Mengenal Istilah Field Marketing dalam Dunia Bisnis Field marketing (FM) merupakan eksekusi ilmu strategi pemasaran yang berada di tingkat outlet. Di mana orang yang tugasnya merepresentasikan merek akan berhadapan secara langsung dengan konsumen atau pelanggan. Di beberapa perusahaan, field marketing mencakup distribusi dan koordinasi tim penjualan. Sementara di perusahaan lainnya FM identik dengan street promotions. Dulu merchandiser dan SPG semata-mata hanya berfungsi untuk mendukung distribusi dan penjualan produk di outlet. Sehingga penempatannya seringkali tidak mempertimbangan banyak faktor dan lebih terkesan sembarangan. Namun, saat ini orientasi FM lebih ke data mining. Jadi, para SPG tidak hanya bertugas untuk menawarkan produk, tetapi mereka juga bertugas untuk mengumpulkan consumer insight melalui wawancara para konsumen. Sedangkan para merchandiser tidak hanya bertugas untuk merapikan produk yang dipajang. Tetapi juga ikut berperan dalam mengawasi dan mengidentifikasi ketersediaan produk serta display produk milik kompetitor. Fungsi dan Tanggung Jawab Field Marketing Supaya tidak bingung dan saling menebak-nebak apa yang biasanya dikerjakan oleh seorang Field Marketing, berikut ini adalah fungsi dan tanggung jawab seorang FM yang perlu Anda ketahui: Membentuk kepercayaan para pelanggan terhadap performa perusahaan atau toko dan kualitas barang yang dijual. Menebak kebutuhan para pelanggan dan membantu pelanggan untuk memilih barang yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Menjawab pertanyaan para pelanggan dan melayani komplain dari pelanggan dengan baik. Menginformasikan kualitas barang hingga cara perawatannya kepada pelanggan. Melaksanakan standar layanan pramuniaga dengan sebaik mungkin. Bertanggung jawab untuk mencapai produktivitas kerja yang maksimal. Bertanggung jawab mencapai target sales. Dapat menjaga tingkat shrinkage (angka kehilangan barang). Mampu melakukan upaya preventif untuk menanggulangi bahaya kebakaran. Dapat memberi informasi yang benar kepada pelanggan secara bijak. Mampu menjaga kebersihan area penjualan dan merchandise. Baca juga: Mengatasi Bisnis Tidak Berkembang Dengan Bijak Peran Penting Field Marketing bagi Bisnis Adalah Berikut Seorang field marketing yang efektif tidak hanya ditugaskan menarik minat pengunjung untuk datang. Tetapi juga bisa mengedukasi dan menarik pengunjung untuk membeli produk yang sedang ditawarkan. Seorang FM tentunya sangat merepresentasikan citra dari sebuah merek, sehingga sebaiknya perusahaan harus lebih selektif dalam memilih seorang FM. Pilihlah karakter FM yang dapat mewakili citra sebuah produk atau perusahaan. Supaya memperoleh field marketing, perusahaan dapat mencari sendiri atau menggunakan penyedia jasa field marketing atau SPG. Jika menggunakan sebuah perusahaan penyedia jasa SPG, banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan. Salah satunya dapat menghemat waktu dibandingkan jika harus mencari sendiri. Contohnya jika perusahaan Anda berlokasi di Bandung, namun Anda ingin mengikuti acara atau pameran di jakarta, Anda dapat menggunakan jasa SPG di Jakarta ataupun sebaliknya. Pada umumnya, seorang FM dianggap sebagai “pembuka pintu” untuk menarik konsumen secara langsung. FM ditugaskan untuk menjelaskan produk dengan menarik, sehingga nantinya diharapkan para calon konsumen ini dapat mengetahui info terkait produk yang sedang dijual. Bahkan bila konsumen tertarik, ia akan langsung membelinya. Baca juga: Meningkatkan Keuntungan Perusahaan Dengan Mudah Tips Mendapatkan Field Marketing Terbaik Terdapat beberapa syarat kemampuan khusus yang pastinya harus dipenuhi oleh FM. Berikut beberapa kemampuan terbaik yang wajib dimiliki oleh kandidat agar mampu mendapatkan field marketing terbaik untuk bisnis Anda: Memiliki penampilan yang baik. Dalam hal FM ini, performa juga dapat dikaitkan dengan bagaimana mereka merepresentasikan dirinya. Salah satu yang dapat diukur dari hal ini berupa penampilan outlook (penampilan fisik) dan pilihan pakaian. Memiliki gaya komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik mutlak dimiliki oleh para FM, untuk menciptakan interaksi yang lugas dan lancar dengan konsumen. Memiliki body language yang baik. Body language lebih mengarah pada gaya berbahasa seseorang melalui gestur tubuhnya. Apakah kaku, atau justru luwes yang profesional. Contoh Kegiatan yang Dilakukan Field Marketing Roadshows: Yaitu sebuah acara tur untuk memperkenalkan produk atau merek ke berbagai lokasi bahkan daerah. Sampling produk: Sebuah aktifitas untuk memberikan contoh produk gratis kepada konsumen agar mereka mencoba dan mengenal produk. Brand ambassadors: Menggunakan individu atau influencer/KOL untuk merepresentasikan dan mempromosikan merek secara langsung kepada konsumen. Apakah Semua Bisnis Perlu Field Marketing? Jawabannya adalah tidak, karena setiap bisnis pasti punya keunikan dan strateginya tersendiri. Meski begitu, memiliki field marketing memanglah salah satu langkah tepat jika Anda ingin melakukan pemasaran secara gerilya dari tempat ke tempat. Setidaknya ada beberapa pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan field marketing: Jenis Produk Fisik Bisnis yang menjual produk fisik, terutama produk untuk konsumen, sering kali mendapatkan manfaat dari field marketing karena interaksi langsung dengan pelanggan memungkinkan mereka untuk menunjukkan produk, memberikan sampel, dan menjelaskan manfaatnya secara langsung. Contoh produknya: Merek kosmetik, makanan, minuman, atau produk kesehatan bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan sampling atau demonstrasi produk di lapangan. Baca Juga: Tips dan Inspirasi Bisnis Warabala Makanan dan Minuman Populer Target Bisnis B2C atau B2B? B2C (Business-to-Cosumer): Bisnis yang melayani konsumen langsung, seperti ritel atau produk konsumen, lebih mungkin memanfaatkan field marketing untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan di lokasi strategis, seperti pusat perbelanjaan, acara, atau pameran. B2B (Business-to-Business): Bisnis yang beroperasi di segmen B2B tidak terlalu direkomendasikan untuk melakukan field marketing sebanyak bisnis B2C. Tetapi mereka tetap bisa dimanfaatkan untuk acara atau presentasi di lapangan sebagai upaya membangun hubungan dengan klien atau mitra bisnis. Tujuan Bisnis yang Relevan Jika tujuan utama bisnis Anda adalah meningkatkan kesadaran merek, field marketing bisa jadi cara yang sangat efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas secara langsung untuk mendapatkan pengalaman produk secara langsung. Kemudian jika bisnis Anda ingin mendorong penjualan langsung dan konversi di saat itu juga, kegiatan seperti sampling produk, promosi di lapangan, dan demo produk seperti makanan dan minuman, field marketing juga bisa jadi pilihan yang tepat. Namun apabila bisnis Anda bersifat jasa, sepertinya kehadiran field marketing agak sulit diterapkan karena produk yang ditawarkan cenderung tidak bisa langsung dirasakan oleh calon pelanggan Anda. Anggaran yang Memadai Field marketing membutuhkan anggaran yang lebih besar untuk kegiatan seperti promosi langsung, event, atau roadshow. Maka pertanyaannya, apakah bisnis Anda memiliki sumber anggaran yang cukup untuk tim pemasaran yang melaksanakan kegiatan field marketing ini? Bisnis kecil dengan keterbatasan staf mungkin akan kesulitan untuk mengalokasikan jenis kegiatan ini. Berbicara soal anggaran keuangan, ada baiknya jika Anda menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan bisnis yang terpercaya, menggunakan Mekari Jurnal Kenapa Gunakan Mekari Jurnal? Jika telah memenuhi semua kriteria di atas, maka sangat dimungkinkan FM yang Anda rekrut akan mampu menciptakan persepsi yang baik atas produk yang Anda punya. Mekari Jurnal dapat memudahkan bisnis Anda untuk melakukan kegiatan pengelolaan keuangan agar lebih rapih dan cepat secara efektif. Baca Juga : Pengertian Akuntansi dan Pentingnya dalam Bisnis Adalah Sebagai Berikut Mekari Jurnal sebagai aplikasi pengelola keuangan hadir dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik yang cocok untuk berbagai jenis bisnis. Dengan Mekari Jurnal, Anda akan lebih mudah dalam membuat pembukuan perusahaan yang lengkap, rapih, dan akurat. Manfaat dari menggunakan aplikasi accounting berbasis web salah satunya adalah Anda dapat mengakses data perusahaan di mana pun dan kapan pun. Daftar sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari. Mekari Jurnal akan membantu Anda agar lebih mudah mengelola keuangan bisnis dan memberikan gambaran cara membuat pembukuan usaha. Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk fokus dalam mengembangkan bisnis dengan strategi-strategi tertentu.