5 Cara Efektif Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM Jika Anda adalah seorang pebisnis, tentunya Anda ingin bisnis yang dijalankan berkembang dengan pesat. Nah, untuk mencapai hal tersebut diperlukannya strategi pemasaran yang tepat dan efektif, salah satunya adalah menentukan target pasar. Berikut ini adalah 5 cara menentukan target pasar efektif yang bisa dilakukan UKM atau UMKM yang akan diulas blog Mekari Jurnal. Permasalahan yang sering dihadapi UKM atau UMKM di Indonesia adalah tidak dapat menentukan target pasar dengan benar. Hal ini sangat penting untuk memulai bisnis dan agar mendapatkan transaksi penjualan yang bagus. Pantau Kondisi Kesehatan Keuangan Usaha Mikro & Kecil Anda secara Realtime dengan Jurnal Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang! Apa Itu Target Pasar? Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara menentukan target pasar, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa itu pengertiannya. Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya target pasar adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen. Dalam menetapkan target pasar, perusahaan harus lebih dulu melakukan segmentasi pasar dengan cara mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok dengan ciri yang hampir sama. Biasanya, mempunyai rentan umur, sifat dan karakter yang hampir sama. Hal ini penting karena perusahaan tidak mampu melayani semua konsumen atau pembeli di pasar karena beragamnya kebutuhan dan keinginan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayani. Pentingnya Menentukan Target Pasar Kenapa Anda harus menentukan target pasar? Apa manfaat yang akan Anda dapatkan? Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menentukan target pasar sebelum memulai bisnis: Menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas Mengatur produk menjadi lebih baik. Menemukan dan membandingkan kesempatan pasar. Mengelompokkan budget yang dimiliki secara tepat. Menciptakan daya tarik di bidang pemasaran. Perusahaan akan berada pada posisi yang lebih baik. Baca juga: Strategi Komitmen Pasar, Cara Jitu Hadapi Persaingan Usaha 5 Cara Menentukan Target Pasar Efektif Untuk Bisnis UKM Atau UMKM Di bawah ini adalah beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk menentukan target pasar untuk bisnis UKM Anda: Tentukan Siapa Konsumen Anda Setelah Anda memiliki ide produk yang akan Anda tawarkan kepada konsumen, selanjutnya tentukan siapa saja calon konsumen sasaran Anda. Penentuan target pasar dapat ditentukan berdasarkan beberapa segmentasi sebagai berikut: a. Geografi Segmentasi ini merupakan pengelompokkan target market berdasarkan lokasi atau wilayah, dengan harapan setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dapat dicocokkan untuk karakteristik produk atau brand Anda. Misal, penjualan pupuk pada wilayah perkebunan. Segmentasi ini mencakup lingkungan, kode pos, kode area, kota, provinsi dan wilayah. b. Demographic Segmentasi demografik merupakan hal yang paling mendasar dan penting. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah produk atau brand yang dipasarkan cocok dengan klasifikasi tersebut. Seperti contoh, jika produk yang akan dipasarkan berupa kosmetik untuk menunda penuaan dini, Anda tidak akan memasarkannya kepada perempuan remaja yang berumur 12-17 tahun melainkan kepada wanita berumur 30 tahun ke atas. c. Psikologi Anda dapat membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian atau preferensi gaya hidup. Segmentasi pasar ini dibagi berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan dan sebagainya. Klasifikasi gaya hidup melibatkan nilai, kepercayaan, minat, dan sebagainya. Segmentasi psikografis berdasarkan pada gaya hidup mereka atau kelas sosio-ekonomi. Baca Juga : Cara Mudah Investor Melihat dan Menilai Perusahaan Melalui Laporan Keuangan Perusahaan Mengetahui Kebutuhan Target Pasar Setelah Anda menentukan siapa konsumen Anda, selanjutnya adalah mencari informasi kebutuhan konsumen yang Anda sasar. Cara ini dapat Anda lakukan dengan melakukan tes produk. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kebutuhan pasar atas produk yang Anda tawarkan. Cobalah untuk mengikuti bazar untuk melakukan tes produk dan sebagai salah satu media untuk memperkenalkan produk. Maksimalkan momen tersebut untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya kebutuhan target Anda. Cara Menentukan Target Pasar Dengan Melakukan Evaluasi Cara ketiga adalah mengevaluasi kembali kebutuhan serta ketertarikan target pasar yang Anda sasar terhadap produk yang Anda tawarkan. UKM di Indonesia perlu melakukan demikian, untuk mengetahui ketertarikan konsumen. Jangan sampai, ketika Anda telah memulai bisnis tetapi penentuan target pasar Anda salah. Akibatnya bisnis yang Anda bangun mati di tengah jalan. Tentukan Strategi Pemasaran Setelah mengevaluasi target pasar, tentukan strategi yang tepat dalam hal pemasaran produk. Karena setiap target mempunyai gaya yang berbeda-beda dalam penentuan strategi pemasarannya. Misalnya, target Anda remaja usia 17-20, maka target pemasarannya harus melalui social media. Sebab, rentan usia 17-20 sangat dekat dengan social media seperti instagram. Evaluasi Respon Pasar Cara terakhir adalah mengevaluasi respon pasar, apakah strategi yang Anda terapkan berjalan efektif atau tidak. Jika tidak efektif, Anda dapat merubah strategi pemasaran produk. Evaluasi respon pasar bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan. Lakukan evaluasi secara berjangka, misalkan 1 bulan sekali agar lebih efektif. Baca juga : Strategi Agar Produk UKM Diterima Oleh Retail Modern Perhatikan Hal ini Sebelum Menentukan Target Pasar Sebelum menentukan target pasar, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Simak ulasannya di bawah ini. Ukuran Segmen Perhatikan ukuran segmen yang akan dituju untuk memutuskan apakah segmen tersebut cukup menjanjikan untuk dilanjutkan atau tidak. Jangan menargetkan ukuran segmen yang terlalu besar atau luas. Umumnya, perusahaan besar akan cenderung memilih segmen besar begitupun sebaliknya, perusahaan kecil akan memilih segmen pasar lebih kecil. Tujuannya adalah supaya perusahaan mampu menyesuaikan target perusahaan dengan kemampuan masing-masing. Pertumbuhan Segmen Menganalisis pertumbuhan segmen sangat diperlukan sebelum menentukan target pasar. Perhatikan pertumbuhan segmen yang akan dituju untuk melihat kemungkinan bisnis akan berkembang di masa yang akan datang. Walaupun ukuran segmen saat ini cenderung kecil, tidak menutup kemungkinan segmen tersebut akan berkembang menjadi besar di masa mendatang. Pada dasarnya, segmen kecil adalah segmen pasar potensial. Analisis Situasi Lakukan analisis situasi secara teliti dan cermat sebelum menentukan target pasar. Analisis situasi tersebut berhubungan dengan konsumen, para pemasok, dan para distributor dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Sumber Daya Perusahaan Sebelum menentukan target pasar, cobalah perhatikan sumber daya yang didapat perusahaan. Apabila sumber daya perusahaan didapat dari kerja sama dengan pihak luar, maka Anda harus berhati-hati. Karena keuntungan dan risiko ditanggung bersama. Dana yang Tersedia Perhatikan dana yang disediakan perusahaan Anda, apabila perusahaan menyediakan dana yang sedikit jangan mengambil risiko untuk menentukan target pasar yang besar. Usahakan keseimbangan antara dana dan yang menjadi sasaran tujuan. Tujuan yang Sesuai Setelah menentukan segmen pasar, sebaiknya perusahan tetap fokus pada segmen. Usahakan untuk tidak beralih ke segmen pasar lain yang memang tidak direncanakan sebelumnya untuk menghindari risiko mengalami kerugian. Contoh Target Pasar Di bawah ini, kami akan memberikan contoh dalam menentukan target pasar. Misalnya, Anda adalah seorang pengusaha di bidang pakaian wanita, maka contoh target pasar yang bisa Anda tentukan adalah sebagai berikut: Produk yang dijual: pakaian wanita yang dijual secara online. Target lokasi: kota-kota besar, seperti Surabaya, Jakarta, Semarang, Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, dan lainya yang dapat dijangkau kurir maksimal 2-3 hari kerja. Target demografi: perempuan dengan rentan usia 17-30 tahun yang memiliki penghasilan di atas 2 juta per bulan. Karakteristik psikologis: terbiasa dengan Internet dan social media dan mengikuti tren fashion masa kini. Gunakan Software Akuntansi Jurnal Sebagai Acuan dalam Menentukan Target Pasar Pentingnya menentukan target pasar memang menjadi salah satu cara yang dilakukan sebelum memulai bisnis. Selain itu, Anda juga harus mengelola keuangan bisnis jika ingin bisnis Anda terus maju dan berkembang. Jurnal adalah salah satu program akuntansi dapat memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis. Dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisnis, tanpa membutuhkan banyak waktu. Jurnal juga menghadirkan fitur database pelanggan sehingga Anda dapat mengetahui apakah bisnis Anda sudah tepat sasaran, atau harus diperluas lagi jangkauan target pasarnya. Anda bisa memanfaatkan fitur aplikasi pembukuan keuangan usaha untuk mempermudah bisnis Anda. Coba gratis aplikasi Jurnal By Mekari sekarang dengan klik tombol dibawah ini. Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang! Nah, diatas adalah 5 cara menentukan target pasar efektif yang bisa dilakukan UKM atau UMKM telah diulas blog Mekari Jurnal. Semoga informasi tersebut bisa berguna untuk Anda, dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.