Tantangan dan Solusi Berbisnis Franchise

Tantangan dan Solusi Berbisnis Franchise: Sebagian besar pelaku usaha sepakat dengan anggapan bahwa bisnis waralaba atau franchise merupakan salah satu cara efektif untuk melipatgandakan cuan secara instan. 

Kendati demikian, bukan berarti pengelolaan bisnis franchise tanpa persoalan, melainkan tentu ada sejumlah tantangan. Berikut adalah daftar tantangan sekaligus solusi berbisnis franchise.

Baca juga: Memahami Seluk Beluk dan Cara Kelola Bisnis Franchise

Tak ada Standarisasi Bisnis franchise

Bisnis franchise seharusnya memiliki persyaratan administrasi yang ketat untuk menjaga kualitas dan memberi asistensi yang banyak dan detail. Sayangnya, terdapat beberapa negara yang belum memiliki standarisasi ketat atau minimnya aturan perlindungan bisnis franchise dari regulator.

Pada akhirnya, ketidaktegasan aturan membuat pelaku usaha sulit membedakan secara signifikan antara sistem bisnis franchise dan peluang usaha (business opportunity) biasa. Pada dasarnya, franchise termasuk peluang bisnis, namun tidak semua peluang bisnis adalah franchise. 

Secara prosedur, standarisasi bisnis franchise seharusnya lebih ketat, sedangkan peluang usaha lebih fleksibel. Ciri-ciri franchise adalah yakni memiliki persyaratan administratif yang ketat, asistensi juga banyak ditawarkan. Sebaliknya, peluang usaha tak memberi asistensi.

Solusinya, investor harus berhati-hati untuk memilih jenis usaha yang akan digeluti. Sebelum menentukan usaha franchise, calon pengelola franchise wajib meneliti, mencermati, dan mengkritisi reputasi perusahaan pemilik franchise.

Proses analisa bisa dilakukan melalui bantuan lembaga pendukung, seperti Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) serta Asosiasi Franchise Indonesia (AFI).

Baca juga: Simak Definisi Bisnis Franchise dan Sejarah Kemunculannya

Tumbuh dengan Cepat tanpa Rencana

Kinerja bisnis franchise yang tumbuh cepat bisa disebabkan usahanya memang menjanjikan, didukung oleh modal besar, serta dipasarkan dengan gencar, sistematis, dan efektif. 

Namun hal yang perlu diwaspadai adalah pertumbuhan yang cepat seringkali tak diiringi rencana pengembangan masa depan yang matang. 

Pasalnya, pertumbuhan usaha yang cepat dan tidak direncanakan dengan matang seperti itu biasanya rentan mengalami tantangan berupa kejatuhan usaha dalam waktu singkat pula. 

Maka itu, solusi yang perlu dilakukan pemilik usaha adalah mencermati perkembangan bisnis dan mengelola dengan sistematis. Dengan begitu, realisasi pertumbuhan usaha akan terarah dan mudah dikendalikan. 

Solusi berikutnya, pemilik usaha perlu menjalin komunikasi dengan mitra kerja terkait perkembangan bisnis. Sebaliknya, mitra kerja juga perlu menjalin komunikasi dengan pemilik usaha terkait referensi serta tips dan trik untuk menjalankan bisnis yang sukses.

Gaji Tidak Dibayar Perusahaan, Karyawan Wajib Lapor!

Risiko Bisnis Ditanggung Pengelola Usaha

Pada dasarnya, usaha franchise tak menjamin bahwa pembeli lisensi atau franchisee selalu memperoleh untung. Ketika bisnis mengalami kerugian, risiko tersebut harus ditanggung oleh pengelola usaha tersebut. Pengelola franchise tak bisa membebankan kerugian yang dialami mereka kepada pemilik franchise. 

Maka itu, pembeli lisensi franchise disarankan lebih berhati-hati mengelola usaha, terutama dalam mengelola laporan keuangan. Salah satu solusi, pengelola usaha bisa menggunakan software akuntansi online Jurnal by Mekari untuk mendukung perjalanan bisnis franchise.

Untuk membantu mengelola dan memantau keuangan bisnis franchise dengan lebih mudah dan praktis, pelaku usaha umumnya memanfaatkan teknologi software akuntansi berbasis cloud, yakni Jurnal by Mekari

Jurnal menyediakan berbagai fitur yang berfungsi untuk mencatat dan memonitor laporan keuangan di banyak cabang secara berkala dengan mudah. Jurnal juga menyediakan beragam fitur unggulan antara lain, tampilan dashboard bisnis dengan data real time, laporan keuangan, pengelolaan inventori, dan pengelolaan aset secara rinci. 

Tak hanya itu, terdapat pula modul penjualan dan pembelian, rekonsiliasi bank, serta integrasi bisnis yang memudahkan Anda mengambil keputusan bisnis secara bijak.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Minimal subscribe 12 bulan).

CTA Jurnal


PUBLISHED30 Jun 2020
Lavinda
Lavinda

SHARE THIS ARTICLE: