Banyak sekali peluang yang bisa dijadikan sebagai bisnis, baik untuk pemula maupun yang berpengalaman. Salah satu bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis di bidang makanan maupun fashion. Jika bisnis makanan sudah banyak dilakukan orang dan memiliki jumlah pesaing yang besar, maka Anda perlu mencoba memulai bisnis pakaian atau fashion. Lalu bagaimana cara memulai bisnis tersebut agar berjalan lancar? Simak cara sukses berbisnis fashion di bawah ini.

 

Tentukan Pelanggan

Sebelum Anda memulai bisnis fashion, cara bisnis pertama yang harus dilakukan adalah menentukan pelanggan. Penentuan pelanggan berfungsi untuk memfokuskan produk yang akan dijual. Dengan menentukan pelanggan di awal memulai bisnis, Anda dapat lebih mudah dalam proses pemasaran dan menentukan jenis produk yang ingin dipasarkan. Sebaliknya, jika Anda tidak menentukan secara pasti siapa pelanggan Anda, maka Anda akan sulit menentukan pemasaran dan produk yang ingin dipasarkan.

 

Ikuti Tren

Menjalankan bisnis fashion sedikit berbeda dengan bisnis pada umumnya. Karena banyak pelanggan akan terus mengikuti tren yang sedang berkembang saat itu. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis fashion Anda perlu memperhatikan tren yang sedang berkembang. Jangan terlalu banyak menumpuk stok produk jika belum memiliki banyak pelanggan. Ikutilah tren mode yang sedang banyak dicari konsumen dan pergunakan tren sebagai indikator produk yang harus cermati.

 

Strategi Pemasaran yang Tepat

Sama halnya dengan menjalankan bisnis lain, dalam berbisnis fashion, Anda juga perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Anda bisa berpromosi dengan menggunakan online marketing maupun non-online marketing. Banyak para pengusaha fashion membuat grup pada social media yang berisi target pelanggan dan mem-posting gambar produk pada grup tersebut. Cara bisnis ini cukup efektif jika Anda sudah meminta izin terlebih dahulu dari target market yang bersangkutan. Jangan sampai target market Anda merasa diganggu karena postingan gambar produk Anda secara terus-menerus.

 

Buka Toko

Membuka toko, baik online maupun offline harus Anda miliki sebagai tempat transaksi bisnis. Jika Anda belum memiliki cukup modal untuk membuka toko yang besar, maka mulailah dari yang kecil namun menarik. Gunakan kreativitas untuk mendesain toko Anda.Toko yang menarik akan dilihat lebih banyak calon konsumen dan tentunya mendatangkan pembeli. Hal ini berlaku baik untuk toko online maupun offline Anda.

 

Bekerjasama dengan Influencer/Buzzer

Untuk memperkenalkan produk fashion yang Anda jual, Anda perlu bekerja sama dengan influencer atau buzzer dengan profesi model maupun publik figur. Cobalah minta model atau publik figur ini mengenakan produk tersebut dan mempostingnya melalui social media bisnis Anda maupun social media mereka. Hal ini tentu menjadikan promosi bisnis lebih menarik. Selain itu, jika sebuah fashion item dikenakan oleh orang yang terkenal, maka akan ada banyak orang yang menginginkannya. Dengan demikian, bisnis Anda akan berjalan dengan lancar.

 

Berikan Diskon

Semua orang pasti menyukai diskon, apalagi wanita dalam mencari kebutuhan fashion. Oleh karena itu, cobalah sesekali memberikan diskon pada pelanggan agar mereka lebih sering membeli produk Anda dan menjadikan mereka lebih loyal. Berikan diskon di hari-hari tertentu, misalnya saat hari belanja nasional, hari konsumen, potongan harga saat ulang tahun, dan sebagainya.

 

Jika Anda ingin sukses dalam bisnis fashion, Anda harus bisa menerapkan cara bisnis di atas. Setelah menerapkan semua cara tersebut, kesuksesan semakin dekat dan Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses. Namun yang perlu dipahami, bahwa kesuksesan dalam usaha akan selalu berkaitan erat dengan masalah keuangan. Mustahil bagi seorang pengusaha untuk memiliki cara atau strategi apapun dalam bisnis jika tidak diimbangi oleh pengelolaan keuangan untuk mendukung strategi tersebut.

Jurnal software akuntansi online, dengan fitur biaya, pengelolaan stok, pembuatan faktur, pengelolaan laporan, dan fitur rekonsiliasi, bisa menjadi solusi pengaturan keuangan usaha fashion Anda. Keamanan yang dimiliki Jurnal serta kemudahan dalam mengakses laporan keuangan Anda secara mobile melalui Jurnal juga akan membantu Anda mengembangkan bisnis kapan dan di mana saja. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini.

Author