Banyak pengusaha yang sering mengalami masalah keuangan bisnis. Biasanya, hal ini sering terjadi karena tidak adanya pembukuan dan laporan keuangan. Sulitnya membuat laporan keuangan menjadi salah satu hambatan bagi mereka dalam mengelola keuangannya. Meski begitu, tidak ada alasan untuk tidak membuat pembukuan bagi bisnis. Selain sebagai bahan pertanggungjawaban kegiatan suatu perusahaan terhadap investor dan pihak berkepentingan lainnya, laporan keuangan juga bisa menjadi sumber informasi mengenai posisi keuangan yang telah dicapai suatu perusahaan. Namun, bagi pengusaha, laporan keuangan memiliki banyak manfaat penting seperti:

 

Evaluasi Bisnis

Banyak pengusaha yang salah mengambil langkah karena tidak adanya laporan keuangan. Dengan adanya laporan keuangan, pengusaha dapat lebih mudah mengevaluasi bisnisnya sekaligus membuat inovasi untuk mengembangkan bisnis lebih tepat sesuai informasi yang disediakan dalam laporan keuangan. Temukan cara mudah mengevaluasi bisnis versi Jurnal di sini.

 

Pengambil Keputusan

Pernahkah Anda merasa kesulitan ketika ingin mengambil keputusan bisnis? Selain dapat melakukan evaluasi, pengusaha juga dapat lebih mudah mengambil keputusan yang paling tepat dengan adanya laporan keuangan. Jika laporan keuangan menunjukkan perkembangan, maka pengusaha bisa bebas menentukan strategi untuk tahun mendatang.

 

Mendapatkan Pinjaman Modal

Seperti yang telah kita sama-sama ketahui, laporan keuangan juga menjadi salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman modal ke bank atau kreditur lain, termasuk ketika Anda ingin mengajukan pinjaman melalui P2P Lending seperti Akseleran. Dengan laporan keuangan yang baik, kreditur akan lebih mudah memutuskan untuk memberikan pinjaman ke perusahaan Anda.

 

Mudah Menentukan Pajak

Setiap bisnis yang dijalankan wajib membayar pajak ke pemerintah. Dengan adanya laporan pajak, pengusaha akan dengan mudah menentukan besarnya pajak yang harus ditanggung oleh perusahaan. Sehingga mengurangi risiko terjadinya denda atau masalah pajak ketika sedang di audit.

 

Dari banyaknya manfaat laporan keuangan, masih banyak pengusaha yang belum menjalankan proses akuntansi yang satu ini dengan alasan ribet, tidak mengerti, hingga tidak ada waktu untuk membuatnya. Selain itu, dalam proses akuntansi ini juga sering terjadi kesalahan, seperti salah pencatatan dan rekonsiliasi, tidak menyimpan kuitansi dan nota, atau kesalahan dalam perhitungan.

Dengan adanya teknologi, kini proses akuntansi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan praktis. Software akuntansi online adalah salah satu teknologi yang dapat membantu proses akuntansi sekaligus membantu pengusaha dalam memonitor keuangannya tanpa perlu khawatir akan kesalahan pada laporan keuangan sehingga dapat lebih fokus mengembangkan bisnisnya. Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang yang aman, praktis, dan dapat diandalkan untuk mengelola laporan keuangan bisnis kecil maupun menengah. Info lebih lanjut mengenai fitur Jurnal dapat Anda temukan di sini.

Author