Jurnal Enterpreneur

Hobi Main Social Media? Coba Kenalan dengan Profesi Buzzer

Apa itu buzzer? Buzzer adalah sebuah profesi atau pekerjaan di mana orang tersebut menggunakan media sosial untuk mempromosikan sesuatu.

Sosial media saat ini adalah bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Hampir semua orang di Indonesia pasti memiliki akun sosial media.

Baik itu facebook, twitter, instagram, maupun akun yang lain. Bahkan tiap orang pasti atktif mengecek sosial media mereka setiap hari.

Fenomena meningkatnya pengguna sosial media ini membuat terbukanya peluang profesi baru yaitu Buzzer.

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa itu Buzzer Social Media?

Buzzer adalah sebuah kata Bahasa Inggris yang berarti lonceng atau alarm. Lonceng atau alarm ini berfungsi untuk  memanggil, memberitahu dan mengumpulkan orang untuk berkumpul atau melakukan sesuatu.

Seiring berjalannya waktu dan teknologi yang semakin canggih, buzzer juga muncul di sosial media.

Profesi atau pekerjaan buzzer di sosial media memiliki peran kurang lebih sama seperti lonceng atau alarm, yaitu adalah mengumpulkan orang dan memberitahu orang-orang tersebut.

Di era digital saat ini, memberitahu banyak orang merupakan hal yang cukup mudah dilakukan. Terutama untuk orang yang memiliki digital presence yang baik.

Hal ini karena mereka memiliki pengikut atau followers dengan jumlah yang cukup banyak sehingga banyak diantaranya followers tersebut yang mendengarkan.

Profesi buzzer juga menjadi salah satu profesi yang cukup mudah dilakukan saat ini. Anda hanya perlu memiliki sosial media dan pengikut yang aktif untuk setiap postingan Anda.

Dalam beberapa hal, mereka juga diharapkan memiliki beberapa keahlian agar followers tidak bosan. Lalu apa pekerjaan buzzer sosial media?

Buzzer sosial media merupakan hal yang baru tetapi cukup umum di Indonesia. Saat ini bahkan ada banyak sekali orang yang tertarik untuk menjalankan profesi ini

Baca juga: Loyalti Konsumen sebuah Program yang Kreatif dan Inovatif

Profesi buzzer ini bisa menjadi pekerjaan sampingan karena beberapa pekerjaannya adalah cukup ringan dan bisa dilakukan sambil fokus mengerjakan pekerjaan lain.

Tetapi tentu saja ada yang menjadikannya sebagai profesi penuh.

Menjadi seorang buzzer tidak memerlukan modal yang tinggi karenahanya memerlukan sosial media. Baik itu facebook, instagram, maupun twitter.

Kemudian untuk, syaratnya cukup harus memiliki jumlah followers yang cukup banyak.

Followers buzzer adalah pengikut yang loyal sehingga bukan sekedar followers yang datang dan pergi.

Pekerjaan ini bisa berupa mempromosikan kandidat, tokoh, isu, atau produk tertentu untuk diminati, dipilih dan dimiliki masyarakat.

Menggunakan jasa buzzer bisa menjadi salah satu strategi marketing yang cocok untuk beberapa bisnis. Banyak sekali bisnis yang terbantu.

Misalnya sebuah toko hijab yang menggunakan jasa buzzer untuk mempromosikan jualan hijabnya. Tentu saja hal ini bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk penjual hijab.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa yang Dilakukan Buzzer di Social Media?

apa itu buzzer pekerjaan adalah

Selain produk, buzzer juga membicarakan hal-hal tentang isu yang sedang marak, contohnya adalah isu climate change atau perubahan iklim.

Ada beberapa perusahaan yang berhubungan dengan climate change juga menggunakan jasa buzzer sebagai salah satu alternatif memberikan informasi.

Misalnya saja sebuah non government organization yang menggunakan jasa mereka untuk mengangkat isu zero waste agar lebih banyak orang menyadari betapa pentingnya menggunakan tas yang ramah lingkungan.

Menggunakan buzzer tidak hanya untuk mempromosikan produk, tetapi juga mengirim pesan tentang isu yang sedang marak terjadi.

Tidak jarang kalau mereka sering mengulas atau membicarakan produk/isu/topik yang adalah sama dengan berbagai macam sudut pandang yang berbeda.

Hal ini karena mereka harus membangun kepercayaan dengan followersnya agar setiap pengikutnya menjadi loyal dan memperhatikan topik yang ia bcarakan.

Profesi buzzer merupakan pekerjaan yang bisa dibilang cukup mudah karena bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lain. Tetapi tentu saja ada beberapa orang yang memilih sebagai profesi penuh.

Pekerjaan buzzer cukup mudah. Merekahanya perlu mengulas atau membicarakan atau bahkan mempromosikan sebuah produk, isu, tokoh, yang sedang menjadi tren. Tentu saja hal ini bukan menjadi masalah.

Baca juga: Jadi Akuntan Hebat dengan Aplikasi Manajemen Keuangan

Tantangan dalam Menjalankan Profesi Ini

Bagian yang sulit dari pekerjaan atau profesi buzzer adalah cara mengolah kata dan mencari sudut pandang lain.

Sebisa mungkin saat mempromosikan produk, merekatidak boleh terlihat terlalu mencolok atau hard selling. Begitu juga ketika sedang memberi informasi.

Mereka memberi informasi dengan tenang dan enuh data agar followers lebih paham dan tidak kebingungan atas apa yang ingin disampaikan.

Ketika mereka tidak memberikan informasi yang detail dan lengkap, tentunya followers akan kebingungan dan pesan yang akan disampaikan tidak tersampaikan.

Selain bagian di atas, buzzer harus mampu melihat sesuatu dari sudut pandang lain. Tidak jarang mereka harus mengulas atau membicarakan suatu produk atau isu yang sama berkali-kali.

Agar followers tidak bosan, merubah sudut pandang tentang yang perlu dibahas pasti akan membuat followers kembali bersemangat.

Mereka juga harus mampu membaca data statistik. Profesi atau pekerjaan buzzer adalah dinilai dari bagaimana status setiap postingannya.  Kinerja mereka bergantung kepada analytic.

Berapa banyak engagement sebuah postingan? Berapa banyak orang yang berkunjung ke halaman sosial media promosi?

Semua data analisa tersebut harus bisa diolah sehingga buzzer tidak mengalami kegagalan ketika melakukan promosi.

Kelola Bisnis Online Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa yang Harus Dilakukan Seorang Buzzer?

Untuk beberapa orang yang memutuskan sepenuhnya menjadi buzzer, biasanya mereka membuat sebuah planner dan mulai mengatur apa saja yang perlu dipost dan apa saja yang perlu dibicarakan.

Semua catatan penting tentang apa yang harus dilakukan harus dicatat dengan rapi. Hal ini memudahkan mereka untuk tetap berada pada deadline dan tidak melakukan kesalahan.

Menjadi seorang buzzer tentunya memiliki gaji yang berbeda-beda. Tidak semuanya memiliki gaji yang sama.

Beberapa memilih digaji per project yang diambil dan beberapa memilih untuk dibayar per postingan yang diminta.

Belum ada regulasi yang sama untuk gaji buzzer ini jadi merekamemiliki gaji yang berbeda-beda. Biasanya perusahaan yang menyewa buzzer memberikan gaji sesuai dengan jumlah followers atau jumlah engagement yang mereka miliki.

Tidak hanya memiliki followers yang tinggi, menjadi buzzer juga membutuhkan keahlian tertentu, apa saja itu?

Misalnya saja keahlian public speaking, tujuannya adalah agar saat mempromosikan sesuatu tidak terliat kaku, public speaking diperlukan agar buzzer semakin persuasif.

Memiliki keahlian tertentu akan memudahkan merekauntuk memiliki engagement yang tinggi. Dengan begini kampanye akan lebih sukses dilakukan dan followers tidak bosan.

Keahlian lain yang mungkin akan membantu profesi atau pekerjaan buzzer adalah fotografi dan menulis.sebuah postingan dengan visual yang bagus biasanya lebih menarik untuk disimak.

Sehingga banyak orang yang akan tertarik dengan produk yang mereka promosikan.

Keahlian menulis yang baik juga sangat membantu karena penulisan kalimat yang mudah dicerna akan membuat pembaca tidak bosan dan engagement postingan semakin tinggi.

Dengan maraknya era digital tentunya setiap orang bisa menjalankan profesi. Tidak membutuhkan modal yang tinggi untuk menjadi buzzer.

Cukup dengan sosial media, gadget, dan koneksi internet maka profesi ini bisa dilakukan dengan lancar. Apalagi saat ini banyak sekali hal yang mudah diviralkan.

Hal ini bisa menjadi kesempatan untuk  mempromosikan produk atau isu terkini.

Setelah menjadi seorang buzzer dan bisa menghasilkan pendapatan hanya bermodal social media dan internet, Anda juga harus bisa mengelola pendapatan yang Anda miliki dengan baik.

Baca juga: 9 Cara Berpikir Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Tiru!

Kelola Bisnis Anda dengan Software Akuntansi Jurnal

Jurnal merupakan salah satu software keuangan yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis dan juga mempermudah Anda dalam mengirimkan tagihan ke pelanggan dengan lebih mudah, cepat, dan aman. Daftar Jurnal sekarang!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Itulah penjelasan tentang apa itu buzzer dan bagaimana profesi atau pekerjaan dijalankan dengan tujuan yaitu adalah meningkatkan awareness terhadap sesuatu, bisa produk maupun isu yang sedang terjadi.

Bagaimana? Apakah Anda ingin mencoba profesi ini?

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo