Setiap pengusaha yang menjalankan bisnis di industri apapun termasuk bisnis ritel pasti memiliki tujuan yang sama. Yaitu mendapatkan keuntungan (profit), mencapai tingkat kembali investasinya (return of investment), dan menjalankan operasi dengan modal kerja yang efisien (working capital). Untuk dapat merealisasikan tujuan tersebut, setiap pengelola bisnis retail harus dapat terus meningkatkan omzet, mengelola margin dan biaya, serta mengelola modal kerja secara keseluruhan.

Agar bisnis yang Anda jalankan sukses, maka penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengelolanya. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa bisnis Anda harus mampu bersaing dengan kompetitor agar para pelanggan mengunjungi bisnis Anda. Jika Anda berhasil untuk menciptakan strategi dan mengetahui cara pengelolaan yang baik dan kemudian menerapkannya, maka bukan hal yang mustahil Anda dapat menjalankan bisnis ritel yang sukses.

Baca juga: Menjadi Pelaku Usaha Kreatif Muda yang Sukses

 

Strategi Menjalankan Bisnis Ritel

Pada umumnya, bisnis ritel tidak hanya menjual produk yang dapat dikonsumsi (makanan dan minuman) saja, tetapi juga menjual jasa seperti penyewaan mobil, pakaian, peralatan event, penyedia jasa pangkas rambut dan masih banyak lainnya. Selain itu, bisnis jenis ini juga tidak harus dioperasikan secara langsung dari toko fisik. Namun Anda dapat menjalankan bisnis ritel melalui internet atau toko online. Untuk mendukung kemajuan bisnis ritel Anda, berikut ini ada beberapa strategi yang dapat Anda aplikasikan:

  1. Memilih tempat usaha yang tepat. Jika Anda masih kebingungan tentang bagaimana cara untuk menentukan tempat bisnis yang strategis, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Yaitu mudahnya akses untuk menuju ke lokasi (bisnis ritel) Anda, terletak dekat dengan fasilitas umum, potensi pasar yang tersedia, biaya sewa atau biaya lahan, mudah untuk dilihat, dan kondisi lalu lintas.
  2. Menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Ada beberapa strategi yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan  produk apa yang akan dijual. Yaitu dari segi estetika, dari segi fungsional, memiliki pelayanan yang dapat mendukung dan menyertai dalam penjualan produk.
  3. Menentukan harga jual. Untuk menentukan harga sebuah produk, Anda harus mempertimbangkan tingkat kerelaan konsumen serta target margin yang akan bisnis Anda capai.
  4. Memberikan pelayanan yang cepat. Ketika sebuah bisnis ritel memiliki pelayanan yang cepat, baik, tepat, berkesan dan mempunyai nilai potensial yang tinggi maka akan sangat mendukung banyaknya produk inti yang terjual kepada pelanggan.
  5. Memperhatikan momen yang tepat untuk menjual produk kepada para konsumen.
  6. Melakukan promosi tertarget.

 

Akuntansi dalam Bisnis Ritel

Akuntansi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bisnis jenis ini. Yaitu untuk mengelola data secara akurat yang dapat membuat bisnis tersebut dapat berkembang. Pada umumnya, akuntansi diartikan sebagai suatu kegiatan untuk mengukur, menjabarkan serta memberikan informasi penting yang dapat digunakan untuk membantu manajer, investor, otoritas pajak dan beberapa pihak penting lainnya untuk mengambil keputusan. Secara singkatnya, akuntansi dapat mendisiplinkan finansial bisnis Anda supaya selalu tertata rapi, baik dari segi pemasukan, pengeluaran, kerugian, keuntungan dan lain sebagainya.

Akuntansi merupakan bagian penting yang harus dimiliki oleh setiap bisnis karena memiliki banyak peran yang dapat membantu bisnis untuk berkembang. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini adalah beberapa peran penting akuntansi dalam sebuah bisnis ritel:

  1. Sebagai penyedia informasi. Berbagai data yang berhubungan dengan keuangan akan dicatat dalam sistem akuntansi. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk mengawasi kondisi keuangan bisnis ritel.
  2. Sebagai alat pengendali keuangan. Anda dapat mengetahui semua data keuangan dengan memanfaatkan akuntansi. Dari data tersebut, Anda dapat mengetahui berbagai informasi mengenai bisnis ritel seperti keuntungan dan kerugian. Serta mengetahui terjadinya kekurangan pembayaran transaksi dan lain sebagainya.
  3. Membantu stakeholder dalam pengambilan keputusan dengan lebih mudah.

Baca juga: Strategi Praktis Melakukan Pemasaran Jasa

 

Untuk mengelola bisnis dengan  nyaman dan aman, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan software akuntansi. Software ini dapat Anda gunakan untuk melakukan aktivitas pencatatan keuangan pada bisnis ritel. Maka Anda tentu saja akan membuat karyawan atau tim akuntansi menjadi lebih terbantu dan pekerjaan pencatatan juga lebih cepat. Gunakan aplikasi software Jurnal yang telah dipercaya oleh ribuan pebisnis di Indonesia. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan bergabung dengan para pengguna lainnya.