Jadi Akuntan Hebat dengan Aplikasi Manajemen Keuangan

Keberadaan aplikasi manajemen keuangan di tengah inovasi teknologi akuntansi semakin mempermudah pekerjaan profesi akuntan. Pada dasarnya, aplikasi ini berfungsi untuk membantu pekerjaan akuntan, bukan menggantikan profesi tersebut sepenuhnya.

Dengan adanya aplikasi manajemen keuangan, menjadi akuntan yang andal bukan lagi hal yang sulit. Di dalam aplikasi sudah terdapat banyak fitur yang sangat bermanfaat bagi proses bisnis perusahaan.

 

Memahami Tugas Profesi Akuntan

Secara umum, profesi akuntan memiliki tugas-tugas berikut ini untuk membantu perusahaan atau organisasi:

  1. Menyiapkan, memeriksa, dan menganalisa arsip akuntansi. Arsip akuntansi dapat berupa pernyataan keuangan atau laporan keuangan yang disesuaikan dengan standar pelaporan operasional.
  2. Memberikan laporan yang berkaitan dengan kondisi keuangan perusahaan kepada manajemen.
  3. Menyusun rekening keuangan dan menempatkannya pada pos yang tepat. 
  4. Mendokumentasikan semua catatan keuangan perusahaan.
  5. Menyelesaikan urusan perpajakan perusahaan. Mulai dari menghitung pajak, menyiapkan formulir pajak, pembayaran pajak, hingga pelaporan tahunan. 

Baca Juga: Panduan Lengkap Kelola Stock Opname untuk Bisnis Ritel

Perkembangan Digital Profesi Akuntan

Kunci utama bagi seorang akuntan profesional adalah sifat teliti, jeli, dan akurat saat menganalisis keuangan. Mungkin beberapa waktu lalu, profesi ini melakukan pekerjaan menghitung, menganalisis dan memasukkan data secara manual. Seiring berjalannya waktu, kini perkembangan digital profesi akuntan semakin bisa dirasakan manfaatnya.

Seorang akuntan dapat menggunakan bantuan aplikasi akuntansi atau program semacam manajemen keuangan untuk mendukung Anda menjadi akuntan profesional, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satu keunggulan aplikasi manajemen keuangan adalah mampu menghasilkan data akuntansi yang lebih akurat jika dibandingkan dengan cara manual.

Selain itu, data dapat tersaji lebih cepat sehingga Anda dapat menghemat waktu dan biaya. Ini adalah bukti bahwa teknologi mampu membantu profesi akuntan lebih efektif dalam bekerja. 

Baca Juga: Memahami Seluk Beluk dan Cara Kelola Bisnis Franchise

Berkenalan dengan Aplikasi Manajemen Keuangan

Aplikasi manajemen keuangan adalah sebuah kemajuan teknologi yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan baik pribadi, instansi, maupun bisnis. Kelebihan aplikasi ini mampu membuat laporan keuangan dengan cepat dan akurat serta transparan. 

Data yang disajikan oleh aplikasi keuangan sangat detail sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi ini juga dapat memfasilitasi kemudahan dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran. 

Dengan adanya data dan laporan keuangan yang mumpuni, Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi keuangan terbaik bagi bisnis Anda. 

Jurnal software akuntansi UKM

Cara Menjadi Akuntan Hebat dengan Aplikasi Manajemen Keuangan

Bagi para akuntan yang ingin tetap sukses di tengah perkembangan teknologi, berikut ini adalah tips untuk menjadi akuntan yang lebih hebat di era digital:

Ketahui Perkembangan Teknologi Keuangan

Di tengah keberadaan internet, semua informasi menjadi sangat mudah untuk didapatkan, termasuk juga bidang keuangan. Perkembangan informasi inilah yang harus Anda ikuti untuk menjadi seorang akuntan hebat. 

Jadikan semua perkembangan informasi adalah sarana bagi Anda untuk meningkatkan skill dan pengetahuan yang baru. Begitu juga dengan perkembangan teknologi software akuntansi yang sangat mempermudah pekerjaan seorang akuntan. 

Dengan adanya aplikasi keuangan maupun software keuangan, permasalahan akuntansi dapat selesai dengan cepat. Kemampuan Anda di bidang ini juga akan semakin mahir dan terasah. 

Mampu Beradaptasi dengan Perubahan

Dunia akuntansi sifatnya sangat dinamis. Artinya, Anda sebagai orang yang bekerja di dunia akuntansi diharapkan mampu menyesuaikan setiap perubahan yang terjadi. 

Di samping memberikan yang terbaik untuk klien, seorang akuntan dituntut untuk mampu beradaptasi agar bisa belajar dan berkembang dalam karir. Kemampuan untuk melihat peluang dan tantangan di setiap kesempatan akan menjadikan Anda akuntan yang hebat. 

Kerja Terorganisir dengan Prioritas

Hampir semua perusahaan membutuhkan profesi akuntan. Untuk menjadi akuntan yang profesional, Anda harus mampu memberikan nilai lebih berupa sistem yang bertanggung jawab. 

Pastikan Anda dapat bekerja secara rapi dan terorganisir sesuai dengan prioritas. Inilah cara yang membuat Anda terlihat profesional di mata klien maupun manajer.

Fokus dan Capai Target

Ketahui tujuan Anda terlebih dahulu, selanjutnya pikirkan bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Jangan lupa, atur tujuan Anda sesuai dengan perkembangan teknologi. Sehingga Anda tidak tenggelam di tengah banyaknya inovasi yang ada. 

Buat Keputusan yang Cepat dan Tepat

Salah satu nilai tambah dari profesi yang Anda miliki adalah mampu memberikan keputusan yang cepat dan tepat. Keputusan yang Anda ambil harus didasarkan pada data dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Untuk membantu mendapatkan keputusan yang cepat dan tepat, Anda bisa menggunakan bantuan software keuangan. Semua data yang tersedia pada software keuangan atau aplikasi keuangan bersifat akurat dan detail. 

Sudahkah Anda menjadi akuntan hebat? 

Baca Juga: Cloud Computing dan Perannya Dorong Pertumbuhan Bisnis Anda

Pelajari aplikasi keuangan dari Jurnal by Mekari yang membantu Anda untuk menjadi akuntan yang hebat dan profesional.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis ritel diproses dengan baik oleh Jurnal.

Software Jurnal by Mekari juga dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Bagi Anda yang berlangganan Jurnal pada periode Agustus 2020 ini, Anda akan mendapat gratis berlangganan maksimal 2 bulan dan diskon hingga 25%. Tak hanya itu, dilengkapi juga dengan 4 kali free training dan free 8 users login.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

 

CTA promo agustus 2020


PUBLISHED22 Aug 2020
Risna
Risna


Kategori : Bisnis