Jurnal Enterpreneur

Manfaat Penggunaan Aplikasi Pembukuan Koperasi

Kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk mempermudah kegiatan usaha dalam jenis apapun, salah satunya penggunaan aplikasi pembukuan koperasi. Saat ini, aplikasi keuangan tidak hanya bisa digunakan oleh pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) saja, tetapi juga bagi penggiat koperasi.

Koperasi adalah lembaga ekonomi yang bertujuan untuk memperjuangkan kesejahteraan ekonomi anggotanya. Tidak jauh berbeda dengan lembaga ekonomi lain, koperasi juga wajib menyusun dan mengelola laporan keuangan.

Seiring perkembangan teknologi informasi, proses penyajian laporan keuangan dapat semakin cepat dilakukan dengan adanya sistem digital.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan dan mencatat pembukuan koperasi. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Mengenal Koperasi

Sebelum menjelaskan tentang sistem dan aplikasi pembukuan koperasi, sebaiknya Anda mengetahui pengertian koperasi terlebih dahulu.

Koperasi bisa didefinisikan sebagai organisasi atau badan usaha yang dijalankan oleh sejumlah anggota untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Juga: Mengenal Bung Hatta Bapak Koperasi Indonesia

Sesuai dengan UU No. 25 Tahun 1992, masing-masing anggota koperasi akan mengemban tugas dan tanggung jawab sesuai dengan prinsip koperasi. Asas yang dijunjung oleh koperasi adalah kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Setiap anggota juga memiliki hak suara yang sama untuk mengambil keputusan yang dicapai melalui musyawarah mufakat.

Kelola Pajak Secara Langsung Cukup dengan Sekali Klik, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kendala Sistem Pembukuan Manual pada Koperasi

Pada saat awal pendirian koperasi, anggota yang terdaftar jumlahnya masih sangat terbatas sehingga pengelolaan keuangan secara manual tidak menjadi masalah.

Akan menjadi tantangan ketika jumlah anggota bertambah sehingga pencatatan transaksi keuangan semakin kompleks.

Jumlah transaksi yang semakin banyak akan menyulitkan pengurus dalam mencatat dan melaporkan keuangan sehingga banyak pekerjaan akuntansi yang terbengkalai.

Untuk menghasilkan perhitungan akuntansi yang akurat dan detail dibutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini karena diperlukan kehati-hatian yang tinggi agar tidak terjadi kesalahan.

Sedikit kesalahan pada pencatatan keuangan koperasi bisa berakibat fatal. Maka dari itu, Anda membutuhkan aplikasi pembukuan untuk koperasi.

Anggota koperasi juga juga banyak yang melakukan kegiatan simpan pinjam dengan nominal yang beragam. Jika pencatatan transaksi ini dilakukan secara manual akan sangat sulit dan memakan banyak waktu.

Pada akhir periode, koperasi akan membagikan Sisa Hasil Usaha atau SHU kepada semua anggota. Perhitungan SHU yang masih menggunakan cara manual akan sangat memberatkan para pengurus.

Tidak jarang para pengurus harus lembur atau bahkan mengerjakan perhitungan dari jauh-jauh hari.

Kendala-kendala seperti ini masing sering sekali terjadi di hampir semua koperasi serba usaha yang menggunakan sistem manual, karena itu saatnya Anda beralih ke aplikasi pembukuan.

Baca juga: Pembukuan Manual Vs Software Akuntansi, Mana yang Lebih Efektif?

Ilustrasi Koperasi dan UMKM

Manfaat Penggunaan Aplikasi Pembukuan Koperasi

Dari kendala-kendala yang sering terjadi pada operasional koperasi, bisa dilihat bahwa dibutuhkan sebuah sistem digitalisasi pembukuan koperasi.

Di sini pentingnya operasional koperasi menggunakan bantuan aplikasi pembukuan.

Hal yang dimaksud dengan aplikasi pembukuan koperasi adalah sebuah teknologi aplikasi yang membantu pencatatan transaksi hingga perhitungan keuangan secara otomatis. Manfaat yang ditawarkan oleh aplikasi ini akan sangat membantu pekerjaan para pengurus.

Berikut ini adalah manfaat dari penggunaan aplikasi pembukuan untuk operasional koperasi:

  • Pencatatan transaksi dapat dilakukan secara detail dan lengkap;
  • Dengan data yang sudah tercatat secara lengkap, akan memudahkan pengurus dalam menyajikan laporan keuangan yang akurat.
  • Perhitungan SHU dapat dilakukan dengan cepat dan tepat karena software aplikasi dilengkapi dengan rumus perhitungan yang akurat.
  • Mempermudah pengurus koperasi untuk mengatur simpanan dan pinjaman para anggotanya.
  • Tidak jarang dalam pengoperasian koperasi membutuhkan kegiatan transfer ke bank. Aplikasi pembukuan akuntansi untuk koerasi telah dilengkapi dengan layanan rekonsiliasi bank.
  • Terdapat Chart of account yang merupakan daftar dari semua kode akun yang disajikan dalam buku besar.

Baca Juga: 5 Strategi Sukses Membangun Usaha Koperasi

Saat ini aplikasi akuntansi dengan fitur pembukuan untuk koperasi sudah banyak dipakai oleh pemilik bisnis.

Hal ini berarti sudah banyak pemilik bisnis maupun pengurus koperasi yang menyadari pentingnya investasi dalam hal digital. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi keuangan Jurnal software seperti ini.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Jurnal, Aplikasi Pembukuan Terpercaya untuk Koperasi

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Di Bulan September ceria ini, Anda akan mendapat diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan.

Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Banner Blog

Itulah penjelasan singkat tentang manfaat menggunakan aplikasi pembukuan keuangan untuk koperasi. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Dunia UKM

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo