Jurnal Enterpreneur

Menjalankan Bisnis Baru Dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Toko

Ketika Anda membuka bisnis baru, khususnya di bidang retail atau pertokoan maka Anda membutuhkan aplikasi yang membantu pencatatan transaksi penjualan dan keuangan toko. Aplikasi toko adalah program komputer untuk keperluan toko dengan fitur atau menu yang sederhana dengan beberapa fasilitas pokok yang disediakan.

Aplikasi toko sama halnya dengan aplikasi kasir, atau bisa saja manfaatnya seperti aplikasi bisnis yang mempunyai beberapa manfaat sebagai alat bantu untuk mendata seluruh pembelian dan penjualan barang di toko. Selain bisa digunakan sebagai alat hitung, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengecek keluar masuknya barang, pemasokan barang, mendata supplier, hingga pelanggan.

Read More : 5 Keunggulan Menggunakan Software Toko untuk Bisnis

Apa Manfaat Aplikasi Toko Untuk Bisnis Baru?

Ada banyak aplikasi toko yang tersedia, beberapa diantaranya memiliki harga yang cukup mahal. Beberapa fitur yang dimiliki seperti print atau membaca barcode, print kuitansi, hingga laporan persediaan barang. Aplikasi ini juga memiliki banyak manfaat, diantaranya.

1. Proses Transaksi Lebih Mudah & Terekam Dengan Baik

Salah satu poin penting ketika membuka bisnis baru adalah pencatatan keuangan yang harus jelas. Beberapa pengusaha meremehkan hal ini, sehingga pengeluaran dan pemasukan tidak tercatat. Padahal, pencatatan keuangan bisa berefek langsung untuk target jangka pendek dan panjang. Dengan menggunakan aplikasi toko maka segala transaksi akan tercatat secara sistematis dan aman.

2. Hasil Laporan Laba Rugi yang Akurat

Dasar-Dasar Laporan Laba Rugi yang Wajib Diketahui

Mungkin ketika awal-awal membangun bisnis, Anda belum bisa menentukan laba rugi toko secara akurat. Tetapi ketika bisnis sudah berjalan 3-6 bulan, Anda bisa menentukan hasil laporan laba rugi toko dengan mudah dan hasilnya dijamin akurat jika menggunakan aplikasi toko.

3. Memiliki Laporan Arus Kas Toko

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan

Aplikasi toko memungkinkan Anda mendapatkan seluruh laporan keuangan yang ada. Hal ini membantu untuk mencegah terjadinya kebocoran keuangan. Dengan laporan kas toko yang akurat dan terperinci, Anda dapat melihat seluruh pemasukan dan pengeluaran sekecil apapun.

4. Nilai Plus Untuk Branding Bisnis Baru

Aplikasi toko dapat menjadi nilai plus untuk branding sebuah bisnis. Dalam bisnis, branding adalah salah satu poin penting yang harus dibangun. Para pelanggan tentu akan memilih bisnis dengan branding yang bagus, misalnya dari segi toko yang menarik atau layanan yang ramah. Dengan adanya aplikasi toko, tentu para pelanggan akan melihatnya sebagai nilai lebih. Aplikasi ini akan membuat pelayanan menjadi lebih baik karena semuanya tercatat dan terlihat profesional.

5. Pilihlah Aplikasi Toko Yang Tepat

Aplikasi toko biasanya diterapkan menggunakan MokaPos, Pawoon, Raptor, maupun Quinos. Berbagai aplikasi ini memberikan solusi seputar kebutuhan toko. Hal ini umumnya digunakan para manajer toko untuk mengelola segala hal tentang toko seperti membuat menu, melihat transaksi, hingga mengecek stok barang.

Read More : 4 Perbedaan Target Konsumen Pemasaran Online dan Offline

Untuk segera memulai, buatlah sebuah sistem daftar persediaan barang jualan sebelum Anda mendata secara fisik. Pendataan sebaiknya mencakup kode barang, biaya per barang, jumlah persediaan yang ada dalam catatan, termasuk jumlah nyata barang, serta jumlah persediaan total dari barang tersebut. Setelah dihitung, kalkulasikan nilainya dengan mengalikan biaya dengan jumlah barang yang ada. Sediakan kolom khusus untuk mendapatkan nilai total barang jualan. Jika Anda menggunakan sistem manual, maka Anda harus melakukannya secara bertahap.

Beberapa aplikasi toko memiliki prinsip sama dan umumnya memiliki fitur yang lengkap. Sebuah aplikasi bisa melakukan kalkulasi dengan lebih instan. Hal ini dapat membantu Anda mengelola barang jualan toko dengan lebih baik dan terhindar dari kerugiaan yang seharusnya tidak perlu terjadi.

Selain menggunakan aplikasi toko, menjalankan bisnis juga bisa menjadi lebih mudah dengan melakukan proses akuntansi. Dengan proses akuntansi, Anda dapat mengetahui seluruh laporan keuangan bisnis yang diperlukan. Untuk membuat laporan keuangan dengan mudah, Jurnal sebagai salah satu software keuangan dapat memberikan solusinya. Jurnal adalah aplikasi bisnis yang bisa diakses secara online dan dapat membantu Anda mengelola laporan keuangan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Daftar Jurnal dan dapatkan free trial selama 14 hari secara gratis!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo