Cara Membuat Pembukuan Usaha Fashion dengan Mudah & Praktis

Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Membahas kebutuhan primer yang satu ini tidak akan pernah ada habisnya, bahkan setiap waktu fashion sering berganti-ganti sesuai dengan trennya.

Hal inilah yang membuat bisnis fashion menjadi bisnis yang menjanjikan dan tidak pernah sepi peminatnya. Apalagi saat perayaan Idul Fitri, biasanya bisnis fashion mengalami peningkatan yang pesat akan kebutuhan pakaian.

Syarat menjalankan bisnis fashion adalah mengikuti tren yang berkembang di pasar. Selain harus mengetahui tren, dalam menjalankan bisnis fashion, Anda juga harus memperhatikan pembukuan keuangan bisnisnya. Pembukuan dalam bisnis fashion juga memiliki peran yang penting dalam perputaran roda bisnis.

Dengan pembukuan yang kurang baik, bisnis fashion bisa mengalami kegagalan bisnis karena kurangnya pengelolaan terhadap keuangan dan masalah inventori.

Agar bisnis tetap bisa berjalan dan berkembang, cobalah untuk melakukan pembukuan usaha fashion secara sederhana, berikut cara membuatnya:

Pembukuan Usaha Fashion

Pembukuan adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis, termasuk usaha fashion. Pembukuan adalah proses yang mengacu pada kegiatan pengorganisasian serta penyimpanan dokumen keuangan dan akuntansi bisnis, termasuk jurnal, buku besar, laporan keuangan, catatan pajak penghasilan, dan banyak lagi.

Pembukuan tidak hanya cukup ditekankan ketika perusahaan telah berskala besar, tapi juga perlu diterapkan pada perusahaan dengan skala kecil agar tidak terseret oleh kegagalan untuk mengetahui masalah keuangan dengan tepat dan terhindar dari kesalahan penghitungan jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Dengan adanya pembukuan yang baik sejak awal bisnis, maka sebuah bisnis kecil yang sedang berkembang akan mengetahui dan memiliki kekuatan finansial secara sehat.

Kendali ketersediaan stok barang ada di tangan Anda! Kelola dengan Fitur Produk dan Inventory Jurnal.

a. Buku Pemesanan

Buku pemesanan adalah buku yang fungsinya untuk mencatat semua order atau pesanan yang masuk dan besaran jumlahnya. Selain itu, setiap order yang masuk juga bisa diberikan keterangan sudah lunas atau belum.

Agar memudahkan dalam melakukan rekap bulanan, maka dibuat beberapa kolom yang isinya seperti No, Nama Pelanggan, No Order, Tanggal Order, Jumlah Order, Tanggal Bayar, Nominal yang Dibayarkan, dan Resi Pengiriman.

Setiap bulannya, total dari semua pemesanan tersebut direkap kemudian dijumlahkan agar mengetahui seberapa besar omzet yang didapatkan selama satu bulan.

b. Buku Pengeluaran

Buku pengeluaran ini digunakan untuk mencatat semua pengeluaran yang terjadi selama sebulan seperti pembelian barang jualan, gaji karyawan, listrik dan kebutuhan lainnya.

Untuk memudahkan dalam melakukan rekap bulanan ada baiknya dibuatkan kolom-kolom, adapun isi kolomnya seperti No, Nama Transaksi, Jumlah Transaksi, Tanggal Transaksi, Keterangan, dan Jumlah

c. Buku Stok

Buku stok memiliki fungsi untuk mencatat seluruh stok barang, mulai dari jumlah stok yang masih tersisa dan jumlah bahan baku yang masih tersedia, dan sebagainya.

Jika jumlah yang ada pada buku stok berbeda dengan kenyataan, maka Anda bisa melakukan pengecekan apakah ada kesalahan dalam pencatatan atau terjadi barang hilang. Karena selisih yang terjadi pada stok nantinya akan berpengaruh terutama pada keuntungan yang Anda dapatkan.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk keputusan bisnis lebih tepat dan cepat

Cara Penghitungan Laba-Rugi

Dari hasil rekapan ketiga buku di atas, Anda bisa melakukan penghitungan laba yang Anda dapatkan dalam satu bulan dengan menggunakan rumus berikut:

Keuntungan = Total Pemasukan – Total Pengeluaran

Hasil keuntungan tersebutlah yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis fashion, mulai dari menambah koleksi fashion yang sedang tren saat ini.

Jika bisnis Anda semakin besar, tentunya akan ada banyak sekali transaksi keluar masuk pada buku Anda. Untuk memudahkan dalam pembukuan usaha fashion, sebaiknya cobalah menggunakan software akuntansi seperti Jurnal by Mekari.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik. Pada bulan ini, dapatkan promo diskon bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+.

Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan. Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari.


PUBLISHED11 May 2019
Eril Obeit Choiri
Eril Obeit Choiri


Kategori : Dunia UKM