Fungsi Software Akuntansi Bagi Koperasi Serba Usaha

Koperasi serba usaha juga membutuhkan pengelolaan akuntansi yang dapat membantu koperasi untuk menjalankan usaha. Saat ini software akuntansi juga bisa digunakan dengan mudah oleh koperasi. Selain itu, software akuntansi juga diperlukan untuk mengatur laporan keuangan agar tidak terjadi kerugian yang besar.

Koperasi serba usaha merupakan sebuah koperasi yang kegiatan usahanya ada dalam berbagai sisi ekonomi. Misalnya seperti pada bidang produksi, konsumsi, perkreditan, dan berbagai kegiatan yang didukung oleh koperasi lainnya.

Baca Juga: 7 Tips Memulai Usaha Modal Kecil Berjangka Panjang

Fungsi Software Akuntansi Bagi Koperasi Serba Usaha

Jurnal software akuntansi UKM

Menggunakan software akuntansi akan sangat membantu proses kinerja dari koperasi serba usaha. Software akuntansi memiliki fungsi-fungsi tertentu yang bisa mengatasi kebutuhan akuntansi dalam koperasi serba usaha. Beberapa fungsi tersebut adalah:

Pencatatan Transaksi

Koperasi serba usaha yang sehat adalah koperasi yang memiliki catatan detail untuk setiap transaksi yang dilakukan. Data transaksi tersebut akan sangat penting untuk dikumpulkan dalam laporan keuangan. 

Software akuntansi dapat melakukan pencatatan transaksi secara otomatis. Mulai dari transaksi sederhana seperti penjualan, pembelian, hingga donasi koperasi serba usaha. Data transaksi tercatat dengan baik dalam software akuntansi dan tidak perlu khawatir data hilang tanpa backup.

Menyusun Laporan Keuangan

Proses penyusunan laporan keuangan adalah proses yang cukup rumit. Tidak hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk koperasi serba usaha. Pelaporan keuangan harus ditulis dengan hati-hati dan hasil yang akurat.

Dengan menggunakan software akuntansi, menyusun laporan keuangan tidak lagi rumit karena data transaksi sudah tercatat dengan baik sebelumnya. Sehingga pada saat proses laporan keuangan semua data sudah secara otomatis diolah menjadi laporan keuangan yang akurat.

Mengatur Sisa Hasil Usaha

Sisa hasil usaha untuk koperasi merupakan pendapatan dari koperasi. Nilainya didapat dari pendapatan selama satu tahun buku koperasi yang kemudian dikurangi dengan penyusutan, biaya, serta kewajiban lainnya.

Software aplikasi juga memberikan kemudahan untuk koperasi menghitung sisa hasil usaha. Perhitungan dilakukan dengan mudah karena software aplikasi telah dirancang dengan sistem yang memberikan perhitungan akurat.

Mengatur Dana Pinjaman Anggota dengan Mudah

Dalam koperasi, tidak jarang akan ada anggota yang melakukan pinjaman kepada pihak koperasi. Mengatur dana pinjaman untuk anggota cukup rumit jika dilakukan dengan cara manual. Untuk itu, bisa menggunakan software akuntansi.

Dalam software akuntansi, terdapat fitur yang memudahkan koperasi mengatur pinjaman anggota. Pengaturan otomatis ini memudahkan proses pencatatan pinjaman tanpa terjadi kesalahan yang kecil.

Baca juga: Bagaimana Bisa Stok Habis? Begini Cara Kelolanya!

Mencatat Pengeluaran Transaksi

Laporan keuangan akan membutuhkan setiap transaksi yang terjadi dalam koperasi. Termasuk transaksi pengeluaran. Data transaksi yang tercatat dengan baik bisa membantu proses laporan keuangan.

Dengan menggunakan software akuntansi, pencatatan pengeluaran transaksi tersebut tidak perlu dilakukan secara manual. Software akuntansi akan secara otomatis mencatat dan membukukan untuk memudahkan pekerjaan.

Adanya Chart of Account

Chart of account yang merupakan daftar dari semua kode akun yang disajikan dalam buku besar umum juga merupakan salah satu fitur yang terdapat di dalam software akuntansi.

Chart of account disediakan agar daftar transaksi dan laporan keuangan lebih sistematis. Mengingat transaksi dalam koperasi bisa terjadi puluhan kali. Chart of account dalam software akuntansi bisa diakses dengan mudah.

Rekonsiliasi Bank

Proses rekonsiliasi bank diperlukan untuk mengetahui apakah informasi catatan kas dan bank sesuai atau tidak. Biasanya proses ini terdapat catatan manual dalam koperasi. Tetapi dengan software akuntansi, rekonsiliasi bank bisa dilakukan secara otomatis.

Fungsi-fungsi di atas dapat membantu koperasi serba usaha berjalan dengan lancar. Software akuntansi sudah banyak digunakan oleh bisnis. Koperasi serba usaha juga merupakan salah satu bagian yang bisa menggunakan software akuntansi.

Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola akuntansi koperasi serba usaha dengan adanya fitur-fitur dalam software akuntansi. Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung.


PUBLISHED20 Jul 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: