Pada umumnya, tujuan didirikannya sebuah bisnis atau perusahaan adalah untuk menciptakan pelanggan. Menciptakan pelanggan harus dicapai dengan menciptakan sebuah proposisi nilai atau value proposition yang baik dalam bentuk barang, jasa, atau kombinasi keduanya. Proporsi nilai tersebut dapat diwujudkan dengan cara memahami para pelanggan. Perusahaan harus menjaga agar biaya untuk mewujudkan produk atau jasa lebih sedikit dari harga yang dibayarkan oleh para pelanggan. Selisih antara harga yang dibayarkan oleh pelanggan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mewujudkan apa yang dijual oleh perusahaan, dikenal sebagai keuntungan. Namun keuntungan tetap bukan menjadi tujuan utama. Fungsi keuntungan adalah untuk membiayai operasional perusahaan, untuk menyiapkan perusahan di masa depan, dan sebagai suatu premi atas risiko yang ditempuh oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis. Tanpa keuntungan, perusahaan tidak akan dapat beroperasi atau bahkan tidak akan mungkin eksis di masa depan. Bagaimana meningkatkan keuntungan perusahaan? Apa saja strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan?

Strategi Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Strategi untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dan pendapatan dalam berbisnis secara logika adalah dengan cara menggunakan faktor kali dari apa yang telah berjalan dan dicapai sebelumnya. Sementara disisi lain, masih ada beberapa faktor pendukung lain yang bertujuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Sehingga diperlukan langkah yang tepat agar semua upaya yang ditempuh juga memiliki kualitas dan kinerja yang semakin baik.

Di era sekarang ini, para pebisnis dituntut untuk mampu bersaing dalam berbagai bidang. Selain itu para pebisnis juga harus berani mengambil resiko untuk mencoba hal baru di berbagai peluang bisnis dan usaha. Pertumbuhan atau perluasan bisnis ke arah yang lebih maju dan besar merupakan salah satu tujuan utama dari setiap pebisnis. Karena dapat dipastikan akan seiring pula dengan meningkatnya pendapatan dan keuntungan yang diraihnya. Berikut ini ada beberapa ide yang cukup membangun dan dapat memotivasi pemikiran baru, guna mendapatkan gagasan tentang bagaimana cara yang paling rasional dalam mengembangkan bisnis dan usaha.

1. Menambah produk dan layanan jasa

Ketika Anda berpikir untuk meningkatkan keuntungan dengan menambah jumlah produk dan layanan, maka sebelumnya Anda harus memahami produk dan layanan apa yang paling banyak dibutuhkan oleh konsumen.

2. Melakukan penjualan yang lebih besar

Strategi dalam meningkatkan penjualan juga membutuhkan kreativitas dan inovasi yang harus selalu diperbaharui untuk menyesuaikan dengan perkembangan sosial masyarakat yang ada. Sebagai salah satu contohnya, tidak ada salahnya Anda mencoba strategi meningkatkan penjualan dengan cara melakukan promosi yang efektif melalui internet.

3. Memperluas industri yang telah dikuasai

Cara meningkatkan pendapatan dan keuntungan dalam berbisnis adalah mengembangkan industri yang telah dikuasai pada bidang yang masih terkait dengan produk sebelumnya. Dengan memilih bidang jasa, layanan ataupun produk yang masih berkaitan, maka dapat meminimalisir tingkat resiko atau faktor yang dapat menyebabkan gagal dalam berbisnis.

4. Target menjangkau konsumen yang baru

Setiap bidang bisnis selalu memiliki konsumen pasar atau pelanggan tertentu berdasarkan demografi lokasi, usia, jenis kelamin atau komunitas. Di luar hal tersebut, Anda perlu memikirkan apakah masih ada konsumen lain yang mungkin dapat ditargetkan untuk perluasan bisnis?

5. Mengambil peluang bisnis yang lain

Hal ini merupakan langkah paling tepat dan strategi jitu dalam usaha untuk mengembangkan bisnis. Agar memperoleh pendapatan dan keuntungan sebesar besarnya. Jika Anda tidak memiliki kapasitas atau kurang menguasai bisnis baru, namun memiliki modal yang cukup, maka Anda dapat merekrut seorang ahli untuk diberikan tanggung jawab untuk menjalankannya. Dengan demikian sudah bertambah satu langkah Anda untuk mengembangkan jangkauan bisnis yang akan terus merambah di segala bidang usaha.

 

Apabila Anda sudah mampu menangani berbagai bisnis dan usaha yang begitu besar, maka strategi untuk  meningkatkan keuntungan perusahaan Anda sudah pasti akan terpenuhi. Tapi perlu juga diperhatikan dan dilakukan kajian mendalam. Bahwa membuka usaha baru yang masih belum pernah dijalani akan memiliki beberapa kelemahan. Mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan merupakan suatu tantangan yang berkelanjutan. Apakah Anda menggunakan cara perkembangan bisnis dan cara meningkatkan keuntungan perusahaan yang sama selama beberapa waktu. Padahal masih banyak cara untuk memperluas bisnis Anda pada era pertumbuhan ekonomi sekarang ini.

Agar Anda lebih fokus pada strategi untuk meningkatkan keuntungan bisnis, penggunaan Jurnal sebagai software akuntansi akan sangat membantu pengelolaan keuangan bisnis Anda. Jurnal telah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda hanya perlu mendaftar kemudian melakukan log in. Selanjutnya Anda dapat langsung mengerjakan pembukuan kapan dan dimana saja dengan mudah dan praktis. Data-data pada software akuntansi online Jurnal telah tersimpan di cloud. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk memonitor laporan keuangan secara real-time. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang Jurnal hanya di sini!