Jurnal Enterpreneur

Jadi Akuntan Hebat dengan Aplikasi Manajemen Keuangan

Keberadaan aplikasi manajemen keuangan di tengah inovasi teknologi akuntansi semakin mempermudah untuk pekerjaan profesi akuntan. Pada dasarnya, aplikasi ini berfungsi untuk membantu pekerjaan akuntan, bukan menggantikan profesi tersebut sepenuhnya.

Dengan adanya aplikasi manajemen keuangan, menjadi akuntan yang andal bukan lagi hal yang sulit. Di dalam aplikasi sudah terdapat banyak fitur yang sangat bermanfaat bagi proses bisnis perusahaan seperti untuk pembuatan laporan keuangan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Memahami Tugas Profesi Akuntan

Secara umum, profesi akuntan memiliki tugas-tugas berikut ini untuk membantu perusahaan atau organisasi:

  1. Menyiapkan, memeriksa, dan menganalisa arsip akuntansi. Arsip akuntansi dapat berupa pernyataan keuangan atau laporan keuangan yang disesuaikan dengan standar pelaporan operasional.
  2. Memberikan laporan yang berkaitan dengan kondisi keuangan perusahaan kepada manajemen.
  3. Menyusun rekening keuangan dan menempatkannya pada pos yang tepat.
  4. Mendokumentasikan semua catatan keuangan perusahaan.
  5. Menyelesaikan urusan perpajakan perusahaan. Mulai dari menghitung pajak, menyiapkan formulir pajak, pembayaran pajak, hingga pelaporan tahunan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kelola Stock Opname untuk Bisnis Ritel

Perkembangan Digital Profesi Akuntan

Kunci utama bagi seorang akuntan profesional adalah sifat teliti, jeli, dan akurat saat menganalisis keuangan. Mungkin beberapa waktu lalu, profesi ini melakukan pekerjaan menghitung, menganalisis dan memasukkan data secara manual.

Seiring berjalannya waktu, kini perkembangan digital profesi akuntan semakin bisa dirasakan manfaatnya.

Seorang akuntan dapat menggunakan bantuan aplikasi akuntansi atau program semacam manajemen keuangan untuk mendukung Anda menjadi akuntan profesional, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Salah satu keunggulan aplikasi manajemen keuangan adalah mampu menghasilkan data akuntansi yang lebih akurat jika dibandingkan dengan cara manual.

Selain itu, data dapat tersaji lebih cepat sehingga Anda dapat menghemat waktu dan biaya. Ini adalah bukti bahwa teknologi mampu membantu profesi akuntan lebih efektif dalam bekerja.

Baca Juga: Memahami Seluk Beluk dan Cara Kelola Bisnis Franchise

Berkenalan dengan Aplikasi Manajemen Keuangan

Aplikasi manajemen keuangan adalah sebuah kemajuan teknologi yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan baik pribadi, instansi, maupun bisnis.

Kelebihan aplikasi ini mampu membuat laporan keuangan dengan cepat dan akurat serta transparan.

Data yang disajikan oleh aplikasi keuangan sangat detail sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi ini juga dapat memfasilitasi kemudahan dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Dengan adanya data dan laporan keuangan yang mumpuni, Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi keuangan terbaik bagi bisnis Anda.

Baca juga: 8 Prinsip Dasar Etika Profesi dalam Bidang Akuntansi

Jurnal software akuntansi UKM aplikasi manajemen keuangan

Cara Menjadi Akuntan Hebat dengan Aplikasi Manajemen Keuangan

Bagi para akuntan yang ingin tetap sukses di tengah perkembangan teknologi, berikut ini adalah tips untuk menjadi akuntan yang lebih hebat di era digital:

Ketahui Perkembangan Teknologi Keuangan

Di tengah keberadaan internet, semua informasi menjadi sangat mudah untuk didapatkan, termasuk juga bidang keuangan. Perkembangan informasi inilah yang harus Anda ikuti untuk menjadi seorang akuntan hebat.

Jadikan semua perkembangan informasi adalah sarana bagi Anda untuk meningkatkan skill dan pengetahuan yang baru. Begitu juga dengan perkembangan teknologi software akuntansi yang sangat mempermudah pekerjaan seorang akuntan.

Dengan adanya aplikasi keuangan maupun software keuangan, permasalahan akuntansi dapat selesai dengan cepat. Kemampuan Anda di bidang ini juga akan semakin mahir dan terasah.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Mampu Beradaptasi dengan Perubahan

Dunia akuntansi sifatnya sangat dinamis. Artinya, Anda sebagai orang yang bekerja di dunia akuntansi diharapkan mampu menyesuaikan setiap perubahan yang terjadi.

Di samping memberikan yang terbaik untuk klien, seorang akuntan dituntut untuk mampu beradaptasi agar bisa belajar dan berkembang dalam karir. Kemampuan untuk melihat peluang dan tantangan di setiap kesempatan akan menjadikan Anda akuntan yang hebat.

Kerja Terorganisir dengan Prioritas

Hampir semua perusahaan membutuhkan profesi akuntan. Untuk menjadi akuntan yang profesional, Anda harus mampu memberikan nilai lebih berupa sistem yang bertanggung jawab.

Pastikan Anda dapat bekerja secara rapi dan terorganisir sesuai dengan prioritas. Inilah cara yang membuat Anda terlihat profesional di mata klien maupun manajer.

Baca juga: Aplikasi Manajemen Persediaan Yang Tepat Untuk Bisnis

Fokus dan Capai Target

Ketahui tujuan Anda terlebih dahulu, selanjutnya pikirkan bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Jangan lupa, atur tujuan Anda sesuai dengan perkembangan teknologi. Sehingga Anda tidak tenggelam di tengah banyaknya inovasi yang ada.

Buat Keputusan yang Cepat dan Tepat

Salah satu nilai tambah dari profesi yang Anda miliki adalah mampu memberikan keputusan yang cepat dan tepat. Keputusan yang Anda ambil harus didasarkan pada data dan dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk membantu mendapatkan keputusan yang cepat dan tepat, Anda bisa menggunakan bantuan software keuangan. Semua data yang tersedia pada software keuangan atau aplikasi keuangan bersifat akurat dan detail.

Sudahkah Anda menjadi akuntan hebat?

Baca Juga: Cloud Computing dan Perannya Dorong Pertumbuhan Bisnis Anda

Pentingnya Aplikasi Manajemen Keuangan untuk Bisnis

Berkembangnya sebuah bisnis bisa dilihat dari sehat atau tidaknya manajemen keuangan di dalamnya. Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, kini perusahaan tidak hanya dituntut untuk memuaskan hati pelanggan saja.

Lebih dari itu, manajemen keuangan yang optimal akan membuat perusahaan dapat bertahan di antara banyaknya pesaing yang terus muncul. Keberadaan manajemen keuangan adalah sebuah hal yang penting dalam sebuah bisnis.

Apapun bidang aktivitas bisnisnya, dengan manajemen keuangan yang baik akan mempermudah perusahaan mendapatkan keuntungan.

Aktivitas manajemen keuangan umumnya berhubungan dengan pengelolaan fungsi-fungsi keuangan untuk mencapai tujuan bisnis.

Mulai dari perencanaan, penganggaran, pengalokasian, pengendalian, pelaporan, dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh perusahaan. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai pentingnya manajemen keuangan bagi bisnis.

Baca juga: Peluang Kerja Buat Kamu Para Lulusan Akuntansi

Aktivitas Utama Manajemen Keuangan

Pengertian manajemen keuangan dapat dijelaskan melalui tiga aktivitas yang berkaitan dengan pendanaan, di antaranya:

  1. Aktivitas perolehan dana, yang meliputi bagaimana perusahaan mendapatkan pendanaan untuk mendukung kegiatan bisnisnya. Sumber dana bisa diperoleh melalui internal maupun eksternal seperti investor atau pinjaman bank.
  2. Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas investasi dana pada berbagai aset perusahaan.
  3. Aktivitas pengelolaan dana, yaitu bentuk pengalokasian dan pengelolaan dana yang ada dengan seefisien mungkin setelah dana diperoleh.

Baik dalam perusahaan kecil maupun besar, fungsi manajemen keuangan sangatlah penting agar tidak terjadi penyimpangan sehingga mengganggu jalanya bisnis.

Manajemen keuangan yang baik adalah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku sehingga bisa dibilang cukup rumit, namun memang seperti itulah tugas seorang manajer keuangan.

Pantau Bisnis Anda Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Jurnal. Pelajar Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Alasan Bisnis Perlu Menggunakan Aplikasi Manajemen Keuangan

Karena manajemen keuangan punya peran yang besar dalam keberlangsungan sebuah bisnis, maka pengelolaannya juga tidak boleh sembarangan.

Manajemen keuangan yang dikelola dengan baik akan menghasilkan data dan informasi yang dibutuhkan perusahaan terkait dengan aset, arus kas, hingga kesejahteraan karyawan.

Setiap pemilik bisnis harus benar-benar memperhatikan manajemen keuangan perusahaan agar tidak terjadi masalah keuangan di kemudian hari. Berikut ini adalah alasan mengapa manajemen keuangan sangat penting untuk bisnis Anda:

  • Menghitung Modal dan Aset Perusahaan

Dengan pengelolaan manajemen keuangan, perusahaan dapat mengetahui aset yang dimiliki dan aset yang dibutuhkan. Ketika perusahaan akan membeli aset, pastikan bahwa aset tersebut dapat menghasilkan keuntungan.

Jangan sampai terjadi hutang atau menambah modal untuk membeli aset yang justru tidak menghasilkan pendapatan yang berarti. Dari sini perusahaan bisa membuat prediksi keseimbangannya.

Dengan aplikasi manajemen keuangan seperti software akuntansi Jurnal, Anda bisa mengendalikan aset perusahaan, baik aset tetap maupun tidak berwujud.

Dengan pengelolaan aset yang tepat, Anda juga dapat mengontrol nilai aset dengan baik yang dapat digunakan untuk membuat perencanaan bisnis yang lebih matang.

Baca juga: Manfaat Software Akuntansi yang Harus Anda Maksimalkan untuk Bisnis

  • Mengatur Arus Kas dengan Baik

Manajemen keuangan dapat membantu Anda untuk menghasilkan arus kas yang baik. Dengan arus kas yang baik, perusahaan dapat membayar biaya operasional dengan lancar.

Yang termasuk biaya operasional harian adalah sewa gedung, biaya utilitas, dan menggaji karyawan setiap bulan. Anda dapat memastikan bahwa perusahaan memiliki kas yang cukup untuk membayar semua kewajibannya setiap bulan.

Aplikasi manajemen keuangan juga mempermudah Anda dalam mengelola arus kas. Anda bisa melihat angka pasti mengenai pengeluaran dan pemasukan bisnis Anda secara cepat untuk memastikan arus kas bisnis Anda dalam keadaan baik dan bagus.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

  • Menekan Biaya Operasional

Ketika perusahaan memiliki manajemen keuangan yang baik, semua biaya operasional dapat ditekan. Semuanya dapat dilihat dari catatan laporan keuangan yang sudah dibuat.

Jika biaya utilitas dirasa sudah tinggi, maka perusahaan bisa melakukan penghematan listrik. Anda juga dapat melakukan efisiensi karyawan jika dirasa perusahaan sudah terlalu banyak memiliki karyawan.

Atau bisa juga dilakukan negosiasi dengan vendor untuk memberikan diskon harga. Hal-hal tersebut dapat dilakukan untuk mengurangi biaya operasional perusahaan.

  • Merencanakan dan Menghitung Pajak

Salah satu contoh perusahaan yang baik adalah yang membayar pajak tepat waktu. Perencanaan pajak perlu dibuat untuk memberikan estimasi jumlah dan waktu pembayaran pajak.

Dengan membayar pajak tepat waktu, perusahaan dapat meminimalisir terjadinya telat bayar sehingga tidak terkena biaya denda. Selain itu, perusahaan Anda juga dapat mengalokasikan dana untuk tagihan pajak selanjutnya.

Kelola Pajak Secara Langsung Cukup dengan Sekali Klik, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

  • Menjamin Kesejahteraan Karyawan

Gaji yang dibayarkan tepat waktu adalah salah satu bukti bahwa perusahaan memiliki manajemen keuangan yang baik.

Dengan gaji dan benefit yang diberikan kepada karyawan merupakan bukti bahwa perusahaan telah menjamin kesejahteraan karyawannya. Benefit tersebut diantaranya asuransi, tunjangan, dan mungkin saja fasilitas kredit.

Ketika karyawan sejahtera, tentunya loyalitas karyawan kepada perusahaan juga semakin tinggi.

Baca juga: Kenali Perbedaan Pembukuan dan Akuntansi

Jurnal Aplikasi Manajemen Keuangan dengan Fitur-Fitur yang Bermanfaat untuk Akuntan

Pelajari aplikasi keuangan dari Jurnal by Mekari yang membantu Anda untuk menjadi akuntan yang hebat dan profesional.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis ritel diproses dengan baik oleh Jurnal.

Software Jurnal by Mekari juga dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Bagi Anda yang berlangganan Jurnal pada periode Agustus 2020 ini, Anda akan mendapat gratis berlangganan maksimal 2 bulan dan diskon hingga 25%. Tak hanya itu, dilengkapi juga dengan 4 kali free training dan free 8 users login.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa kegunaan dari aplikasi manajemen keuangan untuk mempermudah pekerjaan akuntan. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo