Apakah Anda termasuk salah satu pelaku bisnis yang masih pusing masalah pembukuan yang selama ini masih menggunakan cara manual? Misalnya, masih menggunakan buku, alat tulis dan kalkulator untuk mencatat seluruh transaksi keuangan bisnis Anda. Padahal hingga saat ini teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan teknologi dalam informasi dan komunikasi telah meningkatkan perkembangan di dalam dunia akuntansi perusahaan.  Salah satu yang berkembang dan umum diimplementasikan dalam dunia bisnis adalah Aplikasi Sistem Komputer Akuntansi atau sering disebut dengan software akuntansi

Masalah yang sering dihadapi dalam proses pembukuan manual

Baca juga: Manfaat Software Akuntansi yang Harus Anda Maksimalkan untuk Bisnis

 

Sedangkan membuat pembukuan dengan cara manual memiliki banyak kelemahan dan berbahaya bagi keamanan data bisnis. Sehingga saat ini cara manual telah banyak ditinggalkan oleh para pelaku bisnis.

 

Kini, saatnya Anda beralih menggunakan software akuntansi

Membuat pembukuan secara manual memang cukup merepotkan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara manual memiliki lebih banyak kekurangan. Apalagi bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan beberapa bisnis sekaligus. Pembukuan yang dilakukan secara manual akan membuat Anda lebih sulit untuk mengawasi arus keuangan. Dan yang paling penting untuk digarisbawahi adalah cara manual akan menyita waktu Anda lebih banyak. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda beralih untuk mulai menggunakan software akuntansi.

Jika Anda beralih menggunakan software, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat. Diantaranya adalah Anda akan lebih mudah dalam menyusun laporan keuangan perusahaan dengan akurat, efisien dan cepat. Manfaat lainnya adalah dalam hal kecepatan dalam mendapatkan laporan keuangan. Karena laporan keuangan akan dihasilkan secara otomatis oleh komputer. Selain itu, penggunaan software memiliki tingkat ketepatan yang tinggi, serta mampu menghasilkan dan menampilkan lebih banyak data dengan mudah dan cepat sehingga efisiensi dapat tercapai dengan mudah.

Bedanya Pembukuan Manual vs Software Akuntansi

Manual

Software Akuntansi

Membuat dan menghafalkan rumus-rumus tertentu. Hanya perlu menginput data transaksi melalui sistem software.
Proses pembukuan harus dilakukan dengan mencatat secara manual. Seluruh proses pembukuan dapat dilakukan secara otomatis.
Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pembukuan. Proses pembukuan jauh lebih cepat sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.
Laporan keuangan harus dikerjakan secara manual. Laporan keuangan dapat disajikan secara otomatis dan realtime.
Kerangka kerja akuntansi kurang efektif dan efisien. Kerangka kerja akuntansi lebih efisien.
Pencatatan utang dan piutang tidak terkelola dengan baik. Manajemen utang dan piutang menjadi lebih baik dengan fitur pengingat.
Terjadinya kesalahan dalam mencatat data transaksi dan perhitungan Meminimalisir terjadinya kesalahan dalam perhitungan.
Jika terjadi kesalahan, harus mengulang proses dari awal Hanya perlu mengganti data yang salah, tanpa perlu mengulang proses
Sulit untuk mengorganisasikan data-data transaksi bisnis. Pengorganisasian data-data transaksi dapat dilakukan dengan mudah.

Lalu, bagaimana cara memilih software akuntansi yang tepat

Software akuntansi akan memudahkan pekerjaan para pebisnis. Karena dengan menggunakan software akuntansi, maka Anda dapat mengelola keuangan bisnis menjadi lebih sederhana dibandingkan dengan melakukan aktivitas akuntansi secara manual yang sangat merepotkan. Meskipun ada banyak jenis software akuntansi yang beredar umum, tetapi tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Terkadang ada software akuntansi yang memiliki harga yang murah, tetapi fitur yang diberikan sangat sedikit bahkan tidak sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih software akuntansi:

tips memilih software akuntansi

Sebaiknya, pilihlah software akuntansi yang mudah digunakan dan fitur yang user friendly seperti Jurnal. Kenapa Anda sebaiknya memilih software akuntansi Jurnal?

  • Jurnal akan memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan keuangan bisnis secara instan mulai dari Neraca, Laba-Rugi, Perubahan Modal, Arus Kas, dan masih banyak lainnya.
  • Jurnal dapat digunakan untuk memonitor bisnis melalui laporan keuangan yang lengkap.
  • Dengan menggunakan Jurnal, faktur dapat dibuat, dikirim, dan dikelola dengan lebih profesional.
  • Proses penawaran harga hingga penagihan bisnis akan tercatat dengan rapi.
  • Jurnal memiliki fitur pengingat faktur, sehingga piutang tidak tertagih dapat dihindari.
  • Dengan adanya fitur stok barang, daftar produk dan jumlah stok barang bisnis Anda akan lebih akurat.
  • Jurnal dilengkapi dengan fitur multi gudang yang dapat digunakan yang dapat digunakan untuk mengelola stok barang dari berbagai gudang dengan lebih cepat dan mudah.
  • Selain itu juga masih banyak fitur-fitur lain Jurnal yang akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Diantaranya adalah bundel produk, konversi satuan produk, rekonsiliasi otomatis, manajemen pajak, manajemen biaya, dan masih banyak lainnya.

 

“Membaca laporan keuangan dan memonitor performance startup saya menjadi lebih mudah dengan Jurnal. Quite a time and energy saver!” Rade Tampubolon – SocialBuzz.com

 

Baca juga: Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memilih Software Akuntansi Terbaik

Jurnal telah terbukti aman dan terpercaya untuk digunakan karena telah tersertifikasi ISO 27001 yang dapat menjamin keamanan data dan informasi bisnis Anda. Anda tidak perlu khawatir karena Jurnal dapat diakses dengan mudah hanya melalui PC, laptop, maupun ponsel pribadi Anda. Daftarkan bisnis Anda pada Jurnal sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari. Lihatlah bagaimana Jurnal akan memberikan Anda kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan menggunakan Jurnal, proses pembukuan bisnis Anda akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Author