Jurnal Enterpreneur

Pengertian Akuntabilitas dalam Akuntansi dan Penerapannya

Akuntabilitas adalah istilah yang sangat erat hubungannya dengan ilmu akuntansi dan manajemen. Apa itu akuntabilitas, jenis, dan fungsi bagi perusahaan? Berikut penjelasannya oleh Blog Jurnal by Mekari.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian akuntabilitas adalah pertanggungjawaban atau keadaan yang dapat dimintai pertanggungjawaban.

Akuntabilitas adalah prinsip yang selalu diterapkan oleh seorang akuntan dalam menjalankan tugasnya.

Prinsip ini juga harus dipegang erat oleh perusahaan agar setiap karyawannya dapat menjalankan tugas dengan baik sehingga tujuan bisnis mudah tercapai.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pengertian Akuntabilitas Adalah

Pengertian Akuntabilitas adalah sebuah konsep etika yang berhubungan dengan kemampuan menjelaskan keputusan yang diambil dan aktivitas yang dilakukan.

Dalam ilmu akuntansi, konsep akuntabilitas harus dapat dipisahkan dari istilah responsibilitas karena memiliki perbedaan.

Menurut Lawton and Rose, akuntabilitas artinya proses saat seseorang atau sebuah organisasi membuat laporan kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya.

Menurut Adisasmita (2011:30), pengertian akuntabilitas adalah instrumen pertanggungjawaban atas konsep keberhasilan dan kegagalan tugas pokok serta fungsi organisasi.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa arti akuntabilitas yakni sistem kontrol tanggung jawab atas tugas dan fungsi masing-masing jabatan.

Note: Menggunakan sistem pembukuan Anda untuk akuntabilitas adalah cara yang bagus untuk menjaga bisnis Anda di jalur yang tepat mencapai tujuannya. Baca artikel Masalah Akuntabilitas Teratasi dengan Sistem Pembukuan yang Tepat!

Prinsip Akuntabilitas Adalah

Pengertian Akuntabilitas adalah dalam Akuntansi dan Penerapannya

 

Prinsip-prinsip akuntabilitas adalah:

  1. Adanya komitmen dari pimpinan dan seluruh staf untuk melakukan pengelolaan organisasi yang memiliki nilai akuntabel.
  2. Merupakan sistem yang menjamin penggunaan sumber daya secara konsisten berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Menunjukkan tingkat pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
  4. Berorientasi pada visi, misi, hasil, dan manfaat yang diperoleh organisasi.
  5. Memegang erat nilai kejujuran, transparan, objektif dan inovatif.

Jenis Akuntabilitas Adalah

Akuntabilitas terdiri dari beberapa jenis tergantung konteks yang sedang dipakai. Menurut Mardiasmo, akuntabilitas terdiri dari dua jenis, apa saja itu?

1. Akuntabilitas Vertikal

Akuntabilitas vertikal adalah sebuah kondisi di mana seseorang mampu mempertanggungjawabkan keputusan yang diambil kepada jabatan otoritas di atasnya.

Misalnya saja akuntabilitas kepala dinas kepada walikota, kepala cabang kepada direktur, atau menteri kepada presiden.

2. Akuntabilitas Horizontal

Akuntabilitas horizontal adalah tanggung jawab organisasi terhadap masyarakat dan lingkungan eksternalnya yang tidak ada hubungan antara atasan dan bawahan.

Tanggung jawab di sini biasanya berhubungan erat dengan penyelesaian tugas pada pelayanan publik.

Jurnal-Ebook_Keloal Arus Kas_Banner Blog

Fungsi Akuntabilitas Adalah

Menurut Bowen, prinsip akuntabilitas memiliki 3 fungsi di antaranya:

1. Alat Kontrol Tugas

Prinsip akuntabilitas merupakan media kontrol berjalannya tugas dan program yang telah dilakukan dari pemimpin kepada anggotanya maupun kepada jabatan di atasnya.

Akuntabilitas dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan pemimpin dalam masa jabatan tertentu. Dewan pengawas maupun pihak yang berkepentingan dapat melakukan evaluasi kinerja yang sudah dilakukan.

2. Menekan Angka Penyalahgunaan Tugas

Penyalahgunaan tugas dan wewenang mengarah pada tindakan korupsi. Adanya cacat sistem dalam sebuah organisasi berpeluang besar terjadinya budaya korupsi.

Hal ini berkaitan pada aktivitas yang bertujuan untuk memperkaya diri sendiri dengan cara instan.

Seringkali, tindakan korupsi dapat terbongkar setelah adanya proses audit keuangan. Melalui laporan pertanggung jawaban, dewan direksi dapat mengetahui potensi dan indikasi adanya korupsi atau tidak dalam sebuah organisasi.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

3. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Kinerja

Sebuah aktivitas dapat dikatakan efisien ketika memberikan keuntungan yang banyak bagi perusahaan. Misalnya ketika perusahaan mampu memproduksi 1000 barang secara cepat maka keuntungan yang didapatkan semakin banyak.

Sistem yang efisien tidak bisa terjadi begitu saja. Ada proses dan evaluasi yang harus dilakukan secara terus menerus.

Akuntabilitas dapat membantu pemimpin untuk mengevaluasi titik-titik mana saja yang belum efisien.

Konsep efektivitas berhubungan dengan tingkat kepuasan stakeholder maupun masyarakat. Di sinilah pentingnya sebuah organisasi memiliki proses yang efektif dalam menjalankan usahanya.

Proses akuntabilitas membantu organisasi/ perusahaan untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan stakeholder dan masyarakat. Seperti laporan keuangan, laporan keuangan adalah salah satu alat untuk menilai akuntabilitas bisnis Anda kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Gunakan bantuan aplikasi pembukuan untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan yang rapi dan akuntabel.

Mengenal Masalah Akuntabilitas

Setiap usaha pasti memiliki berbagai masalah akuntabilitas. Seringkali terlihat bahwa kebanyakan pengusaha mengeluh tentang kurangnya waktu.

Pemilik usaha kecil ingin menjaga pembukuan mereka terus memperbaharui tapi tidak punya waktu, sehingga mereka hanya akan menunda melakukannya.

Padahal, ini sangat bermanfaat untuk memiliki klien yang memahami bagaimana menggunakan sistem pembukuan yang telah membuat dan mengelola untuk mereka.

Ini bukanlah masalah kurangnya waktu, namun adalah ketidakmampuan untuk mengatur waktu!

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Anda harus menemukan cara untuk mendedikasikan waktu guna memperbarui pembukuan Anda secara konsisten sehingga Anda dapat membiarkan sistem pembukuan Anda untuk melakukan tugasnya, memecahkan beberapa masalah yang Anda hadapi seperti:

  • Mengurangi stres. Memiliki sistem pembukuan yang up-to-date dapat mengurangi beberapa beban stres yang Anda hadapi sebagai pemilik bisnis. Jika Anda khawatir tentang profitabilitas, utang dan penjualan misalnya, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini harus ada ujung jari Anda.

Memperbarui pembukuan Anda secara teratur akan menempatkan jawaban atas banyak pertanyaan keuangan Anda tepat di depan monitor. Penting juga untuk membuat sistem pembukuan yang simple namun tetap efektif.

  • Akuntabilitas. Sebuah sistem pembukuan yang baik adalah cara yang bagus untuk membuat semua orang bertanggung jawab dalam bisnis Anda. Jika Anda memiliki anggaran keuangan yang solid dan harus dapat melakukan beberapa analisis laporan keuangan pada usaha.

Anda harus meninjau laporan keuangan bersama tim penjualan Anda dan karyawan lain untuk membuat mereka bertanggung jawab atas tujuan yang Anda tetapkan. Menggunakan sistem pembukuan Anda untuk akuntabilitas adalah cara yang bagus. Manfaatkan fungsi laporan keuangan untuk menjaga bisnis Anda di jalur yang tepat mencapai tujuannya.

  • Kebebasan. Bagaimana sistem pembukuan Anda bisa memberikan kebebasan? Hal ini dapat membebaskan Anda dari ketidakpastian yang tidak diketahui. Sebuah sistem pembukuan yang baik akan menunjukkan dengan tepat di mana bisnis Anda secara finansial.

Jika Anda menggunakan layanan pembukuan outsourcing Anda juga harus memiliki lebih banyak waktu luang untuk fokus pada hal-hal yang penting bagi bisnis.

Banyak dari pemilik bisnis melakukannya sendiri untuk mengatasi pembukuan di malam hari atau akhir pekan. Jujurlah, itu terdengar melelahkan dan membosankan.

Masalah Akuntabilitas Teratasi dengan Sistem Pembukuan yang Tepat!

Memiliki sistem pembukuan dapat memecahkan banyak masalah yang mungkin saat ini Anda hadapi. Menggunakan sistem pembukuan sebagai alat untuk mengembangkan bisnis Anda, bukan hanya untuk tujuan perpajakan.

Bagaimana jika Anda menggunakan aplikasi pembukuan perusahaan untuk membantu Anda mengembangkan bisnis?

Jurnal by Mekari adalah software akuntansi online yang memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang dengan aplikasi keuangan dari Jurnal!

Dapatkan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Aplikasi Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kelola Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time. Menambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat. Hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah pengertian tentang akuntabilitas serta masalah dan cara memecahkannya yang adalah penting diketahui oleh setiap perusahaan.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo