Ketika Akan membangun sebuah usaha, hal yang perlu dipertimbangkan adalah ide usaha, skala usaha, kompetisi, permintaan pasar, tenaga kerja serta ketersediaan modal usaha. Modal memang bukan hal terpenting dalam bisnis, tetapi tanpa adanya modal pasti sulit untuk mewujudkan dan mengembangkan bisnis yang akan Anda bangun. Oleh karena itu, hal yang menjadi masalah adalah bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk memperoleh modal usaha tersebut. Berikut adalah tips untuk Anda ketika akan mencari modal usaha

1. Rencanakan Dana yang Dibutuhkan

Ketika Anda ingin memulai suatu usaha, yang pertama harus dilakukan adalah merencanakan dana yang dibutuhkan dalam pengelolaan awal. Dana seperti sewa tempat, pembelian alat dan perlengkapan usaha, operasional awal dan gaji karyawan. Anda harus merancang secara detail untuk dapat dikalkulasikan ketika akan meminjam ke bank.

2. Tetapkan Jumlah Pinjaman

Setelah rencana dana dibuat, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menetapkan jumlah pinjaman sesuai dengan rencana yang telah Anda buat sebelumnya. Anda dapat menetapkan jumlah pinjaman sesuai dengan masa tenor untuk tidak memberatkan keuangan Anda.

3. Lakukan Survei pada Bank

Anda dapat melakukan survei terhadap bank yang akan Anda pinjam sebagai modal usaha. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika ingin meminjam modal dibank seperti jenis pinjaman, persyaratan yang perlu dipenuhi oleh pihak peminjam, prosedur survei yang biasa di dilakukan bank untuk tempat usaha dan prosedur terkait penambahan pinjaman modal dalam jumlah tertentu.

4. Mencari Rekan Bisnis

Apabila proposal usaha Anda ditolak oleh pihak bank, Anda dapat mencari rekan bisnis untuk diajak bekerja sama. Dengan mengajak teman untuk bekerja sama, selain mendapatkan tambahan modal, Anda juga dapat mendapat bantuan untuk menjalankan kegiatan operasional bisnis. Namun, cara ini harus direncanakan secara baik tentang pengaturan tanggung jawab dan keuntungan bisnis.

Baca juga : 13 Peluang Usaha Online Tanpa Modal Besar

5. Mencari Investor

Hampir sama dengan menjalin kerjasama, cara ini juga membantu kita mendapatkan dana dari pihak ketiga. Perbedaannya, investor biasanya hanya memberikan modal berupa dana tanpa ikut terjun langsung dalam operasional. Hal lain sama seperti cara di atas, hal-hal seperti pembagian hasil atau kesepakatan lain harus dibuat berupa perjanjian tertulis agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan bila terjadi sesuatu di kemudian hari.

6. Menjual Aset

Jual aset yang Anda miliki agar terhindar dari utang. Contohnya perhiasan dan kendaraan. Akan tetapi, Anda harus tetap memperhatikan untung dan rugi dalam penjualan aset tersebut. Anda juga harus yakin bahwa bisnis yang dijalani mampu mengembalikan aset tersebut bahkan jauh lebih baik. Jangan sampai penjualan aset tersebut justru mempersulit bisnis Anda di kemudian hari.

7. Menggadaikan Aset

Jika Anda tidak ingin menjual aset yang dimiliki, Anda dapat menggadaikan aset perhiasan atau kendaraan tersebut. Akan tetapi, modal yang didapatkan tidak sebesar jika aset yang Anda miliki dijual. Setelah digadaikan, perhatikan kemajuan perputaran uang dari bisnis Anda karena jatuh tempo dari barang yang digadai tersebut harus selalu diperhatikan.

8. Pinjam kepada Teman atau Keluarga

Cara lain untuk mencari modal usaha adalah dengan meminjam kepada teman atau keluarga. Cara ini tentu saja tidak serumit jika dibandingkan dengan pinjaman ke bank. Anda dapat mengajukan peminjaman modal tersebut sebagai utang atau sebagai saham di usaha Anda. Akan tetapi, Anda harus tahu bahwa risiko cara ini yaitu Anda harus siap ketika relasi dengan teman atau keluarga menjadi kurang baik jika terjadi hal buruk pada usaha Anda.

Baca juga : Memaksimalkan Modal Bisnis dengan Ekuitas

Demikian penjelasan singkat tentang berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan bagi Anda yang sedang mencari modal usaha untuk pembuatan bisnis Anda. Permasalahan modal yang selama ini menjadi salah satu kendala dalam membentuk sebuah usaha seringkali menjadi hambatan. Namun Apabila Anda bisa menerapkan beberapa tips di atas, permasalahan seputar modal dapat tentu bisa atasi dengan baik.

Setelah Anda mendapatkan modal untuk usaha Anda, sebaiknya gunakan software akuntasi untuk mengelola keuangan agar terhindar dari kesalahan pembukuan. Anda dapat menggunakan aplikasi Jurnal, software akuntasi online yang cepat dan akurat. Selain itu, keamanan data perusahaan juga terjamin. Untuk informasi lebih lengkapnya, klik di sini.