Aliansi Strategis pada Bisnis: Pengertian & Keuntungannya

Saat Anda memutuskan untuk membangun sebuah bisnis, baik dalam bentuk UMKM maupun sebuah badan usaha yang lain, salah satu istilah yang akan sering Anda dengar adalah Aliansi Strategis. Istilah ini banyak ditemukan di kalangan pemilik usaha. Tidak sedikit juga pemilik usaha yang melakukan aliansi untuk bisnis mereka.

Dengan berkembangnya zaman dan tingginya persaingan antar bisnis satu sama lain, aliansi bisnis bisa menjadi salah satu upaya agar bisnis tetap lancar atau bahkan mungkin bisa membuat bisnis menjadi jauh lebih besar. Di era industri menengah seperti sekarang, aliansi strategis banyak dilakukan oleh pemilik bisnis. Hal ini dilakukan agar bisnis memiliki keuntungan yang tinggi dan juga agar bisnis lebih dikenal dengan banyak orang sehingga bisa mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya.

Baca Juga: Pahami Strategi Penjualan Saat Fase New Normal

Pengertian dari Aliansi Strategis

Komunikasi Bisnis : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Aliansi strategis adalah suatu hubungan antara beberapa kelompok yang memiliki visi dan misi yang sama serta memiliki beberapa bidang bisnis. Aliansi strategis pada dasarnya adalah perkumpulan beberapa orang maupun kelompok atau bisa juga suatu organisasi yang memiliki beberapa bidang bisnis dan memiliki tujuan yang sama.

Aliansi strategis biasanya digunakan oleh para pemilik bisnis untuk berkolaborasi dan mengembangkan bisnis mereka sehingga bisnis masing-masing akan menjadi lebih besar dan lancar. Di dalam satu aliansi strategis berisi beberapa bidang bisnis yang berbeda satu sama lain. Jadi aliansi strategis adalah tentang kolaborasi antar bisnis yang bisa memberikan keuntungan antara satu sama lain.

Dengan adanya aliansi strategis, perusahaan dapat saling membantu satu sama lain terkait sumber daya yang dimiliki masing-masing perusahaan. Banyak perusahaan yang melakukan aliansi strategis untuk mengembangkan bisnisnya. Hal ini karena dampak yang dihasilkan dari sebuah aliansi strategis bisa memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan. Beberapa diantara keuntungannya adalah:

  1. Sumber Daya yang Tercukupi.

    Melakukan aliansi dengan beberapa perusahaan lain dapat membantu mencukupi kebutuhan sumber daya suatu perusahaan. Aliansi strategis dapat membuat perusahaan saling membantu satu sama lain. Dengan begini kedua perusahaan, atau lebih, yang tergabung dalam aliansi bisnis akan memiliki sumber daya yang tercukupi dan bisnis akan berjalan dengan lancar.

  2. Bertukar ilmu dengan perusahaan lain.

    Dalam satu aliansi, tentunya pertukaran ilmu dapat dilakukan dengan mudah. Dengan adanya kerjasama tersebut, masing-masing perusahaan dapat belajar tentang hal yang sebelumnya tidak ada di perusahaan masing-masing. Hal ini akan baik untuk menambah wawasan, sehingga dalam hal problem solving akan lebih baik.

  3. Membuat pemilik bisnis lebih fokus.

    Dengan melakukan aliansi strategis dan sumber daya yang tercukupi. Perusahaan tidak perlu mengkhawatirkan tentang hal-hal yang tidak dikuasai. Aliansi strategis mengisi kekurangan sumber daya suatu perusahaan dan melengkapi kebutuhan sumber daya perusahaan lain. Ini akan mempermudah perusahaan untuk fokus terhadap sumber daya yang dimiliki tanpa mengkhawatirkan kekurangan yang ada. Aliansi strategis memudahkan proses kerjasama bisnis tersebut.

Baca Juga: 4 Anggaran Bisnis yang Wajib Dipertimbangkan Saat Krisis

Keunggulan dalam melakukan aliansi strategis dengan perusahaan yang tepat juga dapat dilakukan untuk memenuhi hal lain seperti kebutuhan ekspor, impor, teknologi, sumber daya manusia, dll. Tidak sedikit juga bisnis yang melakukan aliansiuntuk memperlancar distribusi, penjualan, pemasaran, reputasi merk, dll. 

Aliansi strategis memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan yang bergabung di dalamnya. Banyak bisnis yang berkembang dengan sangat pesat ketika melakukan aliansi bisnis. Bahkan untuk perusahaan korporasi yang besar sekalipun, aliansi strategis tetap dibutuhkan agar tetap memperlancar bisnis.

Untuk Anda yang akan membangun bisnis, aliansi strategis bisa menjadi pilihan yang cocok. Bisnis akan selalu lancar dan pelaporan keuangan juga tetap akurat. Untuk laporan keuangan yang akurat, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Jurnal.

Untuk mempermudah jalannya bisnis Anda, laporan keuangan juga dapat ditingkatkan dengan penggunaan aplikasi laporan keuangan seperti Jurnal. Dengan fitur yang jurnal lengkap, maka laporan keuangan dapat dilakukan secara otomatis. Untuk informasi lebih lengkapnya dan mendapatkan free trial,  Anda dapat klik di sini.


PUBLISHED02 Jun 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: