Jurnal Enterpreneur

Pengertian Investasi Bisnis dan Cara Mendapatkan Investor

Istilah investasi saat ini menjadi lebih familiar seiring dengan peningkatan literasi keuangan masyarakat. Bagi sebuah bisnis, investasi adalah hal yang sangat penting. Hal ini karena investasi adalah senjata utama untuk mengembangkan bisnis yang lebih luas.

Orang yang menginvestasikan dana pada bisnis Anda disebut investor. Sebagai pemilik bisnis, jika Anda sedang membutuhkan modal untuk pengembangan usaha maka investor adalah orang yang sebaiknya Anda cari. 

Tugas Anda adalah mencari investor yang tepat agar pendanaan. Namun, sebelum melakukannya sebaiknya Anda memahami pengertian investasi terlebih dahulu. Berikut ini penjelasannya!

Pengertian Investasi pada Bisnis

Investasi adalah istilah yang diberikan untuk kegiatan penanaman modal pada sebuah bisnis. Kata investasi juga dapat diartikan sebagai aktivitas menempatkan dana pada dalam suatu periode. Namun, kali ini yang akan dibahas adalah investasi bisnis. 

Kegiatan investasi tidak hanya menguntungkan saja. Baik investor maupun yang pemilik bisnis yang diberikan tambahan modal juga ikut merasakan manfaatnya.

Uang yang ditanamkan oleh investor dapat digunakan untuk tambahan operasional bisnis. Jika bisnis terus berkembang menghasilkan keuntungan, investor akan mendapat dana bagi hasil yang lebih besar lagi. 

Sama halnya dengan aktivitas bisnis lain, bahwa investor juga memiliki risiko yang mengancam. Potensi risiko kerugian akan berbanding lurus dengan potensi imbal hasil atau keuntungan.

Note: Seiring  kemajuan teknologi, investasi bisa dilakukan secara online. Berikut ini beberapa daftar investasi online terbaik & cukup profitable Ketahui 4 Investasi Online Terbaik yang Harus Anda Miliki

Cara Mendapatkan Investor Bisnis yang Tepat

5 Jenis Investasi Online untuk Pemula

Setelah Anda mengetahui pengertian investasi, sekarang saatnya mempersiapkan bisnis Anda untuk menemukan investor yang tepat.

1. Siapkan Profil Bisnis

Untuk menyakinkan calon onvestor, berikan informasi bisnis Anda selengkapnya mungkin. Jangan terlalu banyak, yang terpenting adalah informasinya jelas dan menarik.

Jelaskan latar belakang bisnis Anda, produk atau jasa yang ditawarkan, serta kelebihan bisnis yang dijalankan. Mungkin saja investor tidak langsung luluh, namun setidaknya berikan mereka kesempatan untuk terus mencari tahu profil bisnis Anda. 

2. Buat Laporan Keuangan yang Rapi

Salah satu faktor yang meyakinkan investor pada bisnis adalah cara Anda mengelola keuangan. Semua perhitungan harus jelas dan laporan keuangan bisnis harus dicatat dengan rapi.

Laporan keuangan yang rapi adalah cara terbaik untuk membuat investor percaya bahwa mereka sedang menanamkan modal pada bisnis yang tepat. Salah satu software akuntansi yang membantu Anda untuk mendapatkan laporan keuangan yang baik adalah Jurnal.

Jurnal-Ebook_Keloal Arus Kas_Banner Blog

 

3. Jelaskan tentang Proyeksi Bisnis

Tidak bisa dipungkiri bahwa tujuan seorang investor menanamkan modal pada bisnis Anda adalah untuk memperoleh keuntungan. Sehingga perhitungan proyeksi bisnis jangan sampai tertinggal untuk diinformasikan. 

Buat perhitungan se-real mungkin, jangan terlalu berlebihan agar investor percaya dan bukan menganggap Anda sebagai penipu.

Jelaskan mengenai target penjualan dan jangka waktu kapan target akan tercapai. Investor ingin tahu bagaimana mereka bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis Anda. 

Mungkin saja investor tidak langsung tertarik dengan bisnis Anda. Namun jangan mudah menyerah, terus lakukan perbaikan pada rencana bisnis sampai menemukan investor yang tepat. Jangan lupa untuk melakukan investasi pada bisnis Anda sendiri.

Salah satu bentuk investasi pada bisnis sendiri adalah dengan menerapkan software keuangan agar Anda bisa mengembangkan perusahaan dengan mudah.

Jurnal adalah software keuangan online yang akan membantu Anda mengelola laporan keuangan bisnis. Aplikasi Jurnal menghadirkan manfaat pengelolaan laporan keuangan mulai dari pencatatan transaksi hingga periode akhir akuntansi yang mudah dimengerti.

Jurnal sebagai aplikasi persediaan barang juga menyediakan e-faktur beserta pengelolaan stok barang secara real-time.

Sebagai dukungan kepada bisnis kecil dan menengah untuk mendapatkan investasi, Jurnal memberikan kesempatan coba gratis selama 14 hari bagi Anda. Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftar free trial Jurnal sekarang juga.

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo