Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Peluang Bisnis Batik Menjadi Usaha yang Menjanjikan

Tayang 29 Jan 2020
Diperbarui 13 Oktober 2023

Potensi peluang usaha atau bisnis batik memang tidak ada matinya, batik yang merupakan identitas negara adalah warisan budaya yang harus dilestarikan.

Apalagi pemerintah sudah mengesahkan hari batik se-Indonesia untuk mempertahankan dan mengembangkan perbatikan Indonesia.

Tentu, ini adalah peluang yang menjanjikan bagi Anda untuk terjun ke bisnis batik. Bahkan kini, dunia pun mulai memberikan apresiasi lebih pada produk-produk asli ibu pertiwi ini.

Semenjak zaman industrialisasi dan globalisasi, batik jenis baru mulai bermunculan. Seperti yang dikenal sebagai batik cap dan batik cetak, sementara batik tradisional yang diproduksi dengan teknik tulisan tangan menggunakan canting dan malam disebut batik tulis.

Pada saat yang sama imigran dari Indonesia ke Wilayah Persekutuan Malaysia juga membawa batik bersama mereka.

Semakin berkembangnya zaman, model batik kini semakin beragam. Model batik kini tidak lagi hanya yang itu-itu saja. Ada batik yang dipadukan dengan bahan yang lain sepeti kulit dan bahan lainnya.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Tips menjalankan bisnis batik modern dan peluangnya saat ini

Tips Menjalankan Peluang Bisnis Batik

Batik merupakan ciri khas budaya bangsa kita. Kehadirannya tidak hanya sebatas kain tradisional tapi menjadi simbol kekayaan adat dan budaya Indonesia yang diakui dunia internasional.

Baju Batik sendiri kini tak dipandang lagi sebagai pakaian yang hanya cocok dikenakan oleh orang tua. Karena batik kini telah sangat merakyat dan dipakai oleh segala usia, bahkan menjadi tren anak muda saat ini.

Belakangan para Desainer mengembangan rancangan batik dengan bahan dan motif batik yang modern dan unik. Inilah yang membuka celah pasar untuk Anda turut mengambil peluang bisnis baju batik dengan konsep yang berbeda.

Dengan adanya batik khas dari daerah masing-masing, maka ini merupakan kesempatan besar untuk Anda mengangkatnya sebagai objek bisnis yang cukup menarik.

Apa lagi kini baju batik modern juga telah merambah ke berbagai ranah daerah. Mengoptimalkan potensi batik, tentu merupakan sebuah langkah untuk mengenalkan daerah sendiri di mata dunia dengan mencari pasaran yang lebih luas

Berikut beberapa tips yang dapat anda pertimbangkan untuk memulai bisnis batik.

1. Kreatif

Tips pertama untuk berbisnis batik di tengah persaingan yang sangat ketat ini adalah dengan membuat model sendiri.

Perbedaan produk yang dijual memang sesuatu yang mutlak dilakukan agar bisnis Anda bisa dilirik oleh konsumen di tengah banyaknya bisnis serupa.

Selain kreatif, Anda juga harus memahami produk batik yang Anda jual. Di Indonesia sendiri, banyak sekali kreasi batik dari berbagai daerah yang sangat bervariasi.

Pahami juga berbagai kreasi batik tersebut  agar Anda tahu dimana kekosongan kreativitas batik yang dapat Anda isi. Dengan memahami berbagai kreasi juga Anda akan mudah dalam menjelaskan kepada konsumen apa kreativitas dari produk batik Anda.

2. Terus Berinovasi

Terus lakukan inovasi pada produk batik Anda, produk batik adalah gabungan unsur tradisi budaya, seni dan kreatifitas. Lakukan inovasi baik dalam motif maupun model pakaian batiknya.

Jangan hanya menuruti tren pasar saja, tapi buatlah ciri sendiri agar orang mencari produk Anda.

3. Gunakan Teknologi

Teknologi internet dewasa ini telah memungkinkan siapa saja untuk mempromosikan produk-produk Anda tidak hanya terbatas pada pasar dalam negeri.

Penjualan melalui internet juga sangat efektif untuk memasarkan produk anda secara global sekaligus memperkenalkan produk yang Anda jual ke pasar internasional.

Anda dapat menggunakan   berbagai media pemasaran online secara gratis dengan penggunaaan teknologi ini.

Anda juga dapat membangun website sendiri untuk bisnis batik Anda. Selain menampilkan beragam koleksi batiknya, Anda juga harus memberikan artikel bermanfaat kepada pengunjung websitenya.

Dengan begitu, mereka pun akan memandang Anda sebagai orang yang berkompeten di bidang tersebut dan bisnis Anda akan lebih terpercaya.

Baca juga : Peluang Bisnis Menguntungkan bagi Pemula

4. Ikuti Perkembangan Tren Pasar

Ikuti perkembangan pasar terbaru dari pasaran. agar produk batik yang Anda jual bisa diterima oleh pasaran. Berikan perbedaan produk yang Anda tawarkan dengan produk serupa.

Perkembangan pasar batik juga selalu mengalami perubahan yang pesat, dengan banyaknya model-model batik terbaru.

Sekarang ini sangat banyak media pemasaran untuk usaha batik rumahan yang bisa diandalkan dengan jangkauan sangat luas. Anda dapat melihat koleksi dan tren pasar juga menggunakan media online.

Gunakan Aplikasi Pembukuan untuk Peluang Bisnis Usaha Batik

Perangkat pembukuan online membuat penyusunan laporan keuanagan bisnis batik yang anda jalani menjadi lebih mudah.

Jika Anda mencari aplikasi pembukuan yang simple untuk memudahkan usaha Anda, program akuntansi online seperti Jurnal bisa menjadi solusinya.

Anda dapat menggunakan aplikasi gudang berbasis web untuk perhitungan modal awal, menghitung stok persediaan barang hingga perhitungan keuntungan bisnis Anda.

Peluang bisnis batik akan sangat menjanjikan apabila Anda mampu membuat dengan konsep bisnis batik yang berbeda. Dengan mempelajari seni membantik dari berbagai daerah di Indonesia maka anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang seni batik.

Bahkan bisa saja menciptakan corak batik sendiri, seni pembuatan batik yang tidak hanya pada pakaian atau perpaduan antar corak batik dari beberapa daerah. Hal ini tentu bisa menjadikan pangsa pasar yang bagus dalam bisnis.

Peluang Bisnis Batik Modern

Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin menjalani bisnis batik dengan konsep yang modern.

1. Padukan unsur desain klasik batik

Perpaduan desain klasik batik dan unsur modern mampu menciptakan tatanan busana yang cantik dan elegan. Apalagi pilihan motif batik kini lebih variatif.

Begitu pula dengan model dan ukurannya. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera sendiri.

2. Kembangkan budaya batik daerah

Varian baju batik modern yang cukup banyak seolah memberikan harapan besar untuk menguasai luasnya pasar di dunia maya.

Batik sarimbit, batik motif bola, rok batik, dan lain-lain, tentunya punya pangsa pasar yang cukup bagus dengan menyasar mereka para jiwa muda yang bangga dengan budaya negara sendiri. Anda dapat mengembangkan budaya batik dari setiap daerah masing-masing.

3. Ikuti tren busana batik

Bila Anda perhatikan tren fashion batik, Anda akan temukan kalau busana batik yg ada sekarang ini jauh sekali dari kesan kaku, tua, & kolot.

Batik sebenarnya baju resmi, akan tetapi dari tangan beberapa perancang baju, baju etnik ini juga bisa menjadi begitu modis, trendi dan semakin modern.

4. Gabungkan budaya batik tiap daerah

Banyak berjumpa dengan karakter perajin dan artisan batik yang berbeda-beda di setiap daerah. Banyak belajar dari perajin daerah lain, seperti perajin dari Pekalongan dan Madura.

Anda bisa kolaborasikan dua budaya batik tersebut untuk menciptakan motif-motif batik yang baru.

Memutuskan untuk memasuki dunia bisnis mewajibkan Anda untuk memiliki ide yang kreatif, aktif dan selalu mampu berinovasi.

Setiap jenis-jenis bisnis tentunya setiap zamannya selalu berkembang. Begitu juga dengan bisnis batik. Peluang bisnis batik dengan mengusung konsep modern dapat menjadi hal yang baru.

Adapun untuk aplikasi akuntansi online pendukung bisnis batik, percayakan saja pada Jurnal. Dengan menggunakan aplikasi akunting dari Jurnal, rasakan akselerasi bisnis Anda yang berkembang pesat.

proses akuntansi otomatis minim risiko human error dengan jurnal

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal