Mekari Jurnal
Daftar Isi

Produk, Produksi, dan Produktivitas dalam Bisnis, Apa Bedanya?

Tayang 03 Jun 2024
Diperbarui 04 Juni 2024

Bagi seorang pengusaha atau entrepreneur muda, masih banyak yang sulit memahami apa perbedaan dari produk, produksi, dan produktivitas.

Ketiga istilah merupakan aspek yang cukup umum dipergunakan dalam kegiatan ekonomi sehari-hari.

Oleh karena itu, seseorang yang aktif bergerak dalam aktivitas bisnis harus memahami perbedaan dari tiga istilah tersebut dengan baik.

Pengertian Produk, Produksi, dan Produktivitas

Walaupun memiliki kata yang sama dalam yaitu “produk”, tentu semuanya tidak memiliki definisi yang sama. Tetapi, ketiga istilah tersebut akan merujuk dalam pengelolaan “produk” tersebut.

Jika kita mulai dari yang paling sederhana, produk dapat merujuk kepada barang, jasa, atau gagasan yang bisa ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen.

Kemudian, untuk produksi, adalah sebuah proses menggabungkan berbagai inputs (dalam hal ini mengacu kepada tenaga kerja, modal, dan bahan baku) untuk menghasilkan outputs dalam bentuk barang jadi atau jasa yang siap diperjualbelikan oleh perusahaan.

Lalu, produktivitas mengacu kepada sebuah tingkatan atau rasio waktu suatu entitas dalam menghasilkan suatu outputs, dalam hal ini barang jadi, jasa, atau gagasan.

perbedaan produk, produksi, dan produktivitas

Perbedaan di antara Produk, Produksi, dan Produktivitas

Hal pertama yang bisa dilihat dari perbedaan produk, produksi, dan produktivitas adalah dari definisi yang cukup berbeda.

Dari definisi tersebut terlihat bahwa ketiganya memiliki sudut pandang yang berbeda dalam melihat produk itu sendiri.

Produk, merupakan aspek yang menjadi fokus utama yang dikelola dalam dua istilah lainnya.

Pada produksi, produk menjadi tujuan akhir dari adanya proses produksi. Sedangkan produktivitas mengacu kepada gambaran kemampuan suatu entitas dalam mengelola produk.

Kemudian jika mengacu kepada hasil capaiannya, produksi sifatnya absolut karena hanya menghasilkan produk jadi.

Sedangkan produktivitas sifatnya relatif karena dapat berubah-ubah sesuai dengan rasio output dengan input.

Lebih lanjut, kenali ruang lingkup manajemen produksi dalam bisnis, yuk!

Pemahaman Penggunaan Istilah Tersebut dalam Manajemen Bisnis

Sejatinya dapat dikatakan bahwa produk merupakan tujuan atau output utama yang ingin dicapai dalam proses produksi dan rasio produktivitas.

Untuk mendapatkan produk yang ideal, Anda harus dapat mencapai standar kualitas pasar, yang tentu artinya Anda harus dapat mengelola produksi dan produktivitas yang juga optimal.

Produksi adalah proses yang mengolah input menjadi output, dan produktivitas yang akan menjadi tolak ukur seberapa efesien pengolahan input menjadi output.

Jika perusahaan Anda berhasil mencapai angka kuantitas yang ideal dalam produksi dan memakan waktu produksi yang efektif, maka bisa dikatakan Anda berhasil membuat manajemen bisnis yang ideal.

Peran Mekari Jurnal dalam Manajemen Bisnis

Di era bisnis yang semakin modern saat ini, perusahaan sudah gencar berinvestasi dan berinovasi untuk meningkatkan produktivitas bisnis dan kualitas produk.

Salah satu strategi yang mulai mereka terapkan adalah dengan menunjang pekerjaan dengan perangkat lunak yang menawarkan beragam fitur yang dapat mengoptimalkan berbagai aspek bisnis, khususnya dalam manajemen inventaris, produksi, dan kinerja.

Salah satu rekomendasi perangkat lunak yang bisa Anda temukan saat ini adalah Mekari Jurnal. Mekari Jurnal merupakan software akuntansi yang sudah terintegrasi dengan berbagai dukungan operasional bisnis, yang salah satunya adalah manajemen supply chain.

Melalui Mekari Jurnal, Anda dapat mengelola berbagai kebutuhan supply chain management, mulai dari manajemen produksi hingga inventaris.

Selain itu, secara bersamaan Anda juga dapat mengelola pengeluaran secara lebih optimal karena fitur SCM Mekari Jurnal telah terintegrasi dengan pencatatan keuangan sehingga Anda tidak perlu mengelolanya kembali secara manual. Cukup efektif bukan?

Fitur-fitur Mekari Jurnal untuk Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Mekari Jurnal SCM merupakan software akuntansi yang terintegrasi dengan berbagai pengelolaan supply chain dalam bisnis.

Fitur manajemen produksi pada Mekari Jurnal memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola proses produksi secara end-to-end dengan lebih efektif.

Mulai dari perencanaan dengan bill of materials, pengadaan bahan baku, menjadwalkan tugas produksi, dan pemantauan secara real-time.

Kedua, Mekari Jurnal juga membantu dapat pengelolaan ke tahap berikutnya, yaitu pengelolaan inventaris yang dapat memantau setiap produk di berbagai gudang yang Anda miliki.

Melalui sistem berbasis otomatis, Jurnal dapat mengirimkan notifikasi jika terjadi kesalahan data pada saat rekonsiliasi.

Tidak ketinggalan, fitur utama dari Mekari Jurnal adalah sistem pengelolaan berbasis akuntansi dan keuangan, sehingga tidak diragukan bahwa seluruh pengelolaan produksi yang berkaitan dengan keuangan dapat tercatat dengan detail dan akurat.

Masih banyak fitur lainnya yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis. Coba gratis sekarang dan rasakan manfaatnya!

Konsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

Mcinsey, “What is productivity?”.

The Content Authority, “Production vs Productivity: Meaning And Differences”.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal