Cara Mudah Menghitung dan Meningkatkan Omzet Perusahaan

Pasti Anda sudah tidak asing lagi kan dengan kata omzet? Dalam bisnis, omzet adalah seluruh jumlah uang yang didapat dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu namun belum dikurangi dengan biaya HPP (Harga Pokok Produksi, bahan baku, peralatan, dan lain sebagainya), serta expense (Gaji karyawan, tagihan listrik, gaji pimpinan, biaya pemasaran, biaya distribusi, biaya tempat, biaya komunikasi, biaya sewa, biaya transportasi, dan biaya lain dalam suatu perusahaan).

Meskipun nilai omzet dari sebuah perusahaan seringkali dijadikan patokan untuk menilai skala dari besar kecilnya perusahaan tersebut, namun sebenarnya angka yang disebutkan belum mencerminkan keuntungan bersih yang mampu didapatkan. Hal ini karena angka tersebut harus dikurangi beban-beban yang belum dibayarkan. Omzet juga sering disebut dengan pendapatan kotor.

1. Cara Menghitung Omzet Perusahaan

Perbedaan Omzet dan Profit Dalam Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Agar Anda semakin jelas dalam memahami apa itu omzet, berikut kami berikan cara menghitung omzet perusahaan dengan benar. Sebagai contoh, ada sebuah depot makanan dalam satu bulan mampu memasarkan masakannya antara lain:

  1. 150 porsi rawon seharga @Rp12.000

  2. 120 porsi soto ayam seharga @Rp12.000

  3. 110 porsi ayam bakar seharga @Rp13.000

Maka untuk menghitung nilai omzet dari depot makanan tersebut adalah:

1.   150 porsi rawon x Rp12.000 = Rp1.800.000

2.   120 porsi soto ayam x Rp12.000 =  Rp1.440.000

3.   110 porsi ayam bakar x Rp13.000 = Rp1.430.000

Jadi, total omzet dari depot makanan dalam satu bulan adalah: 1.800.000 + 1.440.000 + 1.430.000 = Rp4.670.000

Baca juga: Atasi Kekhawatiran Penurunan Omzet UMKM Akibat WFH

2. Cara Meningkatkan Omzet Perusahaan

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan omzet perusahaan dengan baik.

a. Promosi & Branding

Melakukan promosi dan branding yang kuat tentu akan meningkatkan omzet perusahaan dengan cepat. Tidak perlu melakukannya dengan biaya yang mahal dan sulit, cukup lakukan promosi dan branding sesuai dengan kemampuan perusahaan.

Pemilihan jenis promosi dan brandingjuga perlu diperhatikan. Mempromosikan kepada calon customer yang tepat akan membantu perusahaan menjual produk lebih cepat. Dengan mendapatkan loyal customer, promosi yang dilakukan selanjutnya tidaklah sulit. Hanya perlu mengatur strategi promosi. Sedangkan untuk branding, pilih branding yang sesuai dengan value perusahaan dan produk Anda. Karena pembeli melihat wajah perusahaan Anda dari branding yang Anda tetapkan.

b. Kualitas Produk

Selain sangat berpengaruh pada intergritas bisnis, kualias produk juga sangat berpengaruh pada angka penjualan produk. Sudah menjadi hal wajib bagi semua bisnis untuk selalu mempertahankan kualitas produk mereka. Ini sangat sederhana, namun cukup sulit dilakukan. Jika kualitas produk sangat baik, konsumen pun akan loyal dan terus berbelanja di perusahaan Anda.

Meningkatkan kualitas produk juga bisa dibarengi dengan meningkatkan kuantitas produk. Dengan cara menambahkan variasi produk misalnya. Dengan beberapa variasi pilihan produk, tentunya calon pembeli lebih bebas memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan ataupun mana yang mereka suka.

c. Layanan Terbaik

Semakin banyaknya pesaing di luar sana, salah satu kunci untuk menang dalam persaingan adalah meningkatkan kualitas layanan. Pelayanan yang cepat, ramah memperlakukan pelanggan, hingga menambah fasilitas tambahan seperti koneksi Internet gratis di tempat bisnis Anda, ini akan membuat pelayanan kepada konsumen bisa memiliki nilai tambah.

Ketika pembeli merasa diistimewakan, maka mereka pun akan merasa senang karena mendapat perhatian. Pembeli pun merasa bahwa perusahaan Anda serius dalam menangani pembeli. Peningkatan servis layanan adalah salah satu cara untuk enjaga agar customer tetap loyal terhadap produk atau jasa perusahaan Anda.

Baca juga: Begini Cara Software Akuntansi Membantu Menaikkan Omzet Bisnis

Itulah beberapa hal yang dapat dipelajari dari istilah omzet dalam ekonomi. Omzet yang besar belum tentu menunjukkan angka pendapatan bersih yang besar. Untuk mendapatkan angka pasti sebuah omzet, Anda dapat melihatnya melalui laporan keuangan. Dari Laporan keuangan juga, sebuah perusahaan bisa mengatur langkah atau strategi selanjutnya untuk perkembangan perusahaan. Kini, Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah menggunakan software akuntansi.

Jurnal sebagai software akuntansi online dapat membantu Anda membuat laporan keuangan secara lengkap dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Hanya dengan memasukkan seluruh transaksi keuangan ke dalam Jurnal, Anda akan dapat melihat secara realtime kondisi keuangan perusahaan Anda. Temukan info lebih lanjut mengenai Jurnal dan daftarkan bisnis Anda sekarang juga untuk nikmati free trial hingga 14 hari.


PUBLISHED05 Feb 2019
Dina Amalia
Dina Amalia

SHARE THIS ARTICLE: