QR code merupakan bentuk evolusi dari barcode yang kita kenal selama ini. Jika sebelumnya barcode hanya berbentuk garis satu dimensi, kini telah dimodifikasi menjadi dua dimensi. Bukan dari bentuk saja, QR code juga semakin populer penggunaannya dibandingkan barcode karena kemampuannya untuk menampung informasi yang lebih besar. Cara penggunaan QR code pun cukup mudah. Hanya dengan memindai kode yang ada di dalamnya dengan ponsel yang dilengkapi dengan kamera dan aplikasi pembaca QR code. Setelah dipindai, QR code diterjemahkan menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti.

QR code juga digunakan dalam dunia bisnis sama seperti pendahulunya. Apabila barcode lebih banyak digunakan untuk pendataan, maka QR code dikembangkan sekaligus sebagai media marketing yang cukup efektif. Tidak hanya berbagai informasi mengenai produk yang didapatkan ketika memindai QR code. Proses jual beli serta pelacakan minat konsumen sesuai perilaku juga bisa dilakukan dengan kode yang berbentuk titik-titik kecil ini. Namun untuk menjadikan QR code sebagai media pemasaran yang efektif ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Pastikan QR Code Dapat Dipindai

Penggunaan QR Code sebagai Media Pemasaran Efektif dan Efisien Setelah mendapatkan QR code, uji terlebih dahulu sebelum disebarkan kepada calon konsumen Anda. Pastikan bahwa QR code yang digunakan bisa terpindai dengan baik. Anda bisa menggunakan ukuran yang sedikit besar dan warna yang lebih jelas. Hindari penggunaan permukaan yang reflektif karena biasa menyilaukan sehingga sulit untuk dipindai. Hindari juga memasang QR code pada media yang bergerak seperti kendaraan. Ini akan mempersulit pemindaian karena geraknya yang cukup cepat dan sulit diikuti.

QR Code Unik & Inovatif

Penggunaan QR Code sebagai Media Pemasaran Efektif dan EfisienQR code yang berwarna hitam dan putih saat ini sudah sangat biasa. Oleh karena itu Anda bisa mengkostumisasi dengan warna lain atau bentuk yang berbeda untuk membuatnya tampak lebih menarik. Anda juga dapat memodifikasi titik-titik pada QR code sesuai keinginan asalkan perubahan tersebut tidak memengaruhi kode didalamnya. QR code yang tampak berbeda dan mencolok akan membuat orang-orang penasaran dan tertarik memindai untuk melihat isi didalamnya. Ini bisa menjadi langkah yang bagus untuk membuat konsumen setidaknya berkunjunga sekali ke dalam website Anda. Proses kostumisasi ini cukup mudah dilakukan karena banyak aplikasi yang menyediakan fitur kostumisasi QR code.

Berisi Informasi Bermanfaat

Penggunaan QR Code sebagai Media Pemasaran Efektif dan EfisienTujuan utama penggunaan QR code adalah memberikan informasi penting mengenai bisnis Anda dengan tampilan yang lebih sederhana. Anda tidak mungkin memasukkan semua informasi sekaligus ke dalam business card, poster, brosur serta sebaran iklan lainnya. Ini akan membuat konsumen kebingungan. Selain itu, konsumen biasanya ingin membaca informasi dengan lebih santai. Oleh karena itu, cukup mencantumkan informasi inti dan QR code yang langsung diarahkan menuju laman website dan sosial media bisnis Anda.

Setelah itu perhatikan informasi yang akan diterima oleh konsumen. Berikan informasi yang lengkap dan bermanfaat sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan secara efektif. Konsumen yang tertarik dengan tampilan QR code yang simpel pasti juga menginginkan informasi yang lebih disederhanakan. Jangan buat mereka memindai QR code yang tidak terlalu penting. Konsumen yang menemukan informasi yang terlalu bertele-tele pastinya enggan untuk kembali lagi mengakses QR code bisnis Anda. Atau mungkin mereka akan keluar sesegera mungkin sebelum membaca keseluruhan yang ingin Anda sampaikan. Dan itu artinya mereka tidak tertarik dengan informasi yang Anda sediakan. Anda bisa mencantumkan deskripsi, manfaat, promo, diskon maupun event menarik yang diadakan namun secara singkat dan langsung pada intinya.

Berikan Informasi yang Jujur

Penggunaan QR Code sebagai Media Pemasaran Efektif dan EfisienSeringkali promosi besar-besaran yang diadakan oleh sebuah toko ternyata memiliki catatan kecil di bawahnya. Ini bisa sangat mengecoh bahkan merugikan konsumen karena ternyata banyak syarat yang harus dipenuhi. Hal ini tidak akan terjadi jika menggunakan QR code karena konsumen bisa membaca detail informasi dan promosi bisnis Anda dengan lebih santai. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis harus lebih memperhatikan syarat dan ketentuan yang yang akan dicantumkan. Jangan sampai konsumen menemukan kejanggalan dan merasa diberatkan. Ini yang membuat konsumen tidak akan memilih bisnis Anda kembali.

Mobile Friendly

Penggunaan QR Code sebagai Media Pemasaran Efektif dan EfisienKesalahan paling umum yang dilakukan oleh pemilik usaha adalah menghubungkan QR code pada laman yang tidak mobile-friendly. Padahal konsumen biasanya melakukan pemindaian QR code dengan menggunakan ponsel. Ini karena biaya yang dibutuhkan untuk membangun laman website yang mobile-friendly biasanya lebih tinggi. Jika bisnis Anda belum mempunyai cukup biaya, bisa menggunakan situs tertentu yang menyediakan layanan yang memungkinkan Anda membuat website mobile-friendly yang di-hosting oleh platform mereka.

Capture Informasi Pelanggan

Penggunaan QR Code sebagai Media Pemasaran Efektif dan EfisienDapatkan hasil maksimal QR code  dengan meng-capture informasi pelanggan. QR code mempunyai kemampuan unik yang dapat melacak informasi pelanggan. Baik itu kuantitas pemindaian, jenis ponsel yang digunakan, kode area tempat ponsel terdaftar dan lain sebagainya secara real time. Ini dapat digunakan untuk memahami perilaku konsumen demi membangun strategi pemasaran yang disesuaikan dengan pembelian mereka. Ini akan sangat membantu pemilik usaha untuk tetap terhubung dengan siapapun yang pernah mengunjungi laman website dan meningkatkan penjualan. Konsumen pun akan terbantu karena bisa mendapatkan informasi barang atau jasa yang mereka inginkan kapan saja dan di mana saja.

Penempatan yang Strategis

Penggunaan QR Code sebagai Media Pemasaran Efektif dan EfisienGerai Anda mungkin hanya satu, namun bisnis Anda harus ada di mana-mana. Untuk tujuan ini pulalah QR code diciptakan. Tempatkan QR code di mana saja yang mungkin dilewati atau bisa dilihat oleh target konsumen Anda. Tampilkan QR code di halte bus, stasiun, website, kemasan, poster, brosur, maskot bahkan produk. Ini akan mempermudah konsumen yang ingin mengetahui informasi bisnis Anda tanpa harus mendatangi gerai bisnis Anda.

Berikan Promo

Penggunaan QR Code sebagai Media Pemasaran Efektif dan EfisienCara paling efektif untuk membuat konsumen berbondong-bondong memindai QR code Anda adalah dengan memberikan diskon atau promo. Tawarkan diskon dalam jangka waktu yang ditentukan dengan pembelian menggunakan QR code. Atau Anda bisa menawarkan kupon cuma-cuma dengan memindai QR code yang diberikan.

Di dunia digital dengan teknologi yang berkembang pesat, penggunaan QR code ternyata sangat efektif sebagai media pemasaran. Kode unik ini sangat menguntungkan karena memungkinkan analisis web yang membantu Anda untuk mengukur keefektifan pemasaran yang Anda jalankan. Ini berpengaruh pada proses penggalangan konsumen yang menjadi lebih mudah. Tidak sampai di situ, QR code juga membantu bisnis Anda untuk berhemat biaya karena dapat dibuat secara gratis namun dengan fungsi yang banyak serta ramah lingkungan.  Selain itu, cara untuk meningkatkan penggunaannya pun cukup mudah.

Selain penggunaan QR code, Anda juga perlu mengatur segala hal yang berhubungan dengan keuangan untuk membuat bisnis tetap berjalan efektif dan efisien. Untuk kepentingan ini diperlukan software akuntansi yang andal. Dan Jurnal hadir sebagai solusi penyedia fitur-fitur terbaik dalam mengelola laporan keuangan secara lebih mudah dan praktis. Jadi tunggu apalagi? Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan kemudahan  dalam mengelola pembukuan bisnis Anda sekarang.

Author