Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Secara Lengkap

Berikut adalah contoh laporan keuangan perusahaan dagang seperti neraca, arus kas, laba rugi, dan lainnya yang akan diulas secara lengkap pada blog Jurnal by Mekari.

Salah satu jenis perusahaan yang mudah untuk dijalankan adalah perusahaan dagang.

Kenapa? Karena kegiatan bisnisnya hanya sebatas membeli barang dagangan kemudian menjualnya kembali tanpa mengubah bentuk barang tersebut.

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang memperdagangkan produk melalui pembelian dan penjualan kembali.

Yang dijual oleh kelompok usaha disektor ini adalah produk berupa barang, seperti toko pakaian, toko gadget, kendaraan, dan usaha dagang lainnya.

Lewat proses tersebut, perusahaan dagang pun mendapatkan keuntungan atau profit.

Pada dasarnya laporan keuangan yang ada pada perusahaan jenis ini sama seperti perusahaan lain.

Namun yang membedakan adalah elemen-elemen atau jenis akun yang termasuk di dalam laporan keuangan tersebut.

Pada artikel kali ini, kami akan menyajikan contoh laporan keuangan perusahaan dagang secara lengkap.

 

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Laporan keuangan perusahaan biasanya dibuat setiap akhir periode dari bisnis, akan tetapi, perihal waktu atau kapan periode laporan keuangan itu dibuat tergantung dari kebijakan perusahaan.

Ada yang melaporkan sebulan sekali, ada juga yang satu minggu sekali menyusun laporan keuangan.

Bisnis jenis apapun akan selalu membutuhkan laporan keuangan, termasuk perusahaan dagang tentunya.

Dengan membuat laporan keuangan, pemilik bisnis bisa membaca laporan keuangan dengan baik dan mengambil keputusan yang tepat, entah itu untuk kepentingan produksi selanjutnya ataupun kepentingan periklanan.

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang contoh laporan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan dagang:

Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Laporan laba rugi adalah laporan yang mencerminkan aktivitas operasi perusahaan.

Laporan ini menyajikan rincian informasi tentang penghasilan, beban, laba atau rugi perusahaan dagang pada periode tertentu.

Laporan laba dan rugi merupakan laporan keuangan yang harus dibuat sebuah perusahaan setiap akhir dari periode.

Fungsi utama dari laporan laba rugi ini adalah untuk mengukur performa kinerja perusahaan dalam waktu satu periode tersebut.

Selain itu laporan laba dan rugi juga membantu perusahaan memikirkan langkah perusahaan selanjutnya di periode kedepan.

Pada laporan laba rugi, perusahaan dagang tentu memiliki beberapa komponen yang dapat dibedakan seperti berikut:

  1. Pendapatan (income), dapat diartikan sebagai bentuk arus masuk atau peningkatan aset dan penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas atau modal.
  2. Beban (expenses), beban diakui sebagai penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode pelaporan dalam bentuk penurunan aset atau arus keluar, atau terjadinya liabilitas yang mengakibatkan penurunan ekuitas.
  3. Pendapatan komprehensif lain (Other Comprehensive Income – OCI), adalah total penghasilan dikurangi beban.
  4. Harga pokok penjualan (HPP), diakui sebagai biaya yang timbul akibat memproduksi suatu barang dan dijual dalam kegiatan bisnis meliputi, biaya bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead.

Lalu yang pasti pada laporan laba rugi ini harus ada dua unsur utama yakni unsur penjualan dan beban.

Dimana unsur unsur lainnya adalah harga pokok penjualan.

Selain itu dalam penyusunan laporan laba rugi dalam perusahaan dagang, ada tiga hal utama yang harus diperhatikan:

  • Bentuk atau format dari laporan laba rugi pada industri dagang tersebut.
  • Konsep juga pemahaman pada setiap elemen yang ada di dalam format laporan tersebut.
  • Memahami dan juga mengerti bagaimana cara menganalisa kegiatan transaksi keuangan pada sebuah perusahaan dagang.

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh laporan keuangan laba rugi perusahaan dagang yang telah dibuat dengan menggunakan aplikasi Jurnal by Mekari:

contoh laporan laba rugi

Contoh Laporan Keuangan Neraca Perusahaan Dagang

Neraca adalah laporan yang mencatat informasi tentang daftar aktiva, kewajiban, dan modal suatu bisnis pada periode tertentu.

Tujuan dari pembuatan laporan neraca pada perusahaan dagang ini adalah untuk lebih jelas dalam mengetahui posisi keuangan perusahaan.

Dari laporan neraca pada perusahaan dagang ini juga bisa melihat kegiatan keuangan perusahaan dengan lebih jelas.

Khususnya kegiatan yang terjadi pada sektor pendapatan dan pengeluaran perusahaan dagang.

Lalu yang perlu Anda ketahui, dalam laporan neraca perusahaan dagang juga tercatat daftar komponen laporan neraca seperti kewajibanm aktiva, hingga modal dari suatu bisnis perusahaan dagang selama periode tertentu.

Dalam laporan neraca, terdapat beberapa contoh komponen yang wajib untuk dimasukkan agar proses perhitungan laporan neraca bisa lebih akurat.

Setiap akun atau komponen yang dimasukkan merupakan komponen penting. Berikut ini adalah akun-akun tersebut dan juga pengertiannya:

  • Kas (uang tunai). Misalnya seperti tiap pembayaran yang diterima saat terjadi transaksi, maka uang yang masuk dari transaksi tersebut akan dimasukkan ke dalam uang tunai atau kas.
  • Aset tidak berwujud. Contohnya adalah paten, hak cipta, hak siar, daftar data pelanggan, dan juga karya sastra.
  • Investasi jangka pendek. Jenis investasi yang bisa dikonversi kedalam bentuk rupiah dalam jangka waktu satu tahun,  bisa juga dicatat sebagai aset lancar dalam laporan neraca keuangan perusahaan dagang.
  • Piutang. Berisi tentang uang yang perlu dibayarkan pelanggan kepada Anda. biasanya ini berhubungan dengan transaksi yang telah dilakukan. Barang atau jasa telah diberikan kepada pelanggan tetapi pembayarannya belum lunas.
  • Biaya dibayar di muka. Merupakan transaksi bisnis yang pembayarannya telah dilakukan di muka. Contohnya adalah biaya sewa kantor yang harus dibayar di muka dalam waktu satu tahun. Biaya ini termasuk dalam akun biaya dibayar di muka.
  • Akun utang. Berisi tentang hutang perusahaan yang perlu dibayarkan kepada pemasok atau distributor. Akun hutang juga merupakan contoh akun kewajiban lancar.
  • Biaya masih harus dibayar. Akun ini berisi tentang gaji, upah, tunjangan, bonus dan pajak yang perlu dibayarkan yang termasuk dalam akun kewajiban.
  • Kartu kredit. Setiap pembelian atau transaksi perusahaan yang menggunakan kartu kredit perlu dicatat dalam akun kartu kredit.
  • Utang jangka pendek. Merupakan hutang yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun. Contohnya adalah pajak gaji karyawan yang perlu dibayarkan.
  • Utang jangka panjang. Hutang yang jatuh tempo dalam waktu lebih dari satu tahun. Misalnya seperti hutang obligasi.
  • Ekuitas atau modal. Termasuk nominal saham, jumlah yang dibayarkan dalam modal dan laba ditahan.

Bentuk neraca perusahaan dagang secara umum dalam laporan keuangan dibagi menjadi dua.

Yaitu neraca bentuk Staffel atau neraca yang disusun ke bawah dan meletakkan saldo pada bagian samping dengan kolom debit kredit; dan bentuk Scontro yang memisahkan antara aktiva dan pasiva pada posisi kanan dan kiri.

  • Neraca bentuk staffel adalah neraca yang disusun secara ke bawah atau vertikal dan menempatkan saldo di bagian samping kolom debit
  • Neraca bentuk skontro adalah neraca yang memisahkan antara komponen aktiva dan pasiva di bagian kanan dan kiri

laporan neraca perusahaan dagang.

Contoh Laporan Keuangan Arus Kas Perusahaan Dagang

Laporan arus kas adalah laporan yang memperlihatkan jumlah kas yang diterima, seperti pendapatan tunai dan investasi tunai dari pemilik serta jumlah kas yang dikeluarkan perusahaan, beban yang harus dikeluarkan, pembayaran utang, dan pengambilan prive.

Lalu harus Anda ketahui juga pada laporan arus kas termasuk pada perusahaan dagang ada tiga macam kelompok aktivitas seperti :

a. Aktivitas Operasi 

Dalam aktivitas ini tercantum informasi transaksi yang berhubungan dengan kegiatan operasional perusahaan dagang.

Aktivitas transaksi yang bisa didapat pada laporan laba rugi, yaitu penjualan, harga pokok penjualan, serta beban operasional perusahaan dagang.

b. Aktivitas investasi 

Aktivitas ini biasanya terdiri dari transaksi yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan pada aktiva tetap yang ada pada perusahan dagang

c. Aktivitas pendanaan

Aktivitas pendanaan ini berisi informasi transaksi yang wajib dan modal perusahaan dagang.

Sebagai contoh dari aktivitas pendanaan ini adalah kegiatan membayar utang, penambahan dana untuk modal, dan penjualan surat berharga perusahaan dagang tersebut.

Laporan ini dibuat di akhir periode perusahaan untuk mencatat aliran masuk dan keluar uang di dalam perusahaan.

contoh tabel laporan keuangan arus kas, laporan neraca perusahaan dagang.
Contoh Tabel Arus Kas Menggunakan Jurnal

Selain itu, dalam menyusun laporan arus kas untuk keuangan perusahaan dagang ada dua jenis, yaitu:

1. Laporan Arus Kas Metode Langsung (Direct Method)

Laporan arus kas metode langsung adalah cara dalam menyusun laporan arus kas dengan menghitung langsung arus kas dari komponen aktivitas operasi sesuai catatan pendapatan dan pengeluaran perusahaan.

2. Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung (Indirect Method)

Metode yang satu ini merupakan cara menyusun laporan arus kas berdasarkan aktivitas operasi perusahaan yang dihitung dari laporan laba rugi setelah dilakukan penyesuaian terhadap penyusutan dan amortisasi.

Dalam membuat laporan arus kas metode langsung, data yang dipakai bersumber dari laporan neraca periode sebelumnya, neraca tahun berjalan, dan laporan laba rugi

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Excel Lengkap

Laporan Piutang 

Laporan piutang adalah laporan yang menyajikan rincian transaksi penambahan dan pengurangan piutang perusahaan serta saldo akhir piutang masing-masing pelanggan.

Laporan piutang biasanya akan menyajikan data-data kode pelanggan, nama pelanggan, saldo awal piutang, penjualan, uang muka, potongan penjualan, retur penjualan, PPN keluaran, pembayaran piutang dan saldo akhir piutang.

Laporan Utang

Laporan utang adalah laporan yang menyajikan rincian transaksi penambahan dan pengurangan utang perusahaan, serta saldo akhir utang masing-masing supplier.

Dalam laporan utang biasanya akan menampilkan daftar kode supplier, nama supplier, saldo awal utang, pembelian, potongan pembelian, retur pembelian, PPN masukan, pembayaran utang dan saldo akhir utang.

Laporan Persediaan atau Stok Barang

Laporan ini menyajikan rincian stok barang seperti daftar barang beserta kodenya, harga penjualan, stok awal, pembelian barang, retur pembelian, penjualan, retur penjualan, hingga stok akhir yang tersedia pada toko maupun yang ada pada gudang.

Buat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dengan Software Akuntansi Jurnal

Itulah beberapa contoh laporan keuangan perusahaan dagang secara lengkap beserta transaksinya.

Dengan berbagai jenis laporan keuangan akuntansi yang lengkap, detail, dan tepat, Anda akan lebih mudah membuat suatu keputusan dalam mengembangkan bisnis Anda.

Jika masih merasa kesulitan dalam membuat laporan keuangan, Anda dapat memanfaatkan konsultan pembukuan dari Jurnal.

Dengan konsultan keuangan dari Jurnal, Anda tak perlu lagi repot melakukan input data dan mengelola laporan keuangan sendiri.

Karena, konsultan keuangan Jurnal akan siap membantu Anda menyajikan laporan keuangan yang baik dan tepat sehingga dapat menjadi acuan atau informasi dalam membuat suatu keputusan.

Namun, jika Anda memiliki karyawan sebagai admin perusahaan, Anda dapat memanfaatkan Jurnal sebagai aplikasi laporan untuk keuangan perusahaan yang membantu memudahkan dalam membuat laporan keuangan secara instan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan bisnis Anda.

Anda juga dapat mencoba fitur lainnya dari Jurnal seperti aplikasi akuntansi bisnis ritel yang dapat memantau performa bisnis dan tetap terhubung ke catatan transaksi penjualan dan pembukuan secara otomatis.

Dengan Jurnal, Anda juga dapat memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun secara realtime. Beralih ke Jurnal sekarang, dapatkan percobaan gratis selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah contoh laporan keuangan perusahaan dagang seperti neraca, laba rugi, arus kas, dan lainnya.

Mudah-mudahan informasi di atas dapat membantu.

Setelah membaca tulisan ini Anda akan lebih megnerti dan bisa menjawab beberapa pertanyaan dan permasalaah seperti:

  • Berikut ini yang merupakan laporan keuangan perusahaan dagang adalah?
  • Di bawah ini adalah laporan keuangan yang biasa disajikan dalam perusahaan dagang kecuali?
  • Seperti apa contoh laporan neraca keuangan perusahaan dagang?
  • Laporan keuangan yang digunakan dalam perusahaan dagang terdiri dari apa saja?
  • Laporan yang berisi informasi mengenai periode penjualan, nama barang, jumlah barang yang telah terjual, harga jual barang dan total penjualan baik per barang maupun secara keseluruhan, disebut sebagai apa?

Semoga bisa bermanfaat, dan silahkan untuk dibagikan ke sosial media. Ikuti juga media sosial Jurnal untuk informasi lebih lanjut tentang tips bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo