Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Forstok x Jurnal: Integrasi Marketplace Untuk Bisnis Online Anda

Tayang 08 Jul 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Integrasi marketplace dapat membantu Anda mengelola pesanan, stok barang, invoicing, sampai dengan pembukuan. Memperbaharui data di setiap marketplace secara real-time sangat penting dalam menjalankan bisnis online untuk menjamin kepuasan pelanggan.

Bisnis jualan online (e-commerce) mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Apalagi sejak pandemi, pola perilaku masyarakat mulai berubah.

Dari yang biasanya belanja di supermarket, atau mall, sekarang lebih memilih untuk belanja online di marketplace.

Tidak heran banyak orang yang berjualan di platform online untuk menambah penghasilan, atau bahkan menjadi penghasilan utama.

Kesulitan dalam Berjualan Online di Beberapa Platform Marketplace

Berjualan di sebanyak mungkin platform online atau marketplace tentunya bisa meraih calon customer yang lebih luas.

Hanya saja, untuk mengelola toko di marketplace yang berbeda butuh upaya yang lebih besar.

Ketika berjualan online di platform atau marketplace yang berbeda, biasanya timbul masalah baru yaitu:

Sulit Mengelola Order dari Banyak Platform Marketplace

solusi integrasi marketplace forstok jurnal

Anda harus terus menerus aktif di masing-masing platform marketplace untuk memantau setiap orderan.

Jika hanya 1-2 transaksi order yang masuk mungkin Anda masih bisa mengatasinya.

Tapi bagaimana jika orderan yang masuk di toko Anda miliki berjumlah puluhan hingga ratusan per harinya?

Kemungkinan terjadinya kesalahan atau human error akan lebih besar karena harus mengelola semua orderan yang masuk dari platform marketplace yang berbeda.

Listing produk baru ke marketplace juga dilakukan satu per satu sehingga menghabiskan lebih banyak waktu. Untuk itulah diperlukan sebuah platform integrasi marketplace yang terbaik.

Sulit Mengelola Inventori untuk Masing-Masing Platform

integrasi marketplace

Masalah lain yang kerap muncul ketika berjualan online di beberapa platform marketplace adalah status stok barang yang sulit di-update secara real-time.

Anda harus selalu memantau dan memastikan kalau stok di toko online pada setiap platform marketplace adalah jumlah stok yang sebenarnya.

Jika tidak di-update secara real-time, ada kemungkinan order masih diterima padahal stok sudah habis, yang berujung pada turunnya kepuasan pelanggan dan bisa berpengaruh pada rating.

Di atas hanyalah beberapa masalah yang sering timbul ketika memiliki lebih dari satu toko online di marketplace yang berbeda, dan tidak menerapkan implementasi integrasi marketplace.

Ketika bisnis online Anda semakin berkembang, ada hal-hal lain yang harus Anda pertimbangkan seperti memproses pesanan, melacak status pengiriman, mencatat transaksi, membuat laporan keuangan, dll.

Integrasi Marketplace dengan Forstok

Bagaimana menghadapi permasalahan yang sering timbul ketika berjualan online di lebih dari satu marketplace?

Anda bisa coba gunakan sistem integrasi marketplace.

Sistem Integrasi marketplace adalah sebuah sistem pengelolaan toko online yang digunakan untuk berjualan di multi-channel.

Sistem integrasi marketplace dapat mempermudah proses operasional bisnis Anda dengan melakukan sinkronisasi pada semua data yang ada di platform atau channel yang berbeda.

Semuanya akan terintegrasi secara otomatis, sehingga jika terjadi perubahan pada toko online di salah satu marketplace, yang lainnya akan terupdate secara otomatis.

Forstok merupakan sistem integrasi marketplace yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan melalui berbagai channel marketplace yang ada.

Dengan menggunakan Forstok Anda bisa mengelola semua kegiatan operasional bisnis online Anda dalam satu tampilan atau dashboard, termasuk mengelola orderan dan mengelola stok barang atau inventori.

Sistem integrasi Forstok dapat membantu Anda dalam hal:

  1. Kelola order di satu sistem sentral
    Anda tidak perlu lagi mengecek orderan secara satu per satu pada setiap platform marketplace.
  2. Update stok secara otomatis
    Anda tidak perlu lagi update stok secara manual untuk setiap marketplace. Cukup sekali upload produk melalui sistem dan akan muncul di semua marketplace. Jika terjadi penjualan, stok yang tersedia juga akan berubah secara otomatis tanpa harus Anda lakukan secara manual.
  3. Fokus pada ekspansi bisnis
    Dengan adanya sistem integrasi marketplace, Anda dapat fokus untuk mengembangkan bisnis dengan cara ekspansi ke lebih banyak marketplace dan mendapatkan keuntungan tanpa perlu repot-repot mengelolanya secara manual.

Integrasi Forstok dan Jurnal, Permudah Proses Akuntansi

Forstok terintegrasi dengan Jurnal, software accounting berbasis cloud-technology untuk mempermudah pebisnis online dalam melakukan proses yang berkaitan dengan akuntansi.

Tidak hanya otomasi dalam proses pengelolaan inventori dan order marketplace, proses invoicing dan pembukuan juga dapat diotomasi.

Tentu saja hal ini akan sangat menghemat waktu Anda. Dari menerima order hingga proses pembukuan usaha, pembuatan laporan keuangan, proses penjualan online secara keseluruhan dapat dikelola dalam satu sistem.

Memang betul Anda bisa mempekerjakan karyawan atau admin untuk menangani setiap orderan yang masuk.

Hanya saja masih ada kemungkinan terjadinya human-error, belum lagi harus melatih karyawan jika terjadi pergantian karyawan.

Saatnya Anda fokus mengembangkan bisnis online Anda. Pekerjaan rutin yang bisa diotomasi serahkan pada integrasi antara Forstok dan Jurnal.

Sistem integrasi marketplace Forstok membantu Anda untuk meningkatkan penjualan produk dengan berjualan di berbagai channel, dengan usaha, biaya, dan waktu lebih sedikit.

Saya Mau Coba Sistem Integrasi Marketplace Forstok Sekarang!

sistem integrasi marketplace forstok x Jurnal

 

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal