Bisnis waralaba saat ini berkembang sangat pesat, sehingga sudah menjadi hal yang umum bahwa persaingan didalamnya pun cukup ketat. Meskipun bisnis ini berkembang sangat pesat dan memiliki persaingan ketat, peluang bisnisnya masih cukup luas asalkan Anda mengetahui bagaimana strategi memasarkannya. Ingin tahu apa saja strategi jitu untuk meningkatkan pemasaran bisnis waralaba? Mari kita lihat di bawah ini.

 

Lakukan Identifikasi Pasar

Para pengusaha harus mengetahui siapa yang akan menjadi sasaran penjualan awal dari produk tersebut. Identifikasi pasar dilakukan agar penjualan bisnis waralaba tepat sasaran. Kenali sebuah permintaan pasar yang sangat tinggi pada suatu wilayah. Ketahui tren yang sedang terjadi dalam masyarakat saat ini dan bagaimana peluang kedepannya. Dengan melakukan identifikasi pasar, sebuah bisnis waralaba yang Anda miliki akan sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga minim dari risiko kerugian dan tentu saja memiliki peluang untuk meningkatkan pemasaran.

 

Miliki Brand yang Berkarakter

Persaingan bisnis selalu ada dimana-mana dan tidak dapat dihindari. Untuk memenangkan sebuah persaingan dalam bisnis waralaba, Anda harus memiliki sebuah keunikan atau ciri khas. Milikilah nama brand yang unik dan mudah diingat. Berikanlah kemasan yang memiliki tampilan menarik, agar konsumen yang melihatnya langsung tertarik untuk membelinya. Dengan memiliki brand yang unik dan berkarakter, secara tidak langsung, Anda juga membantu konsumen untuk lebih mengingat brand tersebut yang dapat berdampak pada meningkatnya penjualan bisnis Anda.

 

Beriklan Secara Efektif

Saat ini, banyak media untuk  beriklan baik secara offline maupun online. Kenali beberapa media iklan efektif yang memiliki jangkauan pemasaran lebih luas dengan budget yang tidak terlalu menguras kas bisnis Anda. Gunakan semua alat media informasi baik online maupun offline untuk meningkatkan potensi keterlihatan produk Anda.

 

Berikan Layanan Optimal & Responsif

Sebuah layanan akan menentukan tingkat kepuasan dari seorang pelanggan. Jika menginginkan bisnis Anda memenangkan persaingan pasar meski memiliki produk serupa, maka layanan optimal dan responsif adalah salah satu caranya. Dengan sebuah layanan yang optimal, pelanggan akan merasa puas, sangat diutamakan, dan memiliki kedekatan sehingga tidak segan untuk mereferensikan binsis Anda kepada orang lain. Tentunya, ini adalah sebuah hal yang sangat positif dan menguntungkan, karena secara tidak langsung dapat  membantu pemasaran produk Anda.

 

Gunakan Testimoni

Biasanya jika perusahaan terhubung secara langsung dengan konsumen melalui social media maupun media online lainnya, mereka bisa menanyakan kesan konsumen setelah menggunakan produk yang dijual. Jika respon yang dimiliki konsumen bagus dan merasa puas dengan penggunaan produk, maka perusahaan bisa menggunakan testimoni tersebut sebagai kampanye atau iklan untuk produk yang dijual. Testimoni akan bermanfaat untuk meyakinkan calon pembeli lain yang masih belum mengetahui produk sehingga bisa digunakan sebagai strategi pemasaran yang sempurna.

 

Evaluasi & Inovasi Secara konsisten

Langkah terakhir untuk meningkatkan pemasaran bisnis waralaba adalah melakukan evaluasi dan inovasi. Sebuah inovasi dan evaluasi akan sangat perlu mengingat bisnis harus selalu berjalan dan tidak boleh stagnan agar tidak tertinggal dari pesaingnya. Buatlah evaluasi secara teratur minimal seminggu sekali untuk memastikan bahwa tidak ada yang berjalan melenceng dari rencana usaha. Dari hasil sebuah evaluasi Anda bisa melakukan inovasi jika ditemukan masalah atau penurunan kualitas agar pemasaran produk terus meningkat dan tidak mengalami kemunduran.

 

Strategi pemasaran apapun yang Anda pilih, pastinya membutuhkan dukungan finansial untuk proses menjalankannya. Perusahaan wajib memiliki anggaran biaya maupun pengelolaan keuangan yang baik, agar inovasi tersebut dapat berjalan sempurna.

 

Jurnal software akuntansi online, dapat menjadi mitra handal bisnis waralaba Anda untuk mengelola keuangan secara mudah dan cepat. Dengan Jurnal, Anda dapat merencanakan strategi pemasaran dengan pengelolaan pembiayaan yang tepat. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini.

Author