16 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik, Bingung Pilih Apa? Yuk, Intip Fiturnya Memang perlu waktu dan pertimbangan yang matang untuk mencari software akuntansi terbaik yang sering digunakan di perusahaan Indonesia. Untuk itulah di artikel ini, kami membuat daftar pilihan rekomendasi 16 aplikasi accounting online yang mungkin pas untuk usaha dan bisnis Anda. Perlu diperhatikan, jaminan kualitas bagaimana catatan keuangan bisnis dikelola akan membantu sebuah bisnis untuk terus berkembang. Oleh karena itu, bisnis rintisan lebih sering memilih aplikasi akuntansi sebagai solusi untuk melakukan pengelolaan keuangan yang lebih akurat dan mudah. Berikut ini adalah pilihannya: 1. Mekari Jurnal Mekari Jurnal merupakan salah satu software accounting terbaik yang sering digunakan, sudah memiliki ratusan ribu pelanggan setia yang berasal dari bisnis rintisan hingga di perusahaan besar. Mekari telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi, mulai dari POS, software payroll, hingga aplikasi perpajakan. Anda juga jangan takut data hilang atau disalahgunakan karena Mekari Jurnal sudah tersertifikasi ISO/IEC 27001 sehingga aman untuk digunakan dalam pengelolaan keuangan semua jenis perusahaan. Selain itu, bagi Anda dengan tingkat mobilisasi yang tinggi, menggunakan mobile app dari Mekari Jurnal memungkinan Anda untuk memantau bisnis secara realtime di mana saja dan kapan saja dengan mudah. Intip review dari salah satu pengguna Mekari Jurnal: Watch this video on YouTube Jika ada pertanyaan lain, segera hubungi tim kami dan dapatkan coba gratis selama 7 hari sekarang! Baik, Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Konsultasi dengan Tim Ahli Mekari Jurnal Sekarang! Fitur-Fitur yang Terdapat Pada Mekari Jurnal Berikut beberapa fitur-fitur yang perlu Anda ketahui agar dapat menunjang pengelolaan akuntansi bisnis Anda: Biaya & Anggaran Membantu menjaga biaya operasional bisnis dengan memantau pengeluaran-pemasukan yang ter-update secara otomatis. Pembukuan Keuangan Catat segala bentuk pembukuan perusahaan baik dari sisi pendapatan, beban dan lainnya dengan rapi, otomatis dan akurat. Membuat Laporan Keuangan Data yang sudah tersinkronisasi dengan pembukuan akan menghasilkan laporan yang terupdate secara otomatis, dan membantu membuat keputusan yang jauh lebih cepat, tepat dan akurat. Manajemen Aset Membantu bisnis untuk menjaga nilai aset agar tetap tinggi dan memiliki jangka waktu yang lama. Manajemen Stok Membantu Anda dalam mengelola ketersediaan stok barang mulai dari memantau aktivitas gudang, melakukan pencatatan penjualan dan pembelian barang, dan stock opname secara cepat, realtime dan lebih mudah. Invoice & Faktur Online Anda bisa membuat, dan mengirim invoice beserta faktur penjualan secara otomatis. Selain itu, terdapat fitur dukungan seperti notifikasi status pembayaran dan recurring invoice. Perhitungan Pajak Perhitungan terkait pajak bisa dilakukan dengan otomatis, tanpa kesalahan dan sesuai aturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Melalui fitur ini, Anda juga bisa membuat laporan pajak pemotongan, pajak penjualan, pajak PPN dan e-faktur hanya perlu satu klik saja. Rekonsiliasi Bank Anda dapat melakukan transfer uang untuk kegiatan bisnis langsung dalam satu platform dan semua transaksi akan otomatis terekam dalam laporan rekonsiliasi bank Anda. Mekari Pay Membantu memudahkan Anda untuk menerima pembayaran melalui berbagai metode dari pelanggan dan otomatis tercatat dalam pembukuan Jurnal. Analisa Laporan berbasis AI Fitur berbasis AI yang mempermudah analisa mendalam khususnya pada laporan laba rugi dan arus kas. Itulah beberapa fitur unggulan beserta fitur pelengkap yang dapat Anda temukan dalam Mekari Jurnal. Melalui fitur-fitur tersebut, tentunya harga yang akan Anda keluarkan akan sesuai dengan values yang akan didapat dan bisnispun akan semakin berkembang. Download app nya di Google Play atau di App Store 2. Wave Wave adalah software keuangan yang didekasikan untuk usaha kecil, dengan sistem yang mudah digunakan. Pada awal rilis, produk accounting sistem Wave, adalah alat akuntansi entri ganda. Dimana wave memiliki berbagai layanan yang mencakup : Impor Data Bank Langsung Layanan Wave memungkinkan Anda untuk mengimpor data bank langsung ke platform, membuat pengelolaan keuangan menjadi lebih efisien. Anda dapat memantau transaksi dan saldo bank Anda dengan mudah, tanpa perlu repot menginput data secara manual. Pembuatan Faktur dan Pelacakan Pengeluaran Dengan Wave, Anda dapat dengan cepat membuat faktur profesional dan mengirimkannya kepada pelanggan Anda. Selain itu, Anda dapat melacak dan mengatur pengeluaran bisnis Anda secara rapi, sehingga Anda dapat dengan mudah mengontrol keuangan Anda. Bagan Akun yang Dapat Disesuaikan Wave menyediakan bagan akun yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda dapat mengelompokkan transaksi ke dalam kategori yang relevan, sehingga Anda dapat memantau dan menganalisis keuangan dengan lebih terperinci. Transaksi Jurnal Dengan Wave, Anda dapat mencatat transaksi jurnal untuk memperoleh catatan keuangan yang akurat dan lengkap. Anda dapat mengelola pendapatan dan biaya dengan mudah, serta menghasilkan laporan keuangan yang informatif. Wave bisa terintegrasi dengan beberapa sistem lain seperti perangkat lunak pelacakan pengeluaran Shoeboxed, dan situs Etsy sehingga sesuai dengan harga yang perlu dibayarkan. Fitur lainnya invoicing, payments, accounting, banking, payroll, dll. Website: www.waveapps.com Download software nya di Google Play atau di App Store 3. FreshBooks FreshBooks hadir dengan tagline “software untuk pemilik usaha dan juga para akuntan”. FreshBooks accounting software adalah solusi yang komprehensif untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Dengan fitur-fitur unggulannya, Anda dapat dengan mudah mengatur faktur, melacak pengeluaran, mengelola proyek, menerima pembayaran, dan menghasilkan laporan keuangan yang akurat. Berikut 6 fitur andalan perangkat lunak akuntansi FreshBooks yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola keuangan bisnis anda: Invoicing expenses FreshBooks menawarkan fitur faktur yang memudahkan Anda dalam membuat dan mengirimkan faktur kepada klien Anda. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan desain faktur, menambahkan logo perusahaan, dan mengatur pengaturan pembayaran. Expenses Dengan fitur expenses, Anda dapat mencatat dan melacak semua pengeluaran bisnis Anda secara efisien. Anda dapat mengunggah foto tanda terima, mengkategorikan pengeluaran, dan membuat laporan keuangan yang akurat. Time Tracking FreshBooks menyediakan fitur pelacakan waktu yang memungkinkan Anda memantau waktu yang dihabiskan untuk proyek atau tugas tertentu. Hal ini memudahkan Anda dalam menghitung jumlah jam kerja dan mengalokasikan waktu dengan tepat. Projects Fitur projects membantu Anda mengelola proyek bisnis dengan lebih terstruktur. Anda dapat membuat daftar tugas, mengatur tenggat waktu, dan melacak perkembangan proyek secara real-time. Payments FreshBooks menyediakan berbagai pilihan pembayaran yang memudahkan klien Anda untuk melakukan pembayaran. Anda dapat menerima pembayaran melalui kartu kredit, PayPal, atau transfer bank dengan mudah. Reporting Dengan fitur reporting, Anda dapat menghasilkan laporan keuangan yang informatif dan mudah dipahami. Anda dapat melihat ringkasan keuangan bisnis Anda, melacak pendapatan, pengeluaran, dan mengidentifikasi tren yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis. FreshBooks ini menawarkan produk yang bisa digunakan dengan metode langganan, mirip seperti Mekari Jurnal. Akan tetapi, harga yang diberikan cukup mahal walaupun memberikan fitur yang sesuai dengan harganya. Seluruh fitur yang bisa digunakan untuk mendukung proses akuntansi perusahaan adalah seperti faktur, hutang dagang, pelacakan pengeluaran, pelacakan waktu, pengikut, penyusutan aset tetap, pesanan pembelian, integrasi penggajian, pelacakan jarak tempuh, akuntansi entri ganda, dan pelaporan bisnis dan manajemen standar industri. Website: www.freshbooks.com Download software nya di Google Play atau di App Store 4. QuickBooks Software akuntansi QuickBooks hadir dengan tagline software yang pintar dan mudah digunakan untuk para pemilik usaha kecil. Jadi aplikasi accounting ini akan bisa mendukung proses akuntansi terbaik, terutama untuk UMKM dan usaha kecil. Beberapa fitur dari aplikasi ini antara lain: Fitur Invoicing Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur invoicing yang memungkinkan Anda membuat faktur dengan mudah dan profesional. Anda dapat mengirim faktur kepada pelanggan Anda secara cepat dan efisien. Fitur Inventory Manajemen persediaan menjadi lebih efisien dengan fitur inventory yang disediakan oleh aplikasi ini. Anda dapat melacak stok barang dengan mudah, memperbarui informasi persediaan, dan mengoptimalkan pengelolaan inventaris. Manajemen Pengeluaran Aplikasi ini juga menyediakan fitur manajemen pengeluaran yang memudahkan Anda dalam melacak dan mengelola semua pengeluaran bisnis Anda. Anda dapat memantau pengeluaran dengan rapi dan mengoptimalkan pengeluaran untuk meningkatkan efisiensi keuangan. Laporan Bank Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam memantau transaksi dan saldo bank Anda. Anda dapat mengimpor laporan bank secara langsung ke aplikasi ini dan membuat laporan keuangan yang akurat. Dengan fitur-fitur tersebut, aplikasi ini akan menjadi solusi terbaik untuk mempermudah pekerjaan Anda. Dapatkan pengalaman yang lebih efisien dan akurat dalam mengelola keuangan bisnis Anda dengan fitur invoicing, inventory, manajemen pengeluaran, dan laporan bank yang disediakan oleh aplikasi ini. Website: https://quickbooks.intuit.com Download software nya di Google Play atau di App Store 5. NetSuite Cloud Hadir dari brand Oracle, software accounting NetSuite menyederhanakan proses akuntansi di perusahaan. Fitur utama Oracle ini antara lain buku besar, cash management, manajemen pengeluaran dan pemasukan, dan pengolahan pajak. Selain itu NetSuite juga menyediakan berbagai berbagai fitur penting seperti: Pencatatan Transaksi Aplikasi ini memudahkan Anda dalam mencatat setiap transaksi keuangan secara terperinci. Anda dapat mencatat pembelian, penjualan, dan transaksi lainnya dengan mudah dan cepat. Mengelola Hutang dan Piutang Fitur ini membantu Anda dalam mengelola hutang dan piutang bisnis dengan lebih efisien. Anda dapat melacak pembayaran yang masuk dan keluar serta mengatur jatuh tempo pembayaran dengan lebih baik. Mengumpulkan Pajak dan Menutup Pembukuan Aplikasi ini membantu Anda dalam mengumpulkan pajak dengan tepat waktu dan mengelola proses penutupan pembukuan dengan mudah. Pelaporan Akurat dan Tepat Waktu Dengan fitur ini, Anda dapat membuat laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu. Anda dapat menghasilkan laporan laba rugi, neraca, dan laporan keuangan lainnya dengan mudah. Kontrol Aset Keuangan Aplikasi ini memberikan kontrol yang lebih besar atas aset keuangan Anda. Anda dapat melacak dan mengelola kas, mengontrol pengeluaran dan pemasukan, serta memantau kesehatan keuangan bisnis Anda. Dengan fitur-fitur seperti buku besar, cash management, manajemen pengeluaran dan pemasukan, serta pengolahan pajak yang disediakan oleh aplikasi ini, Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Dapatkan pengalaman yang lebih baik dalam mencatat transaksi, mengelola hutang dan piutang, mengumpulkan pajak, menutup pembukuan, serta membuat laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu. Website: www.netsuite.com/portal/products/erp/financial-management/finance-accounting.shtml Download software nya di Google Play atau di App Store 6. Hashmicro Hashmicro dengan tagline “think forward” atau “berpikir kedepan” merupakan perusahaan ERP asal Singapura yang berdiri sejak tahun 2006 dan memiliki pangsa pasar yang cukup ramai di Indonesia. Sebagai penyedia ERP, tentunya Hashmicro menyediakan berbagai fitur solusi otomatis yang membantu pengelolaan sebuah bisnis dan perusahaan, salah satunya adalah manajemen akuntansi bisnis. Berikut fitur-fitur unggulan yang Hashmicro miliki untuk membantu mengelola akuntansi dan keuangan bisnis Anda: Manajemen Buku Besar Memiliki peran yang cukup besar dalam mencatat seluruh transaksi keuangan perusahaan dalam satu periode penuh. Melalui fitur ini, Anda dapat melacak dan menganalisis berbagai informasi keuangan yang vital seperti aset, kewajiban, modal, pendapatan, dan beban. Manajemen Pajak Solusi untuk mengelola berbagai kebutuhan pajak secara praktis. Beberapa di antaranya seperti mengatur sistem perpajakan, mengelola audit pajak, dan pelaporan perpajakan. Manajemen Faktur & Transaksi Fitur penting yang membantu mengelola transaksi pembelian secara sederhana dan mudah karena semuanya tersimpan secara terpusat (centralized). Selain itu, fitur ini juga memiliki fungsi reminder untuk faktur yang belum selesai proses pembayarannya. Manajemen Depresiasi Aset Perusahaan biasanya akan sering berurusan dengan aktiva sebagai aset perusahaan. Melalui fitur ini, Anda dapat menghitung penyusutan aset secara akurat dan otomatis dalam hitungan detik. Melalui fitur-fitur tersebut tentunya dapat membantu bisnis dan perusahaan Anda untuk semakin optimal dan berkembang mengalahkan kompetitor-kompetitor bisnis lainnya. Website: www.hashmicro.com 7. Jubelio Jubelio merupakan perusahaan asal Indonesia yang sudah terbentuk sejak tahun 2013 dan masih terus berkembang hingga saat ini. Software akuntansi Jubelio memberikan kemudahan menjalankan aktivitas bisnis pada pemilik toko offline maupun online dengan menawarkan layanan terintegrasi melalui berbagai channel penjualan bisnis. Beberapa fitur unggulannya antara lain: Fitur Gudang Melalui fitur ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan visibilitas dan pengendalian penuh atas gudang hanya melalui aplikasi. Beberapa risiko human error seperti pengiriman dobel, kesalahan pick-up barang, dan pengiriman yang tertunda dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan. Fitur Barcode Dalam pengelolaan persediaan barang, Jubelio juga dilengkapi dengan fitur barcode scanner untuk membantu proses administrasi barang seperti kategorisasi rak dan SKU untuk proses pengambilan barang yang lebih akurat. Laporan Keuangan Seperti fitur laporan keuangan pada umumnya, fitur yang terdapat pada Jubelio berfungsi untuk membantu mengelola proses pembukuan hingga penyusunan laporan keuangan. Selain itu, terdapat fitur yang dapat membantu mencocokan pendapatan dari marketplace dengan jurnal pendapatan penjualan. Fitur Pesanan Membantu Anda dalam mengelola berbagai transaksi dan pesanan dari berbagai channel penjualan bisnis. Fitur ini juga membantu melakukan proses rekonsiliasi barang retur agar semakin lebih mudah. Fitur-fitur menarik yang dimiliki oleh Jubelio cukup membantu dalam pengelolaan bisnis khususnya pada skala bisnis UMKM dalam mengelola transaksi dan penjualan melalui berbagai channel penjualan toko online. Harganya yang cukup terjangkau oleh para pelaku usaha UMKM juga memberikan poin tambahan untuk Jubelio. Website: jubelio.com 8. Zoho Zoho accounting program sudah dikenal baik oleh para pengusaha atau setidaknya oleh para pelaku bisnis dan manajemen, terutama untuk solusi CRM mereka. Namun demikian, Zoho ini juga memiliki banyak fitur termasuk untuk mengolah sistem akuntansi perusahaan. Fitur utamanya dari program komputer akuntansi Zoho terkait kebutuhan proses akuntansi antara lain: Pengelolaan Keuangan Software Zoho memberikan solusi lengkap terbaik untuk mengelola arus kas masuk dan keluar perusahaan Anda. Anda dapat dengan mudah mencatat transaksi keuangan, memantau pembayaran pelanggan, dan melacak pengeluaran bisnis. Manajemen Inventory Fitur ini memungkinkan Anda mengontrol stok barang dengan efisien. Anda dapat melacak persediaan, mengelola pembelian dan penjualan, serta memantau tingkat persediaan yang tersedia. Perbankan Software ini terintegrasi dengan layanan perbankan, sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan rekonsiliasi bank, mengimpor transaksi bank, dan melacak aktivitas keuangan perusahaan. Manajemen Proyek Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur dan mengelola proyek dengan lebih efektif. Anda dapat mengalokasikan sumber daya, melacak kemajuan proyek, dan mengelola anggaran dengan lebih baik. Penjualan Software Zoho memungkinkan Anda untuk mengelola proses penjualan dari awal hingga akhir. Anda dapat membuat penawaran, mengelola pesanan, dan melacak status pengiriman barang. Pajak Fitur ini membantu Anda dalam mengelola kewajiban pajak perusahaan. Anda dapat menghitung dan melaporkan pajak dengan mudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dengan fitur-fitur aplikasi akuntansi keuangan terbaik seperti pengelolaan keuangan, inventory, perbankan, manajemen proyek, penjualan, dan pajak yang disediakan oleh software Zoho, Anda dapat mengoptimalkan proses akuntansi bisnis Anda. Dapatkan pengalaman yang lebih baik dalam mengelola keuangan, persediaan, proyek, penjualan, dan kewajiban pajak perusahaan Anda. Karena itu, pastikan Anda pilih software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan untuk bisnis Anda. Website: www.zoho.com/books/ Download software nya di Google Play atau di App Store 9. Xero Software yang merupakan produk dari XERO ini banyak direkomendasikan karena memiliki banyak fungsi yang yang sangat bagus untuk mendukung proses akuntansi yang terbaik. Misalnya fitur utama Xero accounting software yang akan permudah rekonsiliasi akun bank, hingga beberapa fitur lainnya seperti: Pencatatan Transaksi Xero memungkinkan Anda untuk mencatat semua transaksi keuangan perusahaan dengan mudah dan akurat. Anda dapat mencatat pembelian, penjualan, pengeluaran, dan pemasukan dengan sistem yang terorganisir. Rekonsiliasi Bank Fitur ini memudahkan Anda dalam melakukan rekonsiliasi bank dengan cepat dan efisien. Anda dapat mengimpor transaksi bank langsung ke dalam sistem, memeriksa kecocokan data, dan menyeimbangkan buku bank dengan mudah. Faktur dan Pembayaran Software ini memungkinkan Anda untuk membuat faktur secara profesional dan mengirimkannya kepada pelanggan dengan mudah. Anda juga dapat memantau status pembayaran dan mengelola pengingat pembayaran. Pelaporan Keuangan Xero menyediakan berbagai laporan keuangan yang dapat membantu Anda dalam menganalisis kinerja keuangan perusahaan. Anda dapat melihat laporan laba rugi, neraca, laporan kas, dan laporan keuangan lainnya dengan cepat dan akurat. Kolaborasi Tim Fitur ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan tim Anda dalam mengelola akuntansi. Anda dapat memberikan akses terbatas kepada anggota tim, mengatur peran dan hak akses, serta mengkompilasi data secara bersama-sama. Integrasi dengan Aplikasi Lain Xero dapat terintegrasi dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya seperti sistem manajemen inventaris, sistem pembayaran, dan platform manajemen proyek untuk memberikan solusi yang lengkap dalam pengelolaan bisnis Anda. Dengan fitur-fitur terbaik seperti pencatatan transaksi, rekonsiliasi bank, faktur dan pembayaran, pelaporan keuangan, kolaborasi tim, serta integrasi dengan aplikasi lain, Xero memberikan solusi yang komprehensif dalam pengelolaan akuntansi terbaik bisnis Anda. Dapatkan pengalaman yang lebih baik dalam mengelola keuangan perusahaan Anda dengan Xero. Xero bisa dijadikan pilihan ketika Anda akan memutuskan produk mana yang akan digunakan untuk membantu tim accounting di tempat Anda. Website: www.xero.com/id/ Download software nya di Google Play atau di App Store 10. MASERP Sama seperti Hashmicro, MASERP merupakan salah satu perusahaan ERP yang membantu memudahkan berbagai pekerjaan dan operasional bisnis yang cukup terkemuka di perusahaan Indonesia. Pada software akuntansi Maserp memiliki berbagai fitur yang cukup lengkap yang sering digunakan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan dan kebutuhan di perusahaan, salah satunya seperti hybrid cloud di mana Anda masih bisa mengakses data walaupun internet mati serta keamanan database terjamin. Beberapa fitur lainnya yang terdapat pada MASERP dalam mendukung kebutuhan akuntansi dan bisnis antara lain: Inventory Stock Membantu mengelola dan memantau stok pada gudang secara otomatis tanpa perlu perhitungan secara manual. Di sisi lain, terdapat notifikasi warning stock jika terdapat persediaan barang yang akan mencapai titik nol. Fitur Cash dan Bank MASERP menyediakan berbagai fitur untuk kebutuhan keuangan bisnis seperti multi-currency, pengingat jatuh tempo, dan perhitungan rasio keuangan. Manufaktur MASERP juga mendukung pengelolaan manufaktur dengan menyediakan fitur bill of material (BoM) dan perhitungan HPP (Harga Pokok Produksi) sementara dan final. General Ledger Fitur ini dapat membantu bisnis dan usaha Anda untuk mengetahui kondisi kesehatan keuangan secara berkala. Selain itu, terdapat fitur yang mendukung Anda dalam membuat berbagai laporan keuangan secara otomatis. Dengan menggunakan MASERP, Anda dapat menemukan solusi secara menyeluruh untuk mengoptimalkan usaha bisnis Anda. Harga yang diberikan oleh MASERP juga sesuai dengan lengkapnya fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Website: www.mas-software.com 11. MYOB Rasanya, setiap akuntan sudah mengenal produk program akuntansi MYOB, karena memang sudah cukup lama ada di pasaran. MYOB adalah salah satu software bisnis skala kecil yang siap membantu proses akuntansi terbaik di perusahaan Anda. Apalagi segala urusan bisnis dengan sistem online sudah menjadi kebutuhan utama banyak perusahaan di era digital saat ini. Fitur utama dari aplikasi accounting terbaik ini antara lain: Payroll MYOB menyediakan fitur lengkap untuk mengelola gaji dan penggajian karyawan. Anda dapat menghitung upah, mengelola potongan gaji, dan menghasilkan laporan gaji dengan mudah. Rekonsiliasi Data Bank Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyelaraskan data transaksi keuangan dengan rekening bank Anda. Anda dapat mencocokkan transaksi, mengidentifikasi perbedaan, dan memastikan konsistensi data dengan cepat. Pembayaran Otomatis MYOB memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran kepada pemasok dan karyawan dengan fitur pembayaran otomatis. Anda dapat mengatur jadwal pembayaran reguler dan menghindari keterlambatan pembayaran. Akses Online Dengan MYOB, Anda dapat mengakses aplikasi secara online dari mana saja dan kapan saja. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola sistem akuntansi perusahaan Anda dengan fleksibilitas dan kemudahan. Dengan fitur-fitur terbaik seperti payroll, rekonsiliasi data bank, pembayaran otomatis, dan kemudahan akses aplikasi secara online, MYOB memberikan solusi yang lengkap dalam pengelolaan akuntansi bisnis Anda. Dapatkan pengalaman terbaik dalam mengelola keuangan perusahaan Anda dengan MYOB. Website: www.myob.com/au/accounting-software/essentials Download software nya di Google Play atau di App Store 12. Bee Accounting Software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan selanjutnya yaitu Bee Accounting yang berdiri pada tahun 2010 dan memiliki spesialisasi dalam membantu usaha keuangan dan akuntansi bisnis UKM. Salah satu tagline yang cukup terkenal dari Bee Accounting adalah “Memberikan Anda Lebih Banyak Waktu #freedom” di mana konsep itu diimplementasikan melalui fitur-fiturnya yang sudah terautomasi dan dapat diakses secara realtime hanya melalui perangkat smartphone. Adapun fitur-fitur unggulan dari Bee Accounting antara lain: Stock Opname Dilengkapi dengan fitur inventory manager yang dapat memangkas waktu stock opname menjadi lebih cepat. Anda juga dapat menggunakan barcode scanner melalui kamera smartphone dan hasilnya dapat di export langsung ke database atau Excel. Cetak Invoice Fitur pembuatan invoice online membantu pelaku bisnis untuk memudahkan pengambilan keputusan dalam mengirim invoice yang menarik dan profesional dengan cepat dan mudah. Kontrol Cabang Fitur yang memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi seluruh kantor cabang Anda dengan mudah mulai dari informasi laba rugi, penjualan, stok, kas, dan expenses dalam satu dashboard. Fitur Produksi Fitur ini membantu bisnis manufaktur untuk menghitung HPP produksi dengan cepat dan akurat, serta melihat efektivitas produksi dengan menganalisis rasio hasil produksi dengan perencanaan yang sudah dibuat. Melalui fitur-fitur menarik dengan harga yang terjangkau yang terdapat pada Bee Accounting membantu para pelaku usaha untuk menjalankan dan menjaga produktivitas operasional bisnis. Website: www.bee.id 13. Harmony Harmony merupakan software akuntansi yang membantu bisnis dari berbagai lini baik perusahaan maupun UMKM untuk mengelola keuangan dan akuntansi yang lebih baik. Kelebihan yang dapat Anda temukan dalam Harmony seperti tampilan yang sederhana dan mudah, tingkat keamanan baik, dan layanan aftersales yang cukup komprehensif. Fitur-fitur unggulannya, antara lain: Unlimited User Memberikan akses tanpa batas kepada anggota tim Anda dalam mengelola keuangan bisnis agar lebih produktif dan cepat. Cash Flow Fitur ini memberikan keleluasaan kepada pemilik bisnis untuk melihat aktivitas keluar masuk kas perusahaan secara berkala dan realtime. Multiple Company Anda dapat mengelola seluruh kantor cabang secara langsung dengan efektif dan tanpa membuang tenaga karena dapat diakses hanya melalui satu akun saja. Smart Invoice Seperti fitur invoice dan faktur pada umumnya, fitur ini memberikan kemudahan dalam melacak seluruh transaksi dengan pelanggan dengan cepat dan mudah. Dengan fitur dalam Harmony seperti , Anda dapat menjaga kelangsungan dan produktivitas bisnis. Harga untuk berlangganannya juga cukup sesuai dengan fitur yang akan Anda dapatkan. Dapatkan pengalaman yang lebih baik dalam mengelola aktivitas akuntansi dan keuangan bisnis UMKM dengan bantuan dari Harmony. Website: www.bee.id 14. Kashoo Meskipun tidak sepopuler seperti beberapa merek yang sebelumnya telah disebutkan, aplikasi ini layak dicoba. Aplikasi akuntansi Kashoo memiliki fitur yang juga menarik seperti misalnya sistem yang mudah digunakan dan user friendly seperti. Faktur dan Pembayaran Kashoo memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat faktur profesional dan mengelola pembayaran dari pelanggan. Anda dapat mengirimkan faktur melalui email dan menerima pembayaran secara online, menjadikannya lebih efisien dan cepat. Rekonsiliasi Bank Dengan fitur ini, Anda dapat menyelaraskan transaksi keuangan dengan rekening bank Anda secara otomatis. Kashoo akan mengimpor dan mencocokkan transaksi, sehingga Anda dapat memastikan keakuratan dan konsistensi data keuangan Anda. Laporan Keuangan Kashoo menyediakan berbagai laporan keuangan yang dapat membantu Anda dalam menganalisis performa bisnis Anda. Anda dapat melihat laporan laba rugi, neraca, dan arus kas dengan mudah, memberikan wawasan yang berharga untuk pengambilan keputusan bisnis. Kolaborasi Tim Aplikasi Kashoo memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan tim Anda dalam pengelolaan akuntansi. Anda dapat memberikan akses kepada anggota tim dengan peran dan izin yang sesuai, memungkinkan kerja tim yang efisien dan terorganisir. Dengan fitur-fitur seperti faktur dan pembayaran, rekonsiliasi bank, laporan keuangan, dan kolaborasi tim, Aplikasi Kashoo memberikan kemudahan dan keefektifan dalam pengelolaan akuntansi bisnis Anda. Manfaatkan fitur-fitur ini untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan keuangan perusahaan Anda. Menariknya, Kashoo juga menyediakan aplikasi untuk akuntansi versi gratis terbaik dengan beberapa limitasi fitur tertentu. Jadi, Anda bisa mencoba secara gratis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Website: https://kashoo.com Download software nya di Google Play atau di App Store 15. Sage Konsumen Sage sudah mengunakan sistem ini untuk mengelola proses akuntansi, karyawan, operasi usaha, pembayaran dan perbankan urusan perusahaan. Target mereka adalah para UKM dengan lebih fokus ke mamajemen, strategi dan produktifitas demi kelancaran usaha. Beberapa fitur menarik dari Sage adalah: Accounts payable and receivable Untuk sederhanakan alur kerja dan mendapatkan bayaran lebih cepat dengan Sage. Billing Mengotomatiskan proses pendapatan dan penagihan yang rumit jadi sederhana. Cash management Pengelolaan keuangan, lacak banyak akun dengan visibilitas realtime. General ledger Konsolidasi beberapa entitas, berbagai mata uang, dan lokasi dalam hitungan menit. Order management Mengotomatiskan dan juga mempercepat siklus cash-to-quote. Purchasing Raih kecepatan, akurasi, dan visibilitas setiap dengan transaksi lengkap dengan persetujuan terstruktur. Website: www.sage.com/id-id/ Download software nya di Google Play atau di App Store 16. Bench Bench accounting program ini adalah sebuah perusahaan fintech yang menyediakan perangkat lunak untuk mengotomatiskan pembukuan dan keuangan bagi pemilik usaha kecil. Dengan tagline “You run your business. We’ll handle your finances.”, Bench memiliki fokus untuk bantu permudah kelola keuangan bisnis kecil atau UMKM. Bench tersedia di aplikasi desktop dan seluler iOS. Produk utama dari Bench adalah perangkat lunak pembukuan online yang dipasangkan dengan akuntan internal dari bench. Layanan dan fitur utama dari ini mencakup: Pembukuan Historis dan Bulanan Bench menyediakan layanan pembukuan yang komprehensif untuk mengelola catatan keuangan bisnis Anda. Mereka akan merapikan dan memperbarui catatan historis serta menyusun laporan bulanan yang lengkap dan akurat. Arus Kas dan Pelacakan Pengeluaran Dengan Bench, Anda dapat dengan mudah memantau arus kas perusahaan Anda dan melacak pengeluaran yang terjadi. Ini membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih efisien dan membuat keputusan yang lebih baik. Laporan Keuangan Bench menyajikan laporan keuangan yang jelas dan terperinci untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang kesehatan finansial bisnis Anda. Anda dapat melihat laporan laba rugi, neraca, dan arus kas yang lengkap, memberikan wawasan yang berharga bagi pertumbuhan perusahaan Anda. Dengan layanan pembukuan historis dan bulanan, arus kas dan pelacakan pengeluaran, serta laporan keuangan yang lengkap, Bench menjadi mitra terpercaya dalam mengelola keuangan bisnis dengan harga yang sesuai dengan fitur yang Anda dapatkan. Manfaatkan layanan mereka untuk meningkatkan efisiensi dan ketepatan dalam pengelolaan keuangan Anda. Bisa dibilang Bench memiliki layanan all-in-one yang bisa permudah proses bisnis Anda. Website: bench.co Download software nya di App Store *** Kesimpulan Menentukan sebuah alat bantu untuk manajemen keuangan bisnis memang perlu ketelitian. Tetapi setelah Anda mengetahui jenis software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan apa saja, beserta fitur dan apa saja yang program komputer akuntansi tersebut bisa kerjakan, maka seharusnya Anda sudah bisa meraba produk mana yang pas untuk Anda. Semoga informasi rekomendasi ini bisa berguna untuk Anda, dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media. Terima kasih. FAQ Rangkuman catatan beberapa pertanyaan dan jawaban penting yang sering ditanyakan oleh calon pengguna atau masyarakat umum yang belum tahu apa itu accounting software. Apa itu software akuntansi? Software akuntansi adalah perangkat lunak yang dibuat untuk mengelola manajemen pembukuan dan laporan keuangan usaha perusahaan. Mengapa bisnis dan perusahaan membutuhkan aplikasi accounting? Accounting software memberikan efisiensi tenaga dan biaya, akurasi, dan kehandalan dalam pengelolaan keuangan. Alat ini sangat penting dalam menjalankan bisnis modern, menyederhanakan pengelolaan keuangan, dan mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Apa saja fitur dan manfaat utama dari software akuntansi? Otomatisasi Transaksi: Memudahkan pencatatan transaksi keuangan secara otomatis, mengurangi kesalahan penghitungan manual, dan meningkatkan efisiensi. Pengelolaan Buku Besar: Mengelola buku besar pusat yang mencatat semua transaksi keuangan sebuah organisasi, memudahkan pelacakan dan analisis. Pengelolaan Piutang dan Hutang: Memantau piutang dan hutang, membantu bisnis mengelola aliran kas dengan lebih efektif. Persiapan Laporan Keuangan: Membuat laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu, esensial untuk analisis kinerja bisnis dan pengambilan keputusan strategis. Pajak dan Kepatuhan: Memfasilitasi perhitungan dan pelaporan pajak, memastikan kepatuhan terhadap regulasi pajak dan standar akuntansi yang berlaku. Integrasi: Banyak software akuntansi dapat diintegrasikan dengan sistem lain seperti manajemen inventori, pembayaran gaji, dan CRM (Customer Relationship Management), menyediakan solusi manajemen bisnis yang komprehensif. Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih software akuntansi? Beberapa hal yang bisa di perhatikan ketika mencari software akuntansi terbaik antara lain: Sesuaikan dengan kebutuhan bisnis: Pilih software yang pas dan menawarkan fitur serta harga yang sesuai dengan kebutuhkan. Kemudahan penggunaan: Pilih software yang secara tampilan mudah untuk di mengerti dan mudah untuk dioperasikan. Kemampuan integrasi: Dapat digabung dengan software lain yang terkait, seperti antara software akuntansi dan aplikasi pajak, atau dengan software POS. Skalabilitas: Software harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, pilih software yang secara bertahap selalu berkembang dan di update secara berkala oleh pengembangnya Akses cloud: Menjadi kewajiban untuk diperhatikan, sudah saatnya kontrol bisnis bisa di akses kapan saja dan dimana saja Keamanan data: Jelas harus di perhatikan, perhatikan label keamanan dan sertifikasi seperti penggunaan SSL di website atau label ISO dan KOMINFO sebagai jaminan mutu produk. Dukungan dan Layanan Pelanggan: Pilih penyedia yang menawarkan dukungan pelanggan yang baik dan responsif, termasuk panduan pengguna, FAQ, forum dukungan, dan layanan pelanggan melalui telepon atau chat langsung. Kepatuhan Regulasi: Pastikan software akuntansi selalu diperbarui dengan standar akuntansi dan peraturan pajak terkini untuk memastikan bisnis Anda selalu patuh pada regulasi. Biaya: Evaluasi struktur biaya software, termasuk biaya lisensi, biaya berlangganan bulanan atau tahunan, dan biaya tambahan untuk pembaruan, dukungan, atau fitur tambahan. Pastikan biayanya sesuai dengan anggaran dan memberikan nilai yang baik. Ulasan dan Reputasi: Studi kasus tentang pengalaman mereka menggunakan software tersebut. Reputasi penyedia dan kepuasan pelanggan bisa menjadi indikator yang baik tentang kualitas software. Industri apa saja yang sering menggunakan program akuntansi? Beberapa industri atau golongan yang umumnya menggunakan sistem akuntansi antara lain: Untuk bisnis dengan skala UKM, menengah dan perusahaan besar Kontraktor untuk pelacakan biaya pekerjaan dan manajemen pesanan Manufaktur Distribusi Usaha Ritel Perusahaan Jasa Bisnis F&B (Makan minuman) Perusahaan teknologi dan startup Online Store dan E-commerce, dan lain-lain Berapa harga software akuntansi di Indonesia? Harga software akuntansi di bagi menajdi beberapa jenis dan paket. Dibedakan berdasarkan fitur dan kemampuan yang di tawarkan masing-masing developer. Harga umumnya mulai dari ratusan ribu per bulan untuk paket langganan, semain mahal semakin banyak fitur yang di tawarkan. Dan tersedia paket lisensi dengan harga lebih dari satu juta tetapi masih di bawah 10 juta untuk lisensi awal. Cek harga Mekari Jurnal dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Coba gratis atau hubungi kami.