5 Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis dan Pengusaha

Apa saja manfaat dan tujuan dari adanya laporan keuangan bagi pengusaha maupun bisnis? Temukan jawabannya di Blog Jurnal by Mekari!

Banyak pengusaha yang sering mengalami masalah keuangan bisnis.

Biasanya, hal ini sering terjadi karena tidak adanya pembukuan dan pencatatan laporan keuangan.

Sulitnya membuat laporan keuangan menjadi salah satu hambatan bagi mereka dalam mengelola keuangannya.

Meski begitu, tidak ada alasan untuk tidak membuat pembukuan bagi bisnis.

Laporan keuangan dibuat untuk mengetahui informasi yang menyangkut kondisi keuangan, kinerja karyawan, dan perubahan posisi keuangan perusahaan yang dapat memanfaatkan pengusaha untuk pengambilan keputusan di kemudian hari.

Selain sebagai bahan pertanggungjawaban kegiatan suatu perusahaan terhadap investor dan pihak berkepentingan lainnya.

Laporan ini juga bisa menjadi sumber informasi mengenai posisi keuangan yang telah mencapai suatu perusahaan.

Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis dan Pengusaha

Berikut ini adalah beberapa tujuan dan manfaat dari laporan keuangan yang bisa didapatkan oleh bisnis ataupun pengusaha:

1. Memisahkan Aset Bisnis dengan Aset Pribadi

Laporan atau pembukuan keuangan dapat membuat aset pribadi tidak bercampur dengan aset bisnis, sehingga meminimalkan risiko bisnis.

Selain itu, dengan menggunakan laporan ini para pengusaha bisa menjalankan perusahaan dengan lebih profesional.

2. Acuan Penting Dalam Pengambilan Keputusan

Pernahkah Anda merasa kesulitan ketika ingin mengambil keputusan bisnis? Disinilah Anda akan merasakan manfaat laporan keuangan yang ada.

Selain dapat melakukan evaluasi, pengusaha juga dapat lebih mudah mengambil keputusan yang paling tepat dengan adanya laporan keuangan.

Jika laporan keuangan menunjukkan perkembangan, maka pengusaha bisa bebas menentukan strategi untuk tahun mendatang.

Selain itu, manajemen perusahaan juga dapat melihat kondisi keuangan bisnis pada periode tertentu untuk memastikan apakah kondisi keuangannya sehat, kritis, atau bangkrut.

Dengan demikian, mereka dapat membuat keputusan terkait pembelian aset, kenaikan gaji karyawan, mencari modal, menambah pinjaman, pembagian bonus, pembagian dividen, dan masih banyak lagi.

3. Mendapatkan Pinjaman Modal

Seperti yang telah kita sama-sama ketahui, laporan keuangan juga menjadi salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman modal ke bank atau kreditur lain, termasuk ketika Anda ingin mengajukan pinjaman melalui P2P Lending seperti Akseleran.

Dengan laporan keuangan yang baik, kreditur akan lebih mudah memutuskan untuk memberikan pinjaman ke perusahaan Anda.

Baca Juga : Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Kenali Fungsi dan Besarannya

4. Informasi untuk Perhitungan Pajak

Laporan keuangan memegang peran penting dalam penyajian informasi untuk menjadi sebagai bahan dasar perhitungan pajak.

Bahan dasar di sini mengandung makna bahwa informasi dalam laporan keuangan harus mengelola lebih lanjut, tujuan nya agar dapat menentukan besarnya pajak terutang dalam suatu perusahaan.

5. Melihat Jumlah Keuntungan

Dalam suatu bisnis tentunya akan ada fase di mana Anda memiliki pendapatan yang banyak atau sedikit.

Melalui laporan inilah Anda bisa melihat dan menganalisa berapa jumlah keuntungan dari bisnis, apakah memiliki keuntungan yang tinggi atau malah mengalami kerugian?

Melalui lajur debit dan kredit yang ada, Anda bisa melihat semuanya dengan transparan.

Tujuan dan Manfaat Laporan Keuangan untuk Beberapa Pihak

Manfaatkan laporan keuangan Pembukuan & Perpajakan untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Seperti yang telah mengetahui bahwa laporan keuangan dibutuhkan untuk meninjau pajak maupun sebagai syarat bagi pihak luar seperti pemerintah, perusahaan lain, atau lembaga keuangan.

Mereka akan meminta laporan keuangan sebagai syarat kerja sama untuk meninjau prospek bisnis yang Anda miliki di masa depan.

Tidak mungkin pihak luar mau bekerja sama dengan bisnis yang tidak memiliki prospek untuk kedepannya.

Laporan keuangan bukan hanya berguna untuk pengusaha ataupun bisnis, tapi ada beberapa pihak yang bisa mendapatkan keuntungan dan juga manfaat dari sebuah laporan keuangan, seperti.

  • Pemberi Pinjaman atau Kreditor

Sebagai pihak yang meminjamkan tambahan modal untuk membantu bisnis Anda tetap berjalan dengan baik, kreditor akan meminta laporan keuangan perusahaan.

Laporan ini akan memberikan informasi tentang kondisi keuangan suatu perusahaan yang akan memberi manfaat kepada kreditor sebagai bahan acuan untuk menolak ataupun menyetujui pinjaman yang diajukan.

Kreditor akan memperoleh keyakinan bahwa uang yang akan atau telah mereka pinjamkan tidak jatuh ke tangan yang salah.

Jika pinjaman itu disetujui, artinya kreditor yakin bahwa perusahaan tersebut mampu membayar dan mengembalikan pinjaman sesuai jangka waktu yang telah disepakati bersama.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Catatan Atas Laporan Keuangan

  • Pemasok atau Supplier

Pemasok atau supplier juga berhak mengetahui laporan keuangan perusahaan Anda, terutama jika Anda membeli barang dengan sistem kredit atau tidak langsung dibayar tunai.

Dengan informasi yang disajikan pada laporan tersebut, supplier bisa mengambil keputusan apakah perusahaan Anda memiliki kemampuan membayar tagihan sesuai nominal yang tertera atau tidak.

Jika perusahaan dinilai tidak mampu, supplier akan menolak kerja sama dengan perusahaan atau dapat mengajukan negosiasi dalam kerja sama tersebut.

  • Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaaan adalah orang terpenting yang sangat membutuhkan manfaat dari laporan keuangan.

Tujuan nya tidak lain adalah dengan mengetahui laporan keuangan perusahaan, pihak manajeman dapat mengetahui dan memastikan bahwa semua proses telah berjalan dengan baik.

Manfaat laporan keuangan ini juga dapat menjadi acuan dalam mendukung aspek perencanaan bisnis di masa akan datang.

  • Investor

Sebagai penanam modal pada bisnis, investor pasti selalu ingin tahu apakah modal yang mereka berikan telah digunakan secara tepat.

Dengan laporan keuangan yang baik, investor akan merasa yakin terhadap bisnis Anda.

Dengan begitu, mereka tidak akan merasa keberatan untuk menanamkan modalnya ke perusahaan, sehingga Anda dapat lebih mudah mengembangkan bisnis dengan modal tambahan dari investor tersebut.

Laporan keuangan yang baik adalah bentuk kepercayaan terhadap para investor yang sudah berinvestasi pada bisnis Anda.

  • Pemerintah

Setiap bisnis yang terlapor akan memiliki kewajiban terhadap pemerintah untuk membayar pajak.

Besaran pajak yang dibayarkan akan sesuai dengan besaran angka yang tertulis dari laporan keuangan yang dimiliki oleh bisnis.

Semakin awal merapikan dan membuat laporan keuangan, Anda akan terhindar dari masalah penting terkait kewajiban pajak seperti penggelapan pajak yang akan terkait masalah hukum atau pengurangan pajak tertanggung yang justru akan memberi keuntungan bagi bisnis.

  • Pelanggan

Pelanggan yang terikat perjanjian kerja sama untuk memasarkan produk Anda juga berhak mengetahui laporan keuangan perusahaan.

Mereka berhak tahu kelangsungan bisnis, terutama jika mereka terkait dengan perjanjian jangka panjang dengan bisnis Anda.

Laporan keuangan yang baik memiliki manfaat yaitu menunjukkan riwayat bisnis yang baik sehingga akan meyakinkan pelanggan untuk mengambil sebuah kesepakatan kerjasama.

manfaat laporan keuangan

  • Karyawan

Karyawan biasanya ingin mengetahui laporan keuangan yang dimiliki perusahaan terkait dengan tujuan kemampuan gaji yang bisa dibayarkan perusahaan kepada mereka.

Laporan keuangan yang baik akan membantu pihak perusahaan untuk bekerjasama dengan karyawan terkait pembayaran di masa-masa sulit bisnis Anda.

  • Masyarakat

Sebuah perusahaan bisa memberi pengaruh terhadap masyarakat dalam beberapa cara.

Misalnya jumlah orang yang menjadi pekerja di perusahaan dan perlindungan untuk penanam modal dalam negeri.

Informasi keuangan perusahaan yang baik dapat membantu masyarakat menyediakan info atau tren perkembangan terakhir tentang rangkaian aktivitas perusahaan.

Selain menguntungkan beberapa pihak di atas. Tujuan serta manfaat laporan keuangan juga dapat memberikan keuntungan bagi Anda sebagai pengusaha dan juga untuk perusahaan Anda sendiri, salah satunya adalah melindungi aset perusahaan dari kebocoran maupun kecurangan.

Sebagai contoh, ketika memulai bisnis dan tidak memiliki laporan keuangan, pada bulan pertama bisnis Anda berjalan, telah terjadi pemborosan sebesar Rp2.000.000.

Ketika bisnis sudah berjalan selama 2 tahun, maka pemborosan atau kebocoran keuangan yang terjadi akan membengkak menjadi Rp48.000.000. Ini bukanlah jumlah yang sedikit.

Bukan itu saja, jika satu pemborosan tidak diketahui atau tertangani dengan baik, maka akan ada kemungkinan terjadi pemborosan atau kebocoran aset di tempat lainnya.

Hal ini tentu sangat merugikan perusahaan dan juga membuat keuangan bisnis menjadi tidak baik.

Selain itu, ketiadaan laporan keuangan akan menghambat bisnis Anda untuk memiliki pengetahuan yang baik tentang pertumbuhan bisnis dari waktu ke waktu.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Sederhana dengan Ms. Excel

Manfaat Software Akuntansi Jurnal by Mekari dalam Membuat Laporan Keuangan

Dari banyaknya manfaat laporan keuangan, masih banyak pengusaha yang belum menjalankan proses akuntansi yang satu ini dengan alasan ribet, tidak mengerti, hingga tidak ada waktu untuk membuatnya.

Tanpa laporan keuangan, Anda bisa kehilangan modal, kehilangan investor, tidak memiliki kreditor yang bersedia memberi pinjaman pada bisnis Anda dan juga tidak memiliki kerja sama dengan perusahaan lain karena ragu terhadap kinerja perusahaan Anda selama ini.

Jadi cobalah merapikan keuangan bisnis mulai sekarang karena dengan laporan yang baik dan rapi, Anda dapat lebih mudah mengelola keuangan bisnis.

Untuk membantu membuat laporan keuangan, Anda dapat mempercayakannya dengan Jurnal by Mekari.

Jurnal adalah salah satu aplikasi akuntansi keuangan yang yang aman, praktis, dan dapat diandalkan untuk mengelola laporan keuangan bisnis kecil maupun menengah.

Anda dapat membuat laporan keuangan secara realtime dan dapat memonitor laporan di mana pun dan kapan pun.

Selain itu, Anda dapat terhindar dari kesalahan, seperti salah pencatatan dan rekonsiliasi, tidak menyimpan kuitansi dan nota, atau kesalahan dalam perhitungan.

Coba Jurnal GRATIS selama 14 hari dengan menekan tombol di bawah ini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa saja sebenarnya manfaat laporan keuangan untuk bisnis? Selengkapnya akan diulas oleh blog Jurnal By Mekari disini.

 

Nah, sekarang Anda bisa menjawab beberapa pertanyan seperti apa saja:

  • Jelaskan manfaat laporan keuangan dalam sebuah kegiatan usaha?
  • Berikut ini yang tidak termasuk manfaat penting laporan keuangan untuk sebuah usaha adalah?

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda yang memerlukannya dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo