur dari penampilan outlook (penampilan fisik) dan pilihan pakaian.
  2. Memiliki gaya komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik mutlak dimiliki oleh para FM, untuk menciptakan interaksi dengan konsumen. Komunikasi ini dapat diukur dari gaya bicara dan cara berkomunikasi. Pengukuran atas gaya komunikasi ini akan dikembalikan kepada konsumen karena bisa bersifat subyektif.
  3. Memiliki body language yang baik. Body language lebih mengarah pada gerakan fisik (lemah lembut, lemah gemulai, dan lain sebagainya). Gerak tubuh ketika menawarkan produk dan sentuhan fisik (body touch) merupakan deskripsi dari body language ini.

Baca juga: Meningkatkan Keuntungan Perusahaan Dengan Mudah

Jika telah memenuhi ketiga unsur di atas, maka sangat dimungkinkan FM yang Anda rekrut akan mampu menciptakan persepsi yang baik atas produk. Itulah beberapa informasi tentang field marketing yang perlu Anda ketahui. Lain halnya untuk pengelolaan keuangan bisnis, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi online Jurnal.

Aplikasi keuangan Jurnal hadir dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik yang cocok untuk berbagai jenis bisnis. Dengan Jurnal, Anda akan lebih mudah dalam membuat pembukuan yang lengkap, rapih, dan akurat. Daftar sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari. Jurnal akan membantu Anda agar lebih mudah mengelola keuangan bisnis. Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk fokus dalam mengembangkan bisnis dengan strategi-strategi tertentu.

Kategori : Marketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo