Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Kenali Jurnal 360
Kenali Jurnal 360
×
Mekari Jurnal
Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Kenali Jurnal 360
Kenali Jurnal 360
Software bisnis

Aplikasi bisnis online untuk usaha semakin laris

Aplikasi untuk bisnis dalam mengelola manajemen usaha dengan akses online yang lebih mudah, efisien, cepat, akurat dan efisien sehingga usaha berjalan efektif dan makin berkembang.

Jika Anda sedang mengelola usaha, maka  ada banyak aplikasi bisnis yang dapat membantu kinerja usaha yang dikelola. Sistem untuk mengelola bisnis ini rata-rata memiliki fitur online dimana aplikasi bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Apa itu aplikasi bisnis?

Aplikasi bisnis adalah perangkat lunak yang dibuat untuk membantu perusahaan dalam mengelola berbagai pekerjaan seperti komunikasi, membuat laporan keuangan, mengelola kinerja karyawan hingga mencatat stok barang.

Manfaat aplikasi bisnis

Sistem ini membantu lingkungan bisnis perusahaan dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi  dan otomasi dalam proses kerja, kolaborasi pekerja dan membuat analisis yang lebih akurat, cepat serta lebih mudah.

Jika bisnis ingin semakin laris, terutama UMKM, maka kita memerlukan sistem untuk mempercepat bisnis dalam bergerak, dan aplikasi-aplikasi bisnis inilah adalah solusinya.

5 Aplikasi bisnis online perusahaan

Catatan: Ada banyak sekali software yang bisa digunakan untuk membantu bisnis berjalan lebih baik, tetapi aplikasi utama apa saja yang wajib dan biasa digunakan oleh perusahaan? Kita coba buat daftarnya di artikel ini.

Kriteria yang menjadi pertimbangan adalah: Fitur utama yang dimiliki, kemudahan penggunaan, harga, tim support dan fitur wajib online.

1. Mekari Jurnal

Software akuntansi yang dilengkapi oleh banyak fitur dan pilihan integrasi dengan sistem lain. Mekari Jurnal sudah dipercaya puluhan ribu perusahaan dalam mengelola bisnis mereka, terutama untuk mempermudah manajemen keuangan perusahaan.

Dashboard software akuntansi online Mekari Jurnal

Selain untuk akuntansi, software asli dari Indonesia ini juga terkenal dengan fitur manajemen stok barang, manajemen multi gudang hingga membantu urusan perpajakan.

Beberapa kelebihannya:

  • Antar muka dan desain aplikasi yang mudah digunakan bahkan bagi pemula
  • Beragam fitur untuk manajem bisnis termasuk akuntansi, supply chain manajemen, perpajakan dan invoice
  • Integrasi dengan layanan dan sistem diluar sistem utama seperti dengan sistem POS
  • Online monitoring yang mempermudah kontrol jarak jauh
  • Harga yang cukup terjangkan dengan beragam paket pilihan yang bisa disesuaikan

Kekurangan:

  • Paket tertinggi yang cukup premium bila dilihat dari kemampuan UKM Indonesia secara rata-rata, meskipun memang UKM memang tidak perlu paket tertinggi.

Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengelola pembukuan dan laporan keuangan perusahaan sehingga data keuangan bisnis akan selalu mudah diakses dan dimonitor dengan cepat tetapi akurat.

Coba GRATIS Mekari Jurnal disini.

2. Google Workspace

Didalamnya terdapat layanan untuk bisnis dari Google seperti Email yaitu Gmail, Google Sheets, Docs, Slides, Google Meet, Gemini AI hingga layanan Chat yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya.

aplikasi bisnis google workspace

Google Workspace merupakan salah satu paket aplikasi bisnis yang wajib di miliki perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan. Selain untuk mengirim dan menerima email pekerjaan, seperti Google Doc, Slides, Drive merupakah salah tiga aplikasi yang sudah lumrah digunakan perusahaan terutama untuk kolaborasi antar karyawan.

Meskipun ada layanan yang sebenarnya gratis semisal Gmail dan pake Office, tetapi untuk bisnis dan perusahaan, Google Wordspace berbayar sangat layak untuk digunakan karena memiliki banyak kelebihan semisal untuk manajemen pengguna dan alamat email yang bisa diganti sesuai nama domain website bisnis.

Kelebihan dan alasan menggunakan Google Workspace

  • Aplikasi dari brand Google yang terjamin
  • Integrasi yang sangat banyak dari aplikasi milik Google
  • Kolaborasi yang real-time dan online
  • Jaminan data lebih aman

Sedikit kekurangannya:

  • Tidak memiliki sistem keuangan atau POS yang mumpuni
  • Fitur dengan penyimpanan besar memerlukan paket tertentu yang lebih mahal

Google Wordspace sangat di rekomendasikan untuk membantu usaha yang lebih cepat dan mudah dalam bekerja sama atau kolaborasi, setiap bisnis yang banyak berkolaborasi, aplikasi ini sudah layak digunakan setiap hari.

3.Zoho

Siapa yang tidak kenal dengan Zoho? Aplikasi yang berasal dari negara India ini sudah cukup terkenal didunia bisnis sebagai salah satu aplikasi dan software yang sering digunakan di seluruh dunia.

zoho untuk bisnis

Zoho bisa dikatakan mirip seperti produk Google Workspace dimana satu merek tetapi memiliki jenis aplikasi bisnis online seperti aplikasi CRM, pembukuan hingga layanan Email gratis.

Kelebihan Zoho:

  • Layanan integrasi yang luas
  • Online dan berbasis web atau cloud
  • Ekosistem antar produk Zoho
  • Cocok untuk UKM kecil hingga perusahaan besar
  • Harga tidak terlalu mahal untuk produk luar negeri

Kekurangan:

  • Terlihat lebih komplek karena banyaknya fitur yang ada
  • Biaya terpisah untuk masing-masing jenis layanan
  • Perlu penyesuain dengan peraturan lokal

4. Figma

Untuk beberapa jenis usaha modern seperti bisnis online dan start-up, Figma menjadi salah satu aplikasi yang sudah tentu digunakan untuk pekerjaan terkait desain dan layout. Figma adalah layanan desain berbasis cloud yang memudahkan tim untuk mendesain produk secara real-time dan mudah berkolaborasi.

aplikasi bisnis figma

Figma biasanya dipakai oleh tim UI/UX, produk manager, web and app developer hingga marketer lainnya. Kemudahan dalam kolaborasi membuat Figma mulai di senangi banyak perusahaan, selain cepat dan mudah, harga Figma juga tergolong lebih murah dibandingkan software desain lainnya.

Apa saja kelebihan Figma:

  • Layanan desain online yang mudah digunakan
  • Kemudahan dalam kolaborasi langsung
  • memiliki historical dan tracking untuk melihat siapa dan kapan perubahan ini terjadi
  • Harga lebih murah dibandingkan software desain lainnya.

Apa saja kekurangnnya?

  • Butuh koneksi internet yang baik untuk menjalankan sistem dengan lancar
  • Tidak bisa full offline
  • Butuh waktu untuk lancar menggunakannya

5. Aplikasi Absensi Online Talenta

Coba Anda tanya kepada saudara atau teman yang bekerja di perusahaan besar atau modern, aplikasi apa yang mereka gunakan untuk absen masuk kerja? Saya yakin ada beberapa orang yang menyebut aplikasi hr Mekari Talenta.

Aplikasi bisnis online ini sudah dipastikan harus ada di dalam daftar rekomendasi. Mekari Talenta adalah platform HR berbasis cloud yang dapat diakses melalui jaringan internet.

aplikasi bisnis untuk absen obline dari Talenta

Aplikasi ini akan sangat membantu perusahaan dalam mengelola karyawan secara menyeluruh dalam kapasitas yang besar. Dengan sistem integrasi yang luas, Mekari Talenta memudahkan sistem administrasi yang sangat banyak dan rumit menjadi lebih mudah dan cepat.

Apa saja keuntungan menggunakan Mekari Talenta:

  • Manajemen absensi yang lebih cepat dan efisien
  • Mempermudah proses pengajuan keperluan karyawan seperti cuti dan izin tidak masuk kerja
  • Integrasi sistem penggajian atau Payroll
  • Mempermudah perhitungan dalam sistem perhitungan gaji, potongan pajak serta BPJS
  • Laporan data karyawan akhir yang terpusat dan mudah untuk digunakan

Kekuranganya:

  • Membutuhkan koneksi yang stabil saat digunakan
  • Biaya bisa bertambah seiring banyaknya jumlah karyawan

Jika Anda berencana memidahkan layanan mesin fingerprint dan sistem absen manual, maka aplikasi untuk bisnis ini sangat layak untuk Anda coba.

Daftar aplikasi untuk bisnis yang bisa dipertimbangkan

Selain dari software aplikasi di atas, ada beberapa pengelola bisnis dan usaha yang masih menggunakan beberapa aplikasi yang mungkin lebih familiar untuk mereka gunakan, tujuannya masih sama yaitu sebagai penggerak proses bisnis, diantaranya:

  • Microsoft Word dan Excel offline atau bisa pilih Microsoft 365 online, alternatif dari Google Workspace
  • Slack, Trello, Asana, Jira dan ClickUP sebagai aplikasi manajemen pekerjaan
  • Zoom sebagai layanan meeting selain Google Meet
  • Mekari Qontak, Salesforce sebagai sistem CRM
  • Whatsapp sebagai aplikasi komunikasi yang banyak digunakan tim marketing, bisa versi gratis atau WA Business
  • Hootsuite, Semrush, Ahrefs banyak digunakan untuk tim content dan online marketing

Itulah beberapa aplikasi yang banyak digunakan oleh bisnis perusahaan dalam mengelola usaha. Tidak semua software masuk dalam artikel ini, tetapi jika diharuskan menggunakan beberapa aplikasi saja, apalagi jika terbatas dengan biaya, maka beberapa aplikasi bisa Anda pilih.

Wajib ducoba apalagi jika Anda masuk di ranah bisnis online yang memerlukan sistem digital untuk kecepatan pekerjaan.

Mekari Jurnal sebagai sistem untuk mengelola keuangan, Mekari Talenta untuk mengelola karyawan yang bisa menjadi pilihan, setelah itu Google Workspace menjadi aplikasi selanjutnya dan sudah cukup untuk membantu usaha.

Penawaran menarik dari Mekari Jurnal, coba gratis disini, ambil manfaatnya supaya bisnis lebih efisien dan menguntungkan.

WhatsApp Hubungi Kami