3 Cara Menghemat Pengeluaran Bisnis UKM Selama Masa Krisis

Di tengah penyebaran virus corona berbagai elemen bisnis UKM di Indonesia terus berupaya agar dapat bertahan melewati masa krisis. Tetapi, pengeluaran terus berjalan,  biaya iklan, biaya sewa gedung dan tambahan biaya internet bagi setiap karyawan yang bekerja dari rumah jadi tantangan sendiri untuk bagian keuangan. Lalu bagaimana caranya menghemat pengeluaran bisnis UKM agar tidak semakin kewalahan? Simak ulasan berikut ini.

1. Buat Pembukuan dengan Rapi

Buat Pembukuan dengan Rapi - Menghemat Pengeluaran Bisnis UKM

Dengan adanya pembukuan yang rapi, Anda akan mengetahui bagaimana keadaan keuangan bisnis UKM Anda saat ini. Apakah keuangan sedang membaik atau jutsru semakin memburuk. Anda juga dapat menghindari kesalahan-kesalahan pembukuan yang dapat merugikan perusahaan.

Misalnya, Anda ketika menghitung keuntungan atau laba perusahaan, tentu ini akan sangat merugikan ketika Anda harus membayar pajak perusahaan karena pembayaran menjadi lebih besar dibanding yang seharusnya.  

Pembukuan yang rapi juga menhindarkan perusahaan dari denda atau penalti dari lembaga keuangan karena data keuangan yang ada sudah sesuai dengan yang ada di lapangan. Jika pembukuan tidak rapi, juga pada saat proses audit perusahaan akan memakan banyak memakan biaya dan waktu. Selain itu, pembukuan yang rapi juga membuat Anda mudah dalam meminjam modal karena lembaga keuangan akan lebih percaya terhadap bisnis UKM Anda. 

Anda juga dapat menggunakan software akuntansi Jurnal,  software dalam melakukan pembukuan keuangan secara otomatis dan tentu saja segala pembukuan keuangan bisnis UKM menjadi rapi karena berbagai fitur lengkap yang sudah disediakan oleh Jurnal. Jurnal juga sudah memiliki standar keamanan ISO/IEC 27001, sehingga keuangan perusahaan Anda sudah pasti aman dan dapat terkelola dengan baik. 

Baca juga : Kenali Model Cloud yang Bisa Dipakai UKM untuk Hadapi Krisis

2. Kelola Karyawan dengan Baik

Kelola Karyawan dengan Baik - Menghemat Pengeluaran Bisnis UKM

Anda harus mengelola karyawan bisnis Anda dengan baik. Misalnya, Anda merekrut tenaga kerja lepas atau freelance karena biasanya mereka dibayar per pekerjaan yang Anda butuhkan. Tidak ada lagi pengeluaran untuk karyawan yang hanya mengandalkan kehadiran. Lalu Anda juga dapat membuka program magang bagi bisnis Anda, sebagian besar program magang tidak mengeluarkan biaya tambahan alias gratis. Terlebih pekerjaan yang dibutuhkan memang menarik untuk diminati para calon anak magang. 

Anda juga dapat menggunakan aplikasi absensi gratis untuk mengelola karyawan yang saat ini sedang bekerja di bisnis Anda. Biasanya aplikasi pengelolaan karyawan ini memberikan fitur absensi untuk memantau kinerja karyawan agar produktivitas bisnis Anda semakin maksimal dan sepadan dengan pengeluaran bisnis.

3. Merubah Strategi Pemasaran Bisnis

Merubah Strategi Pemasaran Bisnis - Menghemat Pengeluaran Bisnis UKM

Terdapat banyak pilihan cara pemasaran bisnis agar menjadi gratis sehingga Anda tidak perlu lagi terus menghitung ulang biaya pemasaran bisnis UKM Anda dan menyesuaikan segala pengeluaran agar sesuai dengan budget yang diharapkan.

Mulai blogging di dunia internet agar informasi terkait dengan bisnis Anda dapat diakses dengan mudah oleh target pasar. Selain itu, Anda juga dapat aktif dan bergabung di forum online  untuk menawarkan produk bisnis Anda secara halus, perlahan tapi pasti.

Anda juga dapat mulai menggunakan media sosial untuk memperkenal produk terbaik Anda dan menawarkan segala promosi untuk menarik minat pembeli. Terlebih, jika bisnis UKM Anda menyediakan toko online di e-commerce sehingga target pasar Anda dapat meluas dengan biaya yang sangat minim. Masih banyak yang dapat Anda lakukan dengan internet agar mendapat pemasaran gratis yang juga dapat disesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda jalankan.

Jurnal hadir untuk bisnis dalam program #Ukmtahankritis . Bisnis Anda dapat menghemat pengeluaran bisnis UKM dengan menggunakan Jurnal sekarang. Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Min subscribe 12 bulan). Salam sehat dan produktif selalu!


PUBLISHED27 Mar 2020
Septina Muslimah
Septina Muslimah

SHARE THIS ARTICLE: