Perbedaan Mesin Kasir Vs Point Of Sale (POS)

Satu-satunya hal yang tidak dapat ditinggalkan oleh bisnis khususnya toko, restoran dan perusahaan ritel adalah sistem manajemen penjualan. Baik itu sistem kasir tradisional ataupun Point Of Sale yang disingkat dengan POS. Sebagai pemilik bisnis, Anda membutuhkan salah satu di antara keduanya untuk memproses transaksi dan penjualan serta mengelola pelanggan.

Ketika toko Anda dibuka, mesin kasir ataupun Point Of Sale menjadi lebih dari sekadar tempat yang aman untuk menyimpan uang. Keduanya dapat membantu untuk menghemat uang, memproses transaksi pelanggan dan menyimpan catatan secara akurat.

Apa itu Mesin Kasir dan Point Of Sale (POS)?

  • Mesin Kasir

Mesin kasir merupakan alat elektronik yang tidak terkomputerisasi dan memiliki fungsi utama yaitu merekam penjualan dan mengumpulkan uang tunai. Pada awal penemuannya di tahun 1879, mesin kasir ditujukan untuk pencatatan komponen pajak dalam penjualan.

Mesin ini benar-benar bekerja dengan manual. Karyawan memasukkan data satu persatu untuk setiap transaksi di kasir. Ketika tombol “total” ditekan, laci akan terbuka dan bel akan berdering yang bertujuan untuk memberitahu manajer mengenai transaksi yang sedang terjadi.

Pada saat tersebut mesin kasir pun masih belum mencetak tanda terima untuk konsumen. Dan pada tahun 1970, pertama kalinya dipasangkan sistem kasir sederhana terbaru berupa pencetak tanda terima, pemindai barcode, laci uang tunai dan tombol NS (No Sale).

Pengelolaan penjualan di zaman ini benar-benar berubah karena sistem penjualan berbasis web dan seluler merevolusi kehidupan masyarakat dan bisnis

  • Point Of Sale (POS)

Point Of Sale (POS) merupakan sistem terkomputerisasi yang memanfaatkan kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan berbagai fungsi selain hanya merekam penjualan. Dikenalnya sistem Point Of Sale (POS) memberikan kemudahan proses pengelolaan penjualan dengan berbagai macam fitur canggih dan lengkap.

Point of Sales System (POS) sering digunakan pada perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang dalam menunjang kegiatan usahanya. Perusahaan-perusahaan besar membutuhkan kontrol pada stock yang cepat dan akurat yang hanya bisa dilakukan dengan sebuah sistem, bukan dengan cara manual.

Selain itu, perusahaan besar juga membutuhkan fasilitas cetak faktur dan nota yang berbeda-beda ukurannya, tidak selalu menggunakan struk kecil. Dengan menggunakan Point of Sale, maka kebutuhan akan laporan utang piutang dalam waktu beberapa hari bahkan beberapa bulan yang dapat dengan mudah disediakan oleh sebuah sistem.

Fitur-Fitur Mesin Kasir dan Point Of Sale (POS)

Fitur Mesin Kasir Fitur Point Of Sale (POS)
Laci uang tunai. Laci uang tunai.
Pencetak struk penjualan. Pencetak struk penjualan.
Pemindah barcode. Pemindah barcode.
Tombol NS (No Sale). Tombol NS (No Sale) dan password.
Laporan penjualan sederhana. Pembaca kartu kredit.
Timbangan digital.
Manajemen staf dan konsumen.
Pelacak persediaan stok barang.
Laporan penjualan lengkap.
Sistem berbasis cloud.
Layar sentuh.
Terintegrasi dengan software akuntansi dan software lainnya.

Mesin kasir manual sederhana mungkin cocok untuk beberapa bisnis kecil. Namun, agar lebih kompetitif serta pengelolaan bisnis yang lebih efisien, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan sistem Point Of Sale (POS). Berikut beberapa perbandingan antara Mesin Kasir dengan Point Of Sale (POS).

Keuntungan Menggunakan Mesin Kasir Vs POS

Mesin Kasir Point of Sale
Harga lebih terjangkau. Lebih efisien dan akurat.
Mudah digunakan. Memiliki manajemen persediaan.
Komponen yang digunakan lebih sedikit. Mampu mengelola kinerja karyawan.
Memiliki fitur dasar pelaporan. Kemampuan pelaporan yang lebih baik.
Tidak perlu pembaruan.. Mampu mengatur seluruh manajemen toko (karyawan, inventaris, konsumen, dan lainnya).
Program loyalitas atau kartu hadiah.
Metode pembayaran yang diperluas.
Sistem akuntansi yang efisien.
Penerimaan terperinci.
Layanan lebih baik dan lebih cepat.

Fitur dan manfaat kasir terbatas sehingga lebih cocok digunakan ketika Anda membutuhkan sesuatu yang sederhana dan mudah. Lalu bagaimana dengan sistem POS?  Sedangkan, POS memiliki fitur yang lebih lengkap.

Dengan POS, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan software akuntansi online seperti Jurnal. Dengan integrasi tersebut, Anda dapat lebih mudah mencatat pembukuan atas transaksi yang terjadi di dalam POS secara otomatis.

Kekurangan Menggunakan Mesin Kasir Vs POS

Mesin Kasir Point of Sale
Penggunaan kertas yang boros dalam mencetak laporan. Nilai investasi lebih mahal daripada mesin kasir.
Program tidak fleksibel sehingga tidak dapat disesuaikan kebutuhan.
Beberapa tipe mesin kasir tidak menyediakan menu untuk mengetahui jumlah stok barang.

Software POS yang Terintegrasi dengan Jurnal

a. iREAP POS Pro

Software ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis retail, franchise, kafe, restoran dan lain sebagainya. iREAP POS dengan kolaborasinya dengan Jurnal dapat menerima laporan penjualan secara otomatis, mengelola barang dan harga hingga mengontrol stok dan kasir penjualan.

b. Moka POS

Dengan menghubungkan Moka POS dan Jurnal, Anda bisa menerima laporan penjualan secara otomatis. Semua transaksi penjualan yang tercatat dalam aplikasi Moka POS itu nantinya akan secara otomatis tercatat dalam pembukuan bisnis Anda.

c. Oktopus POS System

Menggabungkan Oktopus dengan Jurnal akan mempermudah Anda dalam melakukan pencatatan penjualan. Jurnal pun nantinya akan langsung menyiapkan laporan penjualan hingga laporan keuangan secara cepat dan tepat.

d. Vend POS

Sistem Jurnal dan VendPOS yang sama-sama mudah digunakan dalam proses penjualan dan pencetakan laporan penjualan serta pembayaran membuat Anda secara mudah melakukan pembukuan bisnis secara online kapanpun dan di mana pun.

e. POS iSeller

Dan yang terbaru adalah integrasi Jurnal dengan iSeller yang dapat mensinkronisasikan data-data produk, penjualan, hingga inventory dari POS iSeller kepada Jurnal.

Penggunaan sistem Point Of Sale (POS) memang tergantung pada bisnis Anda. Namun jika ingin bisnis Anda terkelola dengan rapi  baik masalah transaksi, manajemen produk, karyawan, pembukuan dan sistem akuntansi lainnya maka sistem ini merupakan pilihan tepat.

Integrasi software akuntansi online Jurnal dengan berbagai software POS membuat Anda tidak perlu lagi repot-repot menyesuaikan data di POS dengan software akuntansi Anda. Tunggu apa lagi?  Kelola keuangan Anda dengan sistem yang kekinian. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai integrasi Jurnal dengan berbagai software tersebut hanya website Jurnal.

 

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo