Panduan Memulai Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil

Sesuai dengan namanya, usaha makanan kekinian modal kecil adalah jenis usaha yang berfokus pada produk makanan, dengan biaya modal yang sedikit.

Beberapa tahun terakhir, jenis usaha yang satu ini memang semakin digemari, terutama ide makanan sehat kekinian yang saat ini banyak orang mulai peduli dengan kesehatan.

Ada banyak sekali ragam jenis usaha makanan kekinian dengan modal kecil yang sedang tren saat ini, di antaranya seperti usaha katering, sosis bakar, kue bolu, dessert box, makanan Korea, dimsum, dan masih banyak lagi.

usaha makanan kekinian modal kecil

Mengapa Membuka Usaha Makanan Kekinian?

Membuka usaha makanan kekinian dengan modal kecil banyak dijadikan pilihan bisnis bagi banyak orang karena biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini rata-rata cukup terjangkau.

Banyak orang mempertanyakan mengapa bisa mulai usaha makanan kekinian modal kecil?

Salah satu alasan utamanya adalah ketika Anda membuka usaha makanan kekinian dengan modal sedikit, Anda memanfaatkan lokasi dan peralatan yang sudah tersedia di rumah, sehingga tidak memerlukan modal besar untuk membeli peralatan mahal atau mencari lokasi usaha yang baru.

Menyewa dapur komersial yang sedang tren seperti cloud kitchen memang cukup efisien tetapi cenderung mahal dan akan membatasi ruang dan waktu yang Anda miliki untuk memproduksi makanan di dapur.

Meskipun memiliki ruang khusus untuk memasak dan menjual makanan, Anda secara profesional dapat meningkatkan bisnis Anda dan membuat produk terlihat lebih profesional di hadapan konsumen, sehingga usaha makanan kekinian modal kecil Anda bisa semakin berkembang

Selain mengubah dapur rumah Anda menjadi dapur profesional, usaha makanan kekinian dengan modal kecil  juga akan memberi Anda kesempatan untuk mengejar keberhasilan tanpa risiko yang besar dan dengan modal awal minimum.

Memulai usaha makanan kekinian modal kecil sama dengan bekerja dari rumah, sehingga dapat membantu menciptakan keseimbangan antara karier dan keluarga, memberi Anda fleksibilitas dan meningkatkan potensi pendapatan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Membuka Usaha Makanan

Meskipun memulai usaha makanan kekinian kecil-kecilan dari rumah mungkin tampak seperti ide yang sempurna, Anda harus hati-hati mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya

usaha makanan kekinian modal kecil

Keunggulan:

  • Menghemat modal dan biaya awal

Keunggulan pertama dalah menghemat modal dan biaya awal. Ketika memulai usaha makanan kekinian modal kecil, Anda akan menghemat uang dalam pengeluaran operasional seperti sewa dan utilitas, sekaligus menghindari sebagian besar biaya peralatan dapur karena Anda dapat menggunakan kembali milik Anda sendiri.

Anda pun juga akan menghemat biaya perjalanan. Bergantung pada lokasi Anda, Anda bahkan mungkin dapat mengambil potongan pajak berdasarkan persentase rumah Anda yang digunakan untuk tujuan bisnis.

  • Uji produk Anda dengan risiko yang lebih kecil

Keunggulan usaha makanan kekinian modal kecil yang kedua adalah hambatan masuk yang rendah (tanpa biaya awal, persyaratan hukum yang lebih sedikit) ini adalah solusi terbaik untuk menguji produk Anda di pasar sebelum Anda menginvestasikan banyak waktu dan uang untuk memulai bisnis yang lebih besar.

  • Bekerja dari Rumah

Keunggulan usaha makanan kekinian modal kecil yang ketiga adalah kesempatan untuk bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah adalah bagian terbaik dari membuka usaha makanan kekinian modal kecil.

Bekerja dari rumah akan menghilangkan perjalanan panjang, akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga sambil bekerja di lingkungan yang tidak terlalu membuat stres. Memilih usaha makanan kekinian modal kecil akan membantu Anda menyeimbangkan karir, keluarga, waktu luang dan kesehatan.

  • Bekerja saat Anda mau

Keunggulan  yang keempat adalah Anda bisa menjadi bos Anda sendiri, karena dapat memilih jadwal dan beban kerja secara pribadi. Anda dapat memutuskan untuk memulai paruh waktu, bekerja hanya larut malam atau dini hari, serta pengaturan jadwal lainnya yang sangat fleksibel.

  • Mengembangkan keterampilan orang-orang di sekitar Anda

Keunggulan  yang kelima adalah Anda dapat secara tidak langsung mengembangkan keterampilan orang-orang di sekitar Anda.

Memasak dan bekerja dari rumah akan memastikan bahwa keluarga dan orang-orang di sekitar Anda akan mengenal seni memasak, keterampilan berharga yang sedang menurun selama beberapa tahun terakhir, dan lingkungan wirausaha yang akan merangsang kreativitas, inovasi dan kolaborasi di rumah.

  • Terhubung dengan komunitas

Keunggulan usaha makanan kekinian modal kecil yang keenam adalah Anda dapat terhubung dengan komunitas. Makanan memiliki daya tarik dan bahasa universal, dan usaha makanan kekinian modal kecil ini membantu Anda memecahkan hambatan, bertemu orang baru di sekitar Anda yang sebelumnya tidak akan Anda temui.

Hubungan komunitas yang baik akan memelihara usaha makanan kekinian modal kecil Anda dan memastikan nama yang baik, tepercaya, dan dihargai di industri ini. Ciptakan hubungan yang kuat dengan orang-orang di lingkungan Anda yang akan membantu Anda dan keluarga menjalani kehidupan sehari-hari yang lebih bahagia.

  • Terhindar dari persaingan

Keunggulan yang ketujuh adalah Anda akan terhindar dari persaingan yang ketat. Hal ini terjadi karena usaha makanan kekinian modal kecil  cenderung kecil dan dinamis, sehingga sangat mudah untuk membedakan penawaran Anda dari pesaing dan menyesuaikan layanan Anda untuk pelanggan di wilayah Anda.

  • Ciptakan pengalaman pelanggan yang unik

Keunggulan usaha makanan kekinian modal kecil yang terakhir adalah Anda bisa menciptakan pengalaman pelanggan yang unik. Jika bekerja di rumah mungkin tidak dianggap profesional bagi pengusaha di industri lain, di industri makanan buatan rumah terdengar selalu lebih baik.

Dengan berinteraksi dengan klien pada tingkat yang lebih pribadi, menyambut mereka di tempat tinggal Anda atau menemui mereka di tempat mereka, Anda menciptakan layanan unik yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan, yang sangat sulit dicapai dari bisnis standar lainnya.

usaha makanan kekinian modal kecil

Kekurangan:

  • Anda harus membuat beberapa perubahan di dapur

Untuk menjalankan bisnis Anda dari rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda harus memastikan agar dapur Anda cukup untuk dapat memproduksi makanan dalam jumlah tertentu.

Meskipun Anda masih dapat menguji ide bisnis Anda dari rumah dengan beberapa pelanggan, Anda harus siap untuk membuat beberapa perubahan pada tata letak dapur Anda saat Anda akan benar-benar mulai berbisnis.

  • Sulit fokus

Memasak dan menyiapkan makanan dapat menjadi tantangan bagi Anda jika ada gangguan seperti anak-anak Anda, atau jika ada teman-teman yang datang. Sementara daftar gangguan terus berlanjut, Anda mungkin merasa sulit untuk fokus pada bisnis Anda.

  • Memisahkan dunia keluarga dan dunia kerja

Apakah rumah Anda cukup besar untuk memastikan Anda dapat memisahkan dunia tempat tinggal dengan lingkungan kerja? Kegiatan memasak, menyiapkan makanan, dan penjualan Anda akan memakan banyak ruang dan waktu di dapur rumah Anda. Ada baiknya untuk memastikan agar Anda dan keluarga siap untuk menghadapi hal ini.

  • Biaya produksi dan pemasaran yang tinggi

Karena Anda tidak memiliki toko fisik di jalan yang populer, Anda benar-benar harus berusaha untuk mendapatkan nama Anda di luar sana dengan sesi mencicipi, kampanye iklan, dan menjelajahi mitra dan kolaborasi untuk mendapatkan konsumen.

Sebagai bisnis pemula, Anda akan memiliki volume rendah dan ini akan menghasilkan biaya produksi yang lebih tinggi (bahan, pengemasan, pelabelan…)

Di dunia di mana sebagian besar waktu kita dihabiskan untuk online, dunia di mana media sosial mendorong sebagian besar hubungan kita, kami percaya bahwa menjangkau orang-orang yang tertarik dengan ide bisnis makanan Anda lebih mudah dari sebelumnya.

Meskipun Anda dapat memulai bisnis Anda dari rumah tanpa modal awal dan memulai dan menjalankan bisnis Anda dengan sedikit biaya, tidak seorang pun kecuali ANDA yang dapat memutuskan apakah ini adalah sesuatu yang Anda dan keluarga Anda lakukan.

Anda hanya dapat memutuskan kapan waktu yang tepat untuk melakukan lompatan.

Panduan & Langkah-Langkah Memulai:

  1. Buat Niche Unik

Makanan buatan sendiri adalah salah satu ide bisnis kecil terbaik dan pasti akan menarik perhatian. Meskipun demikian, ide bisnis baru perlu mengetahui fokus mereka yang dapat menarik audiens target tertentu. Jika Anda pandai memasak masakan tertentu, fokuslah hanya pada itu tetapi tetap buka pikiran Anda.

Anda harus memutuskan seberapa baik penjualan dan pertumbuhannya di daerah Anda. Anda harus mencoba menjual sesuatu yang tidak ditawarkan oleh orang lain tetapi juga diminati. A

nda dapat bekerja dengan parameter yang berbeda seperti pengiriman makanan lebih cepat atau bahan khusus tertentu. Anda harus menyoroti niche Anda saat mempromosikan bisnis Anda.

  1. Luangkan Waktu untuk Riset

Melakukan riset pasar penting untuk memahami tingkat persaingan dalam bisnis. Bisnis makanan di Indonesia telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir.

Beberapa proses yang rumit sudah dipotong, dan layanan pengiriman makanan juga meningkat. Anda harus mencoba terhubung dengan pemilik bisnis makanan lain untuk memahami berbagai tantangan yang bisa muncul. Bicaralah dengan teman Anda dan mintalah pendapat mereka tentang bagaimana Anda dapat merencanakan bisnis Anda.

  1. Rencanakan Anggaran

Merencanakan anggaran dan investasi adalah langkah paling penting untuk memulai. Sebuah ide sederhana dapat dirumuskan dengan luar biasa dengan bertindak berdasarkan rencana yang konkret.

Dapatkan gambaran lengkap tentang bagaimana Anda ingin mendapatkan sesuatu di jalurnya untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. Tetapkan jadwal dan tujuan pribadi sehingga Anda dapat mengerjakannya secara bertahap.

Karena Anda akan bekerja dari rumah, Anda harus memutuskan jenis ruang yang Anda butuhkan untuk bekerja sesuai permintaan. Anda harus membuat ruang penyimpanan dan memperoleh perangkat baru untuk pekerjaan yang efisien.

Anda bisa mendapatkan seorang ahli untuk membantu Anda dalam aspek keuangan dari rencana bisnis Anda.

  1. Dapatkan Jenis Peralatan yang Lebih Baik

Anda harus mempersiapkan peralatan dan perlengkapan baru untuk dapur bisnis Anda. Dapatkan peralatan berkualitas tinggi yang akan memastikan kualitas makanan yang lebih baik yang dapat disiapkan dalam waktu yang lebih singkat.

Anda harus memiliki perangkat penyimpanan yang baik untuk bahan dan makanan Anda. Anda harus memiliki bahan kemasan yang baik yang digunakan untuk membungkus dan mengemas makanan.

Anda dapat menggunakan pelabelan paket Anda sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sehingga merek Anda dapat diidentifikasi oleh pelanggan.

Sesuai aturan dan peraturan yang berlaku, Anda mungkin harus membeli barang-barang tertentu untuk memastikan keamanan pangan. Semua peralatan bisnis Anda harus disimpan secara terpisah dari peralatan dapur Anda.

  1. Pemasaran dan Periklanan

Mempromosikan bisnis Anda adalah salah satu langkah terpenting untuk mendapatkan pelanggan. Gunakan jaringan teman, kolega, dan tetangga Anda untuk mendapatkan basis pelanggan.

Anda juga dapat mengadakan acara kecil yang menandai awal dari bisnis memasak Anda dari rumah. Acara semacam itu bisa sangat berguna untuk membuat orang tahu lebih banyak tentang bisnis dan layanan Anda.

Anda juga dapat membagikan sampel makanan untuk dicicipi orang. Berikan pamflet menu Anda dengan harga dan penawaran yang akan menarik lebih banyak pelanggan.

Sesekali, Anda harus memberikan penawaran dan layanan ekstra untuk promosi. Ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan dan mendapatkan eksposur.

  1. Memanfaatkan Media Sosial

Gunakan platform media sosial untuk iklan yang lebih baik. Instagram dan Facebook adalah platform luar biasa untuk ide bisnis baru di Indonesia. Buat halaman Anda dan gunakanlah nama pengguna yang menarik. Anda dapat memposting konten reguler di halaman ini untuk pengikut Anda.

Anda dapat memposting resep baru dan juga membuat video tentang cara membuat makanan tertentu. Menggunakan perangkat fotografi dan video yang bagus dapat menjadi faktor pendorong yang hebat. Bagikan postingan secara konsisten agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengikut.

Anda juga dapat berinteraksi dengan audiens Anda menggunakan obrolan langsung dan komentar di media sosial. Anda juga dapat menjadi bagian dari grup dan komunitas, tempat Anda dapat berinteraksi dengan orang lain dan mengundang mereka ke halaman Anda.

  1. Menggunakan Aplikasi Pendukung

Untuk bisa mengembangkan bisnis usaha makanan kekinian modal kecil, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pendukung.

Biasanya, terdapat dua jenis aplikasi pendukung yang seringkali digunakan oleh para pengusaha di bidang makanan yaitu aplikasi pembukuan terbaik dan software accounting terbaik. Semuanya ada dalam satu paket Mekari Jurnal. Jurnal gratis coba lho!

Semoga bermanfaat!

Kategori : Usaha Mikro & Kecil

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo