Jurnal Enterpreneur

Apa Itu Kredit Mikro dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Kredit Mikro – Kementerian koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau yang biasa disebut Kemenkop UKM menyebutkan bahwa terdapat 59,2 juta pelaku UMKM yang ada di Indonesia 8 persen di dalamnya adalah sudah go online dengan memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya serta melakukan pinjaman modal untuk pengembangan bisnis.

Keberadaan UKM ini tentu sangat mendukung perekonomian di Indonesia dan tentunya membuka lapangan pekerjaan.

Karenanya, salah satu upaya pemerintah mendukung dan meningkatkan akses pada usaha rakyat dengan menyediakan sumber pembiayaan yang antara lain berupa pemberian pinjaman mikro kecil, menengah dan koperasi melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

untuk mensukseskan pelaksanaan KUR ini pemerintah juga menjalin kerjasama dengan beberapa perbankan di Indonesia dalam penyalurannya.

Namun mungkin tidak semua UKM yang sudah mengetahui keberadaan dari pinjaman mikro, karena fakta di lapangan beberapa ada yang tetap kesulitan dalam melakukan pinjaman untuk mengembangkan usahanya.

Karena itu kita akan membahas lebih dalam seputar kredit mikro.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa Itu Kredit Mikro?

Kredit mikro adalah sebuah pinjaman dalam jumlah kecil yang ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah yang tidak memiliki jaminan dan pekerjaan namun memiliki riwayat kredit yang terpercaya.

Kredit ini ditujukan untuk membantu modal usaha bagi mereka yang memiliki keinginan untuk berwirausaha dan mendapatkan penghasilan yang bermanfaat bagi kehidupan mereka.

Sejarah dari kredit ini diawali oleh seorang professor yang merintis di bank luar dan memberikan pinjaman kecil kepada masyarakat di negaranya yang umumnya adalah kalangan wanita yang tidak memiliki penghasilan yang pasti dan tidak dapat mengajukan pinjaman dengan kredit konvensional kepada pihak bank atau lembaga keuangan lainnya karena keterbatasan ekonomi yang dimiliki.

Kredit ini juga awalnya dibentuk dengan tujuan membentuk solidaritas sesama manusia yang membutuhkan.

Sehingga kesenjangan yang ada antara masyarakat dengan tingkat ekonomi dan pendidikan rendah tetap dapat bersaing dengan kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya.

Perkembangan dari kredit mikro ini juga dapat membuat pengembangan sumber daya manusia dapat digali lebih dalam lagi.

Seperti orang-orang yang memiliki keterbatasan biaya dan tidak dapat mengajukan pinjaman konvensional memiliki peluang yang sama sehingga dapat memulai usahanya sendiri.

Dengan memiliki usaha yang cukup baik mereka dapat lebih tenang dan fokus dalam pengembangan usahanya tanpa memikirkan rasa takut dari jeratan hutang.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Persyaratan Kredit Mikro

Pada kredit ini juga prosesnya terbilang lebih mudah dibandingkan yang konvensional.

Seperti dari pihak bank sendiri menyediakan berbagai jenis kredit mikro yang nantinya akan ditentukan batas nominal pinjamannya hingga Rp50 juta rupiah.

Pihak bank tentunya akan memastikan peminjam memiliki usaha yang sedang berjalan.

Jadi sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kamu memiliki usaha yang berjalan sebagai bukti pengajuan serta adanya dukungan jaminan dan obyek untuk pembiayaan kredit ini.

Apabila kedua syarat tersebut dimiliki, maka kredit pun akan diproses oleh Bank sesuai dengan prosedurnya.

Baca juga: Kiat-Kiat Sukses Dalam Membangun Usaha Mikro Anda!

Manfaat dari Kredit Mikro

Berbicara mengenai sebuah pinjaman tentu akan terdapat manfaat di dalamnya. Sama halnya dengan kredit mikro yang memiliki manfaat bagi para pengusaha kecil, keuntungan lainnya adalah dengan adanya kredit mikro ini para pengusaha kecil dapat mengembangkan usahanya.

Salah satu kegagalan dalam usaha selain dari kurangnya kreativitas pada pengusaha yaitu kurangnya modal dalam pengembangan usahanya.

Oleh karena itu adanya modal dari pinjaman mikro ini tentu akan sangat membantu dan memudahkan mereka saat ingin mengembangkan usahanya.

Tidak hanya untuk pengembangan usaha, adanya pinjaman modal juga tentu dapat membuat flow dari kas dalam usahanya akan berjalan lancar.

Terutama untuk mereka yang baru merintis usahanya kurang dari 2 tahun tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit baik itu untuk kegiatan operasionalnya seperti membayar gaji karyawan, uang sewa, listrik, air dan sebagainya.

Dengan tersedianya pinjaman modal usaha tersebut dapat membuat kegiatan usaha yang kamu jalani akan lebih lancar kembali.

Selain untuk kegiatan pengembangan usaha, membuat arus kas lancar, kamu juga dapat meningkatkan promosi dari pinjaman modal yang kamu dapatkan.

Hal ini dapat kamu mulai dengan melakukan promosi secara bertahap, karena dengan melakukan promosi yang tepat hasilnya akan sangat baik untuk perkembangan usahamu.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat kamu memiliki pinjaman modal untuk usahamu.

Jurnal Jadikan Proses Bisnis Lebih Efisien melalui Tools Terintegrasi. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jangka Waktu serta Cara Pelunasan Kredit Mikro

Dari segi cara pelunasannya pun kredit ini dapat diangsur setiap bulannya. Karena jangka waktu pelunasan ditentukan berdasarkan kesepakatan antara kedua pihak yaitu peminjam dan pemberi pinjaman (bank).

Setiap bulannya kamu dapat mencicil uang pokok pinjaman beserta suku bunga pinjaman yang sudah disepakati di awal.

Suku bunga pinjaman pada jenis kredit mikro ini relatif lebih rendah dibanding beberapa jenis kredit lainnya, pihak bank biasanya memberikan keringanan bunga pinjaman untuk para peminjam.

Hal ini dilakukan agar para pengusaha dapat melunasi pinjamannya tanpa harus terbebani dengan beratnya bunga pinjaman.

Sebagai kredit yang ditujukan kepada para pengusaha kecil, umumnya pinjaman jenis ini memiliki jangka waktu hingga 2 tahun.

Apabila kamu mencicil pinjaman secara baik dan dapat melunasinya secara tepat waktu maka pihak Bank tentu akan mempercayai kamu dapat akan diberikan tawaran pengajuan pinjaman kembali.

Kredit mikro memberikan banyak kemudahan bagi para pengusaha kecil terutama untuk mereka yang memiliki rencana untuk mengembangkan usahanya melalui pinjaman tersebut.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajukan Kredit Mikro

  • Limit Kredit

Biasanya setiap limit kredit yang ditawarkan oleh beberapa bank berbeda-beda. Seperti contoh, limit kredit yang ditawarkan oleh bank A untuk kredit modal kerja mulai dari Rp100 juta hingga Rp10 miliar.

Sedangkan untuk bank B bisa saja maksimal kredit yang ditawarkan maksimal hingga Rp5 miliar.

Informasi limit kredit ini biasanya akan dicantumkan pada situs resmi setiap bank sehingga kamu perlu memastikan lagi dengan pihak bank. Pastikan bahwa limit kredit yang ditawarkan bank sesuai dengan kebutuhan kreditmu.

Baca juga: [Invoice Financing] Mengenal Cara Kerja dan Keuntungannya untuk Bisnis

  • Suku Bunga

Setiap bank tentu memiliki perhitungan yang berbeda-beda terkait suku bunga kredit yang diberikan. Karena itu, sebelum mengajukan pinjaman ada baiknya untuk membandingkannya terlebih dahulu.

Contohnya, bank A menyediakan layanan untuk merancang sebuah produk yaitu kredit modal kerja khusus sesuai dengan kebutuhan nasabahnya.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya provisi serta biaya administrasi dalam memperhitungkan pengeluaranmu.

  • Kelengkapan Dokumen

Secara garis besar persyaratan yang diperlukan tentu harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum mengajukan kredit mikro seperti dokumen identitas dari calon debitur, dokumen legalitas usaha dan dokumen agunan (bila ada).

Persyaratan-persyaratan ini tentu jauh lebih mudah dibandingkan mengajukan jenis kredit lainnya pada suatu bank.

Dokumen identitas yang dimaksud berupa KTP, Kartu Keluarga dan NPWP. Dokumen legalitas berupa Akta Pendirian Usaha, TDP, SIUP, SITU dan SKDP. namun, ada beberapa bank yang menyertakan data keuangan usaha dalam pengajuan kredit mikronya.

Data keuangan yang dimaksud berupa laporan keuangan dan proyeksi cash flow.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kredit Mikro Membuat Usaha Kamu jadi Lebih Baik!

Dengan adanya tambahan modal harapannya adalah dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Sebagai pelaku usaha kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan usaha yang dimiliki.

Setelah modal, penting juga untuk mengelola keuangan agar modal yang ada dipastikan berputar dengan baik dalam bisnis. Karena itu, dibutuhkan software akuntansi yang akan membantu usaha mengelola keuangannya.

Jurnal by Mekari adalah pilihan software untuk UKM yang bisa dipercaya dalam mengelola keuangan usaha Anda.

Rasakan kemudahan mengelola usaha dengan Jurnal, ketuk banner dibawah ini untuk mendapatkan free trial Jurnal selama 14 hari. Tunggu apa lagi? ayo coba Jurnal sekarang!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah penjelasan tentang apa itu kredit mikro yang adalah penting dalam memberikan pinjaman kepada pengusaha kecil.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo