Jurnal Enterpreneur

6 Cara Mudah Mendulang Kesuksesan dalam Menjalankan Bisnis Fashion

Apa saja masalah yang sering dihadapi oleh bisnis fashion dan bagaimana cara mengatasinya agar sukses menjalankan usaha satu ini? Simak tipsnya di Blog Jurnal by Mekari!

Pada dasarnya, membangun dan menjalankan suatu bisnis tidaklah mudah. Anda akan dihadapkan dengan berbagai masalah di depan.

Dibutuhkan kesiapan ekstra dan rencana yang matang untuk mewujudkan hal tersebut. Dalam sebuah bisnis pastinya dibutuhkan inovasi dan mengikuti perkembangan tren yang sedang naik di pasar.

Jika tidak begitu, bukan tidak mungkin bisnis akan menuju kebangkrutan.

Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku usaha atau bisnis harus berpikir keras.

Bagaimana membuat taktik penjualan yang tepat agar bisnis bisa berjalan lancar dan terus berkembang ke depannya.

Selain itu, target dari suatu bisnis menjadi hal penting yang harus dicapai.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Masalah Umum yang Kerap Dihadapi dalam Menjalankan Bisnis Fashion

Industri Fashion di Indonesia semakin berkembang seiring dengan semakin mudahnya orang-orang mengakses internet. Semakin banyak pula desainer dan pemilik bisnis fashion yang memulai bisnis nya melalui media sosial.

Usaha Fashion tidak mudah dijalani. Banyak masalah internal maupun external yang harus dijalani. Ada beberapa masalah dalam bisnis fashion yang perlu Anda ketahui:

1.  Arahan yang Tidak Jelas

Awal membuka Bisnis pasti memiliki masalah dalam internal. Anda bingung apa yang harus dimulai awalnya dan terlalu banyak yang Anda pikirkan. Buatlah perencanaan tahap per tahap dari hal sederhana.

Ini akan menjadi solusi Anda agar tidak kebingungan apa yang harus Anda kerjakan sekarang bahkan untuk kedepannya.

2. Supplier

Anda perlu mencari pemasok yang sesuai dengan harga dan dapat Anda percaya dikarenakan Supplier memiliki peranan penting dari awal mula Usaha Anda sampai seterusnya.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Fashion dengan Metode Analisis SWOT

3. Segmentasi Pasar

Anda harus mengetahui pasar yang sesuai dengan Bisnis Anda. Misalkan usaha pakaian Anda memiliki kualitas bahan yang baik. Kualitas bagus dan baik identik dengan harga yang cukup mahal.

Berarti Anda harus memasarkan Produk Anda ke pasar yang menengah ke atas agar produk Anda dapat laku terjual.

4. Memiliki Perbedaan atau Ciri Khas

Usaha Bisnis Pakaian sudah banyak digeluti. Namun peluang untuk membuka usaha bisnis pakaian masih sangat berpotensi. Usaha ini memiliki banyak kompetitor namun jangan khawatir.

Buatlah suatu ciri khas agar Usaha Pakaian Anda memiliki perbedaan dengan pakaian yang dijual kompetitor. Ini akan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya jual usaha Anda.

5.Pembukuan yang Simple

Dengan adanya pembukuan, Anda bisa mengatur Bisnis Anda dengan lebih lengkap. Anda bisa melihat pengeluaran dan pemasukan Anda.

Pembukuan bisnis fashion bisa dilakukan secara manual maupun dengan menggunakkan software akuntansi yang ada. Pastikan Pembukuan Anda benar dan sesuai.

Tips Agar Sukses Menjalankan Bisnis Fashion

Untuk mewujudkan hal tersebut, Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa diterapkan oleh Anda dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis:

Membuat Tagline yang Menarik, Sederhana, dan Tepat Sasaran

Menggunakan Tagline pada produk sebuah bisnis fashion merupakan strategi untuk menarik minat target pasar yang dituju.

Tagline merupakan bagian dari marketing yang menggambarkan sebuah produk agar target pasar tertarik dan mencoba produk tersebut. Dalam hal ini pelaku bisnis harus menentukan kata-kata yang menarik untuk dibaca.

Pastikan kata-kata yang digunakan singkat, padat dan jelas. Jika kalimat yang Anda gunakan terlalu panjang, bisa jadi ketertarikan pembeli akan berkurang dan mungkin menghiraukan keberadaan tagline tersebut.

Contoh tagline yang bisa digunakan untuk memperkenalkan produk atau jasa seperti “Pengiriman barang aman dan tepat pada waktunya“.

Baca juga: Contoh Template Invoice Format Excel dan Word, Download Yuk!

Membuat Hal-Hal yang Berkaitan dengan Pembeli Terasa Mudah dan Nyata

Jika produk dari suatu bisnis mulai diperkenalkan dan dijual secara online, cara ini bisa memberikan solusi. Penjualan di Internet bertujuan agar masyarakat lebih mudah dalam melakukan pembelian.

Mulai dari cara pemesanan, tampilan produk, hingga transaksi pembayaran yang mudah.

Pembeli yang berbelanja melalui internet atau e-commerce termasuk dalam kriteria pembeli yang sibuk atau malas ke luar rumah. Mereka lebih memilih proses pembelian yang mudah.

Dengan adanya kecanggihan teknologi memacu mereka untuk membeli secara online. Jika Anda memang serius menjalankan bisnis e-commerce maka saatnya Anda mulai memperbaiki tampilan website atau platform yang Anda gunakan untuk berjualan.

Memberi Keuntungan pada Pembeli

Membuat pembeli kembali lagi atau akan berbelanja kembali akan membuat Anda lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan penjualan. Pelayanan yang memuaskan adalah salah satu cara agar pembeli kembali lagi.

Misalnya dalam bisnis fashion Anda, Anda bisa memberikan garansi seumur hidup pada produk yang Anda pasarkan, atau garansi uang kembali bila produk tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli.

Cara seperti ini akan menjadi salah satu cara yang Anda bisa terapkan untuk memperoleh pelanggan setia.

Penyebaran melalui Media Sosial

Keberadaan media sosial saat ini sangat mendukung promosi penjualan pada suatu produk. Biasanya sesuatu yang unik akan menjadi bahan pembicaraan di media sosial.

Anda hanya perlu mengunggah foto produk atau jasa Anda dan memberi caption yang menarik. Jika Anda memberikan promosi dan potongan harga, pembeli akan tertarik dengan promosi seperti ini dan akan membantu meningkatkan penjualan Anda.

Bisnis Perlu Perkembangan dan Pembaruan

Ketika Anda sedang menjalankan suatu bisnis, Anda harus mengetahui dan menganalisa penjualan Anda. Dengan adanya inovasi baru atau perkembangan, bisnis Anda menjadi tidak monoton.

Mengikuti tren yang sedang menjadi perbincangan masyarakat dan memadukannya dengan bisnis yang Anda jalankan, bisa menjadi cara jitu. Sebisa mungkin untuk membuat pembeli tidak merasa bosan dengan produk Anda.

Baca juga: 6 Cara Bisnis Agar Sukses Dalam Bidang Fashion

Pengaturan Keuangan yang Tepat dan Sesuai

Bisnis sangat identik dengan keuangan. Jika keuntungan tidak didapat dari sebuah bisnis justru akan merugikan si Pemilik Bisnis. Anda harus mengatur keuangan yang baik dan benar.

Hal ini juga bisa menjadi acuan pada bisnis ke depannya. Langkah apa yang akan diambil untuk mengembangkan bisnis fashion yang sedang dijalankan.

Langkah-langkah ini merupakan sebagian dari banyaknya cara yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan suatu bisnis. Anda bisa memilih jenis dan cara seperti apa yang cocok dengan gaya berbisnis Anda.

Lakukan dengan sepenuh hati dan semangat untuk bisa mengembangkan bisnis ke depannya.

Untuk urusan hitung-menghitung memang hal yang sangat penting. Anda tidak boleh salah dalam menghitung dan mencatat keuangan perusahaan.

Oleh karena itu, jika Anda kewalahan, Jurnal siap membantu. Jurnal merupakan software akuntansi yang terintegrasi untuk memudahkan setiap pekerjaan suatu perusahaan.

Dalam hal ini yaitu mencatat dan menghitung keuangan suatu perusahaan. Anda bisa menggunakan Jurnal di manapun dan kapanpun untuk mengelola keuangan perusahaan.

Tidak perlu lagi kerepotan mengelola keuangan perusahaan karena semuanya bisa dikerjakan oleh Jurnal. Cari tahu lebih banyak tentang Jurnal.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pakai Jurnal untuk Toko Online Anda! Terhubung dengan Marketplace dan Lacak Transaksi Lebih Mudah!

 

Itulah beberapa cara mengembangkan bisnis fashion agar meraih keuntungan. Semoga bermanfaat!

Kategori : Marketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo