Jurnal Enterpreneur

Strategi Jitu Meningkatkan Pemasaran Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba saat ini berkembang sangat pesat, sehingga sudah menjadi hal yang umum bahwa persaingan di dalamnya pun cukup ketat. Ingin tahu apa saja strategi jitu untuk meningkatkan pemasaran bisnis waralaba? Mari kita lihat di Blog Jurnal by Mekari.

Meskipun bisnis ini berkembang sangat pesat dan memiliki persaingan ketat, peluang bisnisnya masih cukup luas asalkan Anda mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang tepat.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!
Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Apa itu Bisnis Waralaba?

Bisnis waralaba adalah salah satu bentuk bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini, baik itu pebisnis pemula maupun pebisnis yang sudah berpengalaman.

Konsep bisnis waralaba ini memungkinkan seseorang yang memiliki modal materiil tapi kurang berpengalaman dalam membangun bisnisnya sendiri untuk memiliki sebuah usaha.

Dengan cara membeli waralaba dari sebuah merek dagang yang sudah terkenal.

Namun banyak orang yang masih ragu untuk memulai usaha waralaba ini, dengan alasan yang beragam. Ada yang takut merugi, ada yang merasa tidak mampu dan takut bangkrut.

Karena itu Anda perlu menerapkan beberapa strategi yang tepat untuk bisnis waralaba Anda.

Strategi Meningkatkan Pemasaran Bisnis Waralaba agar Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Berikut ini adalah tips untuk Anda agar bisnis waralaba bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Lakukan Identifikasi Pasar

Para pengusaha harus mengetahui siapa yang akan menjadi sasaran penjualan awal dari produk tersebut. Identifikasi pasar dilakukan agar penjualan bisnis waralaba tepat sasaran.

Kenali sebuah permintaan pasar yang sangat tinggi pada suatu wilayah. Ketahui tren yang sedang terjadi dalam masyarakat saat ini dan bagaimana peluang kedepannya.

Dengan melakukan strategi identifikasi pasar, sebuah bisnis waralaba yang Anda miliki akan sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga minim dari risiko kerugian dan tentu saja memiliki peluang untuk meningkatkan pemasaran.

Kenali Brand, Ketentuan Fee dan Sistem Franchise

Ketika akan memilih suatu waralaba, poin yang paling utama untuk dipertimbangkan adalah pembagian fee. Setiap franchisor memiliki aturan tersendiri dalam hal pembagian fee.

Agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari, sebaiknya anda harus lebih teliti dalam mempelajari sistem pembagian fee tersebut. Pelajari juga, indikasi atau kemungkinan franchisor mengubah kebijakannya di waktu mendatang, karena biasanya,

Franchisor akan melakukan evaluasi terhadap kebijakan pembagian royalty tersebut. Intinya, telitilah sebelum memutuskan untuk memilih jenis franchise yang nantinya akan anda jalani.

Baca juga: Aturan Hukum yang Perlu Dipahami Pelaku Bisnis Franchise

Lokasi yang Strategis

Strategi selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pemasaran bisnis waralaba sudah jelas, pemilihan lokasi yang strategis mampu mendatangkan lebih banyak konsumen. Walaupun tidak selalu harus di mal atau tempat publik lainnya.

Anda dapat memilih lokasi yang ramai, dan tentu saja sesuai dengan target pasar.

Cobalah untuk melihat dengan jeli target pasar di beberapa tempat seperti perkantoran, kampus, pasar, hingga rumah sakit.

Tidak hanya mampu menjangkau lebih banyak konsumen, lokasi strategis juga dapat meningkatkan penjualan, sehingga omzet yang Anda dapatkan akan semakin besar.

Pastikan Izin Bisnis Waralaba

Poin yang harus dipertimbangkan selanjutnya adalah seputar izin usaha. Pastikan izin usaha yang dimiliki oleh bisnis tersebut jelas dan produk yang dihasilkan dapat dipertanggung jawabkan.

Jangan sampai Anda salah pilih sehingga bisnis yang Anda kembangkan harus gulung tikar karena tersangkut masalah hukum. Oleh karena itu izin usaha menjadi salah satu poin yang terpenting dalam bisnis waralaba ini.

Pilih Waralaba yang Banyak dicari Konsumen

Apabila suatu jenis produk atau barang disukai banyak orang, tentunya hal tersebut bagus untuk bisnis Anda.

Usaha waralaba yang paling banyak dicari oleh konsumen untuk saat ini adalah usaha waralaba kuliner.

Hampir di setiap sudut kota pasti terdapat usaha kuliner ini.

Anda juga harus melakukan survey atau pengamatan dengan cara melihat langsung strategi bisnis waralaba yang akan Anda jalankan tersebut.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pelatihan Karyawan dan Kualitas Produk

Anda harus selalu memperhatikan kualitas dan mutu dari produk waralaba sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh franchisor.

Selain itu juga berikan pembinaan dan pengawasan terhadap karyawan Anda. Agar kualitas dan mutu produk waralaba Anda tetap terjaga. Karena dua poin tersebut sangat penting untuk keberlangsungan bisnis waralaba Anda.

Banyak hal yang mempengaruhi bisnis dan mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi suatu barang.

Baca juga: Cara Membuat Laporan Laba Rugi untuk Bisnis Franchise

Kebanyakan konsumen tidak memperdulikan lagi tentang harga karena kualitas sekarang adalah hal yang paling utama. Karena kualitas akan dikenal lewat brand yang sudah diakui oleh suatu masyarakat atau komunitas.

Oleh karena itu bisnis waralaba sangat populer di Indonesia.

Selain beberapa poin diatas, Anda juga memerlukan aplikasi pembukuan yang tepat seperti Jurnal, untuk memudahkan Anda dalam mengontrol pengelolaan keuangan bisnis waralaba ini.

Miliki Brand yang Berkarakter

Persaingan bisnis selalu ada dimana-mana dan tidak dapat dihindari. Untuk memenangkan sebuah persaingan dalam bisnis waralaba, Anda harus memiliki sebuah keunikan atau ciri khas yaitu dengan strategi branding.

Milikilah nama brand yang unik dan mudah diingat. Berikanlah kemasan yang memiliki tampilan menarik, agar konsumen yang melihatnya langsung tertarik untuk membelinya.

Dengan memiliki brand yang unik dan berkarakter, secara tidak langsung, Anda juga membantu konsumen untuk lebih mengingat branding tersebut yang dapat berdampak pada meningkatnya penjualan bisnis Anda.

Beriklan Secara Efektif

Saat ini, banyak media untuk  beriklan baik secara offline maupun online.

Kenali beberapa media iklan efektif yang memiliki jangkauan pemasaran lebih luas dengan budget yang tidak terlalu menguras kas bisnis Anda.

Gunakan semua alat media informasi baik online maupun offline untuk meningkatkan potensi keterlihatan produk Anda.

strategi pemasaran bisnis waralaba
Berikan Layanan Optimal & Responsif

Sebuah layanan akan menentukan tingkat kepuasan dari seorang pelanggan.

Jika menginginkan bisnis Anda memenangkan persaingan pasar meski memiliki produk serupa, maka layanan optimal dan responsif adalah salah satu caranya.

Dengan sebuah layanan yang optimal, pelanggan akan merasa puas, sangat diutamakan, dan memiliki kedekatan sehingga tidak segan untuk mereferensikan binsis Anda kepada orang lain.

Tentunya, ini adalah sebuah hal yang sangat positif dan menguntungkan, karena secara tidak langsung dapat  membantu pemasaran produk Anda.

Gunakan Testimoni

Biasanya jika perusahaan terhubung secara langsung dengan konsumen melalui social media maupun media online lainnya, mereka bisa menanyakan kesan konsumen setelah menggunakan produk yang dijual.

Jika respon yang dimiliki konsumen bagus dan merasa puas dengan penggunaan produk, maka perusahaan bisa menggunakan testimoni tersebut sebagai kampanye atau iklan untuk produk yang dijual.

Testimoni akan bermanfaat untuk meyakinkan calon pembeli lain yang masih belum mengetahui produk sehingga bisa digunakan sebagai strategi pemasaran bisnis waralaba yang sempurna.

Evaluasi & Inovasi Secara konsisten

Langkah terakhir untuk meningkatkan pemasaran bisnis waralaba adalah melakukan strategi evaluasi dan inovasi.

Sebuah inovasi dan evaluasi akan sangat perlu mengingat bisnis harus selalu berjalan dan tidak boleh stagnan agar tidak tertinggal dari pesaingnya.

Buatlah evaluasi secara teratur minimal seminggu sekali untuk memastikan bahwa tidak ada yang berjalan melenceng dari rencana usaha.

Dari hasil sebuah evaluasi Anda bisa melakukan inovasi jika ditemukan masalah atau penurunan kualitas agar pemasaran produk terus meningkat dan tidak mengalami kemunduran.

Baca juga: Tips dan Rahasia Sukses Berbisnis Franchise

strategi pemasaran bisnis waralaba
Strategi pemasaran apapun yang Anda pilih, pastinya membutuhkan dukungan finansial bisnis waralaba untuk proses menjalankannya.

Perusahaan wajib memiliki anggaran biaya maupun pengelolaan keuangan yang baik, agar inovasi tersebut dapat berjalan sempurna.

Jurnal software akuntansi online, dapat menjadi mitra handal bisnis waralaba Anda untuk mengelola keuangan secara mudah dan cepat.

Dengan Jurnal, Anda dapat merencanakan strategi pemasaran dengan pengelolaan pembiayaan yang tepat. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal lewat software invoice.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa strategi pemasaran jitu yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis waralaba. Semoga bermanfaat!

Kategori : BisnisMarketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo