5 Rekomendasi Aplikasi Penjualan, Nikmati Fitur Menarik! Kemajuan teknologi membuat banyak digital platform bermunculan. Salah satu yang banyak digunakan karena kemudahan yang diberikan yakni aplikasi penjualan. Berikut adalah pengertian, manfaat, serta beberapa rekomendasi program atau aplikasi penjualan barang berbasis web yang bisa Anda download untuk usaha Anda! Banyaknya masyarakat yang berinisiatif membuka usaha, peran aplikasi yang bisa meningkatkan efektifitas kerja dan operasional usaha pun makin dibutuhkan. Tujuannya adalah memastikan usaha dapat bertahan di tengah persaingan bisnis dan mampu berkembang sesuai harapan. Sebab penggunaan aplikasi yang bersifat otomatisasi guna menggantikan proses penjualan manual, akan membantu mempercepat dan mempermudah prosesnya. Apa yang dimaksud dengan aplikasi penjualan? Apa saja contoh aplikasi bisnis penjualan yang banyak digunakan para pelaku usaha? Kami telah merangkum informasi lengkapnya untuk Anda. Berikut ini penjelasannya. Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya! Apa itu Aplikasi Penjualan? Aplikasi penjualan artinya yaitu program atau software yang banyak dipakai perusahaan atau pelaku usaha untuk dapat menyelesaikan transaksi jual-beli dengan cepat dan juga akurat. Biasanya para pelaku usaha akan mendukung kinerja dari aplikasi ini dengan mengkombinasikannya bersama aplikasi lainnya seperti sistem ERP dan fungsinya. Tujuannya yakni menambah manfaat bagi usaha yang dijalankan agar dapat beroperasi dengan lancar sesuai harapan dan lebih mudah dalam pengelolaan. Manfaat dari Penggunaan Aplikasi Penjualan dalam Usaha Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh para pelaku usaha ketika mereka menerapkan program aplikasi penjualan dalam usahanya. Manfaat-manfaat tersebut antara lain yaitu sebagai berikut: Memungkinkan pengusaha memiliki catatan transaksi yang lengkap, rapi dan akurat Pengelolaan stok lebih mudah dan minim resiko terjadinya kesalahan akibat human error Transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat, praktis dan mudah, sehingga meningkatkan kepuasan konsumen Memudahkan Anda untuk memantau usaha, karena secara otomatis riwayat transaksi akan tercatat dalam sistem Membantu memudahkan Anda untuk melakukan analisa bisnis yang juga mempengaruhi strategi bisnis yang akan diterapkan Lebih menghemat waktu, biaya juga tenaga Membantu untuk bisa meningkatkan pendapatan juga keuntungan usaha Manfaat-manfaat di atas bisa Anda dapatkan hanya jika aplikasi kasir atau penjualan yang Anda gunakan tepat. Tepat secara fungsi dan juga kualitasnya. Hal ini dikarenakan setiap aplikasi memiliki kelebihan juga kekurangan dalam penerapannya. Untuk itu Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan usaha dan juga memahami secara keseluruhan seluk beluk aplikasi yang akan digunakan. Berikut ini beberapa aplikasi penjualan yang kami rekomendasikan, untuk bisa dipertimbangkan guna mendukung usaha yang tengah Anda jalankan. 5 Rekomendasi Aplikasi Penjualan untuk Usaha Anda Dalam memilih aplikasi penjualan sebagai pendukung usaha Anda, maka ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Mulai dari fitur yang ditawarkan, kemampuan software tersebut untuk diintegrasikan dengan aplikasi lainnya, juga reputasi dan pengalaman penyedia. Jangan lupakan juga dukungan pelanggan dan juga layanan kustomisasi maupun trial untuk mengecek kesesuaian dengan usaha Anda. Berikut ini adalah 5 rekomendasi aplikasi penjualan yang bisa menjadi pilihan usaha Anda: 1. Mekari Jurnal Jurnal adalah software ataupun aplikasi keuangan yang menyediakan berbagai fitur termasuk untuk mencatat transaksi penjualan. Kini, Jurnal telah dilengkapi dengan aplikasi kasir atau cash register sebagai aplikasi tambahan yang mempermudah Anda dalam melakukan proses transaksi penjualan kapan saja dan di mana saja meski tanpa koneksi Internet. Jurnal Touch adalah program aplikasi yang juga merupakan bagian aplikasi akuntansi Jurnal yang didesain khusus untuk menggantikan mesin kasir konvensional yang dapat membantu Anda mencatat seluruh transaksi penjualan bisnis. Dengan Jurnal Touch, Anda dapat melihat seluruh daftar produk yang telah Anda buat melalui Jurnal secara detail, mulai dari nama produk, harga jual dan beli, deskripsi produk, kategori produk, jumlah stok barang yang tersedia di toko, maupun di dalam gudang. Anda juga bisa menambahkan gambar produk yang dapat memudahkan dalam transaksi penjualan. Aplikasi yang dilengkapi fitur cetak struk ini juga memberikan tampilan struk yang bisa Anda kustom sesuai dengan kebutuhan bisnis. Di mana, Anda dapat menampilkan logo dan alamat perusahaan pada struk yang akan tercetak dan diberikan kepada pelanggan. Program aplikasi penjualan berbasis web Jurnal telah yang telah dipercaya oleh banyak pelaku bisnis di Indonesia. Kualitas dan fitur aplikasi Jurnal mampu mendorong kemajuan penjualan bisnis dalam berbagai skala. Baca juga: 10 Aplikasi Cetak Struk Terbaik 2021, Cek Rekomendasi Ini! Segera daftar dan nikmati free trial selama 14 hari di sini. Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang! 2. MOKA Selanjutnya ada MOKA. Sudah ada sejak tahun 2015, cukup banyak unit usaha yang memanfaatkannya. Adapun kelebihan dari aplikasi ini diantaranya adalah mengkombinasikan berbagai aplikasi dalam sebuah platform. Hal ini layaknya one stop shopping bagi para pengusaha, itulah mengapa MOKA cukup banyak peminat atau penggunanya. Anda bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi kasir online, pembukuan, program loyalitas pelanggan, manajemen inventory, online shop di dalam satu platform. Aplikasi ini dapat Anda unduh melalui smartphone. Dari situ Anda bisa memantau transaksi harian secara real time kapan pun dan di mana pun. MOKA dapat diakses secara online maupun offline. Ini juga menjadi salah satu kelebihan yang disukai pelanggan. Anda bisa memilih software ERP gratis ataupun versi berbayarnya. Dengan begitu dapat disesuaikan dengan anggaran juga kondisi finansial usaha Anda. Baca juga: Aplikasi Sistem Kasir Moka POS Kini Sudah Terintegrasi dengan Jurnal 3. EQUIP POS Jika di Indonesia software ini terbilang baru, tetapi tidak begitu di negara tetangga. Sejak 2006, banyak instansi atau perusahaan besar di Singapura yang telah menggunakannya. EQUIP menjadi solusi bisnis yang lengkap dan praktis. Baik untuk level Small and Medium Business (SMB) sampai dengan level enterprise. Aplikasi POS ini berbasis cloud sehingga memerlukan jaringan internet untuk mengaksesnya. Memiliki interface yang modern dan juga user friendly, membuat EQUIP POS mudah dipahami dan dioperasikan. Adapun fitur andalan dari aplikasi penjualan ini diantaranya adalah: Table management yang amat berguna bagi usaha cafe juga restoran. Dimana hal ini memudahkan karyawan dalam melacak pesanan juga tagihan tiap meja Transaction suspension, fitur penangguhan transaksi karena kondisi darurat. Fitur ini juga memungkinkan transaksi untuk diproses secara paralel. Multi location and user management, artinya Anda dapat mengelola lebih dari satu toko atau banyak cabang usaha dengan banyak pengguna. Bukan hanya untuk memonitor penjualan saja tetapi juga stok barang yang ada. Product return management, fitur yang memungkinkan proses penukaran maupun pengembalian produk secara instan. Barang atau produk yang ditukar maupun dikembalikan juga akan secara otomatis masuk ke catatan inventaris Price and product synchronization, sebuah fitur yang membantu Anda untuk lebih mudah dalam memperbaharui maupun mengubah daftar harga di seluruh cabang usaha Selain itu, Anda juga dapat mengawasi stok secara real time maupun mengupdate dari mana saja dan kapan saja. Baca juga: Yuk, Kenali 8 Aplikasi Kasir Android Paling Favorit! 4. OLSERA OLSERA merupakan aplikasi penjualan yang fleksibel. Hal itu karena aplikasi ini menyediakan fitur untuk berbagai bidang bisnis yang berbeda. Dengan begitu para pelaku usaha dapat lebih mudah menyesuaikan fitur yang akan digunakan dengan bidang usahanya. OLSERA banyak digunakan oleh bisnis skala kecil juga menengah. Sebut saja seperti toko ritel, cafe juga restoran. Tidak ada batasan terkait jumlah toko atau outlet pengguna program atau aplikasi penjualan berbasis web yang bisa Anda download ini. Jadi baik usaha pemula maupun yang sudah banyak cabangnya bisa menggunakan OLSERA. Ada dua pilihan paket bagi pelanggan OLSERA. Paket lite yang gratis, biasanya untuk usaha pemula. Sementara paket berbayar atau premium, banyak digunakan oleh usaha yang sudah cukup berkembang. Untuk bisa memperoleh biaya berlangganan yang lebih ringan, Anda disarankan melakukan pembayaran untuk periode tahunan. Baca juga: Integrasi Jurnal dengan Aplikasi Kasir Olsera POS Adapun contoh fitur yang ditawarkan aplikasi toko OLSERA ialah: Fitur perhitungan ongkir, CRM, manajemen pembayaran, transfer stok, manajemen inventaris dan sinkronisasi data pada jenis usaha ritel Fitur table management, kitchen display system, manajemen menu dan juga pembayaran yang biasa digunakan pada bisnis cafe juga restoran Selain dua jenis usaha di atas, jenis usaha lain yang banyak menggunakan aplikasi OLSERA adalah catering, laundry, pet shop, butik dan juga toko elektronik. 5. iSeller iSeller menyediakan aplikasi POS dengan fitur-fitur terbaik yang pastinya akan membantu proses penjualan bisnis Anda. Anda bisa mengatur produk-produk Anda dengan mudah, mulai dari penambahan produk hingga pengaturan varian. Anda juga tidak perlu pusing mengatur inventori setiap outlet Anda karena inventori di iSeller saling terhubung antara satu outlet dengan outlet lainnya. Dan semuanya juga sudah terhubung dengan penjualan dari Point of Sales Indonesia di masing-masing outlet Anda. Tidak perlu lagi menyesuaikan inventori secara manual. Tingkatkan Profit Bisnis dengan Memanfaatkan Aplikasi Penjualan Setiap pelaku bisnis tentunya ingin agar bisnisnya terus berkembang dan menghasilkan. Profitabilitas adalah hal utama yang selalu menjadi prioritas dalam berbisnis. Bisnis dalam skala apapun akan mencari cara dan memanfaatkan peluang sebaik mungkin agar pendapatannya meningkat. Bisa dibilang, peningkatan profit adalah indikator terbaik untuk mengukur keberhasilan sebuah usaha. Ketika sebuah bisnis baru dirintis, omzet penjualan dan ragam produk biasanya belum terlalu banyak sehingga pembukuan dan analisa penjualan tidak akan menjadi masalah yang berarti. Hal ini tentu berbeda saat sebuah bisnis telah berkembang dan melakukan ekspansi baik dalam segi skala bisnis dan varian produknya. Untuk menopang perkembangannya, bisnis memerlukan berbagai peningkatan, dan salah satunya adalah dengan mengadopsi program, software, atau aplikasi penjualan. Di era teknologi ini, ada berbagai aplikasi untuk menunjang penjualan yang bisa diadopsi oleh bisnis. Pengaplikasian aplikasi penjualan akan memberikan efisiensi dalam segala segi. Kira-kira, apa sajakah manfaat dari pengadopsian aplikasi ini? Mempermudah Laporan Keuangan Setiap bisnis tentu membutuhkan format laporan keuangan di setiap akhir periode untuk menampilkan posisi keuangan mereka. Dengan melihat laporan keuangan, bisnis akan mendapatkan informasi lengkap mengenai cash flow, debit, dan kredit bisnis. Ada tiga faktor yang menunjang laporan keuangan, yaitu aset, liabilitas, serta ekuitas. Ketiga faktor ini mampu ditopang oleh aplikasi penjualan. Aplikasi yang diterapkan dalam bisnis akan mengolah seluruh transaksi yang terjadi dalam periode penjualan, dan menghasilkan neraca keuangan dengan sangat cepat, bahkan real time. Menentukan Keputusan Bisnis Hasil analisa dari aplikasi tidak hanya cepat, tapi juga dapat diandalkan. Grafik penjualan produk yang ditampilkan dalam neraca keuangan dari software penjualan dapat dijadikan acuan saat pelaku bisnis meninjau perkembangan bisnisnya. Pengambilan keputusan bisnis juga menjadi lebih mudah karena data yang ditampilkan sudah teruji keakuratan-nya. Manfaat ini sangat berguna, terutama untuk bisnis dalam skala menengah yang membutuhkan keputusan yang akurat dalam waktu cepat. Data untuk Stok Barang Barang-barang yang dijual merupakan aset yang wajib dikelola dengan apik, baik dalam segi kuantitas maupun kualitasnya. Pendataan barang secara manual mungkin tidak begitu merepotkan untuk bisnis dalam skala kecil, namun bagi pelaku bisnis UKM atau bisnis raksasa, pendataan barang secara manual mustahil dilakukan. Aplikasi penjualan merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Dengan memanfaatkan fitur dalam aplikasi, maka akumulasi stok barang yang masuk maupun keluar dari gudang akan tercatat secara rapi. Menggunakan fitur aplikasi untuk penjualan juga akan mempermudah proses procurement karena Anda dapat melihat stok barang yang tersisa. Bahkan, beberapa aplikasi juga mampu membandingkan persediaan barang setiap bulannya. Dengan aplikasi tersebut, kondisi persediaan barang yang disimpan juga dapat diperiksa dengan cepat, karena memungkinkan pencatatan tanggal kadaluwarsa atau tanggal maintenance dari sebuah barang. Hal tersebut akan mempermudah Anda untuk mengambil keputusan dalam pengadaan, maupun melakukan promosi potongan harga untuk menghabiskan stok yang sudah lama disimpan. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut merupakan hal yang sangat berguna untuk menopang bisnis. Semakin dini pengadopsian aplikasi penjualan, akan semakin cepat juga bisnis Anda berkembang. Jadi, tunggu apa lagi? Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan aplikasi penjualan, manfaatnya dan juga beberapa rekomendasi yang bisa Anda gunakan.. Agar tidak salah pilih aplikasi, maka buatlah daftar kebutuhan usaha untuk dijadikan acuan dalam memilih serta mengkustomisasi aplikasi yang akan Anda gunakan. Integrasikan aplikasi penjualan dengan aplikasi lain yang Anda butuhkan. Setelah itu lakukan uji coba untuk mengecek efektifitas dan performa dari aplikasi tersebut bagi usaha Anda. Jika sudah sesuai, pastikan juga untuk memiliki tenaga ahli yang bisa mengatasi ketika sewaktu-waktu muncul kendala teknis dari pengoperasian aplikasi. Nah, itulah beberapa rekomendasi program aplikasi penjualan berbasis web yang bisa Anda download serta manfaatnya bagi bisnis Anda. Semoga bermanfaat!