5 Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis Ritel

Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis ritel dalam mempertahankan performa perusahaannya. Salah satunya, dengan cara meningkatkan penjualan. Untuk meningkatkan penjualan, banyak hal yang dapat dilakukan dan diterapkan pada bisnis ritel yang Anda kelola. Berikut lima cara meningkatkan penjualan dalam bisnis ritel yang dapat Anda cermati:

Retargeting Ads Strategy Untuk Meningkatkan Penjualan

Mengutamakan Kualitas Barang atau Jasa

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah fokus dengan kualitas barang atau jasa yang akan dijual. Dengan kualitas barang atau jasa yang baik dan konsisten, pelanggan akan puas dan percaya dengan barang atau jasa yang mereka beli.

Jika Anda dapat mempertahankan kualitas dari barang atau jasa yang Anda jual, hal tersebut perlahan akan menumbuhkan brand loyalty di benak pelanggan.

Dengan demikian, tidak peduli berapapun perubahan harga yang akan terjadi ke depannya, pelanggan akan akan tetap memilih barang atau jasa Anda karena kualitasnya.

Menjaga kualitas barang atau jasa juga tidak hanya diterapkan pada produk itu sendiri, tetapi juga turut memastikan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan selalu baik. Dengan pelayanan yang lebih baik, pelanggan akan merasa puas dan akan setia kepada barang atau jasa yang Anda jual. Hal ini merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan yang efektif untuk bisnis ritel.

Baca Juga: Manfaat Aplikasi Penjualan saat PSBB Jakarta

Hadir untuk Pelanggan Anda

Hadir untuk pelanggan Anda bukan berarti selalu mengikuti pergerakan pelanggan di dalam toko. Hal tersebut justru cenderung memberikan pengalaman yang kurang nyaman bagi pelanggan. Sebaiknya, berikan kesempatan pada pelanggan Anda untuk melihat-lihat serta memilih barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Namun, pastikan untuk tetap siap melayani ketika mereka membutuhkan bantuan atau penjelasan lebih lanjut mengenai produk Anda. Tidak hanya itu, membangun suasana yang nyaman selama berinteraksi dengan pelanggan akan meningkatkan pengalaman pelanggan ketika membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

 

Meningkatkan Jumlah Barang atau Jasa yang Dibeli

Anda dapat menggunakan teknik upselling untuk membuat pelanggan membeli barang atau jasa tambahan di luar apa yang mereka awalnya beli. Anda perlu memastikan pelanggan membeli produk terbaik yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan keuntungan untuk bisnis ritel yang Anda jalankan.

Melakukan teknik upselling dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, dengan menawarkan barang atau jasa serupa namun dengan harga yang lebih tinggi namun dengan kualitas yang tentunya lebih baik. Kedua, merekomendasikan barang atau jasa lain yang tidak serupa namun mendukung atau melengkapi barang atau jasa yang semula dipilih. Teknik ini sering disebut dengan teknik cross selling.

Baca Juga: 5 Fungsi Aplikasi Inventory Barang bagi Bisnis e-Commerce

Memberikan Promo

Banyak teknik promo yang bisa dilakukan mulai dari beli satu gratis satu, potongan harga, hingga cashback. Namun, pilihlah teknik promo yang cocok untuk barang atau jasa Anda. Promo akan meningkatkan urgensi bagi pelanggan untuk membeli sebelum masa promo berakhir.

 

Memanfaatkan Teknologi

Seiring dengan kemajuan teknologi, bisnis ritel juga perlu turut memanfaatkannya. Salah satunya dengan melakukan digital marketing. Tidak hanya itu, untuk memudahkan kelancaran proses bisnis ritel Anda, kini Anda dapat memanfaatkan teknologi seperti software akuntasi online yang menyediakan layanan pencatatan penjualan, inventory management, hingga pelaporan keuangan.

Jurnal by Mekari adalah salah satu teknologi yang dapat dipilih sebagai alat otomasi keuangan Anda. Jurnal merupakan software akuntansi yang bisa Anda gunakan secara online dengan mudah bahkan dari smartphone Anda.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

 


PUBLISHED30 Sep 2020
Dewi Maharani Indah Reswari
Dewi Maharani Indah Reswari

SHARE THIS ARTICLE: