Modal bukan merupakan hal yang paling utama yang dapat menjadikan faktor berkembang atau tidaknya suatu usaha bisnis. Masih ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi perkembangan suatu usaha atau bisnis. Berbagai jenis upaya akan dilakukan oleh sejumlah pengusaha agar bisnis kecil yang sedang dijalani dapat berkembang pesat dan menghasilkan banyak keuntungan. Namun sayangnya, ada pula bisnis kecil yang tidak berkembang dan terus menjadi bisnis kecil dalam waktu yang cukup lama. Ketahui apa saja penyebab bisnis atau usaha kecil menjadi tidak berkembang, serta bagaimana mengatasi bisnis tidak berkembang secara efektif.

Penyebab Bisnis Tidak Berkembang

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab usaha atau bisnis tidak berkembang:

1. Tidak memiliki perencanaan dasar

Konsep atau perencanaan dasar merupakan bagian terpenting yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha atau pebisnis agar usahanya dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga pada akhirnya dapat mencapai tujuan berupa keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Konsep atau perencanaan dasar yang dibuat oleh para pengusaha atau pebisnis pada awal usahanya harus sederhana. Konsep sederhana tersebut dimaksudkan agar mudah diaplikasikan dalam usaha pada tingkat awal. Keuntungan dari adanya konsep atau perencanaan dasar mulai di awal usaha adalah para pengusaha atau pebisnis menjadi tidak mudah goyah saat usahanya mengalami hambatan dan tantangan. Hal tersebut karena konsep atau perencanaan dasar dianggap sebagai suatu kompas yang akan menunjukkan ke arah mana suatu usaha akan diarahkan.

2. Kurang disiplin dalam pengelolaan uang

Dalam bidang apapun, disiplin merupakan salah satu kunci utama yang memegang peranan penting untuk menciptakan kesuksesan. Hal ini tentu saja berlaku dalam dunia usaha atau bisnis. Agar dapat mengetahui secara jelas dan pasti mengenai keuntungan dan prospek dari sebuah usaha atau bisnis, maka para pebisnis harus disiplin untuk memisahkan antara uang pribadi dan uang dari hasil usaha atau bisnis.

3. Inovasi yang tidak berkembang

Secara umum, suatu usaha atau bisnis tidak banyak memiliki perubahan, namun strategi dan cara berbisnis lah yang akan terus berubah sesuai dengan perkembangan jaman. Maka dari itu, sebagai seorang pebisnis inovasi harus terus ditumbuhkan dan dikembangkan dalam usaha atau bisnis agar hasil yang hendak dicapai dapat terwujud. Usaha atau bisnis tidak akan berkembang jika inovasi oleh pengusaha atau pebisnis tidak terus tumbuh dan tidak berkembang pula.

4. Peraturan yang tidak tegas

Di dalam setiap bidang apapun, peraturan selalu diperlukan sebagai batas. Aturan yang tegas, jelas dan disiplin akan membantu para pengusaha atau pebisnis untuk mengelola usaha atau bisnisnya secara profesional. Misalnya, jika seorang pengusaha atau pebisnis tidak memiliki peraturan yang tegas, jelas dan disiplin maka mereka akan sesukanya menentukan harga, proses dan lain sebagainya hanya berdasarkan pada perasaan atau keinginan dan bukan ukuran.

5. Strategi marketing yang tidak tepat

Marketing merupakan salah satu senjata utama dalam usaha atau bisnis untuk mencapai target penjualan. Namun teknik atau strategi marketing yang tidak tepat akan membuat suatu usaha atau bisnis sulit untuk berkembang. Agar usaha atau bisnis dapat berkembang, maka pengetahuan mengenai berbagai teknik atau strategi marketing sangat perlu untuk dipelajari sehingga teknik marketing yang akan diaplikasikan sesuai dengan jenis usaha atau bisnis yang dijalankan.

6. SDM yang kurang memadai

Untuk menjalankan usaha atau bisnis, memiliki pengetahuan yang tepat memang diperlukan. Sebagai pebisnis sendiri yang perlu memiliki pengetahuan yang cukup, orang-orang yang bekerja pada usaha atau bisnis kita juga harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjalankan tugasnya masing-masing. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang rela memberikan pelatihan atau training secara khusus.

Selain itu, keahlian dan pengetahuan mengenai kewirausahaan atau bisnis juga sangat diperlukan, terutama keahlian dalam mengelola modal dan mengendalikan kredit. Untuk membuat usaha atau bisnis berkembang, selain berpatokan pada pengelolaan modal yang baik, pengendalian kredit juga harus menjadi patokan. Karena apabila jumlah kredit terlalu besar namun kemampuan berada di bawahnya, maka suatu usaha atau bisnis akan berpotensi besar untuk mengalami kemunduran yang akhirnya akan bangkrut.

Tips Mengatasi Bisnis Tidak Berkembang

Para pebisnis perlu mengasah logika berpikir untuk menghadapi tantangan yang timbul selama bisnis beroperasi. Pahami apa yang menjadi akar permasalahan, kemudian cari jalan keluar terbaik untuk menuntaskan masalah. Selain itu, imbangi logika berpikir dengan hal-hal berikut untuk mengatasi bisnis tidak berkembang:

  1. Mendengarkan masukan dari para pelanggan, dan menjadikannya sebagai bahan koreksi saat menciptakan suatu produk baru sehingga kualitas produk semakin bagus.
  2. Menciptakan produk atau layanan jasa yang lebih bervariatif, agar para pelanggan tidak bosan.
  3. Peka dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada. Manfaatkan setiap peluang yang ada di lingkungan sekitar, baik peluang besar maupun kecil. Karena setiap peluang akan menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih jika Anda mampu mengelolanya dengan cermat dan bijak.
  4. Bersedia untuk menerima kritik dan saran. Ambil sisi positif dari setiap kritik dan saran yang diterima para pelanggan.
  5. Menambah pengalaman dari kegagalan, sehingga kegagalan tidak kembali terulang.
  6. Percaya bahwa setiap masalah memiliki jalan keluar dan solusi.

 

Berikut merupakan beberapa informasi tentang hal-hal yang perlu diingat dan diperhatikan untuk mengatasi bisnis tidak berkembang. Pertahankan sikap optimis yang ada di dalam diri agar Anda tidak mudah putus asa saat menghadapi kegagalan. Untuk menunjang kesuksesan Anda dalam berbisnis, Jurnal dapat menjadi solusi terbaik. Jurnal sebagai software akuntansi online yang praktis sangat mudah digunakan untuk mengerjakan pembukuan bisnis. Dengan menggunakan Jurnal, pengelolaan keuangan bisnis Anda akan lebih rapi dan akurat. Segera daftarkan perusahaan Anda di Jurnal, dan rasakan kemudahan dalam pembukuan bisnis!